Selain Rasa, Ini 4 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder – Kue merupakan salah satu camilan favorit hampir semua orang Indonesia. Hal tersebut kemudian mendorong lebih banyak orang lagi untuk belajar membuat kue agar tidak perlu susah payah membelinya keluar rumah.

Untuk belajar membuat kue, hal yang pertama kali harus kamu ketahui adalah bahan-bahan pembuatannya. Sangat penting bagi pemula untuk mengenali dan membedakan setiap bahan yang ada agar tidak salah dalam mengikuti resep cara pembuatan kue tertentu.

Salah satu elemen penting dalam membuat kue adalah bahan pengembang kue. Ini penting karena akan mempengaruhi hasil kue yang dibuat nantinya. Jika anda menaruh bahan pengembang maka kue yang dihasilkan akan lebih lembut dan tidak keras.

Ada dua jenis bahan pengembang yang paling sering digunakan dalam pembuatan kue yaitu baking powder dan baking soda atau soda kue. Meskipun keduanya memiliki bentuk dan fungsi yang sama sebagai pengembang kue, ini tidak berarti keduanya sama dan dapat dipakai secara sembarangan sesuai keinginan.

4 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

perbedaan baking soda dan soda kue
Baking powder dan baking soda merupakan dua hal berbeda karena ada elemen-elemen yang membedakan keduanya. Berikut 4 perbedaan baking powder dan baking soda.

1. Bahan yang terkandung di dalamnya

Perbedaan baking soda dan baking powder yang pertama adalah jika dilihat secara selintas, bentuk kedua bahan pengembang kue ini terlihat sama persis meskipun pada kenyataannya kedua bahan ini memiliki kandungan bahan penyusun atau pembuat yang berbeda.

Ini juga kemudian menjadi hal pertama yang membedakan antara baking soda atau soda kue dengan baking powder yaitu kandungan bahan yang ada di dalamnya.

Baking soda atau soda kue terbuat dari 100% bahan kimia Sodium bicarbonate atau sodium bikarbonat tanpa ada campuran bahan yang lain. Sedangkan baking powder merupakan bahan pengembang kue yang juga terbuat dari bahan kimia yang sama yakni Sodium bicarbonate yang telah dicampur dengan bahan lainnya seperti cream of tartar yang bersifat asam serta bahan pengering.

Dengan perbedaan kandungan yang ada di dalam kedua bahan pengembang kue ini, maka sudah bisa dipastikan keduanya memiliki peran masing-masing berdasarkan dari bahan penyusunnya.

Baca Juga  Mirip Tapi Berbeda, Ini 6 Perbedaan Margarin dan Mentega

2. Fungsi dari bahan

Perbedaan baking soda dan baking powder selanjutnya yang membedakan antara baking powder dengan baking soda adalah fungsinya. Meskipun kedua bahan tersebut merupakan bahan yang berfungsi untuk membuat kue mengembang, tetapi baking powder serta baking soda tak dapat digunakan secara sembarangan.

Baking soda atau soda kue merupakan bahan pengembang yang cocok digunakan pada kue yang diolah dengan cara dikukus. Sedangkan baking powder sebaiknya digunakan pada kue yang dimasak dengan cara dipanggang seperti pada pembuatan kue-kue kering yang sering dilihat di toko-toko.

Sebenarnya kue yang menggunakan kedua bahan pengembang tersebut bisa dimasak secara dikukus atau dipangang sesuai dengan keinginan si pembuat kue. Namun, hal tersebut tentu akan mempengaruhi hasil akhir dari kue yang dibuat.

3. Penggunaan pada adonan kue

baking soda dan soda kue
Hal ketiga yang membedakan antara perbedaan baking soda dan soda kue  adalah penggunaannya sebagai campuran yang berfungsi sebagai pengembang pada adonan kue.

Seperti yang telah disebutkan dalam perbedaan pertama, baking powder dan baking soda memiliki kandungan bahan penyusun yang berbeda di dalamnya.

Baking powder mengandung sodium bikarbonat yang telah tercampur dengan bahan lainnya seperti cream of tartar yang bersifat asam sedangkan baking soda atau soda kue hanya mengandung sodium bikarbonat saja.

Kedua hal tersebut mempengaruhi jenis adonan kue seperti apa yang cocok dicampurkan dengan baking powder dan baking soda.
Jika anda membuat kue yang tidak mengandung bahas asam di dalamnya maka gunakan baking powder sebagai bahan pengembang karena baking powder sudah memiliki asam di dalamnya.

Sebaliknya, jika anda membuat kue yang mengandung bahan bersifat asam seperti susu, buttermilk, dan sebagainya, maka gunakanlah baking soda sebagai bahan pengembang kue.

Perlu diingat bahwa ketika adonan kue sudah tercampur dengan baking powder atau baking soda, anda harus sesegera mungkin mengukus atau memanggangnya. Jika adonan dibiarkan terlalu lama di luar, maka bisa dipastikan kue akan gagal mengembang dan menjadi keras.

Baca Juga  Cara Membuat Kue Pukis Coklat dan Pandan, Praktis dan Enak

4. Perbedaan pada pengaruh rasa yang diberikan

Perbedaan baking soda dan soda kue selanjutnya adalah rasa yang diberikan pada kue. Kue yang menggunakan baking soda atau soda kue sebagai pengembang akan terasa getir seperti rasa pahit agak pedas yang ada di kulit jeruk jika tidak ada bahan yang bersifat asam sebagai bahan penyeimbang.

Sedangkan kue yang mengunakan baking powder tidak akan memunculkan rasa getir sebab ia telah diseimbangkan dengan bahan-bahan bersifat asam yang ada di dalamnya. Nah, itulah perbedaan antara baking soda dan baking powder. Jangan sampai salah lagi ya gengs!

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *