Cara Membuat Stik Keju, Camilan Ekonomis dan Mudah Dibuat

Cara Membuat Stik Keju – Di era modern serba praktis ini, tentunya banyak hal bisa didapatkan dengan proses yang efisien dan praktis. Tak terkecuali di bidang kuliner, banyak orang berlomba untuk membuat makanan sepraktis mungkin dengan bahan yang sederhana namun tetap memiliki citarasa yang lezat. Nah, jika pembaca ingin mencoba kuliner ekonomis dengan rasa yang enak, stik keju adalah jawabannya.

Resep stik keju ini terbilang cukup mudah dan bahan-bahan pembuatannya pun mudah didapatkan. Stik keju dapat menjadi camilan saat santai bersama keluarga hingga menjadi ide bisnis bagi anda yang akan memulai usaha baru di bidang kuliner.

Bahan Bahan untuk Membuat Stik Keju

bahan dasar stik keju
Proses cara membuat stik keju cukup mudah untuk dipraktikan. Hal pertama yang harus anda siapkan adalah bahan-bahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah keju, air, tepung tapioka, minyak, telur, penyedap rasa, baking powder, margarin, dan garam.

Anda juga dapat menambahkan penyedap jamur untuk mendapatkan stik keju yang lebih gurih dan wangi. Bahan-bahan ini bisa anda dapatkan di dapur dan toko terdekat.Jika anda memiliki adonan puff pastry di dapur, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengganti adonan yang berasal dari tepung tapioka dan air.

Cara Membuat Stik Keju Step by Step

cara membuat stik keju• Membuat Adonan

Setelah bahan-bahan disiapkan, mulai langkah cara membuat stik keju berikutnya yaitu membuat adonan. Campur tepung tapioka dengan telur, air, margarin, dan keju yang telah diparut. Aduk hingga merata lalu tambahkan garam, penyedap rasa/jamur, dan baking powder.

• Uleni Adonan Tersebut Hingga Kalis

Setelah adonan rata, uleni adonan hingga adonan tersebut kalis atau tidak lengket di tangan. Anda bisa menambahkan air dan tepung sesuai selera agar adonan kalis. Bentuk menjadi adonan menjadi bulatan besar lalu tutup dengan serbet dan diamkan selama 30 menit. Hal ini dilakukan agar adonan lentur. Bagi anda yang menggunakan bahan puff pastry, silakan melewati langkah membuat adonan dalam resep stik keju ini.

Baca Juga  Cara Membuat Risoles Mayonaise dan Resepnya, Lezat Bergizi

• Diamkan Selama 30 Menit

Langkah selanjutnya setelah adonan didiamkan selama 30 menit adalah membentuk adonan. Langkah ini sangat menyenangkan karena Anda bisa membentuk adonan sesuai selera. Anda dapat membentuk stik keju dengan menggiling adonan kecil-kecil menggunakan telapak tangan.

• Membentuk Stik Keju

Cara lain membentuk stik keju adalah memotong adonan pipih memanjang dengan pisau atau alat pembuat mie. Anda juga dapat mengkreasikan bentuk dengan memelintir adonan menjadi spiral memanjang.

Namun, perhatikan ketebalan stik keju. Stik keju yang terlalu besar dan tebal mempengaruhi hasil stik keju yang telah digoreng menjadi alot. Jangan lupa baluri stik keju yang menggunakan bahan puff pastry dengan parutan keju sebelum menggoreng stik keju tersebut.

• Masukan Stik Keju Kedalam Minyak Dingin

Lalu masukkan stik keju ke dalam minyak dingin. Hal ini untuk menghindari stik keju yang telah dibentuk lengket dan berbentuk pipih karena ditumpuk satu dengan yang lainnya. Selain itu, minyak dingin dapat membuat stik keju lebih renyah dan ringan setelah digoreng.

Proses Penggorengan Stik Keju

cara menggoreng stik keju

Selanjutnya, proses penggorengan merupakan cara membuat stik keju yang sangat penting. Proses penggorengan sangat mempengaruhi keberhasilan membuat stik keju. Jika anda menggoreng stik keju terlalu lama, maka stik keju menjadi keras. Begitu pula jika anda menggoreng tanpa membolak-balik stik keju, maka stik keju tidak matang dengan merata.

Minyak yang dibutuhkan cukup banyak karena stik keju menyerap minyak dengan jumlah yang banyak. Stik keju terbilang cukup matang apabila stik keju yang awalnya tenggelam di dasar penggorengan terangkat ke atas dengan warna kekuningan.

Ulangi langkah penggorengan di atas pada stik keju yang telah dibentuk. Pembaca juga harus memperhatikan suhu minyak di dalam penggorengan. Setelah proses penggorengan pertama selesai, tunggu minyak agak dingin untuk lanjut ke proses penggorengan kedua. Hal ini dilakukan untuk menghindari stik keju di proses kedua hangus atau berwarna kekuningan dengan bagian dalam yang belum cukup matang.

Baca Juga  Menguntungkan, Ini 6 Resep Jajanan Unik untuk Dijual

Setelah stik keju digoreng, tiriskan menggunakan kertas penyerap minyak. Tentunya meniriskan stik keju sangat penting untuk mengurangi minyak berlebih yang ada pada stik keju. Minyak yang berlebih di stik keju mengakibatkan stik keju basah dan mudah kedaluarsa.

Setelah proses penirisan selesai, simpanlah stik keju di dalam stoples kedap udara agar stik keju tetap renyah. Anda dapat menikmati stik keju ini di saat kumpul keluarga atau sebagai camilan di waktu santai. Saat ini, stik keju juga menjadi salah satu pilihan camilan lebaran atau hari besar lainnya.

Stik keju juga dapat Anda jumpai di warung dan toko sebagai jajanan anak-anak hingga orang dewasa. Harganya yang terjangkau dengan rasa yang enak membuat camilan ini disukai orang-orang dari berbagai kalangan.

Oleh karena itu, stik keju menjadi salah satu ide bisnis bagi anda yang ingin membuat usaha dengan modal sedikit namun untung yang luar biasa. Cara membuat stik keju cukup mudah bukan? Tentu, anda dapat membuatnya dengan cara mudah dan sederhana.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *