Apa Itu Oatmeal? Ini Kandungan dan 5 Manfaatnya

Oatmeal merupakan jenis makanan sehat yang populer di Eropa namun kurang dikenal di Asia. Meskipun lebih dikenal di Eropa, namun bahan baku oatmeal sebenarnya berasal dari Asia.

Hal ini karena Bangsa Eropa sudah terlebih dahulu membudidayakan oatmeal dan memanfaatkannya sebagai bahan makanan utama.

Oatmeal dikenal sebagai tanaman serealia yang penting di daerah beriklim sedang dan subtropis karena berfungsi sebagai bahan makanan pokok di Eropa dan Asia Barat. Di Indonesia, oatmeal dikenal sebagai sejenis bubur yang diintroduksi oleh penjajah Belanda.

Apa Itu Oatmeal?

oatmeal adalah
Oatmeal adalah bahan makanan yang berasal dari oat, yakni salah satu jenis tanaman yang sebenarnya masih satu keluarga dengan gandum. Perbedaan oatmeal dengan gandum adalah oatmeal dapat dikonsumsi secara langsung. Berbeda dengan gandum yang harus diolah terlebih dahulu dengan dijadikan tepung kemudian diolah untuk membuat roti.

Apa itu oatmeal juga dikenal sebagai havermut. Namun, nama havermut terdengar asing dan tidak populer di Indonesia. Oatmeal merupakan bahan makanan yang mengandung serat alami yang tinggi dan berbagai kandungan nutrisi lain seperti vitamin, mineral serta antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga  Cara Membuat Risoles Mayonaise dan Resepnya, Lezat Bergizi

Meskipun masih satu keluarga dengan gandum, namun kandngan gizi oatmeal jauh lebih tingi dari gandum. Dalam 100 gram oatmeal, terdapat setidaknya 16 gram protein dan 5,1 gram serat larut. Sedangkan kandungan serat larut dan protein dalam 100 gram gandum hanya 2,2 gram serat larut dan 13,7 gram protein.

Beras yang menjadi makanan pokok andalan di Indonesia kandungan gizinya jauh lebih sedikit daripada gandum dan oatmeal. Jika oatmeal mengandung serat larut sebanyak 5,1 gram dan protein sebanyak 16 gram per seratus gramnya, maka beras hanya mengandung 0,1 gram serat larut dan 6,6 protein saja.

Kandungan serat alami pada oatmeal jauh lebih tinggi dibanding gandum. Serat yang disebut serat larut tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah atau mengurangi resiko penyakit jantung karena dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Kandungan Oatmeal

kandungan oatmeal
Jika dianalogikan, oatmeal yang dikonsumsi di dalam tubuh akan berperan sebagai pembersih kolesterol. Bagaikan sponge pencuci piring, oatmeal akan menyerap air untuk kemudian membersihkan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Oatmeal mengandung sekitar 9,9 hingga 14,9 gram serat dalam 100 gram oatmeal. Kandungan serat alami yang tinggi tersebut memberikan oatmeal kemampuan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat yang terkandung pada oatmeal disebut beta-glucan yang berperan penting dalam menurunkan kadar gula, insulin serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca Juga  Cara Membuat Kue Pukis Coklat dan Pandan, Praktis dan Enak

Selain mengandung banyak serat alami yang bisa memperlancar pencernaan, oatmeal juga mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh. Beberapa mineral yang terkandung dalam oatmeal tersebut diantaranya adalah kalsium, magnesium, kalium, fosfor, besi dan asam folat.

Oatmeal juga mengandung antioksidan, lebih tepatnyatiga komponen antioksidan yang berbeda dengan komponen antioksidan yang ditemukan pada jenis makanan berserat lainnya. Komponen antioksidan yang terdapat pada oatmeal adalah asam ferulat, trikotienol dan asam kafeat. Ketiga komponen antioksidan tersebut berperan dalam melindungi sel tubuh dari radikal bebas.

Selain serat, mineral dan antioksidan, oatmeal mengandung kurang lebih 50 nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, lemak, serat, protein, magnesium, kalsium, zat besi, kalium, mangan, folat, fosfor, dan berbagai macam vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B5, dan B9.

5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan


Karena kandungan gizinya yang tinggi, oatmeal memililki banyak manfaat untuk kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas. Manfaat oatmeal diantaranya adalah untuk memperlancar pencernaan, melidungi tubuh dari racun maupun radikal bebas, serta menjaga tubuh agar tetap sehat dengan menyediakan berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan nutrisi pada oatmeal dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti sembelit, obesitas, jantung koroner, kolesterol, kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.

Oatmeal dapat dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lansia, bahkan sebagai pendamping ASI bagi bayi berusia kurang dari 1 tahun. Berikut beberapa manfaat oatmeal bagi kesehatan:

1. Menurunkan kolesterol

Serat yang terkandung dalam oatmeal diduga dapat mengurangi atau mengahambat penyerapan kolesterol jahat alias LDL di usus. Dengan mengonsumsi serat minimal sekitar 1 setengah cangkir atau 6 gram atau lebih setiap hari, kolesterol jahat atau LDL serta kolesterol total di dalam tubuh dapat dikurangi.

2. Menjaga berat badan

Oatmeal dapat bertahan lama di dalam tubuh. Jika dibandingkan dengan beras atau nasi yang kandungan seratnya sedikit, oatmeal dapat bertahan lebih lama di dalam tubuhkarena tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencerna.

Dengan mengonsumsi oatmeal, rasa kenyang dapat bertahan lebih lama sehingga porsi makanan yang dikonsumsi akan berkurang.

3. Menstabilkan gula darah

Kadar gula dalam darah sangat berpengaruh bagi pasien penderita diabetes. Manfaat oatmeal salah satunya adalah dapat membantu memperbaiki gula darah karena oatmeal mengandung serat larut yang dapat memperlambat penyerapan gula.

Resiko diabetes tipe 2 bahkan dapat dikurangi dengan cara rajin mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut.

Baca Juga  6 Cara Mengolah Daun Kelor dan Cara Mengkonsumi Secara Tepat

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung disebabkan karena kadar kolesterol yang tinggi. Karena oatmeal dapat mengurangi maupun menghambat penyerapan kolesterol jahat dan kolesterol total, maka resiko terkena penyakit jantung pun dapat dikurangi.

Menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat, dapat dilakukan dengan mengonsumsi oatmeal selama beberapa minggu.

5. Mengatasi masalah pencernaan

Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun mengonsumsi oatmeal diduga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, penyakit radang usus, irritable bowel syndrome, hingga menurunkan resiko terkena kanker usus besar.

Diet Oatmeal untuk Menurunkan Berat Badan

diet oatmeal
Kandungan nutrisi pada oatmeal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk untuk menurunkan berat badan. Bagi wanita, memiliki berat badan ideal adalah impian yang ingin dicapai. Namun, berolahraga merupakan metode menurunkan berat badan yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Diet merupakan salah satu metode dan cara alternatif dalam menurunkan berat badan.

Diet memiliki banyak macam yang umumnya penamaannya diseuaikan dengan makanan yang dikonsumsi. Bahan makanan yang bisa digunakan dalam program diet untuk menurunkan berat badan adalah oatmeal. Meski begitu, melakukan diet dengan hanya memakan oatmeal saja tidak akan langsung menurunkan berat badan.

Oatmeal untuk dietharus dikonsumsi beriringan dengan makanan yang biasa dimakan misalnya nasi. Saat berdiet, porsi nasi yang dikonsumsi harus perlahan-lahan dikurangi sambil didampingi atau diganti dengan konsumsi oatmeal. Selain itu, total kebutuhan kalori harian pun harus dikurangi agar berat badan dapat berkurang.

Baca Juga  Ternyata Ini 2 Aturan Minum Susu Bear Brand yang Benar

Diet oatmeal akan mewajibkan kamu untuk mengonsumsi oatmeal secara rutin sebagai pengganti hidangan utama. Diet dengan menggunakan oatmeal biasanya berlangsung selama dua minggu. Kamu diwajibkan untuk mengonsumsi oatmeal sebanyak 3 kali sehari selama 7 hari pertama. Namun, perlu diperhatikan bahwa oatmeal yang kamu makan harus oat utuh, bukan oatmeal instan.

Saat diet pada minggu kedua, oatmeal diet yang dikonsumsi bisa dikurangi frekuensinya menjadi 1 hingga 2 kali sehari yang dikonsumsi bersamaan dengan satu kali makan berat rendah lemak, dimana total konsumsi kalori per hari tidak lebih dari 1.300 kalori. Pada minggu kedua, diperbolehkan mengonsumsi oatmeal instan dan disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak.

Kandungan Kalori Oatmeal

kalori oatmeal
Kalori oatmeal yang terkandung dalam 100 gramnya hanya sekitar 67,6 kcal. Kandungan ini masih lebih rendah dibandingkan dengan gandum yang dalam 100 gramnya mengandung kurang lebih 86 kcal. Sebaliknya jika dibandingkan dengan nasi, kandungan kalori kedua bahan tersebut masih lebih rendah karena dalam 100 gram nasi mengandung kalori setidaknya 130 kcal.

Rendahnya kandungan kalori oatmeal membuktikan bahwa oatmeal merupakan bahan makanan yang cocok untuk diet menurunkan berat badan. Meski begitu, dalam melakukan diet baik diet menggunakan oatmeal atau diet manapun tetap harus memperhatikan kebutuhan gizi tubuh.

Dalam diet oatmeal sangat dianjurkan untuk diimbangi dengan makanan yang lain serta pola makanan sehat. Kurangi konsumsi makanan berkolesterol tinggi, makanan berlemak, rendah garam dan perbanyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti sayur dan buah. Imbangi pula proses diet dengan olahraga yang teratur.

Meskipun terdengar sederhana dan mudah, tetapi pada kenyatannya diet dengan cara mengonsumsi oatmeal memiliki kekurangan dan resiko tersendiri. Bayangkan jika setiap harinya kamu biasa makan makanan dengan lauk dengan rasa dan tekstur yang bermacam-macam, tetapi tiba-tiba kamu harus mengonsumsi oatmeal yang berbentuk bubur selama dua minggu berturut-turut.

Kamu mungkin akan merasa bosan karena menu makanan yang sama setiap harinya. Kamu harus mengonsumsi oatmeal setiap hari selama dua minggu agar program diet yang kamu lakukan untuk menurunkan berat badan bisa tercapai. Karena itulah diet oatmeal bersifat mengekang dan pelaku diet yang satu ini cenderung merasa bosan dengan menu makanan yang sama, yaitu bubur oatmeal.

Resep Oatmeal Untuk Menurunkan Berat Badan

resep oatmeal
Saat oatmeal digunakan untuk diet dan menurunkan berat badan, diperlukan resep oatmeal yang lezat yang dapat menggugah selera makan kamu. Pasalnya, mengonsumsi oatmeal setiap hari selama dua minggu dalam bentuk bubur tentu akan membuat kamu merasa bosan dan enggan. Diet menurunkan berat badan yang sudah kamu rencanakan pun bisa berakhir dengan kegagalan.

Oatmeal dapat disajikan dalam bentuk bubur yang diseduh dengan air hangat. Penyajian oatmeal dengan cara ini merupakan penyajian paling sederhana. Namun, dengan cara penyajian yang sederhana kamu akan merasa cepat bosan. Padahal program diet dengan oatmeal sifatnya mengekang dan kamu harus menyantap oatmeal setiap hari selama dua minggu dalam program diet.

Terlebih jika lidah kamu belum terbiasa dengan rasa oatmeal. Rasa bosan di tengah-tengah diet bisa saja datang menghampiri kamu. Untuk mencegah timbulnya rasa bosan, kamu membutuhkan resep oatmeal menjadi hidangan yang lezat yang bisa kamu konsumsi selama dua minggu dalam program diet menurunkan berat badan.

Baca Juga  Mantap, Ini Resep Cara Membuat Semur Jengkol Agar Tidak Bau

Oatmeal dapat diolah dengan berbagai cara dengan penambahan beberapa bahan agar rasanya menjadi kaya. Penambahan bahan juga bisa dilakukan untuk menambah variasi dari tekstur makanan agar tidak monoton dan membosankan. Oatmeal dapat disantap dengan berbagai tambahan seperti madu, susu, kayu manis atau cinnamon, serta buah-buahan seperti strawberry, cherry, dan pisang.

Selain dikonsumsi bersama buah-buahan dan bahan-bahan seperti madu untuk menambah rasa manis, oatmeal dapat pula diolah bersama sayuran dan daging. Berikut beberpa resep oatmeal yang dijamin enak dan dapat mencegah kamu dari rasa bosan saat berdiet:

1. Oat Corn Creamy Soup

Oat corn creamy soup berbentuk sup krim yang terbuat dari berbagai bahan seperti oatmeal, bawang bombay, jagung manis, daun salam, daun bawang, susu, kaldu dan minyak zaitun. Cara membuatnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun untuk menumis bawang bombay sampai layu.

Setelah itu, tambahkan daun bawang, daun salam, jagung manis, lalu aduk sebentar. Tuangkan susu dan kaldu kedalam masakan kemudian tambahkan oatmeal. Masak hingga oat matang kemudian hidangkan dengan cara membuang daun salam terlebih dahulu.

2. Bubur Ayam Oat

Bubur ayam merupakan menu yang tidak asing lagi di lidah orang Indonesia. Namun, resep oatmeal yang satu ini tidak menggunakan beras sebagai bahan utamanya melainkan menggunakan oatmeal. Cara pembuatannya pun mudah seperti membuat bubur ayam biasa.

Pertama, suwir ayam yang telah direbus sambil menyiapkan bahan pelengkap seperti daun bawang, jagung manis, wortel dan bayam. Panaskan air hingga mendidih sebelum memasukkan ayam dan bahan pelengkap. Tambahkan bumbu seperti merica dan garam sesuai selera. Kemudian masukkan oatmeal sesuai porsi yang diinginkan dan aduk hingga mengental.

3. Telur Orak-arik Oat

Oatmeal bisa dihidangkan bersama telur seperti telur orak-arik. Selain mudah dibuat, hidangan yang sederhana ini juga lezat dan bisa disajikan untuk sarapan maupun untuk cemilan. Untuk membuat telur orak-arik oat, diibutuhkan bahan seperti telur, oat, garam dan merica serta tambahan bahan lain seperti tahu, seledri dan daun bawang.

Cara membuatnya adalah dengan memecahkan telur pada suatu wadah, kemudian telur dikocok dengan ditambah merica dan garam, serta bahan tambahan seperti potongan daun bawang, seledri dan tahu hingga tercampur rata. Goreng adonan telur di dalam penggorengan sambil diaduk-aduk hingga matang.

4. Tim Oat Ayam

Tekstur oatmeal yang lembek mungkin akan membuat kamu merasa cepat bosan dalam mengonsumsi oatmeal. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena oatmeal bisa disajikan dengan tekstur yang lebih padat misalnya dengan menyajikan oatmeal sebagai tim oat ayam.

Untuk membuat hidangan ini, dibutuhkan oat, daging ayam, jamur, bawang bombay, bawang merah, bawang putih, kecap manis, saus tiram dan garam. Oat digunakan sebagai pengganti nasi dan cara memasaknya pun sama. Untuk isiannya digunakan ayam yang dimasak bersama bumbu dan bahan pelengkap lainnya.

Baca Juga  Cara Membuat Stik Keju, Camilan Ekonomis dan Mudah Dibuat

Cara membuat isiannya adalah dengan menumis bawang bombay yang telah dicincang, bawang merah serta bawang putih hingga tercium aroma harum. Tambahkan bahan lain seperti daging ayam, jamur, saus tiram, garam, merica dan kecap manis. Masak hingga matang kemudian tiriskan untuk kemudian disajikan bersama tim oatmeal.

Beberapa jenis resep oatmeal di atas bisa dicoba agar Anda memiliki variasi yang lebih banyak. Selain dijamin lezat, hidangan yang tersaji dengan menggunakan resep di atas juga memiliki banyak nutrisi yang bisa menjadi menu diet sehat.

Bagi kamu yang ingin mencoba diet dengan oatmeal, beberapa resep di atas perlu kamu coba saat kamu mulai merasa bosan dengan hidangan bubur oatmeal yang biasa dan monoton.

Selain menggunakan resepdi atas, kamu juga bisa menambahkan buah-buahan, susu, madu maupun karamel pada hidangan oatmeal agar hidangan oatmeal bisa lebih bervariasi.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *