Mirip Tapi Berbeda, Ini 6 Perbedaan Margarin dan Mentega

Perbedaan Margarin dan Mentega – Tentunya bagi Anda yang awam di dunia kuliner banyak yang salah kaprah antara margarin dan mentega. Kedua bahan ini sering dianggap sama atau mirip.

Padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan margarin dan mentega wajib menyimak artikel yang satu ini.

Ini 6 Perbedaan Margarin dan Mentega

perbedaan mentega dan margarin1. Perbedaan Proses

Perbedaan margarin dan mentega yang paling mendasar adalah bahan utama dari kedua bahan makanan ini. Mentega terbuat dari lemak hewan berupa susu sapi, kambing, atau domba.

Sementara itu, margarin terbuat dari lemak nabati berupa minyak sayur yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Oleh karena itu, jelas sekali terlihat perbedaan dari mentega dan margarin.

2. Perbedaan Tekstur Padat

Perbedaan margarin dan mentega yang selanjutnya mentega juga sering disebut butter karena memiliki tekstur padat cenderung creamy. Oleh karena itu, mentega akan lebih cepat meleleh jika tidak disimpan di kulkas. Sementara itu, margarin bersifat lebih solid.

Margarin tidak akan mudah meleleh meski disimpan di luar kulkas dan jelas sekali beda mentega dan margarin jika Anda amati kedua bahan ini di luar kulkas.

3. Proses Pengolahan

Proses pengolahan mentega dan margarin pun cukup berbeda. Mentega yang terbuat dari lemak hewani diolah dengan proses pasteurisasi. Proses ini memisahkan lemak yang padat dengan susu cair yang siap diolah.

Lemak padat tersebut diolah menjadi mentega yang dapat Anda nikmati sebagai bahan kue atau olesan roti. Sementara itu, margarin mengalami proses pengolahan lemak nabati yang berasal dari minyak sayur. Minyak tersebut kemudian dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

Proses pengolahan margarin cukup panjang terdiri dari proses netralisasi, pemucatan, hidrogenasi, dan emulsifikasi. Proses kimia tersebut menghasilkan margarin yang menjadi bahan pembuatan kue.

Baca Juga  Apa Kamu Berani Mengkonsumsi 7 Cabe Terpedas Di Dunia Ini?

4. Perbedaan Harga

Perbedaan harga margarin dan mentega cukup signifikan. Harga margarin umumnya lebih mahal daripada harga mentega. Hal ini dikarenakan margarin terbuat dari bahan nabati yang rendah lemak dibandingkan mentega yang terbuat dari lemak hewani.

Selain itu, meski tidak memiliki wangi, margarin dapat membuat masakan menjadi lebihh harum dibandingkan mentega. Meskipun mentega harganya lebih murah dibandingkan margarin, mentega juga dapat menjadi bahan yang membuat kue dan masakan lainnya menjadi lebih lezat.

Selain itu lemak hewani yang ada pada mentega dapat membuat makanan menjadi kaya rasa dan bertekstur lembut. Oleh karena itu, Anda dapat membuat masakan yang enak dengan bahan mentega yang terjangkau.

5. Perbedaan Tekstur

Selain proses pengolahan serta harga yang berbeda, perbedaan butter dan margarin juga terdapat pada teksturnya. Tekstur yang dimiliki oleh butter lebih creamy dikarenakan kandungan susu yang ada pada butter atau margarin tersebut. Selain itu, tekstur mentega lebih lembut dan mudah meleleh daripada margarin. Oleh karena itu, butter memiliki emulsi yang rendah.

Sementara itu, margarin memiliki tekstur yang lebih padat daripada mentega. Margarin memiliki daya emulsi yang lebih baik daripada mentega sehingga tidak mudah meleleh meski berada di luar kulkas. Margarin lebih padat dan stabil teksturnya dibandingkan dengan mentega. Selain itu warnanya cenderung lebih kuning dibandingkan mentega.

6. Perbedaan Kandungan Air

Selain itu, beda mentega dan margarin juga dapat terlihat dari kandungan air yang ada di dalamnya. Mentega memiliki kandungan air yang lebih banyak daripada margarin.

Kandungan air ini juga memengaruhi kelelehan margarin dan mentega. Oleh karena itu, hal ini pula yang menyebabkan margarin lebih susah meleleh daripada mentega.

Kisaran Harga Margarin dan Butter di Pasaran

harga margarin
Berikut daftar harga butter dan harga margarin yang ada di pasaran Indonesia

• Mentega/Butter:

-Mentega Simas 250gr Rp4.500,00

-Mentega Menara 225gr Rp3.999,00

-Mentega Blue Band 500gr Rp11.500,00 – Rp12.500,00

-Mentega Amanda 500gr Rp8.500,00 – Rp11.000,00

Kisaran Harga Margarin di Pasaran

-Margarin Palmboom 250gr Rp 9.900,00

-Margarin Blue Band 250gr Rp 11.699,00

-Margarin GC Croissant Rp 47.300,00

-Margarin For Vita 250gr Rp 8.999,00

Kandungan Margarin dan Mentega


Kandungan yang ada di dalam mentega dan margarin tentunya berbeda karena berasal dari dua jenis bahan utama yang berbeda yaitu, lemak hewani dan lemak nabati. Mentega yang terbuat dari lemak hewani cenderung mengandung kolesterol lebih tinggi daripada margarin. Mentega mengandung lemak jenuh hingga 80%.

Sementara itu, margarin yang lebih padat daripada mentega juga mengandung lemak trans. Oleh karena itu, untuk mengukur lemak trans yang ada pada margarin dapat terlihat dari kepadatan mmargarin. Lemak trans dapat mengeras pada suhu ruangan. Semakin padat margarin maka semakin tinggi kandungan lemak transnya.

Baca Juga  Apa Itu Vinegar? Berikut 9 Jenis Vinegar dan Manfaatnya

Meski mengandung lemak, mentega yang mengandung lemak hewani juga mengandung berbagai vitamin dan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Mentega mengandung vitamin K-2 serta Omega 3 yang tinggi. Faktanya adalah kedua bahan ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung untuk membuatnya menjadi lebih sehat.

Meski margarin mengandung lemak trans, margarin ternyata lebih sehat dibandingkan mentega. Margarin mengandung nol gram gula, nol gram karbohidrat, dan nol gram kolesterol. Oleh karena itu, margarin yang terbuat dari lemak nabati cukup sehat untuk dikonsumsi dan dijadikan bahan utama membuat kue dan masakan lainnya.

Selain itu, margarin pun kini telah ada versi bebas lemaknya sehingga lebih sehat dan tidak mengandung lemak tran. Meski harga margarin bebas lemak lebih murah namun bahan ini terbukti lebih sehat dibandingkan margarin biasa ataupun butter. Margarin bebas lemak juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B1, B2, D, dan E serta omega 3 dan 6.

Demikian perbedaan butter dan margarin yang wajib Anda ketahui. Selain wajib diketahui oleh Anda yang belajar masak, mengetahui perbedaan keduanya dapat menjadi referensi memilih bahan makanan yang sehat.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *