11 Makanan Unik Di Indonesia Bukti Kreatifnya Masyarakat

Makanan Unik Di Indonesia – Berbicara soal kuliner di Indonesia, tidak akan pernah ada habisnya. Indonesia memiliki beragam jenis kuliner yang khas dan pastinya enak. Selain itu, kuliner Indonesia juga banyak yang unik-unik loh. Mulai dari kuliner tradisional sampai modern.

Bahkan, beberapa kuliner Indonesia sudah terkenal sampai luar negeri loh. Seperti nasi goreng, rendang, bahkan mie instan. Ada juga makanan unik yang menjadi bukti kreatifnya masyarakat kita loh.

Bersyukur lah warga Indonesia, karena Indonesia adalah surganya kuliner. Tempat makan yang gampang ditemukan dan harga yang bersahabat tentunya menjadi kenikmatan tersendiri. Mulai dari jajanan di pinggir jalan, warteg, sampai restoran.

Beberapa kuliner di Indonesia juga terkenal karena banyak yang unik-unik. Hal ini tidak terlepas dari kreativitas penjual makanan dalam menciptakan suatu kuliner unik. Bahkan, banyak muncul makanan unik yang kekinian.

11 Makanan Unik Dan Kekinian Di Indonesia

makanan unik

Mendengar kata kekinian, pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya penampilan saja yang kekinian, kini makanan pun juga kekinian. Tentunya, rasa yang dihasilkan dari jajanan unik ini pun tak kalah dengan makanan biasa. Bahkan, bisa dibilang lebih enak.

Makanan unik yang kekinian sempat menjadi hype di Indonesia. Banyak para pemburu kuliner yang menikmati makanan kekinian nan unik ini. Bahkan, kalian bisa membuat makanan unik yang kekinian ini di rumah loh. Penasaran apa saja makanan unik yang kekinian ini? Berikut adalah beberapa makanan unik yang kekinian.

1. Donat Indomie

Siapa yang tidak tahu salah satu produsen mie instan yang mendunia ini?. Ya, Indomie adalah salah satu penyelamat bagi anak kos kala tanggal tua menyerang. Selain itu, Indomie juga memiliki rasa yang khas beda dari mie instan yang lain.

Kini Indomie tak hanya di sajikan di piring seperti biasa, namun banyak yang sudah menciptakan kreasi baru. Salah satunya adalah Donat Indomie. Makanan unik yang berbentuk donat yang berasal dari Indomie ini memiliki rasa yang tentunya sangat enak. Apalagi ketika donat indomie dimakan dari bungkus nya. Anda wajib mencoba kuliner unik satu ini.

2. Hotdog Kentang

Hotdog kentang merupakan salah satu jajanan unik dan kekinian di Indonesia. Jajanan ini sangat populer saat ini. Hotdog kentang banyak disukai karena memiliki bentuk yang unik dan juga rasa yang lezat sehingga banyak orang-orang menyukai makanan unik ini. perpaduan yang unik dari sosis dan juga kentang sebagai bahan baku utama tentu saja menyajikan rasa yang gurih dan asin di lidah.

Hotdog ini memiliki bentuk yang unik dan rasa nya yang tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, sudah banyak juga yang menjual hotdog kentang ini. Bahkan Anda bisa menikmati hotdog kentang bikinan kalian sendiri di rumah. Cukup menyiapkan kentang, keju, sosis dan juga saos tomat dan saos pedas.

Baca Juga  Nikmat, Ini 10 Makanan Khas Sumatera Barat yang Lezat

3. Pisang Nugget

Siapa sih yang nggak tahu pisang nugget? pisang nugget saat ini tengah menjadi jajanan unik yang banyak diburu oleh masyarakat di Indonesia mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Pisang nugget adalah makanan yang terbuat dari olahan pisang kemudian divariasikan dengan beragam jenis topping yang kalian suka misalnya coklat atau keju.

Berbeda dari pisang goreng biasa, pisang ini digoreng layaknya seperti nugget pada umumnya. Tentunya dengan tambahan varian toping yang bisa Anda pilih seperti coklat, ovomaltine, milo, green tea dan masih banyak lagi.

Makanan unik kekinian ini bisa Anda pilih untuk menemani Anda kala dirumah saja. Sama seperti namanya, pisang nugget ini memiliki bentuk seperti nugget dengan sensasi gurih krenyes-krenyes yang didapatkan dari tepung roti dalam proses pembuatannya. Makanan ini semakin viral karena juga sudah banyak selebgram yang memakan pisang nugget sambil memamerkannya melalui instastory mereka.

4. Keripik Salted Egg

Salted egg atau telur asing sedang menjadi favorit di kalangan masyarakat. Kini, banyak muncul makanan unik yang mempunyai rasa salted egg atau telur asin.

Keripik ini memiliki rasa yang unik gurih, asin dan manis bercampur menjadi satu. Selain itu, keripik salted egg juga memiliki banyak varian, seperti keripik kulit ayam crispy, keripik singkong, hingga keripik kentang.

Jajanan unik yang satu ini menjadi favorit banyak orang karena selain enak, keripik ini juga bisa bertahan dalam waktu yang lama. Ya namanya juga makanan kering sudah pasti bisa awet tahan lama. Namun yang terpenting adalah rasa yang enak dan unik dari makanan yang satu ini.

5. Oreo Goreng

Oreo adalah biskuit manis kesukaan anak-anak. Jika kita biasanya mengkonsumsi oreo dengan cara langsung dimakan dari bungkusnya, bagaimana jadinya jika oreo tersebut digoreng? kira-kira seperti apa rasanya ya? saat ini oreo goreng adalah makanan unik yang digemari oleh masyarakat kita.

Oreo goreng banyak digemari karena keunikan dan juga kelezatan dari jajanan yang satu ini. Selain rasa yang manis, tekstur yang renyah dari oreo menjadi alasan utama kenapa banyak disukai oleh masyarakat kita. Apakah Anda tertarik ingin menikmati oreo dengan sensasi yang baru ini?

6. Kue Cubit

Bukti kreatifnya orang Indonesia adalah dengan hadirnya kue cubit. Kue cubit adalah makanan unik yang berasal dari Betawi. Kue ini mempunyai ukuran yang kecil dan juga tergolong dalam jenis kue basah. Bahan pembuatan utama kue ini adalah susu dan juga terigu yang dimasak menggunakan panci khusus dengan ditambahkan berbagai macam topping kesukaan kita.

Kue cubit banyak disukai masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang lezat, teksturnya yang empuk dan juga adanya banyak pilihan topping yang semakin menambah kelezatan dari makanan unik ini. Makanan ini diberi nama kue cubit karena selama proses pembuatannya, banyak pedagang yang mencubit kue tersebut dengan alat pencapit untuk memastikan kematangannya.

Jajanan unik ini bisa kita temukan dengan mudah di sekitar sekolah atau di alun-alun kota. Karena memiliki rasa yang lezat dan cukup mengenyangkan, kue cubit bisa menjadi camilan untuk menunda perut yang lapar.

Baca Juga  Menguntungkan, Ini 6 Resep Jajanan Unik untuk Dijual

7. Sekoteng

Makanan unik berikutnya di Indonesia adalah Sekoteng. Hampir semua masyarakat Jawa Tengah pasti mengenal minuman yang satu ini.

Sekoteng adalah minuman yang terbuat dari bahan dasar jahe yang berguna untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan. Selain jahe, ada juga bahan lain yang dicampurkan ke dalam sekoteng yaitu kacang tanah, kacang hijau, potongan roti tawar.

Selain digunakan untuk menghangatkan tubuh, sekoteng juga memiliki banyak manfaat seperti untuk mengurangi pusing dan rasa nyeri yang timbul ketika menstruasi. Banyak orang yang minum sekoteng ini ketika setelah operasi untuk mencegah muntah dan mual.

8. Sate Kere

Sate KereBagi Anda yang tinggal di daerah sekitar Solo dan Yogyakarta pasti sudah tidak asing dengan makanan unik yang satu ini. Sate kere dalam bahasa Indonesia berarti sate miskin, kenapa dinamakan sate kere? hal ini karena bahan pembuatan sate tersebut menggunakan bahan-bahan dengan harga yang terjangkau dan dikhususkan untuk masyarakat dengan ekonomi kelas menengah ke bawah.

Sate kere sudah ada sejak zaman dulu karena daging sapi yang bermutu di zaman dulu hanya bisa didapatkan oleh kaum-kaum yang berada. Hal ini yang membuat masyarakat di desa kreatif membuat olahan sate dengan bahan dasar bukan daging melainkan lemak dan juga otot sebagai bahan pembuatan utamanya.

Di Jogjakarta sate kere biasanya menggunakan bahan lemak dan juga otot sementara untuk sate kere yang ada di Solo kebanyakan terbuat dari tempe dan juga jeroan seperti babat dan ginjal.

9. Nasi Kucing

Apa yang ada di bayangkan Anda ketika mendengar nama makanan nasi kucing? Apakah nasi yang dibuat untuk kucing? Atau nasi sisa makanan kucing? Sebenarnya nama nasi kucing hanya sebuah nama makanan unik yang berasal dari daerah Jawa tengah.

Nasi kucing sama seperti nasi putih lainnya yang disajikan di tempat-tempat makan, namun yang membedakannya adalah porsi dan juga lauk yang tersaji dalam nasi kucing tersebut.

Sesuai dengan namanya nasi kucing memiliki porsi nasi yang sangat sedikit, dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak kemudian di dalamnya berisi ikan bandeng atau oseng sambal.

Nasi kucing bisa kita temukan dengan mudah di angkringan pinggir jalan. Nasi kucing menjadi makanan favorit bagi para pekerja kelas bawah karena harganya yang murah.

10.Nasi Kentut

Mendengar namanya mungkin akan membuat kita agak geli-geli gimana gitu. Ya memang makanan ini memiliki nama yang sangat unik. Bagaimana tidak, apakah Anda pernah memiliki pikiran ingin memberi sebuah nama kepada makanan dengan tambahan kata kentut di belakangnya? Tentu saja tidak kan? Makanan unik ini menjadi bukti kreatifnya orang Indonesia.

Sebenarnya nama nasi kentut diambil dari daun kentut atau sembukan yang merupakan tanaman liar yang biasa hidup di alam terbuka sama seperti semak belukar. Disebut sebagai daun kentut karena memiliki aroma yang tidak sedap seperti bau kentut manusia.

Nasi kentut adalah makanan khas dari Medan yang menggunakan daun kentut sebagai pelengkap dari menu makanan tersebut. meskipun memiliki nama yang unik dan agak aneh tapi nasi kentut ini memiliki rasa yang sangat lezat.

11.Kerupuk Melarat

Makanan unik berikutnya yang ada di Indonesia adalah kerupuk melarat. Sebenarnya kerupuk ini memiliki nama lain yaitu kerupuk pasir atau kerupuk upil. Masyarakat lain mungkin mengenal kerupuk ini dengan nama kerupuk Mares. Mares sendiri berarti lemah atau tanah atau juga bisa pasir. Hal ini sesuai dengan proses pembuatan kerupuk ini yang tidak menggunakan minyak melainkan menggunakan pasir sebagai bahan pembuatannya.

Nama melarat ini sendiri juga diambil karena proses pembuatannya yang sangat merakyat yaitu dengan pasir yang sudah disangrai. Sejarah dari penggunaan pasir ini adalah karena di zaman dulu, zaman penjajahan banyak masyarakat Cirebon yang tidak mampu membeli minyak goreng sehingga berinisiatif untuk mencoba menggantikan minyak dengan menggunakan pasir yang saat itu mudah untuk ditemukan.

Baca Juga  Selain Cilok, Ini 10 Jajanan Anak Sekolah yang Praktis

Kerupuk melarat ini juga menjadi bukti betapa kreatifnya orang Indonesia jaman dulu. Dimana mereka berinisiatif untuk menggantikan minyak goreng dengan pasir yang mungkin belum tentu bisa terpikirkan di manusia modern zaman sekarang.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba berbagai makanan dan jajanan unik Indonesia tersebut? Ini adalah bukti bahwa sebenarnya orang Indonesia itu adalah orang-orang yang kreatif dan cerdas.

Itulah beberapa makanan unik dan kekinian yang bisa Anda pilih untuk memanjakan perut Anda. Memang semakin hari semakin aneh saja nama-nama makanan yang ada di sekitar kita. Namun kita jangan hanya berfokus kepada nama makanan yang unik tersebut, tapi perhatikanlah cita rasa dan kelezatan dari makanan tersebut.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *