5 Cara Memandikan Kucing dengan Benar Agar Wangi Bersih

Cara Memandikan Kucing dengan Benar – Memiliki hewan peliharaan bagi sebagian orang adalah hal yang sangat menyenangkan, terutama bagi mereka yang memang penyuka hewan tertentu. Ada banyak sekali jenis binatang yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan. Namun, hewan yang paling umum biasanya adalah kucing, anjing, kelinci, burung, dan beberapa hewan reptil.

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan kesayangan mereka. Apalagi di lingkungan masyarakat banyak sekali kucing-kucing liar. Jadi, tentu saja masyarakat kita sudah sangat familiar hewan ini.

Menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan adalah hal yang susah-susah gampang. Akan tetapi, jika kucing yang Anda pelihara adalah ras yang membutuhkan perawatan khusus, maka Anda harus memberikan perhatian lebih kepada kucing tersebut supaya tidak mudah terserang virus ataupun penyakit.

Salah satu perawatan kucing yang harus dilakukan secara rutin adalah memandikannya. Kucing yang bersih akan membuat bulu menjadi lebih halus, lembut, dan juga tidak mudah rontok. Jika kucing tidak dimandikan secara rutin, maka kucing dapat mudah terkena kutu, jamur, ataupun bakteri lainnya yang akan membuat kondisi kucing Anda menjadi tidak sehat.

Perlu Anda ketahui juga, jika hanya kucing yang sudah dewasa atau sudah berumur lebih dari tiga bulan saja yang dapat dimandikan. Jadi, untuk kucing yang baru lahir maupun berumur kurang dari tiga bulan mempunyai cara khusus yang lebih aman untuk memandikannya.

Peralatan Untuk Memandikan Kucing

memandikan kucing dengan benarMeskipun secara umum cara memandikan kucing tidak sulit, tetapi terdapat sejumlah kendala yang harus Anda antisipasi, seperti kucing yang akan memberontak karena takut dengan air dan berakhir dengan mencakar Anda. Di bawah ini adalah beberapa peralatan yang harus dipersiapkan sebelum Anda memandikan kucing kesayangan.

a. Ember yang berisi air hangat

b. Shampo khusus untuk kucing

c. Bedak khusus untuk kucing

d. Sisir

e. Blower atau hairdryer (sesuaikan dengan kondisi kucing)

f. Handuk

g. Cottonbuds

h. Handuk khusus untuk kucing

5 Cara Memandikan Kucing dengan Benar

tips memandikan kucing
Setelah menyiapkan berbagai macam peralatan tersebut, berikut ini adalah cara memandikan kucing dengan benar.

1. Basahi Seluruh Tubuh Kucing

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membasahi seluruh tubuh kucing dengan menggunakan air hangat secara perlahan. Akan tetapi, perlu diperhatikan jangan sampai telinga kucing kemasukin air.

2. Basuh Bulu Kucing dengan Shampo

Jika bulu seluruhnya sudah basah, maka tuang shampo khusus untuk kucing secukupnya dan ratakan ke semua bulu. Shampo tidak boleh mengenai hidung, mata, dan juga mulut. Anda juga dapat memijit secara perlahan supaya shampoo meresap sampai ke akar bulu.

Baca Juga  7 Makanan Kucing Anggora dan Cara Merawat Anaknya

3. Membilas

Setelah seluruh bulu sudah terkena shampo, maka langkah selanjutnya adalah membilas shampoo tersebut hingga bersih dan tidak ada yang tersisa di tubuh kucing. Bilaslah dengan sisa air hangat tadi.

4. Keringkan Bulu si Kucing

Apabila seluruh bulu sudah bersih dari shampoo dan kotoran, Anda harus segera mengeringkan tubuh si kucing supaya tidak kedinginan. Gosok seluruh tubuh kucing dengan handuk secara perlahan. Setelah dikeringkan dengan handuk, maka Anda dapat menggunakan blower ataupun hairdryer hingga bulu benar-benar kering.

5. Membersihkan Telinga Kucing

Setelah bulu kering, jangan lupa untuk membersihkan telinga kucing dengan menggunakan cottonbuds. Anda bisa menambahkan baby oil agar kotoran di telinga kucing bisa diambil dengan mudah. Bersihkan secara perlahan supaya kucing tidak kesakitan.

Tips Memandikan Kucing Agar Bersih dan Wangi

memandikan kucingJika Anda sudah melakukan semua cara memandikan kucing tersebut, maka dijamin kucing kesayangan Anda akan terlihat bersih dan juga wangi. Selain cara memandikan kucing tersebut, berikut ini adalah beberapa tips untuk memandikan kucing agar bersih maksimal.

1. Memotong Kuku Kucing

Sebelum memandikan kucing, disarankan untuk memotong kuku kucing terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir munculnya karena dicakar oleh kucing. Akan tetapi, pastikan jika kuku tidak dipotong terlalu dalam karena kuku tersebut diperlukan oleh kucing sebagai pertahanan diri.

2. Menyikat Bulu untuk Meratakan Shampo

Menyikat bulu dengan menggunakan sikat khusus diperlukan supaya shampoo menjadi lebih merata. Namun, gosok secara perlahan dan hati-hati agar bulu kucing tidak rontok.

3. Mengetahui Waktu yang Tepat

Memandikan kucing tidak bisa asal-asalan karena Anda harus mengetahui waktu yang tepat meskipun sebenarnya kucing dapat segera dimandikan jika sudah terlihat kotor. Akan tetapi, secaraumum kucing dapat dimandikan seminggu sekali agar kebersihan kucing tetap terjaga.

Rekomendasi Jenis Kucing Untuk Dipelihara

jenis kucing
Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika akan memandikan kucing kesayangan. Bagi Anda yang ingin memelihara kucing, tapi masih bingung harus memilih jenis ras kucing seperti apa, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi jenis kucing yang bisa menjadi hewan peliharaan Anda.

a. Kucing Persia

Bagi para pecinta kucing, jenis ini tentu sudah tidak asing lagi dan bahkan sangat terkenal di Indonesia. Kucing persia mempunyai ciri yang khas, yakni bulu yang panjang dan lebat, mempunyai wajah yang bulat, dan juga hidung yang pesek. Di kalangan pecinta kucing, jenis kucing persia termasuk kucing termahal yang ada di dunia.

Selain itu, kucing persia juga membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah terserang virus danbakteri. Untuk ras kucing persia ini ada beberapa pilihan, seperti persia flatnose, persia medium, dan persia Himalaya.

b. Kucing Anggora

Kucing Anggora banyak disukai karena mempunyai bulu yang halus berwarna putih dan berasal dari Turki. Meskipun kucing termasuk hewan yang manja, namun kucing angora ini termasuk kucing yang aktif dan juga lincah.

c. Kucing Siam

Kucing Siam atau yang biasa disebut dengan Siamese ini berasal dari Thailand. Ciri khas dari kucing Siam antara laina dalah mata yang berwarna biru, ekor yang panjang, tubuh ramping, dan mempunyai bulu yang pendek. Kucing Siam termasuk kucing yang lincah dan juga cerdas.

Baca Juga  Jangan Tertukar, Ini 6 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

d. Kucing Ragdoll

Jenis kucing ini berasal dari Amerika dan mempunyai sifat jinak. Secara fisik, kucing Ragdoll ini mirip dengan kucing Persia dan Siam. Jika Anda tertarik untuk memiliki kucing ini, maka pastikan jika Anda memiliki tempat yang luas untuk bermain dan juga berpetualang.

e. Kucing Russian Blue

Kucing yang berasal dari Rusia ini banyak disukai karena warna bulunya yang abu-abu kebiruan dan juga mengkilap. Selain itu, mata kucing ini juga sangat cantik karena berwarna hijau cerah.

f. Kucing Savannah

Jenis kucing ini mempunyai panjang tubuh hingga 44cm dan memiliki badan yang tinggi serta lentur dan ramping. Akan tetapi, harga kucing ini sangatlah mahal dan sulit untuk didapatkan di Indonesia.

Anda dapat menjadikan keenam jenis kucing di atas sebagai referensi ketika akan membeli kucing sebagai hewan peliharaan Anda. Memelihara kucing tidak hanya sekadar hobi, tetapi juga mampu menjadi teman bermain yang menyenangkan. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memelihara kucing.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *