6 Cara Mengolah Daun Kelor dan Cara Mengkonsumi Secara Tepat

Cara mengolah Daun kelor  – Hampir sebagian besar daun yang tumbuh di Indonesia dapat diambil manfaatnnya. Baik hanya untuk sekedar dikonsumsi ataupun dijadikan obat penyembuh.

Saat ini sudah banyak yang sadar akan manfaat tanaman herbal dibandingkan dengan obat warung ataupun racikan dokter.

Kandungan Daun Kelor

teh daun kelor
Sama halnya dengan daun kelor. Daun kelor ini memiliki beragam manfaat terutama untuk kesehatan. Bahkan para ilmuan mengatakan jika daun kelor ini merupakan Miracle Tree atau pohon ajaib. Sebelum masuk pada manfaat, daun kelor ini memiliki kandungan senyawa yang sangat baik diantaranya:

– Kalsium. Jangan kira hanya susu saja yang mengandung kalsium, daun ini bahkan memiliki kandungan kalsium yang empat kali lipatnya dari susu.

– Potasium, kandungan yang biasa dalam pisang ini justru tiga kali lipatnya pada daun ini.

– Selain itu juga kaya akan Vitamin A dan C.

– Kandungan yang tidak kalah pentingnya adalah Antioksidan dan Protein.

6 Manfaat dan Cara Mengolah Daun Kelor

manfaat teh daun kelor
Dengan cara mengonsumsi daun kelor secara rutin, maka khasiatnya akan begitu terasa. Berikut ini beberapa manfaat dan cara mengolah daun kelor untuk kesehatan.

1. Menyehatkan Mata

Kandungan dalam daun kelor berupa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu dengan cara mengonsumsi daun kelor secara rutin maka dapat mencegah pernyakit mata seperti katarak.

Karena tidak bisa dipungkiri akhir-akhir ini penderita katarak di Indonesia terus bertambah. Cara mengelolanya, Anda hanya cukup menjadikannya sebagai sayur bening.

2. Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang normal atau ideal adalah dambaan setiap orang. Manfaat teh daun kelor dapat membantu Anda menurunkan berat badan yang berlebih. Teh ini akan bekerja dengan cara merangsang metabolisme dalam tubuh dalam hal membakar kalori.

Adanya kandungan Polyphenol dalam daun kelor mampu menjaga imun dalam tubuh serta membuang racun-racun yang berbahaya.

3. Mengobati Rematik

Daun kelor juga dapat menurunkan asam urat pada persendian. Cara mengolah daun kelor untuk mengatasi masalah sendi yang berakibat pada gejala penyakit rematik. Yaitu dengan merebusnya dan diambil airnya saja atau dengan memakan langsung seperti dijadikan lalap.

4. Mencegah Kanker

Akhir-akhir ini, penyakit ganas kini mulai menyerang manusia. Hal tersebut disebabkan karena pola makan yang tidak sehat. Kaya Antioksidan dalam daun kelor sangat membantu untuk mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.

Selain itu, kandungan potasium yang cukup tinggi perlahan mampu menghilangkan Kanker. Anda cukup mengonsumsinya secara rutin.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penyakit Diabetes kini mulai menyerang siapapun dengan segala jenis usia. Makanan-makan siap saji, sering kali memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Kandungan mineral seng dalam daun kelor mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan ini juga sangat diperlukan tubuh terutama dapat memproduksi insulin.

Senyawa asam chloregnic dan asam isothiocyanate yang ada dalam daun kelor dapat mengontrol kadar gula darah dan memungkinkan untuk mengurangi atau menyeimbangkan kadar Glukosa sesuai yang diperlukan tubuh. Cara mengonsumsi daun kelor untuk ini yaitu dengan dijadikannya sayur untuk lauk makan.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting, ginjal inilah yang akan mengelola makanan apa yang Anda makan. Apabila mengonsumsi makanan atau minuman yang berbahaya bagi tubuh, tentu akan berinteraksi langsung dengan ginjal. Cara mengolah daun kelor untuk masalah ini cukup mudah yaitu dengan mengonsumsi dalam bentuk sayur bening atau hanya sarinya saja.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh. Karena sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, daun kelor juga sangat bagus untuk merawat kulit. seperti mengurangi flek hitam, menghaluskan wajah, menyehatkan kulit dan terpenting menjaga penuan dini.

Banyak anak muda sekarang yang masih berumur belasan tahun namun terlihat seperti berumur dua puluh tahunnan. Kandungan atibiotik dan kaya akan anti oksidan dalam daun kelor dapat mengangkat sel-sel kulut mati. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengolah daun kelor untuk permasalahan kulit terutama pada wajah.

Cara Membuat Daun Kelor Untuk Masker


Anda dapat memanfaatkannya sebagai masker dengan cara:

– Siapkan beberapa lembar daun kelor yang sudah dibersihkan dengan air yang mengalir.

– Kemudian tiris dan keringkan di sinar matahari secara langsung.

– Setelah kering, tumbuk sampai halus hingga menjadi bubuk

– Tambahkan air secukupnya hingga seperti pasta

– Oleskan di seluruh wajah layaknya masker biasa

– Tunggu hingga 15 atau 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat ataupun air biasa hingga benar-benar bersih.

Namun, alangkah baiknya, sebelum mengoles pada wajah pastikan masker ini sesuai dengan kulit. Oleh karena itu, sebelum keseluruhan wajah, Anda lakukan testimoni sedikit saja di bagian wajah untuk mengetahui reaksi. Jika dirasa aman, maka Anda dapat melakukannya di keseluruhan tanpa khawatir efek samping yang ditimbulkan.

Baca Juga  Pelurus Rambut Alami 20 Menit yang Bisa Dibuat Dirumah

Selain untuk wajah, daun kelor ini juga dapat mengatasi permasalahan rambut seperti ketombe, rambut rontok bahakan rambut berkutu. Cara mengolah daun kelor untuk permasalahn rambut dan menutrisinya adalah dengan membuat shampoo daun kelor. Degan begitu, selain masalah teratasi juga bisa menutrisi rambut sehingga lebih lebat, kuat dan sehat.

Cara Mengkonsumsi Daun Kelor Secara Tepat

cara mengkonsumsi daun kelor
Seperti itulah manfaat daun kelor baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Yang terpenting adalah tau cara mengolah daun kelor yang benar. Dengan begitu, akan sangat membantu menjaga dan mengatasi penyakit yang dialaminya.

Cara mengonsumsi daun kelor bisa dengan di masak biasa, diambil sarinya saja atau juga bisa dengan melihat manfaat teh daun kelor. Maka oleh karena itu, kesehatan tubuh itu penting.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

One thought on “6 Cara Mengolah Daun Kelor dan Cara Mengkonsumi Secara Tepat

  • Avatar
    10-09-2020 at 1:59 pm
    Permalink

    Aku udah pakek masker daun kelor bener bener nyata gaus hasilnya wajah aku makin halus uhhhh suka bngtd apalagi murah lagi kalo beli di shopee daun kelor hubuk nya pokonya the best deh suka aku♡♡♡♡♡

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *