9 Manfaat Minyak Kemiri Dan Cara Membuatnya di Rumah

Manfaat Minyak Kemiri – Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kemiri. Selain untuk bumbu masakan kemiri juga bisa dijadikan minyak. Dalam hal ini, walaupun setetes, manfaat minyak kemiri ternyata sangat beragam.

Selain manfaat minyak kemiri yang beragam, dalam hal ini perlu diketahui bahwa cara membuatnya pun tidak begitu sulit. Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja manfaatnya dan bagaimana cara membuatnya, simak ulasan berikut.

Daftar Manfaat Kemiri

manfaat minyak kemiri untuk rambut

Walaupun kemiri sebagai salah satu komponen yang dapat menunjang cita rasa masakan, namun kemiri tidak boleh dikonsumsi secara langsung. Dalam hal ini kemiri harus melalui tahap pemasakan ataupun diolah menjadi minyak untuk merasakan khasiatnya.

Tentu saja secara umum memang manfaat minyak ini sangat variatif dan mencakup banyak aspek. Lalu apa saja daftar manfaat minyak tersebut yang dapat Anda rasakan? Ini daftarnya.

1. Mengobati Sakit Gigi dan Masalah Sariawan

Manfaat pertama yang bisa didapat dari kemiri yaitu bisa mengobati sakit gigi dan mengatasi masalah sariawan. Dalam pemakaiannya Anda bisa mengaplikasikan pada kapas yang masih bersih dan steril.

Kemudian kapas yang sudah ada tetesan minyak kemiri tersebut bisa langsung ditempelkan pada gusi gigi yang sakit. Jika untuk sariawan, maka diaplikasikan pada area mulut yang bermasalah karena sariawan.

Pengaplikasian minyak kemiri pada area yang sakit bisa dilakukan kurang lebih selama 10 menit. Kemudian ulangi cara tersebut beberapa kali dengan memakai kapas baru dan minyak kemiri yang baru diteteskan.

Hal ini untuk menjaga agar minyak benar-benar meresap pada area yang sakit dan tidak kering begitu saja. Dengan begitu, proses pengobatan akan lebih cepat selesai.

Baca Juga  Manfaat Bio Oil: Bahan, Kegunaan, Harga dan Cara Pakainya

2. Sebagai Obat Diare

Selain obat sakit gigi dan obat sariawan minyak kemiri juga bisa dipakai untuk obat diare. Cara memanfaatkannya sendiri sangat mudah. Cukup dengan merebus sekitar 20 gram kemiri dengan 600 cc air.

Setelah air rebusan kemiri mendidih, kira-kira airnya tinggal 300 cc, kemudian lakukan penyaringan untuk mengambil airnya saja. Dengan begitu Anda bisa langsung menikmati air rebusan kemiri sebagai obat diare. Untuk memaksimalkan hasilnya meminum rebusan kemiri ini diminum 2 kali sehari.

3. Menyembuhkan Insomnia

Seperti yang Anda ketahui jika insomnia merupakan kelainan yang membuat seseorang susah tidur. Penyebab dari insomnia sendiri yaitu depresi, stress maupun rasa takut yang amat besar.

Tentu saja dengan adanya kelainan ini tentu bisa menghambat mobilitas tubuh dan mengakibatkan performa tubuh menurun. Oleh sebab itu, mengobatinya dengan baik dan segera sangat disarankan.

Dalam hal ini, kemiri bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkannya. Manfaat kemiri yang satu ini bersumber dari melatonin yang terkandung di dalamnya. Kandungan tersebut dapat memicu keadaan rileks dan tubuh cepat terlelap.

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

manfaat kemiri

Selain beberapa manfaat umum yang telah diulas sebelumnya, minyak kemiri memiliki manfaat khusus untuk perawatan rambut.

Manfaatnya kali ini sudah sangat populer tentunya. Walaupun harga minyak kemiri ini tidak seberapa namun jangan diragukan lagi khasiatnya. Berikut beberapa diantaranya.

1. Menghindari Munculnya Rambut Kering

Manfaat minyak kemiri pertama yang bisa dihasilkan dari minyak kemiri adalah menghindari munculnya rambut kering. Banyak orang, terutama wanita, pastinya mengidam-idamkan rambut yang lembut dan jauh dari kata kering maupun lepek.

Disini, Anda tidak perlu khawatir karena minyak kemiri bisa mengatasi masalah ini. Alasan dari khasiatnya untuk rambut yang satu ini adalah karena kemampuan minyak kemiri melembabkan rambut.

Asam amino dan asam lemak esensial pada kemiri sangat berperan untuk proses tersebut. Kandungan pada minyak kemiri inilah yang akan menutrisi rambut sampai ke dalam-dalam.

2. Memunculkan Kilau Rambut

Manfaat minyak kemiri berikutnya yaitu dapat membuat rambut berkilau. Minyak kemiri selain mengandung asam amino dan lemak juga memiliki kandungan lain seperti asam gamma linoleic.

Kegunaan dari kandungan minyak kemiri yang satu ini adalah untuk conditioner rambut yang alami. Fungsi inilah yang juga semakin menambah kelembaban pada rambut, sehingga rambut terlihat lebih berkilau.

Baca Juga  15 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Merawat Rambut Rontok

3. Menambah Kekuatan Rambut

Manfaat minyak kemiri berikutnya adalah untuk menambah kekuatan pada rambut. Selain membutuhkan nutrisi dari dalam tubuh secara langsung, rambut juga membutuhkan tambahan nutrisi dari luar.

Salah satu cara memberikan nutrisi untuk rambut yakni dengan pengaplikasian masker minyak kemiri. Melalui pemakaian masker minyak kemiri secara rutin rambut akan semakin kuat.

Pada pemanfaatan minyak kemiri yang satu ini, masih berhubungan dengan kandungan yang dibahas sebelumnya yaitu asam linoleat dan asam linolenat. Beberapa kandungan inilah yang menjadikan minyak kemiri dapat melapisi, menutrisi, melembabkan serta mengatasi rambut bercabang.

4. Mencegah Ketombe

minyak kemiri untuk rambut

Manfaat dari minyak kemiri selanjutnya untuk menghindari kulit kepala dari ketombe. Manfaat yang satu ini timbul karena hubungan dengan manfaat sebelumnya.

Apabila kulit kepala dan rambut sehat karena kelembabannya terjaga maka juga akan terhindar dari masalah ketombe.

5. Membantu Tumbuh Rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang paling jelas adalah membantu tumbuh rambut. Minyak kemiri ini dapat mencegah rontoknya rambut serta menstimulasi sel rambut baru untuk tumbuh dengan cepat.

6. Menyelesaikan Perihal Psoriasis

Manfaat minyak kemiri untuk rambut selalu bisa mengatasi berbagai macam persoalan rambut. Salah satunya mengenai psoriasis.

Psoriasis ini merupakan masalah pada rambut dengan gejala kulit kepala gatal, bersisik, dan mulai rontoknya rambut. Pemakaian minyak kemiri secara rutin dapat mengatasi masalah ini, sehingga kulit kepala tidak semakin kering dan performa tubuh pun tidak akan terganggu.

Cara Membuat Minyak Kemiri

cara membuat minyak kemiri
Minyak kemiri saat ini sudah banyak beredar di pasaran, karena khasiatnya yang tidak bisa diragukan lagi. Namun, untuk Anda yang ingin mendapatkan minyak kemiri tanpa harus mengeluarkan uang untuk membelinya, bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang diperlukan untuk membuat minyak kemiri tentu saja kemiri itu sendiri. Selain itu tinggal siapkan beberapa alat pendukung sesuai metode yang Anda inginkan. Selebihnya, berikut cara membuat minyak kemiri yang mudah dan murah yang bisa Anda terapkan.

1. Melalui Proses Pembakaran

Cara pertama membuat minyak kemiri adalah dengan membakar kemiri. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum bahan ini dibakar yaitu dengan menyiapkan kemiri yang siap olah. Berikutnya kemiri yang sudah bersih dibakar sampai benar-benar terbakar menyerupai arang.

Kemiri yang dibakar ini wujudnya akan menyerupai barang yang gosong, namun memang itu tujuannya. Selanjutnya setelah biji kemiri matang pada pembakaran semua, segera haluskan dengan blender sampai mengeluarkan minyak.

Minyak kemiri yang didapat ini harus langsung disimpan pada wadah tertutup. Kecuali bila ingin langsung diaplikasikan pada daerah yang membutuhkan.

Minyak kemiri yang dibuat dengan dibakar ini jika diaplikasikan pada kulit kepala dan rambut, Anda harus hati-hati agar tidak mengenai area lain. Hal ini dikarenakan minyak kemiri dari hasil pembakaran berbau hangus dan warnanya cukup mengotori.

Baca Juga  13 Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Untuk Kecantikan

2. Membuat Minyak Kemiri dengan Diperas

Cara membuat minyak kemiri yang berikutnya adalah dengan diperas. Langkah pembuatan minyak kemiri dengan cara ini juga hampir sama dengan cara sebelumnya. Akan tetapi, disini, sebelum diperas kemiri dihaluskan dan diberi sedikit air.

Air perasan kemiri kemudian didiamkan pada wadah tertutup dengan kurun waktu 24 jam. Setelah genap waktu pendiaman, air perasan lalu dimasak sampai keluar minyak.

3. Melalui Proses Sangrai

Cara yang terakhir untuk membuat minyak kemiri adalah dengan disangrai. Pembuatan dengan cara ini juga tidak jauh beda dengan cara-cara sebelumnya. Hanya saja pada cara ini kemiri disangrai pada wajan tanpa minyak terlebih dahulu sebelum dihaluskan dan diambil airnya.

Dari beberapa cara pembuatannya yang paling efektif menghasilkan minyak kemiri adalah dengan dibakar. Namun, cara mana yang akan dipilih, itu tergantung selera Anda.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *