Clingy Adalah Hasrat Untuk Dekat, Ini 12 Cara Mengatasinya

Clingy Adalah – Tahukah Anda bahwa clingy adalah salah satu hal yang mungkin terjadi pada banyak orang. Jika Anda pernah merasa takut untuk melakukan sesuatu sendirian dan lebih berani jika bersama orang lain, hal itu disebut clingy. Memiliki sifat ini pada dasarnya tidak baik dan harus segera diatasi.

Jika semakin parah, sifat ini bisa mengganggu aktivitas, karena tidak bisa melakukan apapun jika sendirian dan harus didampingi oleh seseorang. Lalu bagaimana cara mengatasi sifat ini? Untuk mengetahuinya simak ulasan berikut.

Pengertian Clingy

 

Clingy bisa diartikan sebagai keinginan untuk selalu bersama dengan seseorang. Pemilik sifat ini pun akan mengalami kesulitan saat diminta untuk mandiri atau melakukan sesuatu sendiri tanpa orang yang dianggapnya sudah dekat.

Orang yang mengalami clingly akan kesulitan untuk melakukan segalanya tanpa orang yang dekat. Orang yang dianggap dekat itu bisa teman, orang tua, pacar dan bahkan suami atau istri.

Dengan kata lain clingy adalah orang yang ingin selalu dekat dengan orang lain, baik itu teman, orang tua, pacar dan suami atau istri. Jika tidak bersama orang yang diinginkan, orang yang mengalami clingly akan merasa sedih.

Cara Mengatasi Sifat Clingy Adalah Sebagai Berikut

clingy
Sifat ini harus dikurangi atau dihilangkan dengan cara yang tepat secepat mungkin. Berikut ini cara mengatasi sifat clingy.

1. Bangun Rasa Kepercayaan Diri

Mulailah untuk memunculkan rasa percaya diri. Orang-orang yang mengalami clingly akan mengalami ketakutan berlebihan saat beraktivitas atau berinteraksi dengan seseorang jika tidak didampingi teman atau pacar yang sangat dekat dengannya.

Padahal, semuanya akan baik-baik saja jika orang yang mengalami clingy membangun rasa kepercayaan diri dari dalam dirinya. Dengan rasa percaya diri, orang yang memiliki clingy akan menjalani aktivitas tanpa ketakutan berlebih saat dia sendirian.

Untuk memunculkan rasa percaya diri, Anda harus belajar berkomitmen untuk mencintai diri sendiri. Dengan mencintai diri sendiri, orang yang mengalami clingly akan percaya bahwa dia bisa melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Apalagi mengingat bahwa dia juga mempunyai kelebihan dari dalam dirinya. Sedangkan cara lain untuk memunculkan rasa percaya diri adalah melakukan kegiatan yang Anda sukai.

Dengan melakukan aktivitas yang disukai, orang yang mempunyai sifat clingy juga akan melupakan orang yang dianggap paling dekat. Hal ini karena tanpa bersama orang itu dia pasti bisa melakukan aktivitas tersebut.

2. Belajarlah Untuk Lebih Percaya Pada Orang Lain

Kebanyakan orang yang mempunyai clingy dikarenakan pernah mengalami suatu hal menyakitkan karena seseorang. Contohnya seperti ditinggalkan sahabat lama dan diselingkuhi pacar.

Padahal semua itu adalah masa lalu dan tidak semua orang seperti itu. Sehingga orang yang memiliki sifat clingly harus lebih mempercayai orang dan tidak terpaku dengan satu orang saja, karena mempunyai banyak teman lebih baik daripada hanya satu.

Cara agar orang yang memiliki sifat clingy lebih percaya dengan orang lain adalah belajar untuk melupakan orang yang pernah berbuat jahat terhadapnya. Seperti yang sudah ditulis tadi, salah satu alasan orang yang mengalami clingy adalah pernah disakiti orang dekatnya.

Dalam hal ini ia harus menyadari bahwa tidak semua orang seperti itu dan dia tidak bisa terpaku kepada satu orang saja. Mudahnya, ia harus menghilangkan traumanya di masa lalu agar bisa hidup secara lebih baik.

Bahkan, jika terlalu dekat dengan satu orang, ada kemungkinan pula orang tersebut akan menyakitinya. Hal itu bisa terjadi karena terlalu dekat dengan orang lain tidak akan membuat orang tersebut jengkel atau risih. Paling parahnya ia malah akan meninggalkan Anda.

Baca Juga  Pengertian Asumsi Dalam Berbagai Aspek dan Penyampaiannya

3. Hilangkan Kecemasan Anda

Orang yang mengalami clingly biasanya dikarenakan mempunyai perasaan cemas terlalu berlebihan. Ini disebabkan anggapan-anggapan buruk, seperti takut menghabiskan waktu sendirian seumur hidup dan takut orang-orang menertawakan di belakang.

Sehingga dia mencari orang yang dianggap dekat dan tidak akan melakukan hal-hal tersebut kepadanya.

Cara menghilangkan ketakutan berlebihan atau kecemasan diharuskan untuk melakukan istirahat yang cukup dan melakukan olahraga ringan seperti jogging atau yoga.

Dengan banyak istirahat dan melakukan olahraga ringan akan membuat perasaan lebih tenang dan juga menghilangkan ketakutan berlebihan. Lakukan hal tersebut secara rutin agar lebih berkhasiat.

Cara lain untuk menghilangkan kecemasan adalah dengan tarikan napas panjang sebelum melakukan aktivitas atau bertemu banyak orang. Dengan melakukan hal tersebut, orang yang mempunyai clingly akan lebih tenang dan berani.

4. Bicarakan Dengan Orang Terdekat

Cara berikutnya untuk menghilangkan sifat clingy adalah membicarakannya dengan orang terdekat. Bisa juga dengan orang yang membuat Anda memiliki sifat clingy, seperti teman, pacar atau orang tua.

Jika sudah semakin parah, orang yang memiliki sifat clingy bisa bertemu dengan psikiater yang mempunyai pengalaman lebih banyak. Hal ini bisa membantu orang yang memiliki sifat clingly untuk sembuh.

5. Jangan Terlalu Dekat dengan Seseorang

Cara Mengatasi Sifat Clingy

Agar sembuh dari sifat clingy, Anda juga harus berusaha untuk memberi jarak dengan orang yang dianggap sebagai orang terdekat. Karena bila masih terus dekat, orang yang mempunyai sifat clingy akan selalu kesulitan untuk lepas dari sifat ini.

Supaya jangan terlalu dekat, orang yang memiliki sifat clingy bisa memberi jarak komunikasi untuk tidak mengirim pesan, menelepon dan mengajak jalan untuk sementara waktu. Ini bisa dilakukan sampai orang yang menderita sifat clingy berangsur sembuh.

Setelah itu cobalah untuk mencari banyak teman atau berinteraksi tanpa orang terdekat. Tujuannya adalah untuk melatih keberanian Anda agar bisa lepas dari sifat clingy tersebut.

Agar lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas, cobalah juga untuk melakukan kegiatan yang disukai sendiri tanpa orang terdekat. Contohnya berolahraga sendirian dan mencari teman lain untuk melakukannya.

Baca Juga  Apa Itu Posesif? Ini Ciri-ciri dan 4 Cara Mengatasinya

6. Jangan Terburu-buru Saat Berhubungan Dengan Orang Baru

Orang yang memiliki sifat clingy biasanya akan berusaha dekat dengan orang yang baru dia kenal. Padahal, bila belum terlalu kenal akan berbahaya jika terlalu dekat dengan orang baru,

Mengapa demikian? Karena bisa saja dia disakiti sehingga membuatnya kembali tidak ingin untuk berhubungan dengan orang lain lagi.

Untuk itu, saat memulai hubungan baru disarankan untuk tidak terburu-buru dan cobalah untuk melihat sifat orang itu dulu. Bila tidak baik sebaiknya meninggalkannya secara perlahan.

Jika Anda sudah melihat sifat orang tersebut dan dirasa baik, langkah selanjutnya adalah mulai mencoba berinteraksi lebih. Diantaranya seperti mengajaknya olahraga bersama atau menonton film.

7. Jangan Terlalu Ikut Campur Urusan Orang Lain

Masalah orang clingy adalah terlalu ikut campur urusan orang lain dan menganggap semua orang membutuhkan bantuannya. Apalagi terhadap orang yang mereka anggap dekat.

Padahal terlalu ngurusin hidup orang lain akan membuat seseorang tidak nyaman dan malah membuat orang dengan sifat clingy ditinggalkan. Jika orang tersebut tidak meminta bantuan secara langsung kepada Anda, sebaiknya tidak usah terlalu ikut campur dengan masalahnya.

Tunggu saja sampai orang itu meminta bantuan langsung kepada Anda, karena bisa saja dia menganggap belum butuh bantuanmu. Bahkan mungkin, bila dibantu dia akan menganggap Anda tidak percaya kepadanya dan malah akan membuat Anda dijauhi.

8. Perhatikan Bahasa Tubuh Anda

Bahasa tubuh terkadang bisa membuat seseorang jengkel kepada Anda. Contohnya saat orang yang memiliki sifat clingy membuat bahasa tubuh seperti berdiri terlalu dekat, memeluk dan mengganggu dengan cara memainkan rambut atau aksesoris teman mereka.

Padahal, tanpa diketahuinya, tingkah seperti ini sangat menjengkelkan dan membuat risih. Ini akan membuat teman dari orang yang memiliki sifat clingy menjauhi mereka. Karena itu, sebaiknya orang yang memiliki sifat clingy lebih memperhatikan bahasa tubuhnya.

Contohnya jika saat bersama pacar, mungkin terlalu dekat dengan pacar seperti memeluk atau bergandengan tangan dianggap memunculkan kesan romantis. Padahal ada tipe pasangan yang tidak menyukainya.

Sedangkan jika Anda terus-menerus bergandengan tangan dan melakukan kontak fisik, orang lain malah akan melihat Anda terlihat berlebihan. Pacar pun akan risih, bahkan bisa meninggalkan Anda.

9. Jangan Mau Dianggap Remeh

Orang yang memiliki sifat clingy, biasanya akan dianggap remeh oleh orang lain. Salah satu alasannya karena dirasa tidak bisa melakukan apapun jika tidak bersama orang yang dianggapnya dekat.

Hal ini akan membuat Anda hanya mempunyai satu teman saja dan dianggap tidak ada penolong lain selain teman dekat dan pacar. Kemungkinan orang yang meremehkan Anda pun bertindak seenaknya. Ini bisa dilakukan dengan mudah jika mereka mau.

Agar tidak dianggap remeh, sebaiknya orang yang memiliki sifat clingy memberi tahu kepada teman dekat atau pacar bahwa Anda tidak menghabiskan waktu dengan mereka saja. Dalam dunia nyata, ia pun harus berusaha mendekat pada kawan-kawan baru.

Tujuannya supaya mempunyai aktivitas lain dengan orang banyak. Tentu saja ketika sudah menjadi seperti orang-orang pada umumnya, Anda pun tidak akan dianggap remeh oleh berbagai kalangan lagi. Ini juga akan sangat membantu penyembuhan sifat clingy tersebut.

10. Lakukan Kegiatan Yang Disukai

tips Mengatasi Sifat Clingy

Agar tidak hanya menghabiskan waktu dengan teman dekat dan pacar saja, orang yang memiliki sifat clingy bisa melakukan kegiatan yang dianggap menyenangkan.

Katakan saja seperti bidang seni. Contohnya yaitu menekuni dunia fotografi, yoga, piano, atau apapun yang dianggap menyenangkan oleh orang yang memiliki sifat clingy.

Hal itu harus dilakukan agar orang yang memiliki sifat clingy tidak terus-menerus harus ditemani. Selain itu dengan melakukan kegiatan yang disukai akan bertemu dengan orang yang memiliki hobi sejenis dan mempunyai teman baru.

Agar mempunyai kegiatan yang disukai, seseorang yang mempunyai sifat clingy bisa menentukan minat dan mencari hal tersebut. Bisa juga dengan mencoba banyak hal-hal baru sampai menemukan sesuatu yang paling diminati.

Baca Juga  Arti Hibernasi Pada Manusia Demi Menembus Waktu

11. Mengejar cita-cita

Jika selalu bersama teman dekat dan pacar saja, orang yang memiliki sifat clingy tidak akan berkembang dan hanya akan bisa mengikuti orang yang dianggap dekat saja. Karena itulah orang yang mempunyai sifat clingy harus keluar dari zona nyaman.

Alangkah baiknya jika mulai fokus melakukan minat mereka. Dengan fokus melakukan hal yang disukai, mereka akan menemukan sesuatu yang harus mereka capai sebagai sebuah cita-cita.

Contohnya dengan cara mencari hal yang dianggap kelebihan dan disukai oleh orang clingly. Dengan menemukan sesuatu yang disukai, orang clingy akan bisa lebih fokus mengejar cita-citanya, dan bisa melakukan aktivitas tanpa orang terdekat hingga bisa berkembang.

12. Carilah Teman Sebanyak-Banyaknya

Cara selanjutnya untuk lepas dari sifat clingy adalah dengan mencari teman sebanyak-banyaknya atau memperluas jaringan pertemanan.

Dengan mempunyai banyak teman, orang yang mempunyai sifat clingy tidak akan lagi selalu bergantung pada beberapa orang saja dalam hidupnya. Akhirnya ia pun bisa lepas dari sifat tersebut.

Cara untuk mempunyai banyak teman adalah dengan mengikuti hal yang diminati oleh orang clingy tersebut. Misalnya dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seperti bermain sepak bola, melukis dan menari.

Dengan melakukan kegiatan yang diikuti banyak orang, mau tidak mau orang clingy pun juga akan berinteraksi dengan orang banyak. Ini akan memberi pengaruh positif untuknya.

Cara berikutnya untuk memperluas jaringan pertemanan adalah dengan mencoba menjadi lebih ramah pada teman-teman kantor atau teman-teman di kelas. Tentunya tanpa adanya unsur pilih-pilih.

Contohnya dengan cara selalu tersenyum saat bertemu teman kantor dan teman kelas, dengan tersenyum orang akan menganggap Anda ramah dan menyenangkan, sehingga akan mencoba berinteraksi dengan Anda.

Sudah jelas kan apa itu clingy dan bagaimana cara mengatasinya. Jika Anda salah satu yang terindikasi mengalaminya, segera atasi dengan menerapkan beberapa cara yang sudah dibahas di atas.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *