Cara Membuat Cimol Lezat, Pedas, dan Murah Meriah

Pastinya Kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan cemilan yang satu ini, cemilan ini terbuat dari aci maupun kanji yang memiliki cita rasa yang gurih, kenyal, bentuknya bulat-bulat dan ketika disajikan akan dibumbui dengan bumbu kacang.

Ya, cemilan yang satu ini bernama cimol atau dalam Bahasa Sunda disebut aci digemol yang memiliki arti tepung kanji dibuat secara bulat-bulat dan jajanan yang satu ini berasal dari Tasikmalaya dan dikenalkan ke Kota Kembang Bandung yang sangat mudah sekali untuk Kita temui.

Untuk harga cimol perporsinya sangat beragam biasanya rata-ratanya Rp 5000 perbungkusnya sungguh murah meriah bukan? Apalagi jajanan sederhana ini sangat mudah ditemukan terutama disekolah-sekolah maupun ditempat jajanan dipinggir jalan.

Cara Membuat Cimol di Rumah dan Resepnya

resep cara membuat cimolImages By Cookpad.

Cimol paling enak dikonsumsi ketika masih hangat, apalagi cemilan ini dikonsumsi saat perut Kita sedang lapar, walaupun cemilan ini sangat mudah untuk Kita temukan tetapi tak ada salahnya Kita membuat cemilan yang satu ini bukan?

Sebelum membuat cimol ada baiknya Kita mempersipkan berbagai macam bahan-bahannya yang saya kutip dari website Cookpad.com, diantaranya.

Bahan-Bahan Membuat Cimol:

– 10 sdm tepung kanji atau yang dikenal dengan tepung tapioka.

– 3 sdm tepung terigu.

– 1 siung bawang putih yang telah dihaluskan menggunakan cobek.

– 1 sdm garam halus.

Baca Juga  Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Murah Meriah dan Nikmat

– 1 sdm kaldu bubuk.

– ½ sdt lada bubuk dan Kamu dapat menggunakan Ladaku.

– 150 ml air putih bersih.

– Minyak goreng secukupunya.

Bahan-Bahan Membuat Bumbunya:

– 3 sdm saos sambal botol untuk merknya bisa sesuai menyesuaikan selera.

– 2 sdm kecap manis.

– ½ sdm kecap asin.

– Cabai rawat yang telah dihaluskan secukupnya, sesuaikan dengan selera.

– 1 Sdm bon cabe.

Cara Membuat Cimolnya

cara membuat cemilan cimol
Images By Cookpad.

– Campurkan Bahan Membuat Cimol dan Aduk Hingga Merata

Setelah bahan-bahan membuat cimol diatas sudah lengkap, maka langkah pertama cara membuat cimol adalah sediakan semacam tempat bersih sejenis baskom maupun tempat bersih untuk mencampurkan bahan bahan, tepung kanji, terigu, garam, ladaku dan kaldu bubuk dengan takaran yang telah disesuaikan diatas dan aduk-aduk hingga merata.

– Tuangkan Air Mendidih Ke Adonan

Langkah selanjutnya adalah bahan-bahan yang telah diaduk-aduk secara merata tersebut kemudian rebus dengan menggunakan air bersih dan jangan lupa campurkan bawang putih yang telah dihaluskan tadi dan tunggu hingga airnya mendidih.

Lalu adonan yang telah disiapkan tadi tuangkan dengan air mendidih sedikit demi sedikit dan diamkan terlebih dahulu dan jika adonan sudah tidak terlalu panas maka aduk-aduk secara merata hingga adonan tersebut tercampur secara merata.

Namun, perlu diketahui bahwa jangan diuleni karena nantinya adonan tersebut bisa jadi malah lembek.

Baca Juga  Cara Membuat Risoles Mayonaise dan Resepnya, Lezat Bergizi

– Bentuk Cimolnya

Setelah adonan siap untuk dibentuk maka cara membuat cimol selanjutnya adalah dengan membentuknya dan caranya sebenarnya sangat mudah dan Kamu tak perlu cetakan untuk membentuk cimol-cimolnya.

Pertama pastikan bahwa Kamu menggunakan sarung tangan yang terbuat dari plastik, lalu ambil sedikit tepung kanci dan taburi ditangan lalu ambil adonan sedikit demi sedikit dan bulatkan adonan sebesar gundu hingga adonan tersebut habis.

– Goreng di dalam Minyak

Setelah siap maka langkah selanjutnya adalah dengan menggoreng di dalam minyak dingin dengan menggunakan api yang kecil, kemudian goreng hingga cimol mulai naik.

Dan jangan lupa aduk-aduk cimol tersebut hingga merata, hingga kulit cimolnya menjadi keras dan hal ini menandakan bahwa cimolnya sudah matang digoreng lalu tiriskan.

– Campur Cimol Dengan Bumbu

bumbu cimolImages By Cookpad.

Setelah ditiriskan maka siapkan piring bersih atau wadah lainnya, kemudian tuangkan cimol dan tambahkan bumbu cimol yang telah dibuat tadi lalu aduk secara merata dan siap untuk dihidangkan.

Kamu juga dapat mengganti bumbu cimol tersebut menggunakan bumbu kacang, maupun menggunakan bumbu-bumbu lainnya seperti bumbu rasa keju, rasa jagung maupun rasa lainnya sesuai dengan selera Kamu.

Tips Menggoreng Cimol Agar Tidak Meletus

tips menggoreng cimolImages By Cookpad.

 

[site_reviews_form id=”k8s15tem” hide=”title,name,email,terms”]

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa adonan cimol yang digoreng dengan minyak yang panas dan api yang besar maka bisa membuat cimol meletus ketika digoreng, karena hal ini terjadi cemilan yang berbahan dasar tepung kanji jika digoreng langsung menggunakan minyak panas maka bisa meletus.

Dan tentunya sangat berbahaya bukan bagi kesalamatan Kita, karena Saya pribadi pernah mengalami hal ini ketika hendak menggoreng cireng yang bahan dasarnya masih tepung kanji yang saat mengembang tiba-tiba meletus dan minyaknya terkena tangan.

Rasanya sungguh panas dan akhirnya bisa kapok menggoreng cemilan lezat ini, akan tetapi jangan khawatir karena ada berbagai macma tips yang bisa Kamu gunakan agar nantinya cimol tersebut tidak meletus ketika digoreng, diantaranya:

1. Hindarkan Minyak Panas

Tips menggoreng cimol agar tidak meletus pertama Kamu panasakan dahulu minyak di wajan, kemudian setelah panas maka kecilkan api dan gunakan api kecil hingga sedang, setelah itu masukan perlahan cimol.

Baca Juga  Cara Membuat Kue Pukis Coklat dan Pandan, Praktis dan Enak

2. Menguangkan Minyak yang masih Dingin

Tips menggoreng cimol agar tidak meletus yang selanjutnya adalah siapkan wajan, kemudian taungkan minyak goreng yang masih dalam keadaan dingin kedalam wajan, kemudian masukan cimol yang hendak digoreng. Setelah itu tinggal nyalakan kompor dan goreng secara matang.

3. Celupkan Dulu Cimol Kedalam Minyak Dingin

Tips menggoreng cimol agar tidak meletus yang selanjutnya adalah celupkan dulu cimol yang akan digoreng kedalam minyak dingin, selanjutnya ketika minyak dalam wajan sudah panas lalu masukukan cimol yang sudah dilumuri mintak dingin lalu goreng secara merata.

Sekianlah tadi resep cara membuat cimol dirumah murah meriah dan lezat, selamat mencoba dirumah yah sahabat Tedas.id, semoga bermanfaat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *