Galau Cari Moisturizer Terbaik dan Bagus? Ini 3 Tipsnya

Moisturizer Terbaik – Kulit adalah organ terluar yang berfungsi melindungi organ dalam tubuh. Selain bertugas melindungi organ dalam tubuh, kulit juga menentukan penampilan seseorang. Sebagai organ pelindung, kulit bertugas untuk menangkal segala sesuatu dari lingkungan mulai dari sengatan sinar matahari, suhu dingin, bahkan berbagai sumber penyakit seperti kuman dan bakteri.

Meski bertugas melindungi tubuh untuk menangkal gangguan kesehatan dari luar, bukan berarti kulit tidak bisa mengalami kerusakan. Musuh utama kulit adalah kondisi lingkungan serta paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering bahkan rusak. Untuk menjaga kesehatan kulit, kulit membutuhkan pelembap atau moisturizer.

Agar tetap terhidrasi dengan baik, kulit membutuhkan pelembap atau moisturizer. Efek penggunaan moisturizer pada kulit adalah kelembapan kulit akan terjaga. Moisturizer sering disalahartikan sebagai produk perawatan kulit yang perlu digunakan oleh orang-orang dengan tipe kulit kering.

Penggunaan moisturizer terbaik pada tipe kulit berminyak juga dianggap dapat membuat kulit menjadi semakin berminyak. Namun, anggapan tersebut sebenarnya salah karena pelembap atau moisturizer juga tersedia dalam berbagai varian yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kulit sehingga kulit mendapatkan nutrisi yang benar-benar dibutuhkan.

Apakah Manfaat Moisturizer

manfaat moisturizer

Meskipun fungsinya hanya melembapkan kulit, namun peran moisturizer begitu penting bagi kulit. Ini karena penggunaan produk perawatan kecantikan yang lain misalnya produk pencerah wajah atau pencegah penuaan mungkin tak akan menghasilkan efek yang diinginkan apabila tidak menggunakan moisturizer terbaik.

Tidak menggunakan moisturizer pada kulit dapat menimbulkan beberapa efek seperti kulit kusam dan mudah terkelupas, kulit menjadi tidak terlindungi, mempercepat timbulnya kerutan, memperparah jerawat, serta lebih sulit dalam mengaplikasikan make up.

Moisturizer dapat dikatakan sebagai pelindung kulit. Kulit yang tidak terlindung akan lebih mudah untuk terpapar polusi, sengatan matahari, suhu dingin dan lain-lain yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Tanpa moisturizer, kulit yang telah mengalami kerusakan juga akan semakin rusak karena tidak terlindungi. Karena itulah penggunaan moisturizer terbaik pada kulit sangat penting.

Jenis Jenis Moisturizer

jenis jenis moisturizerMoisturizer memiliki banyak bentuk atau tipe yang berbeda-beda. Pembeda dari tipe moisturizer antara yang satu dengan lainnya adalah penggunaan bahan utama yang berbeda-beda.

Perbedaan bahan utama tersebut dapat menyebabkan perbedaan pada cara kerja moisturizer. Secara umum, ada tiga jenis atau tipe moisturizer yaitu emolien, humektan dan occlusive.

1. Emolien

Emolien merupakan zat yang bekerja dengan cara mengisi kekosongan pada bagian sel-sel kulit yang telah kehilangan lipid pelembapnya. Penggunaan emolien akan menyebabkan bagian sel kulit yang kosong terisi kembali.

Dengan cara itu, kulit akan terhindrasi dengan baik sehingga kulit menjadi lebih lembut. Emolien tersedia dalam dua jenis yaitu water-based dan oil-based. Meskipun tersedia dalam dua jenis, namun emolien oil-based atau berbasis minyak lebih banyak digunakan.

Emolien cocok digunakan pada tipe kulit kering yang sangat membutuhkan kelembapan.Bahan utama moisturizer terbaik dengan emolien di antaranya adalah kolagen, elastin, asam stearat, shea butter, dan colloidal oatmeal.

Baca Juga  7 Cara Membersihkan Wajah Secara Alami Dengan Tepat

2. Humektan

Humektan adalah pelembap yang bekerja dengan cara menarik air ke dalam sel-sel kulit. Dengan cara itu, kulit tetap terhindrasi dan tidak kering. Bahan-bahan yang termasuk dalam kategori humektan di antaranya adalah sorbitol, urea, asam hialuronat, asam alpha hidroksi atau AHA dan gliserin.

Pelembab dengan humektan cocok untuk kulit kering dan tebal. Humektan juga cocok untuk kulit berminyak, kulit kombinasi dan acne prone. Humektan cocok untuk semua jenis kulit karena umumnya bersifat water-based.

3. Occlusive

Selain emolien dan humektan, terdapat jenis moisturizer lain yaitu occlusive yang bekerja dengan cara mengunci kelembapan kulit. Kelembapan kulit dapat terkunci karena pelembap dengan jenis occlusive melapisi kulit dan mencegah terjadinya penguapan air pada kulit.

Bahan moisturizer occlusive adalah wax, silicone, minyak mineral, lanolin dan petrolatum. Tingkat perlindungan yang dapat diberikan oleh moisturizer occlusive sangat tinggi sehingga moisturizer ini cocok untuk untuk mengatasi masalah kulit seperti kulit kering, mengelupas, atau alergi.

3 Tips Cara Memilih Moisturizer Terbaik dan Bagus

moisturizer yang bagus

Moisturizer yang bagus adalah moisturizer yang mampu menjaga kelembapan kulit dengan baik. Tentunya, setiap jenis moisturizer memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan jika misalkan Sahabat Tedas.id galau saat akan memilih moisturizer terbaik dan bagus, berikut di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat membantu:

1. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit

Pemilihan moisturizer sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kulit agar efek yang didapatkan maksimal. Untuk kulit kering, moisturizer dengan kandungan zat ceramides dan memiliki kemampuan proteksi kelembapan yang tinggi dapat dijadikan pilihan.

Untuk tipe kulit berminyak, sebaiknya pilih moisturizer yang bagus dengan karakteristik ringan, non-comedogenic, oil-free dan tidak menyumbat pori-pori. Untuk kulit sensitif, gentle moisturizer yang bebas fragrance atau bahan pewangi sangat disarankan agar tidak menimbulkan iritasi.

Baca Juga  Penyebab, dan 5 Cara Menghilangkan Belang di Wajah

2. Mengandung SPF dan antioksidan

Sun protection factor atau SPF merupakan salah satu bahan yang dapat melindungi kulit dari radiasi atau paparan sinar matahari. Zat ini dapat melindungi kulit dari rasa terbakar yang ditimbulkan oleh sinar matahari. Karena itulah sebelum memilih pelembap, sebaiknya pilih pelembap atau moisturizer yang mengandung SPF.

Selain mengandung SPF, memilih pelembap yang mengandung antioksidan juga perlu. Ini karena sifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Kulit yang terpapar radikal bebas bisa mengalami kerusakan. Dengan menggunakan pelembap yang mengandung antioksidan, kulit tidak hanya terjaga kelembapannya tetapi juga terhindar dari kerusakan.

3. Tidak mengandung pewangi

Sebelum memilih moisturizer yang bagus untuk kulit, sebaiknya kenali terlebih dahulu tipe kulit Anda. Jika kulit Anda termasuk kulit sensitif, sebaiknya hindari pelembap yang mengandung pewangi karena berpotensi menimbulkan alergi.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *