9 Manfaat Terong Belanda yang Tidak Banyak Diketahui

Manfaat Terong Belanda – Memilki nama latin Solanum betaceum atau yang lebih dikenal dengan terong belanda merupakan buah dari keluarga terong-terongan dengan warna merah atau kuning jingga.

Memiliki bentuk yang lonjong seperti telur, terong belanda pertama kali di kenalkan oleh orang Belanda saat masih zaman penjajahan. Meski memiliki nama terong belanda, tanaman ini berasal dari Amerika Serikat Selatan.

Terong ini memiliki kulit luar yang keras dan memiliki rasa yang pahit. Namun daging buahnya memiliki cukup banyak kandungan air dan memiliki aroma yang segar.

Meski sudah dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat terong belanda ini. Terong belanda sering diolah menjadi minuman yang segar, seperi jus.

Manfaat terong belanda sangat baik untuk kesehatan. Bahkan bagi Anda yang sedang menjalani program diet, terong belanda dapat membantu keberhasilan program diet Anda. Mengkonsumsi terong belanda secara rutin, maka Anda akan merasakan manfaatnya bagi tubuh. Tentunya hal ini karena terong belanda mengandung banyak nutrisi yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Kandungan Terong Belanda

manfaat jus terong belanda
Jika terong ungu sering diolah menjadi makanan yang lezat, maka berbeda halnya dengan terong belanda. Buah ini biasanya diolah menjadi minuman yang segar. Tidak hanya itu, terong belanda dapat diolah menjadi sirup, selai atau dijadikan sebagai campuran salad.

Baca Juga  Apa Itu Vinegar? Berikut 9 Jenis Vinegar dan Manfaatnya

Terong belanda mengandung vitamin C, vitamin A dan flavonoid yang dikenal memiliki kandungan antioksidan untuk melawan berbagai jenis penyakit kronis. Ada banyak manfaat terong belanda yang baik bagi kesehatan dan kecantikan, namun belum banyak yang mengetahuinya.

9 Khasiat Terong Belanda Untuk Kesehatan

terong belanda
Selain memiliki rasa yang menyegarkan, terong belanda juga memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan zat gizi. Dalam setiap 100 gram terong belanda mengandung 48 kkal energi, 1,5 gram protein, 11,3 gram karbohidrat, 0,3 gram lemak, 17 mg vitamin C, 0,04 mg vitamin B, 320 mg potassium, 1 mg zat besi, 24 mg fosfor dan 13 mg kalsium.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat terong belanda yaitu dapat membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Kandungan vitamin B yang terkandung dalam terong belanda membantu memperbaiki metobilisme tubuh. Proses metabolisme berguna untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi nutrisi yang penting dan dibutuhkan tubuh dan sel-sel jaringan.

Selain itu, kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan pada buah terong belanda membantu menangkal radikal bebas pada tubuh.

2. Membantu Mencegah Anemia

Terong belanda dapat membantu mencegah penyakit anemia. Hal ini karena terong belanda memiliki kandungan zat besi yang mencegah terjadinya kurangnya asupan sel darah merah yang menyebabkan anemia.

Selain itu kandungan mineral yang terdapat dalam buah inidapat mengatur dan memproduksi jumlah sel darah merah. Rutin mengkonsumsi terong belanda dapat membantu mengatasi pusing, kelelahan dan sakit.

Baca Juga  Ternyata Ini 2 Aturan Minum Susu Bear Brand yang Benar

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika jumlah kolesterol di dalam darah terlalu banyak dapat menyebabkan terjadinya aterosklerosis. Kondisi merupakaan terjadinya penyempitan pembuluh darah atau tersumbatnya pembuluh darah sehingga menyebabkan terganggunya aliran darah menuju jantung. Dengan rutin mengkonumsi terong belanda, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Selain meampu menurunkan kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein), terong belanda juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (High Density Loprotein). Menurunnya kadar kolesterol jahat dan meningkatnya kadar kolesterol baik dalam darah, maka aliran darah akan menjadi lancar karena pembuluh darah menjadi lebih sehat.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya memiliki manfaat untuk menyehatkan tubuh, terong belanda ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan kulit Anda. kandungan fenol, flavonoid, antioksidan kandungan bebebrapa vitamin pendukung lainnya, dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan stress pada kulit. Selain itu, terong belanda dapat memberikan Anda kulit yang sehat dan tampak bercahaya.

5. Mengontrol Diabetes

Kandungan asam klorogenik yang ada pada terong belanda dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus tipe II. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya mampu mengurangi stress oksidatif pada organ tubuh, seperti hati dan pancreas.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Terong belanda dapat membantu menjaga kesehatan hati. Kandungan kalium dan nutrisi yang ada pada terong belanda dapat membantu menyeimbangkan efek bahaya dari tinginya kadar natrium di dalam jantung. Selain itu, serat tinggi yang terdapat pada buah ini dapat membantu mencegah terjadinya penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh.

7. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Tidak banyak yang mengetahui bahwa manfaat terong belanda dapat membantu mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Kandungan antosianin yang terdapat di dalamnya dapat membantu memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan tumbuhnya jaringan sel kanker. Terong belanda juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mencegah wabah kanker.

Baca Juga  Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

8. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yang mengalami permasalahan dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi, mengkonsumsi terong belanda dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan potassium yang ada pada buah ini dapat membantu menjaga tekanan darah dan menjaga denyut jantung tetap normal. Dengan rutin mengkonsumsi buah ini dapat membantu hipertensi Anda segera membaik.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Jika selama ini masyarakat lebih mengenal wortel sebagai buah yang mampu menjaga kesehatan mata, ternyata terong belanda memiliki manfaat yang sama. Buah ini juga memiliki kandungan vitamin A yang mampu menjaga dan mencegah terjadinya kerusakan pada mata.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengkonsumsi terong belanda secara rutin sebanyak 50 gram atau satu buah terong belanda. Anda dapat mengolahnya menjadi jus tanpa menambahkan gula atau pemanis lainnya.

Umumnya untuk mendapatkan manfaat terong belanda, buah ini sering diolah menjadi jus. Berbagai khasiat bisa Anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi jus terong belanda. Salah satu manfaat terong belanda adalah dapat membantu menurunkan berat badan yang tentunya menjadi kabar bahagia bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Terong belanda memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan memiliki kadar kalori yang sangat rendah. Sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Kebutuhan glukosa tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi jus terong belanda. Masih ragu akan manfaat jus buah naga?

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *