5 Cara Mengolah Kulit Manggis yang Baik dan Tepat

Cara Mengolah Kulit Manggis – Apakah Anda memiliki beberapa kulit manggis yang ada di rumah? Apabila Anda memiliki kulit manggis yang jumlahnya cukup banyak, maka Anda bisa mengolahnya untuk menjadi ekstrak kulit manggis.

Namun, kendala yang bahkan seringkali dihadapi oleh banyak orang adalah tidak mengetahui tentang bagaimana cara mengolah kulit manggis yang baik dan benar.

Mengenal Kandungan Buah Manggis

kandungan buah manggis

Belakangan ini, ekstrak kulit manggis begitu popular sebagai bahan untuk pengobatan alternative. Pasalnya, kulit buah yang memiliki warna ungu gelap ini memang memiliki begitu banyak khasiat. Di dalam kulit manggis ini mengandung antosianin yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker, diabetes, serta penyakit kardiovaskular.

Sedangkan untuk kandungan xanthone yang ada di dalamnya cukup tinggi dibandingkan dengan beberapa buah lainnya. Kemudian, untuk kandungan antioksidan yang satu ini bahkan ampuh untuk membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Jadi, akan sangat disayangkan apabila Anda tidak mengetahui tentang cara memanfaatkan serta mengolah kulit manggis yang bermanfaat ini.

Metode Mengolah Kulit Manggis yang Tepat

kulit buah manggis
Ada begitu banyak metode maupun cara mengolah kulit manggis yang baik dan benar. Bahkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan bisa dengan cara menyeduhnya. Untuk lebih jelas tentang bagaimana saja metode untuk mengolahnya, simaklah penjelasannya berikut ini:

1. Membuat Teh Kulit Manggis Rebus

Bersihkan kulit manggis segar dari buahnya yang sudah dikupas, kemudian cuci sampai bersih. Potong-potong kulit manggis kemudian rebus di dalam 250 ml air sampai mendidih. Sesudah mendidih, angkat serta saring air rebusan. Tunggu sampai hangat dan kemudian tambahkan madu maupun gula sebagai pemanis.

2. Membuat Teh Seduh Kulit Manggis

Bersihkan kulit manggis segar dari buah yang sudah dikupas kemudian cuci sampai bersih. Kemudian, potong-potong buah manggis kemudian masukkanlah ke dalam gelas maupun cangkir.

Kemudian panaskan air sampai dengan mendidih kemudian tuangkan ke dalam gelas dengan berisi kulit manggis yang segar. Tambahkan madu maupun gula untuk memberikan rasa manis.

Baca Juga  6 Cara Mematangkan Alpukat Secara Praktis Dan kandungannya

3. Membuat Jus Kulit Manggis

Cara mengolah kulit manggis agar tidak memberikan rasa yang pahit bisa dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus yang segar. Anda bisa memilih kulit yang masih segar kemudian potong kecil-kecil agara tidak liat pada saat akan diblender.

Anda hanya perlu memotong-motong kecil kulit buah manggis kemudian campirkan dengan sedikit air dan madu sebagai jus yang lezat serta kaya manfaat.

4. Mengolah Kulit Manggis untuk Obat

Anda bisa mengolah kulit manggis segar untuk membuat tonikum. Cara yang bisa dilakukan adalah mengambil kulit manggis segar dari buah yang sudah benar-benar matang. Kemudian cuci dengan air mengalir sampai dengan bersih.

Lalu rebus kulit manggis di air mendidih selama kurang lebih 10 menit kemudian buang air rebusannya untuk menghilangkan getah dan tannin yang bisa menyebabkan perut mulas.

Kemudian masukkan kembali kulit manggis ke dalam es batu kurang lebih selama 10 menit. Kemudian Anda tinggal memblender tanpa dicampurkan apapun. Lalu, saring kembali dan peras airnya sampai Anda mendapatkan ekstraknya.

Simpan ekstrak tersebut di dalam wadah tertutup serta letakkan di dalam lemari es dan minum 2 sendok makan setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Mengolah Kulit Manggis Kering

buah manggis
Anda nantinya juga bisa menyimpan kulit manggis dalam bentuk kering sehingga bisa jauh lebih awet untuk dikonsumsi dalam waktu yang lama. Kulit manggis yang sudah kering ini juga bisa Anda jadikan sebagai wedang maupun dijadikan minuman hangat seperti teh.

Cara mengolahnya sangat mudah dan pertama, kupaslah kulit mangga yang masih segar. Kemudian bersihkan dan mencucinya di air mengalir. Potong kulit manggis kecil-kecil agar nantinya jauh lebih cepat kering ketika akan dijemur. Kemudian jemur kulit manggis di bawah sinar matahari yang terik sampai benar-benar kering sekitar 3 hari.

Simpan kulit manggis yang berada di wadah kedap udara agar kulit yang telah kering tersebut tidak akan mudah berjamur. Kemudian, Anda juga bisa menggunakan 5 gram kulit manggis kering untuk diseduh bersama air panas. Bahkan Anda juga bisa menambahkan madu maupun gula agar terasa lebih manis.

Baca Juga  Apa Kamu Berani Mengkonsumsi 7 Cabe Terpedas Di Dunia Ini?

Itulah beberapa cara mengolah kulit manggis yang nantinya bisa Anda praktikkan di rumah. Tentunya dengan rajin mengonsumsi kulit manggis, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Beberapa contohnya adalah menghilangkan alergi, mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson, mengatasi katarak, menjaga kesehatan otak dan syaraf, dan lainnya.

Bukan hanya beberapa manfaat di atas saja, bahwa buah manggis juga dikenal sebagai obat untuk mengatasi dan mencegah beberapa penyakit-penyakit lainnya. Anda disarankan untuk mengonsumsi manggis secara rutin untuk membuang radikal bebas yang ada di dalam tubuh dengan kandungan sehat berupa antioksidan yang ada di dalamnya.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *