Selain Dijadikan Kue, Ini 7 Manfaat Baking Soda Lainnya

Manfaat Baking Soda – Membuat kue, entah itu jenis kue kering maupun kue basah, bisa menjadi hobi yang sangat menyenangkan, apalagi jika kue-kue Kamu itu bisa dijual dan pastinya selain bisa menekuni hobi hal tersebut juga bisa menghasilkan uang bukan?

Berbicara mengenai kue pastinya tidak akan terlepas dari yang namanya bahan-bahan dasar untuk membuat kue, seperti tepung terigu, telur, gula, susu, baking soda dll, karena biasanya bahan-bahan dasar tersebut yang perlu dipersiapkan saat hendak membuat kue.

Selain itu apakah Kamu mengetahui selain dijadikan kue, ternyata ada banyak manfaat baking soda yang bisa Kamu manfaat untuk kegiatan sehari-hari, lalu apa sajakah manfaat lainnya? Namun ada baiknya Kamu ketahui apa itu baking soda.

Baking Soda Adalah Bahan Pengembang Kue

baking soda adalah
Baking soda atau dikenal juga dengan baking powder atau soda kue adalah salah satu bahan yang dimanfaatkan untuk pengembang kue untuk jenis kue yang dipanggang.

Senyawa kimia yang terdapat didalam baking soda ini dikenal sebagai natrium bikarbonat, ditemukan dalam bentuk kristal di alam tetapi ditumbuk menjadi bubuk halus yang dimanfaatkan dalam memasak.

Baking soda adalah senyawa alkali yang jika dikombinasikan dengan asam maka akan menghasilkan gas karbon dioksida dan gelembung kecil yang dihasilkan dari gas karbon dioksida yang terperangkap dalam adonan kue dapat menyebabkannya adonan kue tersebut menjadi mengembang, atau naik.

Baking soda juga akan menghasilkan gas pada saat penguraian yang disebabkan oleh panas dan hal ini tidak memerlukan asam untuk reaksi saat hal ini terjadi, karena hanya memerlukan paparan suhu di atas 80 derajat Celcius (176 derajat Fahrenheit).

7 Manfaat Baking Soda yang Jarang Diketahui

manfaat baking soda untuk kehidupan sehari hari
Setelah mengetahui pengertian baking soda, kini saatnya Kita mengetahui berbagai macam manfaat baking soda yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat kue ternyata bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya, lalu apa sajakah itu?

1. Sebagai Obat Kumur

Memiliki mulut yang bersih serta wangi pastinya menjadi impian bagi kebanyakan orang, akan tetapi ada kalanya terkadang mulut Kita bau disebabkan pleh kebersihan mulut, entah karena makanan ataupun hal lainnya dan kamu bisa mengatasi hal tersebebut dengan menggunakan obat kumur.

Dan Kamu bisa memanfaatkan baking soda yang dijadikan obat kumur, caranya adalah dengan mencampur setengah sendok the baking soda dengan setengah gelas air hangat, lalu kumur-kumurlah setelah Kamu mengkonsumsi makanan dan jangan lupa dibuang.

Hal ini karena baking soda dapat memabantu menyegarkan nafas Kamu dan zat yang terkadung dalam baking soda dapat memberikan sifat-sifat antibakteri dan antimikroba, menurut situs Healthline yang saya kutip.

Baca Juga  Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

2. Sebagai Deodorant

Apakah Kamu memiliki masalah pada bau badan? Jika ya maka Kamu memerlukan deodorant untuk mengatasi hak tersebut, dan Kamu juga bisa memanfaatkan baking soda yang bisa dijadikan sebagai deodorant.

Caranya adalah dengan mengambil baking soda secukupnya, kemudian tuangkan sedikit kebagian ketiak Kamu yang sering mengeluarkan bau dan lakukan cara ini secara rutin setiap harinya untuk hasil yang maksimal.

3. Dapat Memutihkan Gigi dan Antibakteri

Memiliki gigi yang sehat dan putih tentunya dambaan bagi semua orang termasuk Kamu bukan? Dan ternyata Kamu dapat memanfaatkan baking soda untuk memutihkan gigi yang berwarna kuning.

Karena banyak penelitian yang telah menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih baik untuk memutihkan gigi dan menghilangkan plak daripada pasta gigi tanpa baking soda.

Dan hal ini terjadi karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang membiarkannya memutus ikatan molekul yang menodai gigi sehinggi gigi memiliki warna kuning maupun warna lainnya.

Selain itu baking soda juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu Kamu untuk melawan bakteri berbahaya yang terdapat pada gigi.

4. Memutihkan Pakaian

manfaat baking soda untuk pakaian
Menggunakan pakaian berwana putih memang dapat memberikan warna kulit Kita terkesan lebih cerah, namun sayangnya warna putih pada pakaian tersebut sering dangkal dan merubah warna putih tersebut, namun jangan khawatir karena Kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan manfaat baking soda.

Karena seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa baking soda adalah alkali yang mengandung garam larut yang dapat mengatasi berbagai macam noda dan menghilangkan kotoran dan Kamu dapat memanfaatkannya untuk memutihkan pakaian.

Caranya adalah dengan menambakan setengah cangkir soda kue kedalam deterjem biasa, kemudian rendam beberapa saat pakaian putih Kamu dan jangan lupa untuk menyikatnya seperti biasa lalu bilas dengan air bersih kemudian keringkan dan jemur.

5. Membersihkan Perabot Dapur

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa perabot-perabot dapur seringkali kotor karena minyak ataupun karena bahan-bahan makanan lainnya, akan tetapi jangan khawatir karena Kamu dapat memanfaatkan baking soda untuk mengatasi hal ini.

Karena fleksibilitas baking soda dapat dijadikan menjadi pembersih dapur yang praktis dan luar biasa, karena tidak hanya dapat menghilangkan noda yang sulit, juga membantu menghilangkan bau tidak sedap.

Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air bersih, kemudian aduk secara rata dan oleskan cairan tersebut menggunakan sikat gigi, spons maupun lap bersih ke perabot dapur Kamu dan jangan lupa gosok secara merata hingga kotoran tersebut hilang.

Baca Juga  Ternyata Ini 2 Aturan Minum Susu Bear Brand yang Benar

6. Sebagai Pembersih Kamar Mandi Serbaguna

Sama halnya seperti kotoran yang berada pada dapur, kotoran membandel pada kamar mandi bisa sulit untuk dibersihkan, namun jangan khawatir karena Kamu dapat memanfaatkan baking soda untuk mengatasi hal ini.

Caranya adalah dengan dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air bersih kemudian aduk secara rata, lalu tinggal Kamu bersihkan bagian-bagian kamar mandi menggunakan pasta yang telah dibuat ini.

Yaitu dengan menggosok-gosok menggunakan spons, maupun lap bersih dan bersihkan permukaan tersebut kurang lebih selama 15 hingga 20 menit, kemudian jangan lupa siram dengan air bersih.

7. Menghilangkan Bau Sampah

Tempat sampah seringkali menjadi tempat berkumpulnya berbagai macam kuman dan sampah, hingga akhirnya menyebabkan bau busuk maupun bau tidak sedap lainnya, dan Kamu dapat menghilangkan sedikit bau sampah tersebut dengan memanfaatkan baking soda.

Karena baking soda dipercayai dapat membantu menghilangkan bau sampah dan bau ini sering bersifat asam, sehingga baking soda dapat berinteraksi dengan molekul bau dan menetralisirnya.

Bahkan, para ilmuwan menemukan bahwa menyebarkan soda kue di bagian bawah tempat sampah dapat membantu menetralisir bau sampah hingga 70% dan hal initentunya bisa Kamu coba bukan?

Sekianlah pembahasan mengenai manfaat baking soda dan cara menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari, selamat mencoba dan semoga saja tips kali ini dapat bermanfaat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *