Lezat, Ini Resep Gudeg Jogja Sederhana dan Cara Membuatnya

Resep Gudeg Jogja – Saat ini sudah tak terhitung lagi jumlahnya makanan kuliner asal Nusantara yang terkenal, mulai kuliner dengan cita rasa manis, pedas, asin dapat Kamu temukan di Negara tercinta ini dan Kali ini Saya akan membahas kuliner asal Yogyakarta.

Jika mendengar makanan kuliner asal Jogya atau Yogyakarta pastinya Kamu langsung terbayang dengan berbagai macam makanan yang memiliki cita rasa khas seperti gudeg dan juga krecek? Sehingga popularitas makanan khas ini membuat Yogyakarta terkenal dengan sebutan Kota Gudeg.

Perlu Kamu ketahui bahwa gudeg merupakan salah satu makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar buah nangka muda yang direbus dan diolah dengan berbagai macam bumbu sehingga jadilah gudeg.

Sejarah Lahirnya Gudeg di Nusantara

Jika sebelumnya Kita hanya mengetahui bahwa gudeg merupakan salah satu makanan khas Nusantara yang berasal dari Yogyakarta, kali ini Kamu perlu mengetahui sejarah lahirnya gudeg dan menurut pandangan sejarawan gudug itu adalah makanan dari Kraton Yogyakarta.

Sementara menurut pandangan lainnya gudeg telah terlahir sejak masa penyerbuan pertama Batavia pada tahun 1726 sampai 1728 oleh pasukan Sultan Agung yang saat ini telah tercatat dalam sejarah meskipun belum terbukti kebenarannya.

Namun, meskipun begitu pada intinya sejarah makanan gudeg adalah makanan khas masyarakat yang sudah aja sejak zaman dahulu karena bahan bakunya yang sangat mudah ditemukan yaitu nangka muda.

Jenis-Jenis Gudeg

jenis gudeg
Mungkin kebanyakan dari Kita hanya mengetahui bahwa makanan ini hanya memiliki satu jenis saja, akan tetapi ternyata makanan gudeg memiliki banyak jenis.

Baca Juga  Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Murah Meriah dan Nikmat

Seperti gudeg kering yang memiliki sedikit kuah santan, dan ada juga jenis gudeg basah yang memiliki banyak santan sehingga terlihat basah.

Dan tentunya terdapat perbedaan rasa antara masing-masing jenis gudeg tersebut, karena meskipun rasa gudeg manis, kadang gudeg juga bisa memiliki rasa yang pedas yang terdasap pada bagian wilayah Jawa Timur.

Resep Gudeg Jogja Sederhana dan Cara Membuatnya

cara membuat gudeg jogja
Setelah mengetahui sejarah dan jenis-jenis gudeg, kini saatnya Kita membuat gudeg dan Kamu bebas untuk memilih jenis gudeg mana yang akan Kamu buat dan berikut ini adalah resep gudeg Jogya sederhana.

Bahan-Bahan Gudeg Jogya:

Sebelum membuat gudeg Jogya persiapkan dahulu bahan-bahan gudegnya, diantaranya:

– 500 Gram buah nangka muda, kemudian potong-potong dengan berukuran kotak kecil, lalu cuci bersih menggunakan air bersih dan tiriskan.

– 250 Gram daging ayam, kemudian potong-potong dengan berukuran kecil, lalu cuci bersih menggunakan air bersih.

– 3 Butir telur ayam, lalu rebus sampai matang.

– 500 Ml santan kelapa yang memiliki kekentalan sedang.

– 250 Ml air kelapa muda.

– 2 Jempol lengkuas bersihkan terlebih dahulu, kemudian geprek.

– 2 Lembar daun salam.

– 2 buah gula merah dan jika kurang manis maka bisa menambahkannya lagi, sehingga bisa menyesuaikan rasa manisnya.

– Garam secukupnya.

– Air matang.

– Bubuk kaldu jamur.

– Daun jati.

Baca Juga  Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Bumbu-Bumbu Halus:

– 6 Bawang putih.

– 8 bawang merah.

– 6 butir kemiri utuh kemudian sangria terlebih dahulu.

– 2 Sendok teh ketumbar butiran, sangria terlebih dahulu.

Cara Membuat Gudeg Jogya Sederhana

gudeg jogja
1. Rebus Nangka Muda

Langkah pertama didihkan air bersih dan rebuslah nangka muda yang telah dipotong-potong tadi hingga nangka muda tersebut berubah warna menjadi warna coklat kemerahan, kira-kira 1 jam.

Lalu matikan api dan saring menggunakan saringan dan buang airnya dan jangan lupa untuk membilasnya sesekali menggunakan air bersih.

2. Rebus Ayam

Resep gudeg Jogya selanjutnya adalah dengan merebus ayam yang telah dipotong-potong tadi menggunakan air yang mendidih dan masak ayam tersebut sampai berubah warna dan matang, jangan lupa juga untuk selalu membuang buih-buih air keruh rebusannya.

Baca Juga  Apa Kamu Berani Mengkonsumsi 7 Cabe Terpedas Di Dunia Ini?

3. Masak Nangka

Setelah nangka muda dan ayam tersebut direbus sampai matang, kemudian langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan nangka tersebut dengan bumbu halus yang telah disiapkan dan tambahkan air kelapa, santan dan telur.

Jangan lupa untuk mencicipi rasanya, jika misalkan kurang rasa atau hambar maka bisa menambahkan bumbu perasa, atau misalkan kurang pedas bisa menambahkan cabai halus, intinya rasa sesuai selera.

Masak nangka tersebut menggunakan api yang tidak terlalu besar hingga bumbu-bumbu tersebut benar-benar meresap kedalam nangka.

Dan biarkan airnya menjadi surut kira-kira memerlukan waktu 2 jam, karena Kita memasak gudeg yogya sederhana kering, lalu angkat dan sajikan.

Bagaimana ternyata cara membuat gudeg Yogya sangat mudah bukan? Selain hemat, murah memasak sendiri juga dapat menambah pengetahuan Kita akan berbagai macam masakan khas Nusantara, selamat mencoba.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *