Lupakan Bahan Kimia, Ini 4 Cara Mengusir Kecoa Dengan Alami

Cara Mengusir Kecoa – Apa yang ada dibenak Anda jika mendengar kalimat kecoa? Geli, jijik, atau takut, tentu sebagianorang ada yang merasakannya. Kecoa memang merupakan “mimpi buruk” bagi mereka sebagian orang.

Di balik itu, kecoa sejatinya merupakan hama yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan sanitasi di rumah Anda. Perkembangbiakkan bakteri bahaya, kontaminasi makanan, hingga gigitan kecoa cukup berbahaya.

Hal ini karena habitatnya yang memang cenderung menyukai tempat-tempat lembab, gelap, hangat, dan tersembunyi, seperti di tempat-tempat yang tergolong kotor. Tempat hidupnya yang demikian, menyebabkan tubuh kecoa disebu-sebut terkandung bakteri hingga cacing halus yang bisa menyebabkan penyakit bagi siapa saja yang memiliki kontak langsung dengan tubuh kecoa.

Namun demikian, manusia akan sangat sulit hidup tanpa seekor pun kecoa. Sebab, di dunia ini terdapat lebih dari 3500 spesies kecoa yang tersebar di seluruh penjuru dunia, kecuali di daerah kutub. Lantas, kalau begini Anda hanya bisa menghindari kemungkinan kecoa masuk ke dalam lingkungan tempat tinggal Anda. Nah, berikut ini kami akan menginformasikan cara mengusir kecoa secara alami maupun non-alami.

4 Cara Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami

pengusir kecoa
Ada beberapa cara mengusir kecoa secara alami, tapi jangan pernah menggunakan cara menggencet atau memukulnya. Sebab, jika dilakukan, bakteri yang ada di tubuh kecoa bisa menyebar dan memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Berikut cara membasmi kecoa secara alami:

1. Daun Salam

Daun yang satu ini biasanya pasti ada di masing-masing rumah sebagai bahan membuat masakan. Daun salam bisa digunakan sebagai pengusir kecoa dengan cara meremukkan daunnya yang masih hijau atau yang sudah kering.

Baca Juga  Apa Kamu Berani Mengkonsumsi 7 Cabe Terpedas Di Dunia Ini?

Kemudian, sebar remukan tersebut di sudut-sudut gelap atau di setiap pojok ruangan tempat kecoa biasa bersarang.

2. Bubuk Kopi

Aroma kopi memang dikenal banyak manfaatnya. Selain untuk menyerap bau, aroma kopi juga tidak disukai beberapa jenis hewan, salah satunya kecoa.

Cara membasmi kecoa dengan bubuk kopi cukup mudah, yaitu cukup dengan menaburkan bubuk kopi di beberapa sudut yang seding dihinggapi kecoa. Cara ini cocok diaplikasikan di dapur dan kamar mandi, sekaligus untuk menyerap bau tak sedap.

3. Timun

Timun memang tidak berbau, tapi bagi kecoa, timun memiliki zat yang dihindari. Cara mengusir kecoa dengan menggunakan timun, yaitu dengan membuat perangkap kecoa sederhana. Caranya, sediakan beberapa kaleng bekas, kemudian potong timun dan taruh timun di dalam kaleng tersebut.

Aroma timun yang bercampur dengan kaleng akan menimbulkan reaksi dna mengundang kecoa masuk ke dalamnya. Setelah kecoa terperangkap di dalam kaleng, bisa dipastikan tak lama jeratan tersebut akan membunuh kecoa yang masuk ke dalamnya.

4. Perasan Jeruk Lemon

Tak hanya sebagai bahan alami untuk membersihkan noda membandel dan mencerahkan kulit wajah, jeruk lemon ternyata juga memiliki manfaat sebagai pengusir kecoa. Hal ini karena lemon memiliki sifat anti-pathogenic atau mencegah pertumbuhan bakteri yang menjadikannya ampuh untuk membasmi kecoa yang tubuhnya “diselimuti” banyak bakteri.

Cara mengusir kecoa menggunakan lemon adalah dengan memasukkan beberapa tetes perasan lemon ke dalam air pel saat Anda mengepel bagian rumah. Selain membuat kuman-kuman di lantai mati, kecoa yang tidak suka akan bau perasan lemon ini juga akan menghindari lantai rumah berbau perasan lemon asli.

5 Cara Mengusir Kecoa dengan Bahan Non-Alami

cara membasmi kecoa

Selain menggunakan cara-cara alami, menjauhkan kecoa dari lingkungan Anda juga bisa dilakukan dengan bahan non-alami. Beberapa bahan ini dapat dengan mudah dibuat, karena hanya menggunakan bahan-bahan di sekitar Anda. Berikut ini cara menghilangkan kecoa dari lingkungan tempat tinggal Anda:

Baca Juga  Percaya Atau Tidak? Ini 7 Arti Mimpi Potong Rambut

1. Mouthwash/Obat Kumur

Mouthwash atau obat kumur biasanya digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan disela gigi untuk menghindari bakteri dan kuman yang bersarang di gigi dan mulut, serta menghindari bau tak sedap yang diakibatkannya. Rupanya, mouthwash juga bisa bekerja sebagai desinfektan di lingkungan rumah.

Caranya mudah, yaitu dengan mencampurkan mouthwash secukupnya ke dalam air. Baiknya gunakan air yang dimasukkan ke dalam botol semprot agar lebih mudah. Sebab, jika dibutuhkan, Anda bisa langsung semprotkan larutan air dan mouthwash tersebut ke tempat-tempat bersarangnya kawanan kecoa.

2. Kapur Barus

Selain fungsinya menyerap bau tak sedap, kapur barus dikenal sangat ampuh untuk memerangi serangga, termasuk juga kecoa. Caranya cukup dengan meletakkan beberapa kapur barus di tempat bersarangnya kecoa atau di tempat yang Anda inginkan. Bahan pembasmi kecoa yang satu ini sangat mudah ditemui. Anda bisa membelinya di minimarket.

3. Silica Gel

Mungkin Anda biasa menemui silica gel di kardus barang-barang yang biasa Anda beli, seperti kardus sepatu, baju, tas, dan lain sebagainya. Tidak jauh berbeda dengan kapur barus, silica gel juga berfungsi ampuh untuk menyerap bau dan lembab. Dengan fungsinya ini, silica gel juga bisa digunakan untuk membasmi kecoa yang hobi bersarang di tempat lembab.

Caranya, taruh silica gel di beberapa tempat yang kerap menjadi sarang kecoa. Agar lebih ampuh, Anda bisa mencampurkan butiran silica gel dengan gula dan menyebarkannya di setiap sudut rumah atua tempat-tempat yang sering dilewati kecoa. Jika ada kecoa yang melewati campuran ini, pasti tubuhnya akan langsung mengering dan tak lama akan mati.

4. Petroleum Jelly

Bagi Anda para beauty enthusiast, tentu sudah tidak asing lagi dengan bahan ajaib yang satu ini. Di dunia kecantikan, petroleum jelly sering digunakan untuk beberapa hal, seperti pelembab bibir, pembersih make up, hingga mengatasi bagian yang terluka. Namun, ada manfaat dari petroleum jelly yang jarang sekali diketahui banyak orang, yaitu untuk mengusir kecoa.

Baca Juga  Mirip Tapi Berbeda, Ini 6 Perbedaan Margarin dan Mentega

Caranya pun mudah, yaitu dengan mencampurkan gula dengan petroleum jelly hingga merata. Kemudian, oleskan di selembaran kertas yang tidak terpakai.

Lalu, tempatkan kertas yang sudah diolesi campuran petroleum jelly dan gula di tempat yang sering dilalui kecoa atau di tempat biasa Anda melihatnya keluar. Kecoa akan tertarik pada campuran ini dan otomatis terjebak.

5. Sabun Mandi

Ada cara mengusir kecoa yang tak kalah murah meriah yang bahannya juga bisa Anda dapatkan di rumah, yaitu dengan menggunakan larutan sabun mandi atau sabun cuci tangan dengan air. Anda bisa menggunakan sabun batangan maupun sabun cair sebagai bahanya. Jika menggunakan sabun batangan, Anda bisa dengan memarut atau menggerusnya terlebih dahulu.

Setelah sabun hancur, masukan sabun ke dalam larutan air dengan perbandingan 1:1. Buatlah larutan hingga benar-benar tercampur dan menjadi encer. Lalu, masukkanlah campuran tersebut ke dalam botol semprot. Dengan botol semprot, Anda akan lebih mudah menggunakannya.

Cara menggunakannya adalah cukup dengan menyemprotkan larutan tersebut ke dalam tempat yang sering dilalui kecoa atau yang disinyalir sebagai sarang kecoa. Anda juga bisa semprotkan ke tubuh kecoa.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *