13 Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Untuk Kecantikan

Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot – Jika dulu biasanya anda lebih sering menjumpai teh hitam, maka kini anda akan menemukan berbagai jenis teh dengan bermacam-macam warna. Salah satu teh yang sekarang semakin hangat diperbincangkan adalah teh hijau.

Teh hijau merupakan minuman yang paling sering dikonsumsi di negara Jepang. Tetapi seiring berjalannya waktu teh tersebut juga dipasarkan ke berbagai negara termasuk negara Indonesia.

Teh hijau atau yang sering disebut sebagai Green Tea ini merupakan teh yang sudah lama dikenal karena khasiatnya dalam dunia kesehatan. Teh ini mengandung begitu banyak komposisi bahan yang dapat bermanfaat bagi tubuh manusia. Salah satup merek dari teh hijau yang banyak diminati masyarakat Indonesia luas adalah teh hijau “Kepala Jenggot”.

Teh hijau “Kepala Jenggot” memiliki zat antioksidan yang tinggi seperti enzim, asam amino, serta polifenol yang berguna untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain memiliki zat antioksidan yang tinggi, teh ini juga memiliki kandungan bahan lainnya seperti vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein.

13 Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Untuk Kecantikan dan Kesehatan

teh hijau kepala jenggot
Images By: Olx

Dengan mempunyai kandungan-kandungan tersebut, tentu tak mengherankan jika teh hijau tersebut mendapat julukan sebagai teh yang kaya manfaat.

Manfaat yang dimiliki teh ini tentu tidak terbatas untuk kesehatan tubuh saja tetapi teh hijau juga populer dalam dunia kecantikan sebagai salah satu obat ampuh untuk mengurangi berat badan atau diet, dan berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat teh hijau kepala jenggot.

1. Dapat Berfungsi Sebagai Toner Kulit

Manfaat teh hijau kepala jenggot yang pertama adalah jika tonermu sudah habis dan kamu belum sempat untuk membeli toner yang baru maka kamu bisa memanfaatkan teh hijau yang ada di dapur sebagai pengganti toner sebab toner mampu menarik kotoran yang menempel di kulit, mengecilkan pori-pori, serta dapat menghidrasi kulit wajahmu.

2. Membakar Lemak

Jika kamu ingin membakar lemak yang bergelantungan di tubuhmu, kamu dapat mengonsumsi teh hijau sebelum memulai olahraga rutinmu. Penelitian sudah membuktikan bahwa meminum teh hijau sebelum melakukan olahraga akan membantu pembakaran lemak dalam tubuh sebanyak 17%.

Baca Juga  Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

3. Mencegah Diabetes

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di negeri sakura Jepang, teh hijau atau green tea memiliki khasiat untuk mengurangi resiko terjadinya gula darah atau diabetes pada manusia. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau secara rutin mempunyai persentase 42% lebih rendah untuk terkena gula dara dibandingkan mereka yang tidak meminum teh hijau secara rutin.

4. Mencegah Kanker

Kandungan zat antioksidan yang terdapat dalam teh hijau bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan serta perkembangan dari sel kanker karena zat antioksidan memiliki tugas untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan pemicu utama yang merusak sel-sel tubuh hingga berujung pada timbulnya sel kanker.

5. Mencegah Penuaan Dini

teh hijau kepala jenggot untuk kesehatan
Manfaat teh hijau kepala jenggot juga ternyata bisa Kamu manfaatkan untuk merawat kulit agar terlihat awet muda dan tidak mengalami penuaan dini merupakan keinginan setiap wanita. Zat antioksidan berupa polifenol yang terkandung di dalam teh hijau dapat mewujudkan impian tersebut.

Polifenol merupakan zat yang memiliki peran penting untuk menghalau radikal bebas yang hendak menyerang tubuh. Radikal bebas sangat berpotensi untuk menciptakan kerusakan pada sel kulit manusia yang kemudian menyebabkan terjadinya penuaan dini.

6. Mengurangi Resiko Kematian Penyakit Jantung

Sejak tahun 2006, American Medical Association pernah menerbitkan sebuah jurnal mengenai manfaat teh hijau untuk penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan selama 11 tahun dihitung sejak tahun 1994 tersebut menyatakan bahwa mengonsumsi teh hijau dikaitkan dengan berkurangnya angka kematian yang disebabkan oleh sakit jantung.

Penelitian yang dilaksanakan di Jepang tersebut diikuti oleh 40.000 peserta dengan kisaran usia antara 40-79 tahun yang memiliki masalah kesehatan pada jantung.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi 5 cangkir teh hijau per hari memiliki resiko kematian yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari 1 cangkir teh hijau per hari.

7. Mencegah Stroke

Selain dari penyakit jantung, penyakit lainnya yang dapat dicegah dengan cara mengonsumsi teh hijau secara rutin adalah stroke. Zat antioksidan yang terdapat didalam teh hijau memiliki fungsi untuk melawan kolesterol jahat pemicu stroke. Orang yang secara rutin meminum teh hijau memiliki persentase 31% lebih rendah untuk terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak.

8. Mengatasi Jerawat yang Membandel

Memiliki jerawat yang bandel di wajah tentu membuatmu risau. Sekarang kamu tak perlu khawatir lagi karena manfaat teh hijau kepala jenggot dapat membantu mengatasi jerawat tersebut karena teh ini mengandung zat katekin yang mampu mengatasi jerawat-jerawat nakal tersebut.

Katekin merupakan zat yang bersifat antibakteri yang berguna untuk mengendalikan ketidakseimbangan hormon serta meredakan peradangan atau inflamasi yang menjadi pemicu utama timbulnya jerawat.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Investigative Dermatology, teh hijau memiliki komponen yang bernama epigallocatechin gallate (EGCG). Komponen tersebut juga memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat dengan cara memodulasi objek molekuler intraseluler.

9. Menghilangkan Mata Panda

teh hijau kepala jenggot untuk kecantikan
Kantung mata atau yang lebih dikenal dengan mata panda tentu membuat penampilanmu menjadi terlihat suram. Salah satu cara alami untuk mengurangi bahkan menghilangkan kantung mata tersebut adalah dengan mengonsumsi teh hijau karena kandungan zat tannin serta antioksidan yang mampu mengatasi mata pandamu.

10. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, kafein dalam teh hijau akan membawa dampak positif bagi tubuh. Salah satunya adalah mengoptimalkan fungsi dan kinerja otak. Kafein tersebut kemudian berfungsi untuk memblokir adenosine yang dapat menghambat kinerja serta fungsi dari otak manusia.

11. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Teh hijau mengandung zat yang disebut zat katekin. Katekin dipercaya berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sejumlah penelitian yang telah dilaksanakan menyatakan bahwa katekin mampu membasmi bakteri streptococcus yang menyebabkan munculnya plak serta lubang pada gigi manusia

Baca Juga  Ternyata Ini 2 Aturan Minum Susu Bear Brand yang Benar

12. Menurunkan Kolesterol

Jika kamu memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka sebaiknya kamu harus segera memikirkan cara untuk menurunkan kadar tersebut agar tidak terkena berbagai macam penyakit. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin.

Sebuah penelitian yang dilaksanakan di Western University of Health Science menyatakan bahwa teh hijau merupakan minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk atau LDL. Dengan meminum 10 cangkir teh hijau per hari secara rutin dan teratur maka kamu dapat menurunkan kadar kolesterol secara optimal.

13. Merawat Kecantikan Kulit Wajah

Pada tahun 2003 yang lalu, Medical College of Georgia melakukan sebuah penelitian mengenai teh hijau. Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa teh hijau efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit wajah, menjadi detoks alami, mengatasi inflamasi, bahkan mampu menghilangkan bekas luka yang menempel di wajah.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *