5 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Apel merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi sejak zaman dahulu. Buah apel dikenal sebagai salah satu penjaga kesehatan tubuh. Tidak heran jika masyarakat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari.

Buah yang memiliki berbagai jenis yang ada di dunia ini memiliki rasa yang asam manis dan memiliki aroma yang wangi. Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau dibuat berbagai jenis minuman atau olahan lainnya.

Selain dibuat jus, buah apel sering diolah menjadi cuka apel. Meski demikian, manfaat yang didapat dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi cuka tidak kalah penting.Cuka apel dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Ada berbagai manfaat dari cuka apel untuk wajah yang bisa Anda dapatkan.

Cuka apel merupakan bahan alami yang sering dijadikan sebagai bahan pembuatan toner. Selain untuk perawatan wajah, cuka apel juga sering digunakansebagai minuman kesehatan yang terpercaya sejak dulu. Cuka apel jugadimanfaatkan untuk menambah cita rasa masakan

manfaat cuka apel
Luar Biasa, Ini 5 Manfaat Cuka Apel Bagi Wajah Anda

Tidak beda jauh halnya dengan minyak kelapa, cuka apel juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Manfaat cuka apel salah satunya adalah dapat menghilangkan jerawat. Cuka apel memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang tinggi. Karena kandungan inilah orang-orang kemudian mencoba untuk memanfaatkan cuka apel sebagai bahan alami untuk kecantikan.

1. Mengatasi Jerawat Membandel

Kandungan asam asetat, laktat, sitrat dan suksinat menjadikan cuka apel ampuh sebagai obat jerawat membbandel, berdasarkan berbagai studi ilmiah yang telah dilakukan. Kandungan ini mampu untuk membunuh bakteri Propionibacterium acnes yang merupakan bakteri penyebab terjadinya masalah jerawat pada wajah.

Cuka apel juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu pada wajah. Kandungan asam suksinat pada cuka apel dapat membantu proses pengelupasan kulit mati. Selain itu juga dapat membantu mengurangi peradangan yang ditimbulkan karena adanya jerawat.

2. Menyumbat Pori-Pori Pada Wajah

Menurut keterangan Rajani Katta, MD yang merupakan seorang asisten dosen di Fakultas Kedokteran Baylor College of Medicine mengatakan bahwa kandungan asam asetat yang terdapat dalam cuka apel memiliki peran sebagai pemecah keratin yang dapat menyumbat pori-pori di wajah.

3. Mempercepat Proses Pengelupasan Kulit

Selain itu, kandungan asam alfa hidroksi dapat membantu mempercepat terjadinya proses pengelupasan kulit, menyerap minyak berlebih pada wajah dan mampu memperbaiki tekstur kulit wajah serta mampu memudarkan perubahan wrna kulit yang tidak merata disebabkan oleh adanya bekas jerawat.

Baca Juga  Cara Meredupkan Layar Komputer Pada Windows

4. Mencegah Penuaan Dini

Tingkat keasaman yang ada pada cuka apel dapat membantu mengobati dan mampu mengeringkan jerawat secara alami pada wajah. Selain itu, pemakaian cuka apel pada wajah juga dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit wajah.

5. Membuat Kulit Lebih halus

Kandungan asam suksinat juga dapat mencegah timbulnya jaringan parut pada wajah, sehingga membantu untuk membuat kulit lebih halus. Selain itu, kandungan asam laktat pada cuka apel dapat memperbaiki kondisi kulit pada wajah berjerawat.

Cuka Apel Tidak Dapat Dirasakan Manfaatnya Untuk Semua Jenis Kulit

cara menggunakan cuka apel untuk wajah

Meski manfaat cuka apel untuk wajah telah banyak terbukti melalui penelitian, bukan berarti Anda bisa menggunakan cuka apel dengan semabarangan. Menurut seorang dokter spesialis kulit, dr. Litsya Paramita, Sp.KK, meski terbuat dari bahan alami, namun cuka apel kurang disarankan untuk digunakan secara langsung pada kulit wajah.

Dari sisi medis, belum ada studi ilmiah yang dapat membuktikan tentang manfaat dan keamanan cuka apel untuk wajah. Studi yang telah dilakukan sebelumnya hanya meneliti kandungan cuka apel secara terpisah.

Manfaat cuka apel juga tidak serta merta dapat dirasakan manfaatnya oleh semua orang. Pada orang dengan kulit normal, bisa saja cuka apel dapat memberikan efek yang baik. Tapi jika digunakan pada orang dengan kulit sensitive atau orang dengan masalah kulit yang kompleks, mengoleskan cuka apel secara langsung pada wajah dapat memperparah masalah kulit.

Jika Anda memiliki kulit sensitive atau memiliki luka seperti bekas jerawat atau jerawat yang belum sembuh, efek samping yang ditimbulkan bisa lebih parah.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan cuka apel pada wajah, yang perlu Anda ketahui bahwa cuka apel memiliki kadar pH yang tinggi. Jumlah pH pada cuka apel yaitu sekitar 2-3.

Dengan kadar keasaman yang tinggi dapat membuat kulit menjadi iritasi dan dapat menimbulkan ruam merah pada wajah dengan kulit yang sensitive. Tidak sedikit terdapat kasus mengoleskan cuka apel pada kulit dapat menyebabkan timbulnya luka bakar pada wajah.

Untuk itu, sebaiknya jika terjadi iritasi, sebaiknya Anda menghentikan penggunaan cuka apel pada wajah. Dengan segala resiko yang dapat ditimbulkan, tidak sedikit dokter kulit maupun ahli kecantikan tidak merekomendasikan pemakaian cuka apel secara langsung pada kulit wajah.

cara menggunakan cuka apel
Bagaimanakah Cara Menggunakan Cuka Apel Untuk Wajah?

Selain untuk mengatasi masalah jerawat, cuka apel juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan pori-pori wajah. Pori-pori yang kotor dan tersumbat tentunya menjadi biang keladi munculnya jerawat pada kulit. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan campuran cuka apel dengan tepung beras.

Caranya cukup campurkan cuka apel dan tepung beras, oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan sekitar 10 sampai 15 menit. Cuka apel juga dapat digunakan untuk membuak pori-pori wajah.
Caranya campurkan satu gelas air bersih dengan satu sendok cuka apel. Bersihkan kulit dengan kapas yang telah dicelupkan pada campuran cuka apel dengan air.

Selain itu, cuka apel juga dapat dimanfaatkan sebagai toner alami. Menggunakan toner dari cuka apel dapat membantu mengencangkan kulit dan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada wajah. Hal ini karena adanya kandungan asam asetat yang ada pada cuka apel.

Baca Juga  Mengenal Sejarah Bola Basket, Peraturan Sampai Tekniknya

– Membuat Masker Wajah Dengan Cuka Apel

Anda juga dapat membuat masker wajah dengan menggunakan cuka apel. Manfaat cuka apel pada wajah jika digunakan untuk masker adalah mampu membuat kulit tampak cerah dan bercahaya dalam waktu singkat. Aplikasikan cuka apel pada wajah dengan teknik spot treatment, kemudian diamkan selama 20 menit. Bersihkan wajah dengan air bersih.

– Digunakan Sebagai Pencuci Wajah

Bagi Anda yang memiliki masalah noda hitam pada wajah, cuka apel dapat membantu mengatasi masalah ini. Cuka apel dapat digunakan untuk mencuci wajah. Kandungan asam hidroksi yang terdapat dalam cuka apel daoat membantu mengangkan sel kulit matidan membantu mempercepat proses regenerasi.

Cuka apel juga dapat digunakan untuk menjaga dan menyeimbangkan pH kulit dan minyak pada kulit. Kulitakan terlihat tidak berminyak dan tidak terlihat kering. Kandungan antioksidan pada cuka apel juga mampu menghilangkan racun pada wajah sehingga membuat kulit terlihat lebih segar dan bersinar.

cara menggunakan cuka apel untuk wajah pria
Begini Cara Menggunakan Cuka Apel Sebagai Skincare

Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan cuka apel untuk perawatan wajah, terutama mengatasi masalah jerawat. Berikut adalah cara untuk menggunakan cuka apel sebagai skincare:

1. Siapkan Bahan dan Wadah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan cuka apel sebagai bahan untuk perawatan. Pastikan cuka apel yang Anda gunakan adalah cuka apel organik yang tidak disaring dan tidak dipasteurisasi.

Tuangkan cuka apel secukupnya atau sesuai dengan kebutuhan yang akan Anda gunakan pada sebuah wadah. Namun sebaiknya Anda menggunakan sekitar satu sendok makan cuka apel saja.

2. Campurkan Cuka Apel dengan Air

Untuk membuat toner, campurkan cuka apel dengan air bersih. Takaran jumlah air yang digunakan disesuaikan dengan tingkat sensitifitas kulit Anda. Takaran yang biasa digunakan antara cuka apel dan air yaitu 1:2 atau 1:3. Jika jenis kulit Anda adalah kulit sensitive, maka Anda dapat menambahkan lebih banyak air.

3. Aplikasikan pada Wajah

Sebelum mengaplikasikan toner pada wajah, pastikan Anda telah mencuci wajah dengan bersih. Aplikasikan toner pada wajah dengan menggunakan kapas. Oleskan secara merata pada wajah, kemudiann tunggu sampai toner kering dan benar-benar menyerap ke kulit wajah.

Setelah itu oleskan krim atau lotion wajah yang biasa Anda gunakan. Lakukan perawatan ini secara rutin dua kali sehari atau dapat digunakan sesuai kebutuhan Anda. Lakukan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda juga dapat menggunakan berbagai campuran sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat toner, Anda cukup mencampurkan cuka apel dengan air. Jika Anda ingin membuat masker, Anda dapat mencampurkan cuka apel dengan bahan lain seperti madu, baking soda, lidah buaya, bawang putih dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan, selamat mencoba.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *