14 Manfaat Vaseline Petroleum Jelly dan Cara Menggunakannya

Manfaat Vaseline Petroleum Jelly – Produk kecantikan yang beredar di pasaran umumnya memiliki kegunaan atau fungsi yang spesifik. Namun, ada pula produk kecantikan yang memiliki banyak fungsi sekaligus dan dapat digunakan untuk berbagai hal. Petroleum jelly merupakan salah satu produk kecantikan yang serbaguna karena dapat digunakan atau diaplikasikan pada berbagai bagian tubuh.

Petroleum jelly merupakan produk sampingan dari proses penyulingan minyak yang diubah menjadi gel dengan karakteristik tidak berbau dan tidak berwarna. Karena itulah petroleum jelly mengandung minyak mineral. Vaseline Petroleum Jelly merupakan salah satu produk kecantikan yang memiliki banyak manfaat.

Vaseline Petroleum Jelly mengandung 100% white petrolatum usp yang berarti terbuat dari petroleum jelly murni tanpa campuran apapun. Vaseline Petroleum Jelly tidak menyebabkan reaksi alergi dan sifatnya non-comedogenic karena tidak akan menyumbat pori-pori kulit. Karena itulah manfaat Vaseline Petroleum Jelly sangat banyak dan beragam dalam menjaga kesehatan kulit.

14 Manfaat Vaseline Petroleum Jelly Untuk Para Wanita

vaseline untuk bibir

Images By: Shoppe.

Manfaat Vaseline Petroleum Jelly secara umum adalah menjaga kesehatan kulit. Namun, jika dirinci dan digali lebih jauh lagi, manfaat yang bisa didapat dari penggunaan Vaseline Petroleum Jelly sangat banyak. Manfaat tersebut secara lengkap dapat dilihat pada uraian berikut.

1. Menjaga kelembapan kulit

Fungsi dan manfaat Vaseline Petroleum Jelly yang paling utama adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Karena petroleum jelly merupakan produk turunan dari minyak tanah, maka sifat-sifat minyaknya masih ada. Saat digunakan, Vaseline Petroleum Jelly akan membentuk lapisan minyak yang akan menyelimuti dan melindungi kulit.

Dengan adanya lapisan minyak di permukaan kulit, kandungan air yang ada pada kulit akan terperangkap dan tidak dapat menguap ke udara. Akibatnya, kelembapan kulit akan lebih terjaga sehingga kulit tidak akan menjadi kering. Karena itulah Vaseline Petroleum Jelly dapat diaplikasikan ke berbagai bagian tubuh untuk menjaga kelembapan kulit.

Bibir merupakan bagian tubuh yang yang juga harus dijaga kelembapannya. Manfaat penggunaan petroleum jelly dari Vaseline untuk bibir hampir sama dengan manfaat penggunaanya untuk kulit, yaitu dapat menjaga kelembapan. Karena sifatnya yang mampu menjaga kelembapan, petroleum jelly akan mencegah timbulnya bibir kering dan pecah-pecah.

Untuk mencegah timbulnya kulit maupun bibir kering dan pecah-pecah, aplikasikan petroleum jelly pada bagian tubuh yang terasa kering, kasar dan pecah-pecah seperti pada bagian siku, tungkai atau telapak kaki, maupun bibir secara teratur. Untuk menjaga kelembapan bibir, dapat juga menggunakan petroleum jelly sebelum menggunakan lipstik.

Kulit yang kering dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal serta lecet sehingga timbul iritasi. Penggunaan petroleum jelly dari Vaseline untuk kulit kering juga dapat mencegah serta mengurangi resiko kulit menjadi lecet akibat kulit kering tersebut.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat Vaseline Petroleum Jelly yang lain adalah dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Ini karena jerawat umumnya disebabkan oleh bakteri yang menumpuk pada pori-pori kulit sehingga menimbulkan jerawat.

Vaseline Petroleum Jelly dapat membentuk lapisan yang akan melindungi kulit salah satunya dari bakteri penyebab jerawat. Karena itulah penggunaan Vaseline Petroleum Jelly dapat mencegah peradangan yang timbul pada jerawat agar tidak semakin parah.

Baca Juga  5 Manfaat BB Cream Wardah dan Kisaran Harganya

3. Menjaga dan mengembalikan kelembapan kuku

Tidak hanya kulit yang harus dijaga kelembapannya. Kuku juga merupakan bagian tubuh yang perlu dijaga kelembapannya. Jika kelembapan kuku tidak dijaga dan kuku menjadi kering, perlahan kuku akan mengelupas sehingga kuku tampak tidak rapi.

Namun, kelembapan kuku yang telah berkurang atau hilang dapat dikembalikan. Setelah kelembapan kuku tersebut dikembalikan, kandungan air yang menyebabkan kuku tetap lembap tersebut perlu dijaga agar tidak cepat menghilang. Cara menahan kandungan air pada kuku salah satunya adalah dengan menggunakan Vaseline Petroleum Jelly pada kuku.

Untuk mengambil manfaat Vaseline Petroleum Jelly dalam menjaga dan mengembalikan kelembapan kuku tersebut, cukup dengan mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly pada permukaan kuku.

Dengan begitu, kandungan air pada kuku tidak akan cepat menghilang sehingga kelembapan kuku terjaga. Selain itu, kuku juga akan tampak lebih mengkilap jika diolesi dengan Vaseline Petroleum Jelly.

4. Pembersih makeup

Vaseline Petroleum Jelly dapat digunakan sebagai pembersih makeup dalam keadaan darurat untuk menggantikan makeup remover atau yang biasa disebut dengan micellar water. Sebagai pembersih makeup, manfaat Vaseline Petroleum Jelly tidak hanya membersihkan makeup dari wajah tetapi juga memberikan kelembapan ekstra pada kulit wajah.

5. Meredakan iritasi dan kemerahan

Kulit yang kering dan pecah-pecah dapat menyebabkan luka sehingga menimbulkan iritasi serta kemerahan. Penggunaan petroleum jelly dari Vaseline untuk kulit kering akan dapat mengembalikan kelembapan kulit.

Dengan kembalinya kelembapan kulit, kulit yang semula kering akan menjadi lembut kembali dan tidak lagi pecah-pecah. Dengan begitu, iritasi dan kemerahan yang timbul pun akan mereda dengan penggunaan Vaseline Petroleum Jelly.

Selain disebabkan oleh kulit yang kering dan pecah-pecah, iritasi juga dapat disebabkan oleh gigitan serangga. Rasa gatal dan iritasi yang ditimbulkan akibat gigitan serangga dapat dikurangi dengan mengaplikasikan Vaseline Petroleum Jelly. Dengan mengambil manfaat Vaseline Petroleum Jelly tersebut, tidak hanya rasa gatalmenjadi berkurang, tetapi juga menjaga kulit agar tetap lembap dan lembut.

6. Menghentikan pendarahan dan menghilangkan bekas luka

Karena berbentuk jelly, manfaat Vaseline Petroleum Jelly yang lain adalah dapat menghentikan pendarahan jika diaplikasikan pada luka. Ini karena Vaseline Petroleum Jelly akan membentuk lapisan minyak tipis yang akan menghalangi atau menghentikan pendarahan pada luka. Dengan begitu, luka tidak akan terbuka dan mengalami pendarahan terus menerus.

Proses penutupan luka pun menjadi lebih cepat sehingga tidak akan menimbulkan bekas luka. Selain itu, penggunaan Vaseline Petroleum Jelly juga dapat menghilangkan bekas luka karena dapat menjaga kesehatan kulit.

Kulit yang sehat akan memiliki kemampuan untuk memperbaiki kulit yang rusak dengan cara mengganti sel-sel kulit yang baru. Dengan bergantinya sel-sel kulit, bekas luka pun akan menghilang.

7. Merapikan alis dan memanjangkan bulu mata

vaseline untuk kulit kering

Kecantikan seorang wanita sangat dipengaruhi oleh kondisi alis dan bulu mata. Alis yang rapi tidak hanya akan membuat wajah menjadi lebih cantik. Memiliki alis yang rapi juga akan menghemat banyak waktu saat berdandan karena tidak lagi perlu menggunakan pensil alis. Hal ini sangat penting terutama bagi wanita yang tidak terlalu suka menggunakan pensil alis.

Penggunaan Vaseline Petroleum Jelly dapat merapikan alis. Manfaat Vaseline Petroleum Jelly untuk merapikan alis bisa didapatkan dengan mengaplikasikan Vaseline Petroleum Jelly pada sisir alis maupun kuas khusus alis. Kemudian, dengan alat yang telah diberi petroleum jelly tersebut, sisir alis ke arah luar sehingga alis tampak rapi.

Selain dapat merapikan alis, manfaat Vaseline Petroleum Jelly juga dapat dilihat jika digunakan pada bulu mata. Vaseline Petroleum Jelly dapat membuat bulu mata menjadi lebih lentik dan tebal.

Caranya adalah dengan mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly secara merata pada setiap helai bulu mata. Aplikasikan Vaseline Petroleum Jelly sebelum tidur secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga  Pelurus Rambut Alami 20 Menit yang Bisa Dibuat Dirumah

8. Mengatasi rambut bercabang

Rambut rusak dan bercabang tentu menjadi gangguan bagi wanita karena rambut yang bercabang tersebut akan mengurangi keindahan rambut. Permasalahan tersebut akan semakin sering timbul pada wanita yang sering menggunakan alat-alat yang memberikan panas berlebih pada rambut seperti alat pengering rambut atau catok.

Salah satu manfaat Vaseline Petroleum Jelly adalah dapat mengatasi rambut bercabang jika diaplikasikan pada rambut yang bercabang. Caranya adalah dengan mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly pada bagian ujung rambut yang bercabang.

Tidak disarankan untuk mengoleskan terlalu banyak Vaseline Petroleum Jelly pada rambut. Tidak disarankan juga untuk mengoleskannya pada kulit kepala atau di daerah yang dekat akar rambut karena akan menyebabkan rambut menjadi semakin kering.

9. Mengurangi komedo

Kecantikan wanita akan berkurang dengan adanya komedo. Komedo yang seringkali muncul di daerah sekitar hidung ini sering kali dihilangkan dengan menggunakan masker khusus penghilang komedo atau pore pack. Namun, petroleum jelly juga dapat digunakan sebagai alternatif penghilang komedo untuk menggantikan pore pack.

Untuk menghilangkan komedo dengan petroleum jelly, oleskan petroleum jelly pada area sekitar hidung yang memiliki komedo. Setelah itu, tutup hidung dengan plastik wrap dan handuk kurang lebih selama 15 menit.

Kemudian, buka plastik wrap yang menutup hidung dan gunakan handuk untuk mengusap atau menghilangkan petroleum jelly yang menempel. Tekan komedo menggunakan jari yang telah dilapisi kertas tissue agar komedo tersebut keluar.

10. Mempertahankan aroma tubuh

Menambah aroma tubuh dengan parfum atau body mist dapat meningkatkan kepercayaan diri, terutama bagi kaum wanita. Sayangnya, aroma parfum atau body mist yang diaplikasikan pada tubuh tersebut umumnya tidak dapat bertahan lama karena faktor-faktor lingkungan.

Akibat paparan sinar matahari serta udara lingkungan yang panas, aroma dari parfum atau body mist tersebut akan mudah menghilang karena menguap serta tertiup oleh angin. Vaseline Petroleum Jelly juga dapat digunakan untuk mempertahankan aroma tersebut agar tahan lebih lama.

Ini karena bentuk jelly tersebut dapat menahan aroma dari parfum atau body mist yang diaplikasikan agar tidak mudah menguap dan menghilang karena tertiup angin. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly misalnya pada pergelangan tangan atau leher baru kemudian menggunakan parfum atau body mist.

11. Membuat eyeshadow lebih tahan lama

Selain dapat digunakan sebagai pengganti makeup remover atau micellar water untuk membersihkan makeup, manfaat Vaseline Petroleum Jelly juga dapat digunakan sebagai pengganti sementara jika tak ada concealer atau foundation. Misalnya dengan menggunakan Vaseline Petroleum Jelly sebagai base sebelum mengaplikasikan eyeshadow.

Mengaplikasikan eyeshadow tanpa dilapisi dengan foundation atau concealer akan menyebabkan eyeshadow cepat pudar dan menghilang. Namun, peran untuk menjaga agar eyeshadow tahan lebih lama ini dapat digantikan oleh Vaseline Petroleum Jelly.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly pada kelopak mata kemudian tunggu hingga terserap ke dalam kulit. Setelah terserap, gunakan eyeshadow dengan warna yang diinginkan pada kelopak mata.

Baca Juga  Penyebab, dan 5 Cara Menghilangkan Belang di Wajah

12. Mencegah timbulnya stretch mark dan penuaan dini

Stretch mark merupakan tanda yang muncul pada kulit jika kulit mengalami peregangan yang berlebih. Tanda tersebut akan muncul apabila berat badan bertambah termasuk pada wanita yang sedang hamil. Stretch marks umumnya berbentuk guratan putih maupun guratan berwarna merah pada kulit.

Keberadaan stretch marks tersebut akan mempengaruhi keindahan kulit dan stretch marks tersebut umumnya terlihat mengganggu. Karena itulah banyak kaum wanita yang ingin menghilangkan stretch marks tersebut. Stretch marks dapat dihilangkan dengan obat-obatan tertentu, tetapi juga dapat dihilangkan dengan Vaseline Petroleum Jelly.

Manfaat Vaseline Petroleum Jelly dalam menghilangkan stretch marks hampir sama dengan fungsinya untuk menghilangkan bekas luka, yaitu dengan mengembalikan kesehatan kulit sehingga kulit dapat memperbaiki kerusakan yang dialami seperti stretch marks dan bekas luka. Dengan begitu, stretch marks dapat memudar dan menghilang perlahan.

Untuk menghilangkan stretch marks, aplikasikan Vaseline Petroleum Jelly secara rutin pada bagian tubuh yang timbul stretch marks hingga stretch marks tersebut perlahan-lahan memudar dan hilang.

Selain menghilangkan stretch marks, manfaat Vaseline Petroleum Jelly juga dapat mencegah penuaan dini. Penuaan dini umumnya timbul karena kulit tidak terawat. Kulit yang tidak terawat akan tampak kusam sehingga menyebabkan wajah atau tubuh terlihat lebih tua. Penggunaan Vaseline Petroleum Jelly untuk merawat kulit dapat mencegah penuaan dini karena kulit akan menjadi lebih sehat dan terawat.

13. Melindungi kulit dari cat rambut dan kuteks

Saat mengecat rambut maupun menggunakan kuteks, jika tidak terbiasa maupun tidak berpengalaman, kuteks atau cat rambut yang digunakan dapat mengenai bagian tubuh yang tidak seharusnya seperti wajah
maupun kulit di sekitar kuku. Jika hal tersebut terjadi, kesan yang ditimbulkan pada kuku maupun wajah adalah tidak rapi.

Terlebih kuteks dan cat rambut yang umumnya sulit dibersihkan. Manfaat Vaseline Petroleum Jelly adalah dapat membentuk lapisan minyak saat diaplikasikan ke kulit. Dengan kata lain, kulit tidak akan langsung terpapar oleh berbagai hal termasuk kuteks maupun cat rambut.

Dengan mengaplikasikan Vaseline Petroleum Jelly pada kulit sebelum mengecat rambut maupun menggunakan kuteks, cat rambut maupun kuteks yang tercecer ke bagian tubuh lain dapat dibersihkan dengan lebih mudah.

14. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati merupakan salah satu penyebab kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Karena itulah sel kulit mati harus dihilangkan agar tidak menyumbat pori-pori serta agar perkembangan sel-sel kulit yang baru menjadi lebih maksimal. Menghilangkan sel kulit mati dapat dilakukan dengan menggunakan scrub.

Scrub dapat diperoleh dengan membelinya secara langsung maupun membuat sendiri. Scrub juga dapat dibuat dengan menggunakan Vaseline Petroleum Jelly. Cara membuat scrub dengan Vaseline Petroleum
Jelly adalah dengan mencampurkan Vaseline Petroleum Jelly dengan garam laut maupun gula yang bertekstur kasar.

Aplikasikan scrub buatan sendiri tersebut pada kulit maupun bibir yang terlihat kusam untuk menghilangkan kulit mati. Namun, saat menggunakan scrub sangat disarankan untuk berhati-hati terutama jika memiliki kulit yang sensitif sehingga kulit tidak terluka atau timbul iritasi akibat butiran garam atau gula yang kasar.

Kisaran Harga Vaseline Petroleum Jelly

harga vaseline petroleum jelly
Images By: Priceprice.

Dengan berbagai fungsi yang telah disebutkan di atas, akan wajar jika harga Vaseline Petroleum Jelly sedikit lebih mahal. Namun kenyataannya, harga yang diberikan pada Vaseline Petroleum Jelly cukup terjangkau karena untuk kemasan 50 ml Vaseline Petroleum Jelly hanya dibanderol dengan harga sekitar 20 ribuan saja.

Harga tersebut tentunya sangat terjangkau dan sangat sebanding dengan berbagai manfaat yang ditawarkan. Karena itulah dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, Vaseline Petroleum Jelly merupakan produk kecantikan yang sangat direkomendasikan bagi kaum wanita.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *