6 Cara Mematangkan Alpukat Secara Praktis Dan kandungannya

Cara Mematangkan Alpukat – Alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi yang ada di dalamnya. Walupun demikian banyak pula yang beranggapan jika buah yang satu ini memiliki kandungan lemak yang tinggi. Dengan begitu mereka yang menggap demikian memilih untuk menghindari alpukat.

Kandungan di dalam Alpukat

cara agar alpukat cepat matangSebelum mengetahui cara mematangkan alpukatsecara cepat, terlebih dahulu harus mengetahui kandungan beserta khasiat dari alpukat. Berikut beberapa kandungan gizi yang ada di dalam alpukat:

1. Protein.

Protein dalam alpukat berbeda dengan daging dimana di dalam alpukat terdapat 18 asam amino yang lengkap dan akan mudah di serap oleh tubuh dengan bantuan kandungan serat di dalamnya. Dengan begitu, alpukat bisa menjadi pengganti protein hewani yang ada didalam daging.

2. Vitamin dan Mineral

Sama halnya dengan buah lainnya, alpukat juga memiliki kandungan vitamin yang hampir berjumlah 20 vitamin seperti vitaman C, K, E B6, zat besi, folat dan juga kalsium. Sehingga buah alpukat dapat menyediakan 10% kebutuhan vitamin dan mineral setiap porsinya.

3. Natrium (Sodium) dan Kolestrol

Alpukat ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin melakukan diet rendah karbohidrat. Karena kandungan Natrium dan kolestrol yang ada di dalamnya dapat di abaikan. Sehingga akan lebih aman di konsumsi oleh siapapun termasuk Anda yang sedang dalam proses pengeculan berat badan.

Baca Juga  Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

4. Lutein

Zat yang satu ini sangat penting yang ada di daam alpukat. Mengonsumsi lutein untuk orang yang telah lanjut usia akan mampu mendegenerasi makula mata. Senyawa phytonutrient dan anti oksidan mampu bekerja secara optimal di dalam tubuh.

5. Karetonoid

Alpukat merupakan buah terbaik untuk menghasilkan kaetonoid dengan berbagai varian. Kandungan ini akan mencerna vitamin A yang baik bagi mata. Selain itu, juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan menyepnya sebagai nutrisi terbaik.

6. Lemak

Yang sering ditakutkan oleh sebagian orang karena kandungan lemak yang ada di dalamnya. Padahal lemak tersebut adalah lemak baik seperti minyak zaitun yang mampu meningkatkan kadar HDL atau kolestrol baik. Tidak hanya itu, kolestrol ini akan mampu untuk mencegah diabetes.

7. Anti-Inflamasi

Alpukat ini juga mampu mengatasi masalah kulit dengan kandungan anti-inflamasi. Karena ini dapat menghalau radiasi sinar buruk atau kandungan superfood yang mampu mencegah Blue Light Shield atau radiasi sianr biru dari benda elektronik.

Itulah beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam alpukat. Oleh kerena itu, Anda tidak perlu khawatir akan resiko yang berlebih dan justru sangat membantu memenuhi nutrisi dalam tubuh. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa tanyakan langsung kepada dokter agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Cara Mematangkan Alpukat

cara memeram alpukat
Setelah mengetahui kandungan di dalamnya, tentu sebelum memakan atau mengonsumsinya, alpukat harus dalam keadaan matang. Karena alpukat yang masing mentah sama sekali tidak bisa dikonsumsi. Oleh karena itu, ada beberapaa cara mematangkan alpukat atau memeramnya sebagai berikut:

1. Membungkus dengan menggunakan buah-buahan seperti pisang

Alpukat akan cepat matang jika di bungkus dengan menggunakan kertas atau bungkus kertas berwarna cokelat bersama dengan pisang pada suhu yang normal. Cara memeram alpukat dengan menggunakan cara ini antara lain sebagai berikut:

– Sediakan kantong kertas cokelat atau kertas lainnya, namun hinndari kertas yang bertinta. Kertas yang digunakan masih dalam keadaan bersih dan belum digunakan untuk membungkus makanan yang lainnya.

– Masukan alpukat dengan pisang di dalam kantong kertas.

– Kemudian tutup dan simpan pada ruangan yang normal sekitar 18-24 derajat celcius.

– Periksa alpukat secara berkala dan pada umumnya alpukat akan matang sempurna dalam waktu 3 hari.

2. Memanggangnya di dalam oven

Jika cara pertama dirasa kurang efektif. Maka cara agar alpukat cepat matang yakni dengan memanggangnya menggunakan oven. Alat panggang yang biasanya digunakan untuk memanggang roti, ternyata bisa digunakan untuk mempercepat proses pematangan alpukat secara cepat.

Di dalam oven terdapat gas etilen yang berpengaruh terhadap pematangan buah. Cara memeram alpukat dengan ini juga cukup mudah yaitu dengan membungkus alpukat dengan menggunakan aluminium foil dan letakan di atas piring.

Kemudian masukan alpukat ke oven dengan tingkat panas yang stabil yakni 200 derajat fahrenhet atau 93 derajat celcius. Tunggu hingga 10 menit dan alpukat siap untuk di sajikan dan matang secara sempurna

Baca Juga  Ternyata Ini 2 Aturan Minum Susu Bear Brand yang Benar

3. Membenamkannya ke dalam beras

Cara mematangkan alpukat selanjutnya yakni dengan merendam atau menanamnya di dalam beras. Gas etilen yang terdapat di dalam alpukat akan terperangkap di sekeliling buah yang tertutup beras. Dengan begitu, buah yang direndam di dalamnya akan cepat matang. Cara ini sudah sering dilakukan sejak zaman nenek moyang.

Cara agar alpukat cepat matang dengan menggunakan metode ini sangat sederhana. Masukan beberapa alpukat ke dalam beras sampai tertutup beras semuanya. Lalu, tutp rapat tempat beras dan alpukat akan matang pada 2 sampai dengan 3 hari.

4. Bungkus ujung alpukat dengan tisu

kandungan alpukatYang lebih sederhana, cara mematangkan alpukat yakni dengan menutup ujungnya dengan menggunakan tisu. Buah seperti alpukat ini memang tidak bisa matang langsung dari pohonnya. Oleh karena itu, cara ini dapat bekerja untuk mempercepat alpukat matang tanpa resiko membusuk.

Caranya mudah tinggal tutup bagian yang terkupas seperti di ujung buah akibat dipetik langsung dari pohonnya. Pastikan bagian yang terkelupas tertutup agar tidak membususk. Kemudian, simpan diruang gelap dengan suhu teratur atau bisa juga diletakkan di dekat jendela. Tunggu hingga 3 hari, alpukat siap di santap.

5. Menggunakan Microwave

Selain menggunakan oven, cara agar alpukat cepat matang juga bisa menggunakan microwave. Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu berhari-hari atau berjam-jam sampai alpukat matang sempurna.

Caranya cukup tusuk alpukat dengan menggunakan garpu, masukan ke dalam microwave dengan suhu rendah selama 30 detik. Periksa alpukat jika masih keras, maka masukan kembali selaama 30 detik. Jika kulit alpukat sudah melunak, tandanya alpukat sudah matang.

6. Menusuknya dengan tusuk gigi

Menusuknya dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi yang bersihakan konon katanya akan membuat alpukat atau buah apapun cepat matang. Caranya dengan menusukkannya dibagian tangkai atau sebagai pengganti tangkai dengan kedalaman 1-2 cm. Diamkan alpukat pada suhu ruang yang stabil, dengan begitu alpukat akan matang dalaam waktu 2 sampai dengan 3 hari.

Itulah beberapa cara mematangkan alpuat secara benar dan cepat. Dengan begitu, kandungan di dalam alpukat akan tetap terjaga. Tidak hanya mengetahui tentang cara memeram alpukat secara cepat dan benar agar tidak busuk dagingnya. Anda juga harus mengetahui kualitas dari alpukat itu sendiri.

Kualitas tersebut dapat dilihat dari jenis alpukat itu sendiri. Karena kualitas alpukat akan sangat mempengaruhi tingkat kerataan kematangan alpukat. Sehingga berbagai tekni memeramkan alpukat tersebut dapat bekerja secara sempurna. Oleh karena itu, gunakanlah cara mematangkan alpukat yang paling efektif.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *