Sunblock: Pengertian, Manfaat dan 4 Cara Memilihnya

Sunblock – Sunblock adalah salah satu jenis tabir surya yang bisa menjadi solusi untuk menjaga kulit dari sinar UV. Kulit merupakan bagian tubuh yang patut untuk dijaga kesehatannya.

Menjaga kesehatan kulit dari paparan cahaya matahari serta sinar ultraviolet (UV) sangat penting agar tidak mengalami penuaan dini. 

Ada 2 jenis pelindung tabir surya yang dikenal masyarakat, yaitu sunblock dan sunscreen. Tetapi, masih banyak orang yang tidak mengerti perbedaan di antara keduanya. untuk lebih mengenal tentang sunblock sendiri, Anda dapat menyimak ulasan di bawah ini.

Pengertian Sunblock

Sunblock merupakan lotion yang harus dipakai sebelum keluar rumah agar kulit dapat terlindung dari paparan cahaya matahari dan sinar UV. Sunblock adalah lotion kulit yang dapat melindungi dari paparan matahari dan sinar ultraviolet sebelum keduanya terserap ke dalam kulit.

Memakai sunblock secara teratur harus dilakukan, terutama untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Dalam membeli sunblock tidak boleh asal-asalan. Namun, harus memperhatikan apakah sunblock tersebut aman untuk jenis kulit Anda. keterangan mengenai hal ini dapat dilihat di kemasannya.

Cara Memilih Sunblock Untuk Wajah

Pengertian Sunblock

Melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV juga sangat penting. Banyak sekali sunblock untuk wajah yang beredar di pasaran. Berikut adalah tips agar Anda dapat membeli sunblock wajah yang tepat.

  • Pilih Sunblock Yang Mudah Dipakai

Berbagai jenis sunblock mulai dari gel, lotion, hingga krim beredar di pasaran. Anda dapat memilih jenis sunblock yang dirasa mudah dioleskan ke kulit.

Dari beberapa jenis sunblock, sunblock wajah berjenis gel banyak diragukan karena transparan dan teksturnya yang lebih tipis. Padahal, pada kenyataannya warna sunblock tidak mempengaruhi khasiatnya yang sesuai dengan pengertian sunblock yaitu melindungi kulit.

  • Pilih Produk Dengan SPF dan PA yang Diperlukan

Memilih sunblock wajah harus memperhatikan kandungan SPF dan PA di dalamnya. Semakin tinggi kandungan SPF dan PA, semakin tinggi efek perlindungannya. Namun, tidak semua kulit cocok dengan sunblock yang memiliki kandungan SPF dan PA tinggi. Akibatnya, kulit akan iritasi.

Jika Anda sering melakukan aktivitas di bawah terik matahari atau ingin berlibur, maka pilihlah sunblock wajah dengan kandungan SPF 30-50+ / PA +++. Apabila akan melakukan kegiatan sehari-hri, Anda cukup memakai sunblock wajah dengan kandungan SPF 15 / PA +.

Baca Juga  9 Manfaat Minyak Kemiri Dan Cara Membuatnya di Rumah
  • Gunakan Sunblock Wajah Dengan Kandungan Anorganik Untuk Kulit Yang Sensitif

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif tidak perlu ragu dan takut untuk menggunakan sunblock wajah. Untuk Anda yang berkulit sensitif, maka disarankan memakai sunblock anorganik.

Apa itu sunblock anorganik? Sunblock anorganik merupakan sunblock yang tidak menggunakan zat kimia sebagai bahan dasarnya. Sunblock anorganik ini dapat memantulkan dan menghamburkan sinar UV yang akan menerpa kulit.

  • Membeli Sunblock Waterproof Apabila Akan Pergi Ke Pantai Atau Kolam Renang

Kandungan anti air membuat sunblock waterproof tidak mudah luntur. Sunblock waterproof wajib digunakan apabila berlibur ke pantai atau kolam renang agar tetap terlindungi dari paparan sinar UV.

Sunblock waterproof tidak mudah dibersihkan hanya dengan menggunakan sabun cuci muka biasa. Beberapa merk sunblock juga menyediakan cleanser khusus untuk sunblock waterproof.

Daftar Rekomendasi Sunblock Badan

sunblock badan

Kulit badan juga membutuhkan pelindung tabir surya untuk melindunginya, salah satunya adalah dengan sunblock badan. Memakai sunblock badan terbukti lebih efektif daripada hanya mengenakan baju panjang ketika keluar ruangan.

Sunblock dibutuhkan di berbagai kondisi agar kulit dapat tetap terlindungi. Banyak jenis sunblock badan yang beredar luas di masyarakat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Vaseline Intensive Care Healthy Sunblock 

Sunblock dengan bentuk lotion ini Memiliki kandungan protein yoghurt dan ekstrak lidah buaya. Kelebihan dari produk ini adalah mencegah pembentukan melanin akibat paparan sinar UV yang dapat membuat warna kulit tidak merata.

Selain itu, sunblock dengan bahan alami ini dapat membantu untuk membuat kulit badan Anda menjadi lebih segar dan lembut.

Baca Juga  Manfaat Bio Oil: Bahan, Kegunaan, Harga dan Cara Pakainya
  • Nivea Sun Whitening Sun Protection

Sesuai dengan namanya, produk dengan kandungan SPF 50 dapat melindungi kulit selama belasan jam dari paparan sinar UV. Nivea Sun Whitening Sun Protection sunblock adalah jenis yang tepat digunakan pada saat musim kemarau.

Keunggulan Nivea Sun Whitening Sun Protection adalah paling cepat ketika akan dipakai beraktivitas. Anda tidak perlu menunggu lama agar bisa keluar rumah setelah memakai sunblock ini. Produk ini juga dapat membuat kulit lebih lembab dan cerah.

  • Emina Sun Protection SPF 30 PA

Produk sunblock emina merupakan produk yang cocok digunakan untuk para remaja. Selain harganya yang murah, kandungan ekstrak lidah buaya dalam produk ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit.

Memiliki tekstur yang ringan, Emina Sun Protection SPF 30 PA dapat membantu kulit memiliki perlindungan yang baik.

Manfaat Sunblock

Manfaat Sunblock

Jika ada tentang apa fungsi dari sunblock tentu Anda akan menjawab jika sunblock digunakan untuk melindungi kulit dari paparan cahaya matahari dan sinar UV. Ternyata, tak hanya itu, sunblock memiliki berbagai manfaat yang lain. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mencegah Kanker Kulit

Efek buruk dari paparan sinar matahari yang berlangsung lama nyatanya bukan hanya penuaan dini. Sinar UV juga dapat mengakibatkan kanker pada kulit. Oleh karena itu, penggunaan sunblock terutama untuk aktivitas di luar ruangan sangat dianjurkan agar Anda tidak terkena kanker kulit.

  • Mengunci Skincare

kandungan yang terkandung di dalam sunblock membuatnya memiliki sifat menahan air dalam kulit agar tidak hilang. Memakai sunblock dapat membuat nutrisi yang berasal dari skincare dapat terkunci dan memberikan hasil yang optimal.

  • Melembabkan Kulit

Seperti yang pada umumnya tertera pada kemasannya, manfaat sunblock selain melindungi kulit adalah melembabkan kulit. Ini disebabkan karena pada umumnya sunblock mengandung ekstrak lidah buaya yang mampu menghidrasi kulit, sehingga kulit menjadi lembab dan kenyal.

Baca Juga  14 Manfaat Vaseline Petroleum Jelly dan Cara Menggunakannya
  • Menutrisi Kulit

Dengan memakai sunblock akan membantu menjaga kandungan kolagen dan elastin pada kulit. Apabila kandungan kolagen dan elastik tetap terjaga, maka nutrisi kulit pun tetap terjaga. Akibatnya, kulit akan tetap kencang dan lembut.

  • Memudarkan Bekas Jerawat

Salah satu penyebab bekas jerawat menggelap adalah karena paparan sinar matahari yang mengakibatkan kandungan melanin meningkat. Dengan menggunakan sunblock akan membantu untuk menghambat produksi melanin. Sehingga, bekas jerawat semakin cepat memudar.

Perbedaan Sunblock Dan Sunscreen

Perbedaan Sunblock Dan Sunscreen

Banyak orang yang merasa awam terhadap apa itu sunblock dan sunscreen. Masih banyak pula yang mengira bahwa sunblock dan sunscreen itu sama. Padahal, pada nyatanya keduanya memiliki perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan antara kedua jenis tabir surya tersebut.

  • Tekstur Produk

Sunblock biasanya memiliki tekstur berat dan cenderung berminyak. Sementara sunscreen memiliki tekstur yang lebih ringan untuk kulit.

  • Fungsi Sunblock Dan Sunscreen

Sunblock berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari. Kegunaan sunblock adalah melindungi kulit sebelum sinar matahari terserap. Fungsi utama sunblock yaitu melindungi kulit dari sinar UV.

Sementara sunscreen, melindungi kulit dari sinar UV yang sudah sempat terserap oleh kulit. Fungsi sunscreen yang lainnya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terserap ke dalam lapisan teratas kulit.

Baca Juga  13 Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Untuk Kecantikan
  • Kandungan Sunblock Dan Sunscreen

Kandungan dalam sunblock adalah mineral berupa titanium dioxide dan zinc oxide. Titanium dioxide mempunyai kelebihan untuk menjaga kestabilan dan reflektif kulit agar tidak terurai akibat paparan sinar matahari.

Zinc oxide yang merupakan mineral sintetik berfungsi untuk menguraikan panas dan energi yang berasal dari sinar UV dan menghalangi radiasi sinar Uv sebelum menembus permukaan kulit.

Sedangkan sunscreen mempunyai kandungan bahan kimia yang berguna untuk mengurangi dan memfilter penyerapan radiasi sinar UV ke kulit.

  • Cara Kerja

Antara sunblock dan sunscreen memiliki cara kerja yang berbeda. Sunblock dapat langsung bekerja setelah diaplikasikan beberapa saat ke kulit. Berbeda halnya dengan sunscreen yang harus menunggu sekitar 20-30 menit setelah dioleskan ke kulit agar mampu menyerap dan bekerja.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, baik sunblock maupun sunscreen harus dioleskan ulang setiap 2- 3 jam sekali.

Sudah jelas bukan tentang sunblock itu apa sekaligus dimana letak perbedaannya dengan sunscreen? Setelah mengenalnya lebih jauh, kini Anda bisa mengaplikasikan keduanya secara lebih baik sebagai perlindungan kulit sehari-hari. Khususnya bagi yang setiap harinya melakukan aktivitas di luar ruangan.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *