Arti Hibernasi Pada Manusia Demi Menembus Waktu

Arti Hibernasi – Hibernasi adalah kemampuan alami yang dimiliki hewan mamalia berdarah panas dalam kondisi ekstrim pada saat musim dingin. Hibernasi biasa dilakukan oleh hewan mamalia seperti, tupai, berang-berang, dan beruang.

Arti Hibernasi Pada Manusia

hibernasi artinya
Arti hibernasi nyatanya adalah kemampuan mamalia yang dapat tidur dalam waktu yang lama selama melewati musim dingin. Hewan yang berhibernasi tidur dalam waktu yang sangat panjang. Seekor beruang dapat menghabiskan waktu tidur selama 6 bulan untuk berhibernasi. Tapi apakah hibernasi dapat terjadi pada manusia? Dalam dunia fiktif seperti cerita dalam film-film menggambarkan hibernasi dapat dilakukan pada manusia.

Seperti film Passenger (2016) misalnya, manusia digambarkan dapat melakukan hibernasi di dalam sebuah tabung untuk dapat melakukan perjalanan menuju planet homestead II yang berjarak 120 taun dari bumi.

Kondisi inilah yang diharapkan beberapa ilmuwan untuk dapat membuat manusia berhibernasi. Dengan hibernasi manusia dapat melakukan perjalanan ke planet yang jauh jaraknya. Perjalanan ke Mars memakan waktu 6 sampai 9 bulan. Akan lebih baik para astronot berhibernasi selama perjalanan sehingga tenaga mereka dapat tersimpan dengan baik.

Apa Itu Hibernasi?

hibernasi adalah
Arti Hibernasi pada kamus KBBI, Hibernasi adalah keadaan istirahat atau tidur pada binatang selama musim dingin. Hibernasi merupakan sebuah penyesuaian alami demi hewan bertahan hidup di musim dingin.

Hibernasi artinya para hewan akan tidur dalam waktu paling lama 9 bulan selama musim dingin. Pada saat hibernasi, detak jantung, suhu tubu dan metabolisme lainnya akan mengalami penurunan kinerja yang disebut proses endoterma.

Baca Juga  Apa Itu Vinegar? Berikut 9 Jenis Vinegar dan Manfaatnya

Selama hibernasi, hewan akan memanfaatkan cadangan lemak sebagai cara bertahan hidup. Sebelum melakukan hibernasi, hewan akan memasok banyak energi dengan memakan banyak makanan. Hewan dengan ukuran besar biasanya akan mengalami hiperfagia yaitu kelainan pada metabolisme dimana hewan akan merasa sangat lapar dan harus dipuaskan dengan mengkonsumsi makanan sebanyak-banyaknya.

Hewan dengan ukuran lebih kecil akan mengumpulkan banyak makanan di tempat yang tersembunyi sebelum hibernasi. Bagi hewan yang sedang hamil muda, ia akan melahirkan dulu sebelum berhibernasi. Hibernasi sangat membantu bagi kehidupan hewan untuk bertahan di musim dingin. Apakah manusia memiliki kemungkinan untuk berhibernasi juga?

Jika Manusia Berhibernasi


SpaceWork Enterprises dan NASA telah melakukan penelitian terkait hibernasi pada manusia yang dilakukan oleh John Bradford dan koleganya yang merupakan ilmuwan di sana. Penelitian ini berhasil menginduksi kondisi hibernasi ringan pada manusia dengan metodehipotermia terapeutik selama 14 hari. Metode ini dilakukan dengan cara menurunkan suhu tubuh manusia hingga mendekati pada suhu titik beku air.

Metode ini dianggap aman karena selama percobaan, tubuh manusia tidak sama sekali mengalami kerusakan. Bradord mengemukakan bahwa pada tahun 2030, keinginginan manusia untuk berhibernasi dapat terwujud.

SpaceWork Enterprises juga memiliki proyek yang disebut Topor. Arti hibernasi pada proyek Topor bertujuan membuat manusia dapat berhibernasi selama perjalanan ke planet Mars. Hal ini juga merupakan salah satu proyek Nasa. Saat ini Bradford sedang mencari obat-obatan yang mampu meminimalisir jumlah bius untuk hibernasi yang bertujuan menyederhanakan proses pendinginan pada tubuh manusia yang akan dihibernasi.

Baca Juga  6 Cara Mengolah Daun Kelor dan Cara Mengkonsumi Secara Tepat

Sedangkan seorang profesor di China, pada tahun 2006, Zheng dan koleganya menemukan molekul 5’-Adenosin Monosofat (5’-AMP), hal ini membuka peluang lebih besar bagi manusia untuk dapat berhibernasi.

Dengan melakukan percobaan kepada seekor mencit, Injeksi molekul 5’-AMP pada tubuh mencit dapat memicu fase hipometabolik berat. Saat terjadinya percobaan, kondisi metabolisme pada tubuh mencit menurun hingga kurang lebih 10 persen.

Dengan molekul 5’ AMP afinitas sel darah merah mampu diturunkan dengan berikatan dengan oksigen dan menekan proses respirasi atau yang biasa disebut glikosis yang merupakan proses yang mengarah pada kondisi hibernasi.

Fakta mengejutkan lainnya tentang hibernasi adalah, manusia memiliki gen yang berproses untuk hibernasi yaitu gen UCP (mitochondrial uncoping proteins). Gen UCP juga terdapat pada tupai. Terdapat juga 8 gen hibernasi lainnya yang juga terdapat pada manusia. Dengan melalui rekayasa genetika pada proses hibernasi artinya bukan tidak mungkin manusia mampu berhibernasi.

Fungsi Lain Hibernasi Adalah Sebagai Berikut

fungsi hibernasi
Tidak hanya untuk kebutuhan perjalanan ruang angkasa, hibernasi juga berguna dalam bidang kesehatan di masa depan. Fungsi lain hibernasi adalah dipercaya dapat mengurangi terjadinya kerusakan pada organ tubuh manusia yang mengalami penyakit kronis, seperti Jantung, stroke, hipoksia.

Dapat juga dilakukan kryogenik dalam hibernasi artinya tubuh pasien yang mengalami penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan di masa kini diawetkan dengan cara hibernasi selama beberapa tahun dan mereka akan dibangunkan kembali pada saat teknologi medis yang dibutuhkan suda tersedia. Arti hibernasi kryogenik adalah mengawetkan manusia untuk dibangkitkan lagi nantinya.

Penelitian Yang Masih Membutuhkan Waktu

penelitian hibernasi
Meski pada beberapa penilitian manusia dapat berhibernasi adalah mungkin. Akan tetapi teknologi yang ada pada saat ini belum memungkinkan, artinya hibernasi seperti yang ada di film-film masih belum dapat dilakukan saat ini.

Baca Juga  Ternyata Ini 2 Aturan Minum Susu Bear Brand yang Benar

Teknologi yang ada pada saat ini masih terbatas untuk melakukan hibernasi artinya masih mustahil cita-cita ilmuwan untuk membuat manusia berhibernasi.

Efek samping pada manusia masih banyak ditemukan apabila hibernasi dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, yang terjadi saat proses hibernasi sudah selesai, hal ini dikarenakan hibernasi bukanlah kemampuan alami yang dimiliki manusia.

Kondisi tidur yang terjadi cukup panjang bahkan bertahun-tahun lamanya dapat mempengaruhi keadaan fungsi memori pada otak manusia. Akan tetapi bukan tidak mungkin apabila suatu saat keinginan para ilmuwan untuk dapat membuat manusia berhibernasi dapat terwujud.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *