7 Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan

Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan – Tenggorokan Anda terasa tidak nyaman karena ada duri ikan yang tersangkut? Tenang, jangan khawatir. Terkadang karena keasyikan makan ikan kita seringkali mengabaikan duri yang ada pada ikan tersebut.

Hal ini jangan anda anggap sepele karena bisa menyebabkan pembengkakan pada tenggorokan anda yang pada akhirnya anda akan susah menelan makanan yang anda makan.

Ikan adalah salah satu makanan yang mengandung banyak protein yang berguna bagi tumbuh kembang manusia. Rasa nikmat yang ada pada ikan membuat kita kadang ketagihan dengan ikan.

Namun apakah anda tau kadang kenikmatan ikan malah membawa petaka. Hal ini karena para penikmat ikan sering mengalami masalah tertelan atau tersangkut duri ikan yang menyakitkan tentunya dan membuat kesal penderita.

Jangan Sepelekan Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

cara menghilangkan duri ikan
Tenggorokan yang tersangkut duri ikan harus anda tangani dengan serius karena ini juga berhubungan dengan keselamatan anda. Tertelan tulang ikan atau lebih dikenal dengan sebutan ketulangan akan membuat akan merasakan sakit pada bagian tenggorokan karena tertusuk duri ikan.

Kejadian ini tak jarang membuat sang penderita yang pernah mengalami hal tersebut menjadi trauma untuki memakan ikan atau bahkan berhenti untuk memakan ikan. Oleh karenanya jangan anggap remeh masalah ini.

Baca Juga  Cara Merebus Daun Sirsak yang Benar dan Efek Sampingnya

Bagi anda pencinta ikan maka anda harus tahu mengenai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan agar jika sewaktu-waktu anda mengalami hal ini maka anda tak akan kelabakan untuk mencari solusi yang tepat untuk menangani masalah tersebut

Masalah duri ikan yang tersangkut di tenggorokan sering sekali dibicarakan di dalam kehidupan sehari-hari karena hal ini sering dialami oleh para orang tua yang sudan lanjut usia ataupun anak kecil maupun dewasa.

Jangan Panik, Ini 7 Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan

duri ikan di tenggorokan

Ada banyak sekali tindakan yang dapat dilakukan guna menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan yang akan di kupas di dalam artikel ini. Lantas bagaimana cara untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. Berikut cara-caranya:

1. Menelan Kepalan Nasi

Yang pertama, makan nasi yang sudah dikepal sebesar biji salak kemudian telan perlahan-lahan. Hal ini bertujuan agar duri yang ada di tenggorokan dapat tersangkut di kepalan nasi tersebut.

2. Batuk

Kemudian anda juga dapat melakukan cara kedua untuk menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Yaitu, dengan batuk. Dengan batuk maka diharapkan duri ikan dapat terkeluar karena gejolak yang ada di tenggorokan yang dihasilkan dari batuk tersebut.

3. Meminum Air Garam

Lalu, cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan lainnya adalah dengan meminum air garam. Jika batuk tidak dapat mengeluarkan duri ikan yang tersangkut pada tenggorokan anda.

Maka cara selanjutnya adalah meminum air garam. Hal ini dapat membuat duri yang tersangkut di tenggorokan anda luruh daan terbawa air garam dan masuk ke tenggorokan.

4. Memakan Marshmallow

tips menghilangkan duri ikan di tenggorokan

Cara menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan selanjutnya adalah dengan menelan marshmallow. Ambil beberapa marshmallow kemudian kunyah perlahan. Ingat, jangan sampai halus ya.

Kunyahlah marshmallow hingga teksturnya kasar. Karena dengan begitu tekstur marshmallow yang kasar dan sedikit lengket di rongga mulut akan menempel di tenggorokan dan membawa duri ikan yang tersangkut tersebut ke dalam pencernaan anda.

Baca Juga  Selain Dijadikan Kue, Ini 7 Manfaat Baking Soda Lainnya

5. Meminum Minyak Zaitun

Cara lainnya yang dapat anda tempuh guna menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan adalah dengan meminum minyak zaitun.

Ambil segelas air hangat kemudian campurkan dengan 3-4 sendok makan minyak zaitun dan minum perlahan. Minyak zaitun yang licin akan meluruhkan duri ikan yang tersangkut pada tenggorokan anda.

6. Makan Pisang

Sama juga dengan memakan kepalan nasi. Anda dapat memotong pisang menjadi beberapa potong kemudian masukkan ke dalam tenggorokan anda dan telan dengan perlahan.

Tekstur pisang yang lembut tentu tidak akan membuat anda kesulitan untuk menelannya. Ini adalah cara menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan lainnya.

7. Periksa ke Dokter THT

Jika cara menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan di atas belum juga berhasil maka cara terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan memeriksakan tenggorokan anda ke dokter THT karena ditakutkan jika anda melakukan tindakan yang salah maka akan membuat duri ikan yang ada di tenggorokan anda semakin tertancap dan bukan terkeluar.

Masalah duri yang tersangkut di tenggorokan akan menjadi masalah besar jikan tidak ditangani dengan cara yang benar dan metode yang tepat. Oleh karena bagi anda yang mengalami masalah di atas untuk mengetahui dan mempelajari cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan dengan baik.

Selain itu, jika anda memakan ikan yang memiliki banya duri maka disarankan untuk lebih memperhatikan duri-duri tersebut atau anda juga bisa memisahkan duri ikan dari daging ikan terlebih dahulu baru setelah itu anda memakan ikannya.

Bagi orang tua yang memiliki anak kecil dan belum bisa memilah makanan anda harus lebih berhati-hati atau anda dapat memberikan ikan yang durinya sedikit seperti ikan tenggiri misalnya. Cara menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan lainnya juga dapat anda tanyakan kepada sanak saudara terdekat anda.

Hindari Memasukan Jari Ke Tenggorokan Saat Terdapat Duri di Tenggorokan

mengatasi duri ikan di tenggorokan
Saran lainnya mengenai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yaitu hindarilah menggunakan cara dengan memasukkan jari tangan anda ke tenggorokan karena itu berbahaya selain dapat membuat anda muntah ditakutkan terdapat bakteri yang berbahaya pada kuku anda yang dapat menambah berat persoalan duri ikan yang sedang anda hadapi.

Praktekkanlah cara menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan ini dengan meminta bantua orang terdekat anda agar mereka juga dapat memberikan alternatif lain yang dapar ditempuh.

Baca Juga  Lupakan Rasa Bau, Ini Khasiat dan 5 Manfaat Petai Cina

Jika masalah duri ikan yang anda hadapi lumayan sulit anda atasi maka jalan satu-satunya adalah dengan konsultasi ke dokter THT. Karena dokter tentunya akan lebih tahu apa yang harus dilakukan karena mereka akan melakukan prosedur yang tepat sesuai dengan panduan dalam dunia kedokteran.

Jangan ragu untuk mengeluarkan sedikit uang karena keselamtan dan kesehatan anda ada prioritas utama yang harus anda jaga dan perhatikan. Dokter pastinya akan menyarankan cara dan prosedur yang tepat guna mengeluarkan duri ikan yang tersangkut pada tenggorokan anda.

Selain itu, dokter juga memiliki fasilitas yang lebih tepat guna membedah tenggorokan anda jika cara menghilangkan duri di tenggorokan yang telah anda tempuh semuanya belum juga berhasil dan semoga saja informasi ini dapat bermanfaat yah untuk Sahabat Tedas.id.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *