Manfaat, Proses Pembuatan Tepung Tapioka dan Harganya

Tepung Tapioka – Umumnya, masyarakat Indonesia mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat sebagai makanan pokok. Kandungan tersebut dapat diperoleh dari padi, umbi-umbian, maupun dari beberapa jenis tepung yang diolah menjadi bahan makanan. Salah satu jenis tepung yang sering digunakan oleh kebanyakan orang yaitu tepung tapioka.

Namun, mungkin masih ada orang yang belum begitu familiar dengan tepung yang satu ini. Apa itu tepung tapioka? Tepung tapioka adalah tepung yang diperoleh dari bahan umbi singkong yang telah diekstrak.

Mungkin sebutan tepung tapioka asing bagi sebagian orang karena mereka menyebutnya dengan nama lain seperti tepung kanji atau tepung singkong. Teksturnya yang mirip dengan sagu membuat penggunaannya dapat saling menggantikan. Bahkan, ada yang langsung menyebut tepung tapioka dengan sebutan tepung sagu karena teksturnya yang memang mirip.

Manfaat Tepung Tapioka

tepung tapioka adalah
Lantas apa yang dapat dihasilkan dari penggunaan tepung tapioka? Tepung tapioka dapat digunakan sebagai bahan utama pembuatan makanan dan beberapa minuman tadisional. Contohnya seperti pembuatan pempek dan tekwan yang bahan utamanya adalah tepung tapioka dicampur dengan ikan yang telah digiling.

Adapula kerupuk yang dapat dibuat menggunakan bahan tepung tapioka. Kerupuk yang dihasilkan cenderung bertekstur renyah dan rasanya yang unik. Produk olahan tepung tapioka yang sangat sering dijumpai yaitu bakso. Bakso merupakan olahan yang bahan utamanya berupa campuran dari tepung tapioka dan daging atau ikan yang sudah dihaluskan.

Baca Juga  Apa Itu Vinegar? Berikut 9 Jenis Vinegar dan Manfaatnya

Tidak kalah dengan bakso, ada lagi olahan dari tepung tapioka yang juga terkenal yaitu, cilok, cimol, batagor dan cireng. Masing-masing makanan tersebut menggunakan tepung tapioka sebagai bahan utama.

Selain itu, tepung tapioka juga menjadi bahan utama dari pembuatan somay dan kolak. Tepung tapioka juga dapat dijadikan bahan utama pembuatan beberapa jenis kue, seperti kue lapis dan kue moci.

Proses Pembuatan Tepung Tapioka

apa itu tepung tapiokaProses pembuatan tepung tapioka tergolong mudah, namun harus melalui beberapa tahapan. Produksinya dapat dilakukan di rumah dalam jumlah yang sedikit maupun dalam jumlah yang banyak melalui produksi dari pabrik.

Untuk memperoleh pati yang dikeluarkan oleh umbi singkong, pertama kali yang perlu dilakukan adalah dengan mengupas kulitnya. Setelah itu dibersihkan menggunakan air bersih dan selanjutnya diparut agar pati dari umbi singkong tersebut dapat diperas.

Diperlukan saringan agar pati dan ampas singkong terpisah secara maksimal. Pati tersebut kemudian didiamkan beberapa saat agar menghasilkan endapan. Nantinya endapan yang diperoleh dipisahkan dan dijemur sampai kering hingga berubah menjadi tepung.

Untuk menghasilkan tepung tapioka yang berwarna putih bersih diperlukan umbi yang berkualitas baik agar citarasa yang dihasilkan pun dapat maksimal. Seperti makanan pokok orang Indonesia yang lainnya, ternyata tepung tapioka juga mengandung karbohidrat yang tinggi, protein dengan kadar yang cukup rendah, sodium dan sedikit lemak jenuh.

Berapa Harga Tepung Tapioka di Pasaran?

Jenis tepung tapioka ternyata memiliki harga yang cukup terjangkau. Kemasan pabrik dengan berat bersih 500 gram rata-rata dibanderol dengan harga Rp 8000,00. Atau dalam kemasan yang lebih banyak di dalam karung dibanderol dengan harga rata-rata Rp 275.000,00.

harga tepung tapioka
Perbedaan Tepung Terigu, Tapioka, dan Maizena

Bagi beberapa orang yang kesulitan dalam membedakan antara jenis tepung terigu, tepung tapioka dan tepung maizena dapat membaca sedikit ulasan berikut ini :

• Tepung terigu adalah tepung yang paling sering digunakan untuk berbagai jenis olahan di Indonesia.

Jenis makanan tersebut seperti roti, mie, kue basah dan olahan kue kering. Bahan utama dari tepung terigu adalah gandum yang mengandung glutein dan protein. Memilih tepung terigu yang berkualitas baik harus terbebas dari proses pewarnaan yang melibatkan penggunaan bahan kimia.

• Tepung tapioka adalah jenis tepung yang dihasilkan dari umbi singkong yang diekstrak.

Teksturnya halus dan warnanya cenderung putih bersih. Penambahan tepung tapioka pada bahan makanan berfungsi untuk menambah kekenyalan. Tepung ini cocok digunakan untuk membuat makanan yang kenyal dan diproduksi dalam jumlah banyak.

• Tepung maizena adalah tepung yang diperoleh dari sari biji jagung.

Warnanya putih bersih dan teksturnya halus. Penggunaan tepung maizena pada olahan makanan adalah untuk menambah kekentalan
pada jenis makan seperti sup dan jenis saus. Campuran antara tepung maizena dan tepung terigu juga dapat membuat makanan yang digoreng menjadi lebih renyah.

Baca Juga  Tak Perlu Buang Uang, Ini Cara Memerahkan Bibir Dengan Odol

Seluruh jenis tepung diatas diperkaya dengan karbohidrat, serat, dan protein. Pemilihan tepung yang berkualitas dapat dilihat dengan melihat warna dari tepung itu sendiri. Tepung yang terlihat bersih tentu menjadi pilihan bagi pembeli. Selain itu, jika anda membeli tepung yang diproduksi oleh pabrik perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa dan pastikan tepung tidak tercemar oleh hewan.

Cara untuk menyimpan tepung agar dapat digunakan lebih lama yaitu dengan menyediakan wadah dengan tutup yang rapat agar kutu tidak masuk dan udara tidak merubah kelembaban tepung. Tepung yang lembab dapat terkontaminasi jamur yang berbahaya jika dikonsumsi.

Itulah jawaban yang mungkin tepat untuk anda yang bertanya tepung tapioka terbuat dari apa dan informasi lain yang berkaitan dengan bahan ini.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *