Cara Membuat Risoles Mayonaise dan Resepnya, Lezat Bergizi

Cara Membuat Risoles Mayonaise – Apakah Kamu merupakan seseorang yang hobi membuat cemilan-cemilan yang lezat, gurih dan bergizi? Jika ya maka kali ini Kami akan memberikan cara membuat risoles mayonnaise dan resepnya kepada Kamu dirumah.

Pastinya Kamu pernah mendengar bukan cemilan yang bernama risoles? Ya risoles ini pada umumnya berbentuk bulat lonjong yang merupakan pastri yang berisi berbagai macam isi seperti daging cincang dan sayuran yang dibungkus dengan dadar yang terbuat dari campuran tepung yang kemudian digoreng ataupun dipanggang.

Kemudian akan disajikan secara hangat yang ditemani dengan cabai rawit, rasanya yang lezat dan gurih ditambah dengan gigitan cabai rawit yang pedas, membuat siapa saja yang mengkonsumsi ketagihan.

2 Jenis Risoles di Indonesia

risoles mayo
1. Risoles Berisi Daging Cincang

Perlu Kamu ketahui bahwa risoles di Indonesia terdapat dua jenis, yang pertama adalah risoles yang berisi sayur-sayuran yang dicampur dengan daging cincang maupun daging tumis dan pada umumnya berbentuk bulat lonjong yang disajikan dengan cabai rawit.

2. Risoles Berisi Ragout

Sedangkan jenis risoles kedua adalah risoles berisi ragout yang didalamnya berisi sayur-sayuran, bawang bombai dan daging cincang, selain itu pada umumnya risoles berisi ragout berbetuk segitiga yang disajikan dengan saus kacang maupun cabai rawit.

cara membuat risoles mayonaise
Cara Membuat Risoles Mayonaise dan Resepnya

Setelah Kamu mengetahui jenis-jenis risoles maka kini saatnya Kita mengetahui cara membuat risoles, sebenarnya ada banyak kombinasi atau isian risoles yang bisa Kamu coba sesuai dengan selera.

Akan tetapi kali ini Saya akan membahas risoles mayonnaise isi sosial dan daging cincang yang lezat dan bergizi berikut ini adalah resepnya.

cara membuat risoles mayo
1. Persiapkan Bahan-Bahan Kulit Risoles

Langkah pertama adalah persiapkan kulit risolesnya terlebih dahulu caranya adalah dengan membuat kulit risoles dan berikut ini adalah bahan-bahannya yang perlu dipersiapkan:

– 250 gram tepung terigu.

– 3 sdm tepung tapioca.

– 3 sdm margarin cair

– 1 butir telur

– 500-600 ml air putih.

Baca Juga  Manfaat, Proses Pembuatan Tepung Tapioka dan Harganya

Untuk membuat adonan kulit risoles caranya sangat mudah, pertama Kamu campurkan terlebih dahulu 250 gram tepung terigu, 3 sdm tepung tapioca, 3 sdm margarin cair, 1 butir telur kemudian aduk-aduk hingga rata, lalu tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk adonan tersebut sampai merata.

Jangan lupa saring adonan tersebut dengan menggunakan saringan, karena jangan sampai ada adaonan yang bergerindil karena nanti hasilnya tidak akan bagus.

Langkah selanjutnya adalah dengan memanaskan teplon dengan menggunakan api yang kecil, kemudian masukan adonan kulit risoles tadi dengan menggunakan centong sayur sampai matang dan lakukan sampai adonan kulit risoles habis.

cara membuat risoles
2. Persiapkan Isian Risoles

Cara membuat risoles mayonaise selanjutnya adalah persiapakan isi risoles dan pertama-tama Kamu siapakan terlebih dahulu, bahan-bahannya, diantaranya:

– Garam dan gula secukupnya.

– 2 sdm tepung yang di larutkan.

– Haluskan 3 siung bawang putih

– Haluskan 4 siung bawang merah

– 5 buah sosis

– Daging cincang yang telah ditumis

– Kentang yang telah dipotong dadu.

– Wortel yang telah dipotong dadu.

– Mayonaise secukupnya.

Setelah bahan-bahan telah disediakan maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat isi risoles.

Caranya siapkan wajan dan isi minyak secukupnya kemudian tumis bawang putih dan merah setelah wangi kemudian masukan wortel yang telah dipotong-potong dadu.

Baca Juga  Apa Itu Vinegar? Berikut 9 Jenis Vinegar dan Manfaatnya

Kemudian masukan kentang, daging cincang, dan sosis tumis sebentar, lalu tambahkan air secukupnya kemudian coba dulu rasanya jika dirasa sudah pas maka segeraangkat dan simpan didalam mangkuk.

3. Isi Kulit Risoles Dengan Isian Tersebut

Langkah selanjutnya adalah isi kulit risoles dengan menggunakan isian yang telah matang tersebut yang sudah disiapkan di dalam mangkuk.

Caranya adalah isi kulit risoles dengan bahan isian yang telah matang tadi, dan perlu Kamu ketahui jangan terlalu banyak isian yang masuk kedalam kulit risoles karena nantinya ketika digoreng akan pecah kulitnya tersebut.

Jangan lupa untuk menambahkan mayonaise secukupnya dan gulung secara rata sampai semua kulit risoles habis.

Selanjutnya adalah dengan mencelupkan risoles mayonaise tersebut kedalam tepung terigu yang telah diberikan air sedikit, lalu gulingkan kedalam tepung roti secara merata dan lakukan sampai bahan risoles tersebut habis.


4. Goreng Risoles Mayonaise di Dalam Minyak dan Sajikan

Setelah risoles sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah dengan menggoreng risoles mayonaise tersebut kedalam minyak goreng.

Goreng risoles mayonaise tersebut sampai berwarna kulit keemasan dan ketika matang kemudian angkat dan diamkan hingga minyaknya turun.

Kemudian sajikan diatas piring dan Kamu bisa menambahkan cabai atau sambel untuk menemaninya, dan risoles mayonaise siap dihidangkan dan siap disajikan.

Bagaimana tentunya sangat mudah bukan resep tersebut? Dan semoga saja cara membuat risoles mayonaise ini dapat membantu Kamu dan selamat mencoba.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *