Manfaat Baking Soda Untuk Wajah, Gigi, Kulit

Manfaat Baking Soda Untuk Wajah – Baking soda atau soda kue merupakan suatu bahan berbentuk serbuk yang dapat larut dalam air yang dalam istilah kimia disebut natrium bikarbonat dengan rumus NaHCO3. Baking soda termasuk dalam kelompok garam yang telah digunakan sejak lama. Bahan ini sering digunakan untuk membuat kue atau roti sebagai pengembang.

Baking soda bekerja sebagai bahan pengembang kue atau roti dengan cara bereaksi dengan bahan lain pada kue atau roti dan membentuk gas karbon dioksida. Meskipun dikenal sebagai bahan pengembang dalam pembuatan kue atau roti, baking soda sebenarnya masih memiliki banyak manfaat lain seperti untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat baking soda selain sebagai pengembang adonan kue dan roti di antaranya adalah sebagai antasid atau penetral asam bagi berbagai gangguan kesehatan. Selain itu, baking soda dapat digunakan untuk membersihkan rumah dan dapat juga digunakan dalam treatment atau perawatan kecantikan.

Ragam Manfaat Baking Soda Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

baking soda untuk wajah
Dalam bidang kecantikan, manfaat baking soda untuk wajah dapat digunakan untuk berbagai hal mulai dari membersihkan dan memutihkan gigi, melembutkan kulit hingga sebagai deodoran alami. Berikut ulasan lengkap tentang manfaat baking soda untuk kecantikan.

1. Membersihkan dan memutihkan gigi

Gigi merupakan organ yang sering tampak saat seseorang berbicara, makan atau tersenyum. Karena itulah penampilan gigi sangat penting karena dapat mempengaruhi penampilan seseorang.

Menggunakan pasta gigi biasa tidak menjamin akan membuat gigi menjadi tampak putih dan bersih. Karena itulah dibutuhkan metode lain yang dapat memutihkan dan membersihkan gigi dengan cepat, salah satunya adalah dengan menggunakan baking soda.

Manfaat baking soda untuk gigi dalam memutihkan serta membersihkan gigi bisa didapatkan karena sifat baking soda yang abrasif atau mengikis. Dengan sifatnya tersebut, baking soda dapat mengikis noda kuning yang terdapat pada gigi sehingga gigi tampak lebih putih dan bersih.

Selain dapat membersihkan dan membuat gigi tampak lebih putih, baking soda untuk gigi juga dapat mengurangi bakteri serta menstabilkan tingkat keasaman di mulut karena bersifat basa. penggunaan baking soda bersama pasta gigi juga dapat mencegah terjadinya pembentukan karang gigi serta menurunkan resiko terjadinya penyakit gusi.

Cara penggunaan baking soda untuk membersihkan gigi adalah dengan menyikat gigi menggunakan baking soda sebagai pengganti pasta gigi. Selain menggunakan baking soda saja, Anda juga bisa mengoleskan campuran buah stroberi yang telah dihaluskan bersama baking soda pada gigi baru kemudian menyikat gigi.

Meskipun manfaatnya dalam memutihkan dan membersihkan gigi telah terbukti, namun penggunaan baking soda untuk membersihkan gigi tidak disarankan dilakukan secara terus-menerus.

Ini karena baking soda tidak mengandung fluoride yang dapat mencegah gigi berlubang. Untuk menyiasatinya, disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda atau natrium bikarbonat.

2. Mengatasi jerawat dan mencegah bekas jerawat

baking soda untuk jerawat

Selain dapat memutihkan gigi, manfaat baking soda untuk wajah juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan mencegah timbulnya bekas jerawat. Penggunaan baking soda untuk jerawat ini dapat dilakukan dengan cara membuat masker jerawat dengan baking soda.

Untuk membuat masker tersebut, campurkan satu sendok makan baking soda dengan tiga sendok makan air hingga terbentuk pasta kental. Kemudian oleskan pasta tersebut pada jerawat dan biarkan semalaman. Cuci wajah di pagi hari dengan air hangat kemudian keringkan menggunakan handuk.

Lakukan cara tersebut setiap hari hingga jerawat hilang. Dengan melakukan langkah tersebut, jerawat yang muncul akan menghilang. Hal ini juga akan mencegah munculnya bekas jerawat pada wajah.

Baca Juga  Selain Rasa, Ini 4 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

3. Mencerahkan wajah dan mengatasi bintik hitam

Wajah yang kusam akan menimbulkan rasa tidak percaya diri dan mengurangi kecantikan yang terpancar dari seorang wanita. Karena itulah tidak sedikit wanita yang bersedia untuk melakukan berbagai cara untuk mendapatkan wajah yang cerah meskipun harus menghabiskan banyak uang.

Meski begitu, sebenarnya ada cara yang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya yaitu dengan menggunakan baking soda. Manfaatbaking soda untuk wajah di antaranya adalah dapat mencerahkan wajah dan mengatasi bintik hitam.

manfaat baking soda untuk wajah dapat digunakan untuk mendapatkan kulit cerah. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan tiga sendok makan air dengan satu sendok makan baking soda hingga berbentuk pasta kental.

Setelah itu, oleskan pasta tersebut secara merata pada wajah dan diamkan selama kurang lebih lima belas menit hingga pasta tersebut mengering. Bersihkan wajah menggunakan air biasa kemudian keringkan dengan handuk yang kering dan halus.

Masker wajah ini akan membantu mencerahkan kulit wajah dan membersihkan berbagai kotoran maupun debu yang menempel pada kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, gunakan masker baking soda setidaknya sekali seminggu sebelum tidur.

4. Sebagai exfoliant alami

Sel-sel kulit mati umumnya tidak dapat menghilang begitu saja hanya dengan mencuci muka menggunakan sabun pembersih. Sel-sel kulit mati yang bertumpuk di kulit inilah yang menyebabkan kulit wajah tampak kusam dan tidak menarik.

Karena itulah sel-sel kulit mati tersebut harus segera dibersihkan misalnya dengan exfoliation agent atau agen pengelupasan kulit. Cara mendapatkan manfaat baking soda untuk kulit ini adalah dengan mencampurkan baking soda sebanyak satu sendok teh dengan pembersih wajah yang biasa digunakan.

Gunakan campuran tersebut dengan mengoleskannya pada wajah sambil dipijat kurang lebih selama 5 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk yang lembut.

Sebagai exfoliant alami, baking soda bermanfaat untuk menghilangkan lapisan atau sel-sel kulit mati serta mengelupas bekas jerawat. Dengan hilangnya sel-sel kulit mati, sel-sel kulit yang baru dapat dibentuk tubuh dengan lebih maksimal sehingga kulit wajah tidak hanya tampak lebih cerah tapi juga menjadi lebih lembut.

5. Mengatasi kaki pecah-pecah

manfaat baking soda untuk kecantikan

Masalah kulit kaki yang pecah-pecah sering timbul pada orang-orang yang banyak memberikan beban pada kaki saat bekerja atau beraktivitas. Jika Anda memiliki masalah kaki pecah-pecah dan kusam, Anda dapat menggunakan baking soda untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya adalah dengan merendam kaki Anda dalam air hangat yang telah dicampur dengan 3 sendok makan baking soda. Dengan melakukan hal ini, rasa lelah Anda akan berkurang, otot-otot Anda menjadi lebih rileks serta kekusaman pada kaki Anda akan teratasi.

Baca Juga  Pelurus Rambut Alami 20 Menit yang Bisa Dibuat Dirumah

6. Pembersih rambut

Selain dapat digunakan untuk merawat gigi dan kulit, baking soda juga dapat digunakan dalam perawatan rambut. rambut umumnya menyimpan banyak kotoran mulai dari debu, hingga sisa-sisa bahan-bahan lain seperti wax, hairspray dan lain-lain.

Untuk membersihkan berbagai kotoran dan sisa-sisa bahan tersebut dari rambut, Anda dapat menggunakan baking soda yang dicampur shampo dengan takaran yang sama banyak. Selain dapat membersihkan berbagai kotoran, penggunaan baking soda pada rambut juga dapat menyehatkan kulit kepala dan rambut.

Manfaat baking soda memang banyak termasuk untuk kecantikan. Namun, sebelum Anda menggunakan baking soda sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan, sangat disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan cara mengoleskan baking soda pada tengkuk Anda dan membiarkannya selama beberapa menit.

Apabila tengkuk Anda terasa panas setelah diolesi dengan baking soda, itu tandanya kulit Anda merupakan jenis kulit yang tidak cocok dengan baking soda. Karena itulah jika tengkuk Anda terasa panas, Anda harus segera membersihkan baking soda yang menempel pada kulit Anda dan Anda tidak disarankan untuk menggunakan baking soda sebagai bahan perawatan kecantikan.

Bagi Anda yang kulitnya cocok dengan baking soda, tetap tidak disarankan bagi Anda untuk menggunakan baking soda secara berlebihan. Ini karena baking soda bersifat abrasif atau dapat mengikis.

Apabila baking soda digunakan terlalu sering, mungkin kulit wajah atau bagian tubuh Anda yang lain dapat mengalami reaksi tertentu misalnya kulit kemerahan dan lain sebagainya.

Selain itu, baking soda yang memiliki pH basa juga dapat memberikan pengaruh pada kulit sehingga penggunaannya harus hati-hati dan tidak berlebihan. Penggunaan baking soda yang berlebihan pada kulit dapat menimbulkan iritasi, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Karena itulah Anda disarankan untuk menggunakan baking soda maupun bahan lain dengan bijak karena pada dasarnya apapun yang digunakan secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *