Cara Merebus Daun Sirsak yang Benar dan Efek Sampingnya

Cara Merebus Daun Sirsak – Siapa yang tidak mengetahui tentang buah sirsak. Buah ini adalah buah yang memiliki rasa yang manis dan juga asam.

Sedangkan untuk dagingnya kaya akan serat. Bahkan setiap 100 gram daging sirsak yang akan Anda konsumsi ini mengandung 3,3 gram serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat dalam setiap hari ketika Anda akan mengonsumsinya.

Kepopuleran Daun Sirsak

Selain nantinya mengandung banyak serat, buah ini juga mengandung begitu banyak karbohidrat terutama fruktosa, Vitamin C, B1 dan juga B2. Selain daging buahnya yang mengandung banyak gizi, bagian daunnya pun mengandung senyawa yang memiiki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Daun sirsak adalah salah satu bagian yang memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun sirsak menjadi popular pada saat adanya penelitian yang menyatakan bahwa di dalam daun sirsak ini memiliki senyawa yang mampu untuk mengobati penyakit kanker. Bahkan untuk salah satu kandungan di dalam daun sirsak yang paling bermanfaat bagi kesehatan adalah acetogenin.

Acetogenin adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP maupun energy yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin juga masuk serta menempel di reseptor dinding sel serta merusak ATM di dinding mitokondria.

Bagaimana Cara Merebus Daun Sirsak?

merebus daun sirsak
Untuk mendapatkan begitu banyak manfaat dari mengonsumsi daun sirsak, maka yang harus Anda lakukan adalah merebus daun sirsak tersebut. Namun, ada beberapa cara merebus daun sirsak yang baik dan benar diantaranya sebagai berikut ini:

• Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Siapkan 5 sampai dengan 7 lembar sirsak kering. Pastikan bahwa Anda hanya akan menggunakan daun sirsak yang berkualitas baik dan juga memiliki proses pengeringan di bawah sinar matahari. Anda juga harus mempersiapkan sekitar 1 liter air.

• Proses Perebusan Daun Sirsak

– Masukkan air ke dalam pancil maupun ketel kemudian rebus sampai daun tersebut mendidih.

– Setelah nantinya air mendidih, masukkan daun sirsak satu persatu dan kecilkan api pada kompor.

– Kemudian rebus daun sirsak selama kurang lebih 10 sampai dengan 20 menit.

– Setelah mendidih, kemudian matikan kompor serta tuangkan air rebusannya ke dalam gelas maupun teko.

– Kemudian, biarkan sampai air rebusannya dingin. Setelah dingin, minumlah air rebusan tersebut. Untuk dosis konsumsi obat ini sebanyak 1 gelas 250 ml sampai dengan 3 kali sehari.

Baca Juga  6 Cara Mematangkan Alpukat Secara Praktis Dan kandungannya

Pada saat Anda akan merebus daun sirsak, pastikan untuk membuatnya dan menyesuaikan dengan dosis harian Anda. Usahakan untuk tidak berlebihan serta segera konsumsi setelah Anda selesai membuatnya. Hal ini dikarenakan khasiat air rebusan daun sirsak ini hanya mampu bertahan selama 7 maupun 8 jam dalam sehari.

Apa Manfaat Mengonsumsi Daun Sirsak?

cara merebus daun sirsak
Setelah Anda memahami tentang bagaimana cara merebus daun sirsak, maka yang harus Anda lakukan adalah mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan selama Anda mengonsumsinya. Nah, beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan diantaranya sebagai berikut ini:

1. Mampu Menghilangkan Kutu

Daun sirsak ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Akan tetapi, hal ini bahkan bisa sangat beracun bagi serangga maupun parasit.

Karena itulah daun sirsak ini juga bisa digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu serta ketombe. Anda hanya perlu merebus daun sirsak dan langsung digunakan untuk mencuci rambut.

2. Mampu Meningkatkan Kesuburan

Daun sirsak ini terbukti mampu meningkatkan produksi jumlah sperma pada pria. Sedangkan apabila Anda mengonsumsi daun sirsak dipercaya mampu untuk memperkuat rahim.

3. Mampu Mengobati Penyakit Paru-Paru

Dengan mengonsumsi daun sirsak, Anda juga mampu mengobati penyakit paru-paru baik paru-paru basah maupun kering.

Baca Juga  Selain Dijadikan Kue, Ini 7 Manfaat Baking Soda Lainnya

4. Mampu Mengobati Penyakit Diabetes

Menurut beberapa penelitian, telah membuktikan bahwa senyawa yang ada pada daun sirsak ini dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah yang ada pada tubuh manusia dan menjadikannya normal.

Sebab, daun sirsak mengandung berbagai antioksidan yang juga tersedia beberapa senyawa baik polifenol, saponin, dan bioflavonoid.

5. Mampu Mengobati Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, juga bisa digunakan untuk mengatasi maupun mengobati dengan menggunakan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat dari daun sirsak ini untuk kolesterol, Anda hanya perlu untuk meminum air rebusan daun sirsak.

6. Mampu Mengobati Kista Ovarium

Bagi beberapa wanita, biasanya mengalami masalah maupun menyakit seperti kista ovarium maupun tumor jinak yang akan muncul pada ovarium. Apabila nantinya tidak segera Anda obati, maka kista dapat berkembang sebagai kanker.

Maka dari itulah Anda harus memanfaatkan dan memaksimalkan manfaat daun sirsak untuk mengobati penyakit kista ovarium.

7. Mengobati Penyakit Asam Urat

Selain bisa mengobati kanker, daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Mirip dengan cara kerja mengobati sel kanker, kandungan pada daun sirsak seperti acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin serta asam linoleatpuin bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit asam urat.

Adakah Efek Samping Rebusan Daun Sirsak?

Mengetahui cara merebus daun sirsak dan dikonsumsi tentunya memiliki begitu banyak manfaat. Namun adakah efek samping yang paling sering terjadi diantaranya adalah adanya gangguan pada perut, masalah jantung, masalah syaraf, bahkan interaksi obat.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya efek samping, maka yang harus Anda lakukan adalah memahami bagaimana cara merebus daun sirsak yang baik dan benar. Bahkan mengonsumsi dan merebus daun sirsak sesuai dengan apa yang dibutuhkan sesuai dengan dosis dan takaran.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *