Lupakan Rasa Bau, Ini Khasiat dan 5 Manfaat Petai Cina

Manfaat Petai Cina – Petai cina atau petai selong merupakan tanaman perdu yang berasal dari keluarga polong-polongan.

Manfaat petai cina salah satunya untuk mencegah erosi serta untuk penghijauan lahan. Meskipun tanaman ini banyak tersebar di Indonesia, namun pada kenyataannya petai cina berasal dari Amerika tropis yang sengaja diperkenalkan untuk kepentingan kehutanan dan pertanian.

Baca Juga  6 Cara Mematangkan Alpukat Secara Praktis Dan kandungannya

Sebagai tumbuhan, petai cina memang bermanfaat untuk penghijauan serta pencegahan erosi. Namun, selain bermanfaat untuk penghijauan, tumbuhan ini memiliki banyak manfaat lain salah satunya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Petai Cina

manfaat petai cina untuk kesehatan
Berikut di bawah ini adalah manfaat yang dimiliki petai cina untuk kesehatan sangat banyak dan Anda perlu melupakan rasa baunya, karena ada banyak sekali manfaat kesehatan dan khasiat petai cina yang bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya:

1. Analgesik

Analgesik merupakan istilah yang digunakan untuk menggolongkan atau mengelompokkan obat yang dapat meredakan rasa nyeri. Petai cina atau lebih tepatnya kulit pohon petai cina ternyata memiliki khasiat sebagai analgesik, yaitu dapat meredakan rasa nyeri. Meski begitu, ternyata penggunaan petai cina untuk meredakan rasa nyeri masih tergolong jarang di Indonesia.

Meskipun masih jarang digunakan di Indonesia, namun penggunaan kulit batang petai cina untuk pereda nyeri sudah banyak di lakukan di berbagai negara.

Cara penggunaannya adalah dengan mengerat kulit pohon petai cina untuk kemudian dihancurkan dan diminum. Umumnya, kulit pohon petai cina digunakan untuk menghilangkan kram saat menstruasi atau untuk menghilangkan nyeri otot.

2. Menjaga kesehatan kulit

Petai cina tidak hanya bermanfaat sebagai penghilang rasa nyeri, tetapi ternyata bisa juga digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Bagian pohon petai cina yang dapat menjaga kesehatan kulit adalah bagian daunnya. Daun pohon petai cina mengandung enzim alami yang dapat memacu pembentukan kolagen.

Karena memiliki enzim yang dapat memacu pembentukan kolagen, manfaat daun petai cina terhadap kesehatan kulit sudah dapat dipastikan. Hal ini karena kolagen merupakan komponen yang sangat penting dalam kulit karena kolagen dapat menghindarkan kulit dari kulit kering, kusam serta kulit keriput. Dengan kata lain, kolagen berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Daun petai cina dapat dimanfaatkan untuk toner kulit dengan cara diambil ekstraknya. Ekstrak daun petai cina tersebut dapat dimanfaatkan untuk melembapkan, mengurangi kulit berminyak, serta memberi nutrisi untuk menjaga kesegaran kulit.

Baca Juga  5 Cara Mengolah Kulit Manggis yang Baik dan Tepat

3. Pembunuh cacing

Diantara berbagai khasiat petai cina, membunuh cacing merupakan salah satunya. Biji petai cina dapat digunakan sebagai obat cacing karena mengandung senyawa yang dapat membunuh cacing. Manfaat biji petai cina mentah dalam membunuh cacing sudah banyak diterapkan pada pengobatan Cina dan telah terbukti dapat mengobati cacingan.

4. Meringankan gejala psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang tidak menular, namun dapat menjalar ke seluruh tubuh penderita. Jika hal itu terjadi, akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengobatinya. Meskipun tidak menular, namun psoriasis merupakan jenis penyakit yang menyiksa karena menimbulkan rasa gatal, kemerahan, kering serta kasar di kulit.

Manfaat petai cina dalam meringankan gejala psoriasis bisa didapatkan dengan cara menghaluskan biji petai cina kemudian mengaplikasikannya langsung pada kulit yang terkena psoriasis. Selain itu, dapat juga dengan cara mengonsumsi biji petai cina secara langsung.

5. Anti kanker

Ekstrak biji petai cina dapat digunakan sebagi penangkal radikal bebas sehingga dapat menguragi resiko terkena penyakit kanker. Caranya adalah dengan mengonsumsi petai cina secara langsung sebagai lalapan atau dengan mengolahnya bersama sayuran yang lain.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *