Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Murah Meriah dan Nikmat

Cara Membuat Tahu Gejrot – Negara tercinta Kita memang terkenal memiliki berbagai macam makanan kuliner yang sangat beragam yang memiliki cita rasa yang berbeda-beda dan sangat mudah ditemukan dimana-mana dan yang akan Kita bahas kali ini adalah tahu gejrot.

Tahu gejrot adalah salah satu makanan kuliner yang berasal dari Cirebon dan saat ini jajanan ini sedang naik daun sehingga sangat mudah sekali untuk menemukan jajanan yang memiliki rasa khas gurih dan pedas ini.

Asal Muasal Dinamakan Tahu Gejrot

asal muasal tahu gejrot
Images By: Google

Mungkin Kamu masih penasaran bukan kenapa jajanan ini dinamakan dengan tahu gejrot? Ya karena asal muasalnya menurut para pedagang tahu gejrot, kuah tahu gejrot ini memang terbuat dari campuran cabe, bawang merah, putih asam jawa, dan gula jawa yang dimana kuahnya dimasukan kedalam botol.

Dan ketika akan dituangkan kedalam tahu yang sudah dipotong-potong maka akan terdengar suara jrot, jrot dan mungkin hal ini yang menginspirasi mereka sehingga menamkan jajanan ini menjadi tahu gejrot.

Manfaat Tahu Untuk Kesehatan

Dan ternyata selain jajanan ini enak untuk dikonsumsi ternyata ada kandungan dan segudang manfaat tahu untuk kesehatan tubuh dan berikut dibawah ini adalah ulasannya yang saya kutip dari berbagai macam sumber:

– Mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang, karena tahu kaya akan kandungan kalsium.

– Dapat mencegah penyakit jantung, karena dengan mengkonsumsi tahu dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat pada tubuh.

– Dapat membantu menurunkan berat badan, kerana kandungan proteinnya yang dapat menyebabkan ketika mengkonsumsi tidak cepat lapar dan sangat rendah kalorinya.

– Dapat menyeimbangkan hormone didalam tubuh terutama sanat bermanfaat bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Jenis Tahu Apa yang Digunakan Pada Tahu Gejrot?

asal muasal tahu gejrot

Images By: Google

Menurut banyak orang tahu yang sering digunakan oleh para pedagang adalah jenis tahu pong seperti tahu sumedang berwarna coklat akan tetapi isi tahunya kopong yang memiliki ukurannya yang kecil namun katanya tahu ini adalah produk yang dibuat gagal saat proses pembuatan tahu.

Baca Juga  Cara Membuat Kue Pukis Coklat dan Pandan, Praktis dan Enak

Sehingga jika dibuang akan sangat mubazir, dan akhirnya turunlah inspirasi untuk memanfaatkannya untuk ditambahkan dengan kuah tahu gejrot sehingga saat dikonsumsi terasa nikmat dan dapat mebnambah cita rasa.

Nah jika Kamu penasaran bagaimana cara membuat tahu gejrot berikut ini adalah resep cara membuat tahu gejrot lezat dan nikmat, diantaranya:

Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Lezat dan Nikmat Dirumah

resep tahu gejrotImages By: Google

Sebelum membuat tahu gejrot ada baiknya Kamu mempersiapakan segala macam bahan-bahan yang diperlukan sebagai cara membuat tahu gerot dirumah dan berikut dibawah ini adalah resef membuat tahu gejrot dirumah:

Bahan-Bahan Tahu Gerot

– 25 biji tahu pong.

– 250 gr gula merah atau gula jawa.

– 500 ml air putih.

– 10 siung bawang merah.

– 6 siung bawang putih.

– 3 sdm minyak panas.

– 10 Cabe rawit secukupnya dan sesuaikan dengan selera jika ingin lebih pedas bisa tambahkan.

– Garam halus secukupnya

– Asam jawa secukupnya sesuai dengan selera.

Cara Membuat Tahu Gejrot Langkah Demi Langkah

Images By: Google

– Rebus Gula Merah Dengan Air Putih

Langkah pertama setelah bahan-bahan siap adalah dengan membuat kuah tahu gejrot, caranya potong-potong gula merah, lalu rebus gula merah tersebut menggunakan air putih sebanyak 500 ml dan aduk secara merata sampai gula merah tersebut larut dan bercampur dengan air.

– Ulek Bawang Merah, Putih dan Cabai

Langkah selanjutnya adalah siapkan ulekan kemudian gerus secara kasar bawang merah, putih dan cabe rawit secukupnya yang bisa disesuaikan dengan selera dan jangan lupa tuangkan garam sedikit, lalu ulek-ulek hingga merata, kemudian siram menggunakan minyak panas dan simpan dalam wadah bersih.

Baca Juga  Cara Membuat Stik Keju, Camilan Ekonomis dan Mudah Dibuat

– Potong-Potong Kecil Tahu

Langkah selanjutnya adalah dengan memotong-motong tahu kecil tadi yang telah disediakan secara merata, dan usahakan ukuran potongannya tidak terlalu besar dan kecil agar nantinya lebih enak ketika dikonsumsi.

– Siram Tahu yang Telah Dipotong Dengan Bumbu

Cara membuat tahu gejrot selanjutnya adalah dengan menyiram tahu yang telah dipotong-potong tadi menggunakan bumbu yang telah jadi kedalam tahu, lalu aduk-aduk secara merata.

Kamu juga bisa mengaduknya dengan menggunakan cobek yang masih berisi bumbu-bumbu tadi, karena hal ini yang paling sering Kita lihat dari penjual tahu gejrot.

Setalah itu siram tahu yang telah diberiskan bumbu menggunakan cairan siraman tahu gejrot yang telah disiapakan diatas tadi secara merata dan ada baiknya kuah tahu gejrot menyesuaikan dengan banyaknya tahu yang akan Kita gunakan

Lalu sajikan dipiring kecil dan jangan lupa untuk menggunakan tusuk gigi saat mengkonsumsinya agar bisa sama percis dengan para penjualnya.

Sekianlah pembahasan mengenai resep tahu gejrot sampai cara mengelolahnya dan selamat mencoba, semoga bermanfaat sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *