Mantap, Ini Resep Cara Membuat Semur Jengkol Agar Tidak Bau

Cara Membuat Semur Jengkol – Pastinya Kamu sudah tidak asing lagi bukan mendengar makanan yang satu ini, makanan ini berasal dari Betawi, berbahan dasar jengkol, ya makanan daerah ini bernama semur jengkol yang memiliki cita rasa khas yang membuat siapa saja yang mengkonsumsinya minta nambah lagi dan lagi.

Selain bisa dijadikan semur, jengkol juga bisa dioleh menjadi berbagai macam resep seperti rendang jengkol dan juga jengkol juga bisa dikombinasikan dengan berbagai macam bahan-bahan makanan lainnya seperti ikan yang membuat cita rasa jengkol semakin beragam.

Perlu Kamu ketahui juga bahwa bahan dasar semur jengkol yaitu jengkol saat memasaknya maka membutuhkan keahlian memasak yang benar dan tepat agar nantinya rasanya bisa lezat, legit dan agar nantinya ketika dikonsumsi tidak berbau.

Kenapa Setelah Makan Jengkol Mulut dan Air Urin Bisa Menjadi Bau?

semur jengkol
Pastinya bau mulut akan sangat menggangu dan bisa saja menurunkan rasa kepercayaan diri dan hal ini paling seringkali dialami oleh para pencinta jengkol, karena setelah mengkonsumsinya bisa membuat mulut dan air urin menjadi berbau, lalu kenapa hal ini bisa terjadi?

Menurut situs hellosehat yang Saya kutip hal ini terjadi karena pada biji jengkol banyak berbagai macam zat maupun senyawa yang dapat menyebabkan bau tidak sedap setelah mengkonsumsinya seperti sulfur bernama djengkolic acid atau bernama senyawa asam jengkolat.

Senyawa ini tersusun dari dua asam amino sistein yang diikat oleh 1 gugus metil pada atom belerangnya, sehingga akibat adanyanya senyawa tersebut sangat berperan penting pada aorma urin yang keluar dan jadi berbau menyengat setelah mengkonsumsi jengkol.

Cara Membuat Semur Jengkol Empuk Tidak Berbau dan Resepnya

cara memasak semur jengko
Sebelum Kamu mengetahui cara membuat semur jengkol dan resepnya ada baiknya Kamu siapkan terlebih dahulu berbagai macam bahan-bahannya yang saya kutip dari website Cookpad, yaitu:

Baca Juga  Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

– 500 Gram jengkol tua kemudian rendam dalam air beras semalaman.

– 2 Sdm kopi hitam untuk merebus jengkol agar tidak berbau.

– 2 Lembar daun salam.

– 2 Lembar daun jeruk.

– 1/2 Sdt pala bubuk yang telah dihaluskan.

– 1/2 Sdt ketumbar bubuk yang telah dihaluskan.

– 1 Sdt kaldu jamur.

– 1 Sdt garam halus.

– 2 Sdm kecap manis.

– 2 Sdm minyak sayur untuk menumis jengkol.

– 250 Ml air matang.

– Kecap secukupnya

Bumbu-Bumbu Halus :

– 8 bawang merah.

– 5 bawang putih.

– 4 kemiri.

– Merica bubuk secukupnya.

– 1 Cm biji pala.

– 10 Buah cabai rawit sesuaikan dengan selera.

1. Cuci Bersih Jengkol

cara memasak semur jengkol
Langkah pertama cara membuat semur jengkol adalah cuci bersih jengkol kemudian rendam dalam air beras dan rendam dalam semalaman, kemudian setelah semalaman cuci bersih menggunakan air bersih.

Lalu rebus jengkol tersebut dengan menggunakan kopi hitam kurang lebih 1 jam dan setelah matang kemudian cuci kembali dan geprek perlahan jengkol yang telah direbus.

2. Tumis Bumbu Halus

Langkah selanjutnya adalah dengan menumis bumbu halus yang telah dipersiapakan diatas tadi, caranya panaskan minyak sayur, kemudian tumis bumbu halus, daun salam dan daun jeruk sampai wangi.

Jangan lupa untuk menambahkan bubuk pala, ketumbar, garam secukupnya kaldu, kemudian masukan jengkol dan aduk secara merata.

Baca Juga  Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Murah Meriah dan Nikmat

3. Tambahkan Air Bersih

Setelah itu tambahkan air bersih dan masak jengkol tersebut dengan api kecil hingga airnya menjadi surut setengahnya, kemudian berikan kecap manis dan aduk secara merata hingga mengental dan cicipinya rasanya.

Jika kurang bumbu maka tambahkan agar rasanya sedap dan lezat, dan misalkan rasanya sudah pas maka sajikan di piring dan agar terasa lebih mantap maka Kamu bisa mengkonsumsinya dengan nasi hangat.

2 Cara Menghilangkan Bau Jengkol Setelah Habis Mengkonsumsinya

resep semur jengkol
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa dengan teknik yang tepat maka bau jengkol bisa dikurangi akan tetapi bau jengkol masih tetap ada jika Kamu tidak menggunakan tips diatas, lalu bagaimanakah cara menghilangkan bau jengkol setelah habis mengkonsumsinya?

1. Kumur-Kumur Atau Minum Kopi

Ternyata pengunaan kopi tidak hanya saja untuk merendam jengkol seperti yang telah dijelaskan diatas akan tetapi Kamu bisa mengatasi bau jengkol dengan kumur-kumur atau minum kopi setelah mengkonsumsi jengkol.

Perlu Kamu catat bahwa ada baiknya Kamu menggunakan kopi hitam yang ditambahkan dengan setengah cangkir air hangat aduk secara merata dan minum atau kumur-kumur untuk menghilangkan bau jengkolnya.

Baca Juga  Ternyata Ini 2 Aturan Minum Susu Bear Brand yang Benar

2. Minum Susu

Cara menghilangkan bau jengkol setelah mengkonsumsinya selanjutnya dengan meminum susu, karena susu memiliki sifat menetralkan makanan pada aroma di mulut dan susu terdapat senyawa yang dapat melawan bakteri dalam menghilangkan bau mulut.

Sekianlah cara membuat semur jengkol dan resepnya sampai cara menghilangkan bau mulut setelah mengkonsumsi jengkol, selamat mencoba yah Sahabat Tedas.id semoga bermanfaat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *