Barista: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya

Barista – Apa pengertian barista? Arti umum barista adalah suatu profesi yang pekerjaannya adalah membuat dan menyajikan minuman (kopi) kepada pembeli.

Sedangkan istilah dari “barista” ini mengambil dari bahasa Italia, yang berarti bartender yaitu seseorang yang menyajikan. Kata barista ini berlaku untuk sebutan seseorang yang pekerjaannya adalah membuat, menyiapkan juga menyajikan kopi yang berbasis espresso.

Pengertian Barista dan Sejarahnya

Pengertian Barista

Sesuai penjelasan diatas, bahwa arti dari Barista adalah Bartender yang berasal dari bahasa italia yang artinya adalah seseorang yang bertugas menyiapkan berbagai macam minuman.

Namun, semakin berjalannya waktu dan terus berkembangnya zaman juga pengaruh dari masuknya trend di dunia perkopian.

Kata dari bartender tersebut diubah menjadi barista yang sekarang menjadi terkenal dan banyak diminati oleh orang-orang pecinta kopi, industry kuliner juga para anak muda yang sedang sibuk mencari pekerjaan untuk mengisi waktu nganggurnya.

Jadi, tak ada yang salah jika kita mengatakan bahwa menjadi barista bukanlah perkara yang mudah, semudah membalikkan telapak tangan.

Dan barista ini termasuk dalam pekerjaan yang membutuhkan kemampuan lebih, meskipun kadang kita melihat pekerjaan mereka terlihat mudah dan gampang dikerjakan oleh siapapun.

Perkembangan Barista

Perkembangan Barista

Popularitas kopi yang setiap tahun terus meningkat, sangat mempengaruhi kenaikan popularitas dan otomatis menaikkan juga gengsi para peramu kopi yang disebut barista ini.

Di berbagai negara yang memiliki kultur minum kopinya tinggi, seorang barista bahkan bisa mendapatkan gaji yang fantastis di setiap jamnya.

Seperti barista di Australia, pendapatannya rata-rata antara $35 per jam, disusul negara Oslo dan Norwegia dengan pendapatan barista per jam $28. Sangat menjanjikan ya?

Di lain sisi, dengan semakin meningkatnya penikmat kopi dan maraknya dunia usaha kopi ini, yang kemudian melahirkan kompetisi barista kelas dunia.

Baca Juga  Clingy Adalah Hasrat Untuk Dekat, Ini 12 Cara Mengatasinya

Kejuaraan barista secara resmi ini berawal di negara Norwegia, namun kejuaraan bergengsi yang sekarang lebih dikenal sebutannya dengan World Barista Championship (WBC) ini rutin digelar setiap tahun di berbagai negara berbeda.

Sebelum berkompetisi di ajang WBC, biasanya masing-masing dari partisipan diwajibkan untuk terlebih dulu mengikuti kompetisi serupa di negara mereka untuk selanjutnya bisa mengikuti dan masuk ke WBC.

Jika pembaca tertarik untuk bekerja sebagai barista? Yuk simak dulu kualifikasi dan job desk seorang barista berikut.

Cara Menjadi Seorang Barista Dari Karakteristik

Cara Menjadi Seorang Barista

Profesi barista termasuk jenis pekerjaan yang banyak menarik anak muda dan banyak dicari oleh para mahasiswa, yang tertarik untuk mengisi waktu luang dan ingin lebih memahami dunia perkopian.

Untuk itu banyak industri perkulineran yang dengan gencar membuka lowongan pekerjaan untuk posisi barista tanpa pengalaman kerja.

Meski begitu, jika anda ingin menjadi barista, anda harus memiliki karakter dan lebih memahami tentang hal yang berhubungan dengan barista.

Karena tak sedikit juga para pemilik coffee shop atau restoran yang lebih mengutamakan karakter calon barista daripada pengalaman dan kemampuan teknis pelamarnya. Apa saja karakteristik yang perlu dimiliki seorang barista? berikut penjelasannya:

* Terampil Ketika Berkomunikasi dengan Orang atau Pelanggan

Seperti yang kita tahu, bahwa industri perkulineran di indonesia adalah industri yang serba cepat. Termasuk Coffee Shop yang sudah pasti akan membutuhkan seorang barista yang bisa membuat pelanggannya tersenyum dan nyaman saat membeli kopinya.

* Punya Semangat untuk Terus Belajar

Yang artinya, seorang yang memiliki kemauan untuk terus belajar, banyak pelaku usaha coffe shop yang akan mencari seorang barista yang mau untuk diajari dan dibimbing oleh pemiliknya.

Baca Juga  Pengertian Asumsi Dalam Berbagai Aspek dan Penyampaiannya

* Lebih Cepat Beradaptasi Dengan Lingkungan Kerja

Berada di suasana coffee shop yang bisa jadi akan membuat seorang barista menjadi lebih sibuk, seorang barista profesional harus mampu menangani stres dan bisa membuat berbagai macam pesanan minuman sekaligus.

* Memiliki Mindset yang Fokus pada Detail

Dalam proses menyeduh minuman (kopi) diperlukan banyak langkah-langkah, agar seorang barista dapat menunjukkan kualitas cita rasa dan aspek yang ditonjolkan. Seorang barista profesional harus mampu memperhatikan setiap aspek dan lebih memastikan kualitas rasa dan konsistensinya.

* Mampu Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Membangun hubungan baik ini sangatlah penting untuk seorang barista. Jika dibutuhkan, seorang barista harus bisa mengingat atau menghafalkan nama-nama pelanggan tetapnya untuk menghormati dan membuat pelanggan kedainya merasa dihargai dengan disebutkan namanya ketika mereka kembali ke kedai kopi kita.

Peran Seorang Barista

Peran Seorang Barista

Umumnya seorang barista memang lebih banyak bekerja di kedai-kedai kopi, bar-bar kopi atau coffee shop yang lebih sering mengoperasikan mesin-mesin espresso komersial yang cenderung rumit.

Menyajikan minuman espresso membutuhkan keahlian khusus. Keahlian tersebut yaitu menentukan tekanan dan suhu yang pas.

Nah, salah satu tugas barista adalah mengukur keduanya agar bisa mendapat cita rasa espresso yang nikmat.

Selain karena espresso terkenal sebagai minuman yang susah dibuat sehingga membuat espresso secara manual pun dianggap sebagai pekerjaan yang diperlukan sebuah keterampilan lebih.

Selanjutnya peran seorang barista juga membuat dan menyiapkan minuman-minuman yang memakai campuran susu, seperti cappuccino, latte atau minuman variasi dari keduanya. Saat menyajikan kopi semacam ini.

Selain diperlukan keterampilan khusus, juga dibutuhkan keluwesan dan ketelitian yang lebih cara bagaimana mencampurkan susu sebelum akhirnya menyempurnakan sentuhan di minuman kopi itu dengan yang saat ini terkenal dengan sebutan latte art.

Baca Juga  5 Fakta Boneka Anabel, No 3 Bikin Kita Merinding

Selain menyeduh dan mencampurkan espresso juga minuman-minuman lainnya, seorang barista yang berpengalaman juga dituntut agar memiliki pengetahuan yang baik tentang seluruh proses kopi agar bisa menyiapkan secangkir kopi nikmat yang tak akan terlupakan oleh pelanggannya. Karena, tak enak juga jika seorang barista tak tahu apa yang ditanyakan pelanggan tentang kopinya.

Karena hal itulah, untuk menjadi seorang barista diperlukan latihan demi latihan, belajar lagi dan lagi. Bahkan tak jarang mereka mengikuti kelas-kelas khusus berbayar dan pelatihan barista selama bertahun-tahun. Setelah melalui segala macam perjuangan, barulah mereka bisa mendapatkan predikat barista, dan diakui sebagai ahli di bidang racik-meracik kopi.

Apa Tugas dan Pekerjaan Seorang Barista?

Apa Tugas dan Pekerjaan Seorang Barista

Menjadi seorang barista sudah tentu memerlukan keahlian khusus dalam hal menyeduh kopi, selain ilmu tentang meracik, menyeduh hingga menyajikan kepada para pelanggan, masih ada beberapa tugas utama yang harus dan wajib dimiliki seorang barista. Apa saja? Berikut beberapa tugas utama seorang barista:

* Seorang barista harus bisa melayani pelanggan dan menerima pesanan

* Mahir saat menyeduh hingga menuangkan dan menyajikan kopi untuk pelanggan

* Mahir dalam menggiling biji kopi segar untuk diseduh menjadi secangkir kopi

* Barista harus bisa menyiapkan berbagai jenis minuman, seperti teh, latte, cold brew, dan aneka jenis minuman lainnya

* Jika ada layanan drive thru, seorang barista tentu harus bisa mengkondisikan pelayanannya dengan maksimal

* Seorang barista juga perlu bisa mencatat dan menangani keluar masuknya uang di coffee shop.

* Barista juga harus bisa melakukan tugas kebersihan, seperti membersihkan alat-alat yang sudah selesai digunakan, mencuci peralatan makan dan minum, membersihkan area makan, dan juga membersihkan kamar mandi.

Tanggung Jawab Lain yang Dilakukan Barista Selain Membuat Kopi

Tanggung Jawab Lain yang Dilakukan Barista Selain Membuat Kopi

Selain menyiapkan kopi, seorang barista juga dituntut untuk bisa melakukan pekerjaan lain selama bertugas. Beberapa hal lain yang juga harus bisa dilakukan seorang barista adalah sebagai berikut:

* Bertanggung Jawab Membersihkan Area Coffee Bar

Bekerja sebagai barista juga bertanggung jawab penuh dengan apa yang ada di sana, termasuk menjaga kebersihan mesin Espresso dan segala perlengkapannya. Karena biasanya di coffee shop tidak ada cleaning service khusus yang bertugas untuk membersihkan meja coffee bar.

* Bisa Membuat Minuman Selain Kopi

Menjadi seorang barista bukan berarti barista tersebut hanya mahir saat membuat kopi saja melainkan juga bertugas untuk meracik menu minuman lain yang ada di Kedai Kopi, meskipun menu tersebut tidak mengandung kopi sama sekali.

Misalnya beberapa minuman seperti jus buah, aneka minuman coklat, teh dan banyak menu minuman lain yang ada di sana.

* Menjaga Kebersihan Area Kedai Kopi

Seorang barista biasanya juga memiliki tugas secara bergantian dalam hal membersihkan area coffee shop ketika kedai sudah tutup. Hal ini, biasanya juga termasuk sebagai jobdesk seorang barista.

Baca Juga  Percaya Atau Tidak? Ini 7 Arti Mimpi Potong Rambut

* Memberikan Pelayanan Yang Terbaik

Pernahkah mendengar ungkapan ini; “keberhasilan barista terletak pada kebahagiaan yang bisa ditularkan lewat secangkir kopi yang diracik tangannya”? Maka tak heran jika seorang barista dituntut untuk dapat memberikan pelayanan terbaiknya untuk membuat para pelanggannya kembali ke kedai kopi tersebut.

Jadi, kesimpulannya adalah, seorang barista harus memiliki dedikasi penuh dan sebisanya untuk selalu bersikap profesional. Barangkali ada salah satu ungkapan mengapa barista di luar negeri cenderung dihargai dengan dibayar begitu mahal?

Jawabannya adalah sejatinya profesi barista bukan hanya sekedar seseorang yang hanya bisa menyajikan kopi kemudian selesai. Tetapi, mereka adalah termasuk seorang seniman yang sangat lihai dan tahu seberapa banyak takaran dan campuran yang diperlukan untuk menyajikan espresso dan segala variasinya.

Seorang barista yang profesional akan sangat teliti dan cekatan dalam melakukan pekerjaannya, dengan demikian sudah pasti dirinya akan bertahan lebih lama di dunia percafe-shopan. Selain itu barista juga harus bisa fokus dan cekatan untuk bisa menyajikan kopi racikannya dengan cita rasa yang sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

Jika yang dipesan pelanggan adalah jenis cappucino, maka seorang barista akan benar-benar meramu cappucino, bukan latte. Dan sebaliknya. Jadi, sudah sepatutnya kan pekerjaan mereka dibayar Mahal?

Dikarenakan kopi barista ini memiliki citarasa yang khas sesuai tangan si peracik kopi tersebut. Tak jarang reputasi ini membuat banyak orang ingin mengikuti jejaknya. Jika kalian ingin menjadi seorang barista, panduan berikut ini bisa kalian jadikan referensi.

Cara Menjadi Seorang Barista

Cara Menjadi Seorang Barista

Berikut Dua Hal yang bisa kalian praktekkan untuk memulai menjadi seorang barista:

* Mengenal asal-usul dan seluk-beluk kopi

Pengetahuan tentang kopi wajib dimiliki oleh setiap barista, selain karena kopi adalah titik awal dari dunia kebaristaan yang akan kalian masuki, pengetahuan yang perlu kalian pelajari adalah diawali dari mengetahui berbagai jenis kopi.

Proses pembuatan kopi, hingga bermacam-macam menu kopi yang merupakan sajian akhir dari perjalanan panjang kopi.

* Sering Berlatih Sendiri

Seorang barista tidak akan mampu mendatangkan kopi yang berkualitas tanpa adanya usaha, diperlukan adanya komitmen dan kesabaran yang tinggi karena untuk menumbuhkan mood meracik kopi tidak akan didapatkan dalam hitungan hari. Sering berlatih adalah kunci yang harus kalian lakukan.

Tak harus melalui kelas berbayar, kalian bisa belajar dan berlatih sendiri di rumah dengan banyak membacanya dari buku, internet, atau berdiskusi dengan sesama pecinta kopi, jangan malu untuk bertanya ya, meskipun nanti kalian akan menemui suatu kegagalan.

Demikianlah penjelasan ringkas tentang arti barista serta beberapa tugas dan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang barista. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Sahabat Tedas ya.

Marita Ningtyas

Marita Ningtyas

A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.