Selain Cilok, Ini 10 Jajanan Anak Sekolah yang Praktis

Jajanan Anak Sekolah yang Praktis – Jajanan yang sering dijumpai di lingkungan sekolah memang selalu menarik. Tidak hanya untuk anak sekolah tetapi juga mereka yang rindu dengan masa-masa sekolah. Mulai dari jajanan yang manis, yang berwarna-warni, hingga jajanan anak sekolah yang praktis dengan rasa pedas selalu diburu.

Ada beberapa jajanan yang menjadi camilan populer di kalangan anak sekolah dan biasanya harganya sangat terjangkau. Berikut adalah beberapa contoh camilan atau jajanan yang praktis yang sering dijual di kantin atau di sekitar lingkungan sekolah.

11 Jajanan Anak Sekolah yang Praktis

jajanan anak sekolah

Images By: IDN Times

1. Mie lidi

Jajanan yang paling digemari anak sekolah salah satunya adalah mi lidi. Camilan yang gurih berbalut bumbu pedas ini memang asyik disantap saat jam istirahat sekolah. Namun ada beberapa kasus bumbu untuk mi lidi ternyata tidak sehat. Oleh sebab itu, Anda bisa membuatnya sendiri dengan beberapa bahan.

Bahan yang diperlukan antara lain tepung sebanyak 250 gram, baking powder sebanyak ½ sendok teh, air sebanyak 60ml, 30 gram tepung sagu, 2 butir telur, ½ sendok teh penyedap rasa, dan tidak lupa garam secukupnya.

Campur semua bahan di atas kecuali telur dan uleni adonan hingga merata. Ambil putih telur dan kocok untuk ditambahkan ke adonan tepung. Setelah itu tambahkan air dan aduk kembali. Diamkan adonan sekitar 15 menit dan selanjutnya masukan ke penggilingan.

Jajanan anak sekolah yang praktis ini dapat dipotong hingga ke ukuran yang lebih kecil untuk kemudian digoreng hingga matang. Taburi mi lidi tersebut dengan bumbu sesuai selera, seperti bumbu balado, atau bumbu rasa cabai.

2. Sate telur gulung

Telur dadar yang dibuat seperti sate ini juga menjadi salah satu camilan yang populer untuk anak sekolah hingga sekarang. Selain lezat, jajanan ini juga menjadi salah satu makanan yang sehat untuk anak-anak. Bahan utamanya adalah telur yang merupakan sumber protein dengan tambahan bahan lain.

Untuk membuat sate telur gulung dibutuhkan bahan seperti telur ayam, bawang putih yang dihaluskan, garam, lada bubuk, minyak goreng, dan tambahan lainnya adalah usuk sate.

Jajanan anak sekolah yang praktis ini tentu sangat mudah dibuat. Kocok telur dan campurkan dengan garam, lada, bawang putih, atau bumbu penyedap lainnya.

Tuang satu sendok telur kocok ke minyak goreng yang sudah dipanaskan. Segera gulung telur menggunakan tusuk sate dan diamkan sesaat hingga telur matang. Jajanan ini bisa disajikan dengan saus agar lebih nikmat.

Baca Juga  10 Hantu Terseram di Dunia, No 7 Paling Bikin Merinding

3. Es mambo

Saat cuaca panas, anak-anak di jam istirahat sangat suka membeli es mambo. Jajanan ini sudah cukup lama dan masih bisa dijumpai hingga sekarang. Jajanan anak sekolah yang tidak lekang zaman ini bisa dibuat sendiri dengan mudah menggunakan beberapa bahan yang cukup sederhana.

Bahan untuk es mambo antara lain 10 sendok susu cair rasa cokelat, 4 sendok tepung maizena, 3 sendok cokelat bubuk, gula pasir, dan air matang sebanyak 1 liter.

Setelah bahan untuk jajanan anak sekolah yang praktis ini siap, Anda bisa membuatnya dengan langkah pertama mencampurkan tepung dan bubuk cokelat. Aduk rata dan tambahkan air sedikit demi sedikit kurang lebih 1 gelas air.

Adonan kemudian dicampur dengan gula, susu cair, dan 1 liter air matang. Masak adonan tersebut menggunakan api kecil sambil terus diaduk. Setelah mendidih, angkat dan biarkan hingga suhunya turun. Masukan adonan es ke plastik es dan diamkan di dalam freezer hingga membeku.

4. Makaroni telur

Makaroni telur atau biasa disebut maklor ini juga menjadi jajanan anak sekolah yang praktis dan mudah dibuat. Camilan sederhana ini nyatanya sangat digemari anak-anak terlebih lagi dengan tambahan bumbu yang beraneka rasa. Maklor dapat dibuat dengan beberapa bahan yang mudah didapat.

Bahan utamanya adalah makaroni 250 gram, saus cabai 2 sendok, saus tomat 5 sendok, telur sebanyak 3 butir, minyak sayur 5 sendok, bawang putih 6 siung, merica bubuk 1 sendok teh, mentega 1 sendok makan, dan keju secukupnya.

Cara membuat jajanan anak sekolah yang praktis ini adalah dengan merebus makaroni terlebih dulu sekitar 10 menit. Tumis bawang putih hingga wangi, tambahkan garam, merica bubuk, dan terakhir telur. Orak-arik telur dan masukan makaroni. Aduk, beri saus tomat dan saus cabai. Taburi keju dan sajikan.

5. Tahu crispy

Jajanan ini dibuat dari tahu dengan tambahan bahan seperti tepung terigu, baking powder, garam, penyedap rasa, merica dan bawang putih. Camilan sehat dari tahu ini akan lebih baik apabila Anda menggunakan tahu putih segar dan berkualitas.

Kukus tahu terlebih dahulu untuk kemudian diberi bumbu halus yang dibuat dari merica, bawang putih, garam, dan penyedap rasa. Setelah itu biarkan tahu dingin di dalam kulkas sekitar 1 jam. Anda bisa memanfaatkan waktu untuk membuat adonan kering yang dibuat dengan cara mencampur semua bahan.

Bahan untuk jajanan anak sekolah yang praktis ini seperti tepung terigu, baking powder, penyedap rasa, dan garam dicampur rata. Ambil tahu yang sudah dingin dan masukan ke adonan dengan sedikit di tekan untuk membuatnya bisa keriting saat digoreng nanti.

Gunakan minyak goreng panas dalam jumlah banyak sehingga bagian tahu masuk semua. Setelah matang kecokelatan, Anda bisa mengangkatnya dan siap untuk disajikan. Selain untuk bekal anak, jajanan ini juga bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

6. Martabak unyil

Martabak unyil adalah kreasi dari martabak namun dalam ukuran yang lebih kecil sehingga dinamai martabak unyil. Jika martabak biasa isinya berada di dalam, untuk martabak unyil variasinya ada di atas atau topping. Jajanan anak sekolah yang praktis ini banyak dijual di kantin sekolah.

Untuk anak SD tentu sangat tertarik dengan jajanan yang satu ini. Tampilannya cukup menggoda dengan warna-warni selai atau meses pada bagian topping. Rasanya enak dan cukup bergizi karena biasanya diberi tambahan susu kental manis.

Selain bentuknya yang menarik dan rasanya yang enak, martabak unyil juga banyak disukai karena harganya yang cukup murah. Jajanan anak sekolah yang praktis ini pada umumnya dijual sangat terjangkau dengan harga per buahnya hanya seribu Rupiah.

Baca Juga  5 Fakta Boneka Anabel, No 3 Bikin Kita Merinding

7. Cilok

Cilok merupakan makanan atau jajanan yang dibuat dari aci dengan bentuk khasnya yaitu bulat. Cilok atau aci dicolok ini sudah ada sejak dulu dan menjadi jajanan favorit zaman SD. Teksturnya kenyal dan biasanya disajikan dengan saus kecap atau sambal kacang.

Sekarang jajanan anak yang satu ini sudah banyak dibuat kreasinya dengan beragam penyajian. Ada yang menjual cilok isi telur puyuh, sosis, daging cincang, hingga sosis. Kreasi cilok tersebut tentu semakin menarik bagi anak-anak.

Namun cilok biasa tanpa isi masih tetap laris dengan rasa dan kenikmatannya yang membuat keroncongan. Jajanan anak sekolah yang praktis dibuat dari tepung aci dan bumbu-bumbu penyedap yang kemudian dibentuk bulat dan dikukus. Tambahan saus menjadi penyempurna cilok yang tetap eksis ini.

8. Piscok

jajanan anak sekolah legendaris

Images By: Cendana News

Piscok merupakan singkatan pisang cokelat yang menjadi jajanan anak sekolah yang banyak digemari. Jajanan ini sudah begitu lama, namun masih tetap disukai anak-anak sekolah hingga sekarang. Jajanan yang bahannya hanya pisang dan cokelat ini sangat mudah dibuat.

Jajanan anak sekolah yang praktis ini dibuat dengan melumuri pisang dengan saus cokelat dan dibuat menyerupai es stick. Bentuk es pisang cokelat tersebut ada yang lurus dan ada pula yang dibuat
bertingkat seperti sate. Jajanan ini begitu laris terutama setelah kegiatan berolahraga atau pun saat cuaca panas.

Es pisang cokelat lebih banyak dijual di kantin-kantin sekolah ketimbang di pinggir jalan. Hal tersebut karena memang pembeli jajanan ini lebih banyak anak sekolah, terutama yang di kalangan anak SD. Namun orang dewasa juga bisa menikmati piscok untuk mengobati rindu masa kanak-kanak dulu.

9. Sosis bakar

Jajanan sekolah dari sosis ini adalah yang paling sering dijumpai di kantin atau pedagang jajanan di sekitar kompleks sekolah. Jajanan sosis ini bisa berupa sosis goreng atau sosis bakar. Jajanan tersebut sering dijumpai di sekolah-sekolah terutama SD.

Jajanan anak sekolah yang praktis hanya membutuhkan bahan sedikit seperti sosis, kecap manis, saus, dan bisa ditambah mayonnaise. Makanan ini banyak disukai anak sekolah, terutama anak-anak yang suka daging atau gorengan. Sosis cukup digoreng atau dibakar dan kemudian diberi bumbu untuk disantap.

Jajanan murah meriah ini bisa menjadi peluang bisnis karena pasar yang dimiliki cukup bagus. Anak SD banyak yang tertarik dengan jajanan yang hadir dengan warna merah atau kecokelatan dengan tusukan sate. Tidak hanya anak SD, anak sekolah lain atau orang dewasa juga gemar menyantap makanan ini.

10. Kue cubit

Kue cubit dikenal sebagai salah satu jajanan zaman dulu yang masih disukai hingga sekarang. Kue mungil dengan cita rasa manis tersebut merupakan salah satu jajanan anak sekolah yang praktis yang dapat dibuat tanpa menggunakan oven untuk memanggang.

Bahan untuk membuat kue cubit antara lain gula pasir, tepung terigu, mentega, susu cair, telur, baking powder, dan meses atau cokelat chips. Langkah pertama adalah mengocok telur dan gula sampai mengembang. Kemudian masukan bahan lain satu persatu dengan terus diaduk.

Adonan perlu didiamkan kurang lebih 10 menit dan setelah itu tuang ke dalam cetakan. Masukan ke panci yang sudah diisi 2 gelas air. Beri toping dulu sebelum kue dipanaskan. Setelah masak, angkat dan jajanan anak sekolah yang praktis ini dapat langsung disajikan atau dinikmati.

11. Sosis mi

Jajanan yang satu ini mempunyai banyak disukai karena anak sekolah memang gemar menyantap mi dan menyukai rasa sosis. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak begitu rumit, yakni bahan utama berupa sosis ayam dan mi instan. Untuk bumbunya antara lain adalah telur, garam, penyedap rasa, dan bawang putih.

Pertama rebus mi hingga mengembang dan setelah itu dicampur dengan bumbu yang ada dalam kemasan mi. Lilitkan mi ke sosis dengan bagian ujung sosis yang dibiarkan terlihat. Goreng hingga matang dan berwarna keemasan. Sosis siap disajikan bersama saus.

Demikian beberapa contoh jajanan anak sekolah yang praktis namun memiliki penikmat yang cukup banyak, baik dari anak sekolah maupun orang biasa.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *