Cara Membuat Kue Pukis Coklat dan Pandan, Praktis dan Enak

Cara Membuat Kue Pukis – Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Negara Indonesia sangat kaya akan kebudayaanya dan dari kebudayaannya tersebut banyak terlahir berbagai macam hal, sebut saja kuliner Nusantara yang atau jajanan khas asal Indonesia yang sangat beragam.

Dari Sabang sampai Merauke pasti memiliki ciri khas jajanan khas daerahnya masing-masing, mulai dari yang rasanya manis, asin sampai pedas sehingga membuat jajanan khas daerah menjadi primadona di masyarakat sekitar.

Karena selain sehat, harganya yang terbilang murah, janjanan khas daerah ini sangat mudah untuk Kita temukan, terutama dapat Kita beli ditempat jajanan sekolah maupun dapat ditemukan dipasar-pasar tradisional.

Ciri Ciri Kue Pukis


Berbicara mengenai jajanan tradisonal pastinya Kamu sudah pernah mencicipi kue dengan ciri khas rasa manis, gurih dan enak ini bukan?

Kue pukis juga memiliki bentuk dan warna yang khas dan bentuk tersebut tercipta saat kue pukis ini dicetak saat dipanggang diatas api dan kue pukis ini

Kue pukis juga memiliki warna yang sangat khas yaitu warna kecoklatan dibagian bawahnya dan bagian atasnya berwarna kuning.

Baca Juga  Cara Membuat Risoles Mayonaise dan Resepnya, Lezat Bergizi

Selain itu kue pukis juga bisa memiliki warna hijau yang dihasilkan dari pengunaan warna kue pada adonan ataupun pengunaan daun pandan yang dicampurkan kedalam adonannya.

Sehingga kedua warna tersebut menjadi ciri khas kue pukis ini dan untuk kisaran harga kue ini terbilang memiliki harga yang sangat murah yaitu sekitar Rp 5,000 per 10 kue pukis yang bisa Kamu beli dipasar tradisional maupun ditempat jajanan Sekolah.

Cara Membuat Kue Pukis Rasa Coklat dan Rasa Pandan

cara membuat kue pukis rasa coklatJika Kamu merasa kesulitan untuk menemukan jajanan ini di Kota-Kota besar, jangan khawatir karena Kamu dapat membuatnya sendiri dirumah, lalu bagaimanakah cara membuat kue pukis? Berikut ini adalah ulasannya yang saya kutip dari web Cookpad.

1. Cara Membuat Kue Pukis Rasa Coklat

Sebelum membuat kue pukis coklat ada baiknya Kamu menyiapkan beberapa bahan-bahan diantaranya:

Bahan-Bahan Kue Pukis

A. Bahan Biang:

– 3 Sendok makan terigu.
– 2 Sendok makan gula pasir.
– 1 Sendok teh ragi
– 1/2 Sendok teh baking powder.
– 5 Sendok makan air putih hangat.

B. Bahan Adonan:

– 2 Butir telur ayam.
– 65 gram gula putih.
– 125 gram tepung terigu halus.
– 1/4 Sendok teh garam.
– 1/2 Sendok teh baking powder.
– 1/4 Bubuk vanilla.
– 1/2 Bungkus Kara dan Air putih 150 ml
– 30 Gram mentega yang telah dicairkan

Membuat Kue Pukis Rasa Coklat 

– Campur Semua Bahan Biang Pukis

Membuat Kue Pukis
Langkah pertama campur semua bahan-bahan biang yang telah disiapkan diatas kedalam wadah bersih, kemudian campurkan air putih hangat kedalamnya dan aduk secara rata dan diamkan kurang lebih selama 15 menit sampai berbusa dan sisihkan

– Kocok Telur, Gula dan Vanila

Langkah selanjutnya adalah dengan mengkocok telur, gula dan vanila menggunakan mixer sampai teraduk rata dan berwarna putih

– Tambahkan Baking Powder

Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan baking powder, garam yang sudah diayak terlebih dahulu, kemudian aduk secara rata kemudian tambahkan biang, lalu tambahkan santan.

– Tambahkan Mentega

Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan mentega cair kedalam cairan santan kedalamnya dan aduk secara merata, lalu diamkan kurang lebih selama 1 jam.

– Panggang Kue Pukis di Cetakan

cara memanggang kue pukisSetelah adonan siap maka langkah selanjutnya adalah dengan memanggang kue pukis menggunakan cetakan, caranya adalah oleskan terlebih dahulu cetakan pukis minimal 10 menit.

Lalu, oleskan mentega secukupnya jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit, kemudian tuangkan adonan kue pukis sebanyak 1 sendok sayur adonan dan isi cetakan tersebut sebanyak ¾ dari cetakan agar nantinya akan mengembang.

– Taburkan Meises

Jika kue pukis sudah mengelembung maka langkah selanjutnya adalah dengan menaburkan meises kepermukaan atasnya, setelah dirasa matang kemudian angkat sampai meises tersebut meleleh, kemudian siap disajikan.

2. Cara Membuat Kue Pukis Rasa Pandan

cara membuat kue pukis rasa pandan
Sebenarnya cara membuat kur pukis rasa pandan langkah-langkahnya sama saja dengan cara membuat kue pukis rasa coklat, akan tetapi langkah yang membedakannya adalah disaat langkah membuat bahan adonannya.

Karena kue pukis rasa pandan menggunakan pasta kue rasa pandan, atau kamu juga bisa menggunakan daun pandan asli yang telah di cuci bersih terlebih dahulu kemudian di campur sedikit air dan blender secara halus.

Baca Juga  Menguntungkan, Ini 6 Resep Jajanan Unik untuk Dijual

Kemudian tuangan cairan pandan tersebut dan jangan lupa untuk mensaring cairan pandan tersebut sebelum menungkannya kedalam adonan kue pukis, namun jika Kamu ingin cara yang lebih simpel maka Kamu dapat menggunakan pasta pandan yang bisa Kamu temukan di toko kue.

Dan untuk masalah toping nya selain menggunakan meises Kamu juga dapat menggantinya sesuai dengan sereka Kamu bisa juga menggunakan keju dan bisa juga menggunakan buah kismis dan sesuaikan dengan seleramu.

Bagaimana cara membuat kue pukis ternyata sangat mudah bukan? Selain bahan-bahannya murah, kue pukis yang dibuat sendiri ternyata bisa disajikan untuk cemilan bersama keluarga tercinta, selamat mencoba, semoga resefnya bermanfaat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *