Komitmen: Pengertian, Arti, Manfaat dan 6 Tips Menjaganya

Komitmen Adalah – Jika sedang menjalani hubungan dengan seseorang, pasti Anda menginginkan hubungan itu tetap awet akhir hayat kelak.

Disini, bagian yang sangat penting dari sebuah hubungan selain rasa percaya adalah komitmen. Komitmen adalah hal yang harus dirawat oleh siapapun yang sedang menjalani hubungan.

Tentu saja hubungan awet adalah impian semua pasangan, tak terkecuali anak remaja juga berkomitmen. Menjaga komitmen tidak serta merta keluar dari dalam mulut saja akan tetapi benar-benar tertancap keinginan di dalam hati, lalu bagaimana cara menjaganya? Simak tipsnya berikut!

Apa Itu Komitmen?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komitmen adalah seseorang yang memiliki sebuah ikatan dengan sebuah perjanjian atau seseorang tersebut memiliki ikatan untuk mengerjakan suatu hal. Sedangkan arti komitmen menurut para ahli cukup variatif.

Menurut Meyer dan Allen, komitmen berarti penerimaan kuat dari tiap-tiap individu terkait nilai dan memiliki keinginan yang kuat juga untuk berproses di dalamnya. Sedangkan menurut Soekidjan istilah ini berarti adanya keinginan serta mampu dalam menyatukan pribadi dengan prioritas yang ada.

Arti Komitmen Dalam Hubungan

Memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih serius dengan seseorang memang bukanlah suatu keputusan yang mudah diambil. Pasti sudah banyak pertimbangan yang dipikirkan matang-matang sehingga menghasilkan keputusan untuk yakin akan menjalani hubungan tersebut.

Menurut salah seorang psikolog pernikahan yang bernama Pingkan Rumondor, komitmen adalah hal yang penting dalam suatu pernikahan atau bisa disebut sebagai tiangnya sebuah rumah tangga.

Baca Juga  Mau Dapat Pacar? Coba Instal 15 Aplikasi Cari Jodoh

Jika Anda gunakan logika, sebuah rumah tak ada tiang penyangga akan menjadi bagaimana rumah itu? Rumah tersebut pasti akan roboh dan hancur, begitu juga apabila rumah tangga yang dibangun tanpa adanya komitmen.

Jadi kesimpulannya apa itu komitmen dalam suatu hubungan? Yakni Landasan utama yang harus ada dalam diri masing-masing individu sebelum menjalinnya. Ini berlaku baik itu hubungan antara suami istri maupun sepasang kekasih.

Tips Menjaga Komitmen Adalah Sebagai Berikut

komitmen adalah
Setelah mengetahui maksud dari komitmen dalam suatu hubungan, berikut penjelasan dari tips untuk menjaga suatu komitmen yang bisa dijadikan pelajaran untuk Anda yang akan menjalani hubungan lebih serius.

1. Perhatian Kecil Tentu Penting Bagi Pasangan Anda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa komitmen adalah tiang dari sebuah rumah tangga maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah saling memberi perhatian walaupun hal kecil.

Apakah berisiko jika hanya mengandalkan hal-hal kecil saja? Tentu tidak apa-apa, asal konsisten.

Saat pasangan memanggil Anda cepatlah menoleh, cepatlah memberikan respon ketika pasangan bertanya semisal perihal keluarga, karir, atau hubungan Anda dengannya. Jika pasangan suka bercanda, maka tanggapilah candaannya tersebut dengan suka cita.

Hal-hal kecil seperti itulah yang bisa membuat hubungan Anda dengan pasangan menjadi lebih hangat dan tentu saja akan awet sampai akhir hayat kelak. Hal tersebut tentu lebih mudah daripada memberi surprise istimewa di hari ulang tahunnya atau mengajaknya makan malam di restoran terkenal.

2. Dalam Hubungan Penting Untuk Berpikir Positif

Rasa saling memahami dan mudah memaafkan apabila sedang mengalami konflik dengan pasangan Anda, dapat terwujud bila Anda dengan pasangan memiliki pikiran yang baik. Jika hal tersebut coba ditanamkan, maka hubungan Anda akan lebih memiliki suasana yang sehat.

Lalu bagaimanakah cara untuk membangun hal ini? Yang pertama dan penting bagi Anda adalah untuk mengenali bagaimana tentang pasangan Anda sendiri.

Yang kedua selalu memberikan perhatian kecil kepada pasangan serta jangan lupa untuk selalu mengapresiasi apa saja hal baik yang dilakukan olehnya. Ini akan sangat membantu menjaga kehangatan hubungan, demikian pula komitmen yang sudah dibangun.

3. Pastikan Anda Mengetahui Informasi Penting dari Pasangan Anda

Bagaimana perasaan Anda jika pasangan mengetahui hal yang Anda sukai, misalnya seperti makanan kesukaan, band kesukaan, atau warna kesukaan? Pasti Anda akan merasa sangat bahagia dan semakin sayang dengan pasangan.

Mencari informasi yang berkaitan dengan pasangan Anda juga penting dilakukan. Misalnya dengan bertanya kepada orangtuanya, bertanya kepada kakak atau adiknya, atau bisa juga dengan mengorek informasi dari sahabatnya. Dengan begitu Anda bisa semakin mengenali pasangan Anda.

Mengenal lebih dalam pasangan itu sangat penting dilakukan. Tujuannya agar hubungan yang sedang dijalani terasa semakin hangat, nyaman dan tentunya akan bertambah langgeng.

4. Jangan Melupakan Hal- Hal yang Sangat Disukai atau Diinginkan Oleh Pasangan Anda

Banyak pasangan yang merasa jika hubungannya sudah tidak nyaman lagi, biasanya hal tersebut terjadi ketika sudah menjalani hubungan dalam waktu yang cukup lama. Akan tetapi itu tidak bisa menjadi alasan untuk memutuskan hubungan tersebut.

Baik Anda ataupun pasangan Anda ketika mengalami hal yang demikian, maka solusinya adalah dengan kembali mengingat apa saja hal yang disukai atau dibanggakan dari pasangan Anda. Jika sudah mengetahuinya maka cobalah untuk mengulang kembali hal tersebut.

Dengan melakukan hal yang demikian maka tidak hanya komitmen yang tetap terjaga tetapi hubungan Anda juga akan semakin awet.

5. Terus Memupuk Komitmen dan Rasa Saling Percaya

pengertian komitmen

Seperti yang sudah Anda ketahui dalam pengertian komitmen bahwa ini adalah landasan utama dalam suatu hubungan. Tentunya komitmen yang kuat akan menghasilkan sebuah hubungan yang sehat. Jadi masing-masing dari individu harus meyakini bahwa komitmen itu berlangsung sampai mati.

Hidup tidak selamanya berada di atas, roda pasti akan berputar dan tentu akan menghadapi sebuah cobaan. Begitu juga dengan sebuah hubungan. Maka jika komitmen tersebut sudah diyakini oleh setiap pasangan, apapun masalah yang sedang terjadi pasti akan mencari solusinya bersama-sama.

Kemudian, yang juga penting adalah sikap saling percaya. Percaya adalah meyakini bahwa semua keputusan yang telah diambil oleh pasangan Anda adalah jalan terbaik untuk sebuah hubungan. Rasa percaya akan menimbulkan perasaan ikhlas dan lapang dada.

Ketika pasangan meminta sesuatu dalam hubungannya dengan Anda, maka Anda tentu saja pasti bersedih dan marah lalu menanyakan alasannya apa. Apapun yang dikatakan maka percayalah bahwa semua itu adalah pilihan yang paling terbaik untuk Anda maupun diri pasangan Anda.

Baca Juga  Percaya Atau Tidak? Ini 7 Arti Mimpi Potong Rambut

6. Penting untuk mengenali konflik yang sedang terjadi antara Anda dan pasangan

Ada seorang yang pernah meneliti terkait konflik dalam sebuah pernikahan, yakni bernama John Gottman. Ia kemudian membagi konflik dalam pernikahan menjadi tiga jenis.

Pertama masalah yang tidak terlalu besar sehingga bisa diselesaikan. Disini, Anda harus mengetahui hal-hal mana saja yang termasuk ke dalam jenis masalah ini, semisal pembagian untuk mengurus rumah, atau dalam hal pendidikan anak tentu bisa diselesaikan dengan baik-baik.

Kedua adalah masalah yang terus berulang atau disebut juga dengan perpetual problem, yaitu masalah yang sering kali terjadi karena adanya dua perbedaan kebiasaan. Misalnya Anda adalah orang yang sangat berjiwa disiplin dan semua harus terkontrol dengan baik, akan tetapi pasangan tidak demikian.

Ketiga adalah gridlock atau masalah yang terus menerus berulang namun sudah menyampai klimaks. Dalam hal ini, perbedaan pendapat antara suami dan istri terkait dengan hal yang lebih besar.

Dalam menghadapi setiap masalah ini, Anda harus tetap menjaga komitmen. Jika sudah memahami benar arti kata komitmen dalam kehidupan, maka akan mengerti pula solusi masalah yang sedang terjadi.

7. Alangkah baiknya dengan mengurangi penyebutan kata “terserah”

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, komitmen adalah hal penting yang harus dijaga dalam suatu hubungan. Lalu bagaimana Anda tetap menjaga komitmen akan tetapi sering menggunakan kata “terserah”?

Maksudnya adalah, biasanya ketika pasangan Anda berada dalam dilema untuk memilih sebuah pilihan pasti ia akan meminta pendapat dari Anda. Jika sering melontarkan kata “terserah” bisa saja pasangan Anda akan merasa sedikit tersinggung dan enggan bertanya kembali.

Coba difikirkan kembali, jika hal tersebut menimpa diri Anda sendiri, apa yang akan Anda rasakan? Pasti akan merasa tidak enak hati. Dari pada hal demikian terjadi, maka berikanlah respon berupa penjelasan mengenai isi hati dan pikiran, dengan begitu pasangan Anda pasti akan mudah mengerti.

Tentu hal kecil seperti ini harus menjadi perhatian Anda, sebab jika hal tersebut sering dilakukan maka bisa berdampak buruk bagi hubungan. Belajarlah untuk mendengarkan ucapan pasangan lalu berilah respon yang membuat hatinya merasa tenang.

Manfaat Adanya Komitmen Dalam Suatu Hubungan

arti komitmen

Semisal Anda mempunyai teman yang sedang menjalin hubungan dengan seseorang, komitmen awalnya adalah mereka menjalin hubungan hanya untuk sering jalan bareng atau kencan. Pada awalnya tidak ada hal lain yang mengikat seperti dengan siapa saja boleh bergaul.

Alhasil, ketika ia sedang jalan dengan siapapun, itu bukan menjadi masalah besar karena sudah terbentuknya komitmen di awal hubungan. Selain itu, fungsinya adalah dengan menyatukan dua isi kepala yang berbeda. Karena seperti yang Anda ketahui, isi kepala tiap orang itu memang berbeda.

Selanjutnya adalah, komitmen bisa membuat hubungan Anda dengan pasangan menjadi awet. Jika sedang bertengkar misalnya, maka cobalah ingat kepada komitmen awal memutuskan untuk berhubungan.

Selain itu, dengan mempunyai komitmen, maka Anda dan pasangan tidak hanya akan suka berandai-andai saja. Sebaliknya, pasangan akan berusaha keras untuk mewujudkan impian tersebut.

Sedangkan yang terakhir adalah tidak mementingkan ada apa di diri pasangan. Melainkan menerima pasangan dengan apa adanya.

Anda Punya Hubungan? Komitmen Adalah Tiang Pengokohnya

apa itu komitmen
Perlu diketahui kembali bahwa komitmen merupakan landasan dari sebuah rumah tangga. Tidak hanya saling mencintai dan menyayangi pasangan saja yang dibutuhkan sebuah hubungan. Akan tetapi harus ada komitmen yang kuat dari dalam diri masing-masing insan sehingga hubungan akan awet.

Tak mungkin bila hubungan itu tidak ada masalah, karena menjalin hubungan dengan seseorang merupakan bagian dari proses kehidupan. Dalam hidup masing-masing manusia sendiri pasti ada lika-likunya, ada senang ada susah, ada kaya ada miskin, ada sehat ada sakit.

Begitu pula juga dengan hubungan pasti suatu saat nanti akan mengalami masalah yang entah itu ringan atau berat, atau malah keduanya. Satu-satunya cara melewatinya adalah bagaimana pasangan tersebut bisa menjaga komitmen yang telah dibangun pada awal hubungan.

Dalam hal ini, jika seseorang sudah benar-benar teguh terhadap komitmennya, maka masalah tersebut akan lekas selesai dan Anda pun akan mudah mencari solusi penyelesaiannya. Disini tampak sekali bahwa arti kata komitmen dalam hubungan memang begitu berarti.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *