7 Manfaat Cuka Apel Tahesta dan Cara Menggunakannya

Manfaat Cuka Apel Tahesta – Kebanyakan orang pasti akan menilai bahwa cuka hanya digunakan sebagai bahan penyedap rasa masakan saja, akan tetapi perlu Kamu ketahui bahwa cuka memiliki banyak jenis dan tentunya memiliki manfaatnya masing-masing.

Dan kali ini saya akan membahas mengenai cuka apel, ya cuka apel adalah cairan asam yang dihasilkan melalui proses fermentasi yang berasal dari buah apel, dimana saat proses pembuatannya berlangsung apel yang telah dibuat menjadi jus ditambahkan ragi sehingga terjadi proses fermentasi.

Setelah itu bakteri akan mengubah cairan jus tadi menjadi asam asteta dan hal inilah yang memberikan cuka apel memiliki rasa yang asam dan baunya kuat, menurut situs Webmd yang saya kutip.

Selain itu ternyata cuka apel memiliki banyak sekali manfaat entah itu untuk kencatikan, kesehatan, dimanfaatkan untuk kegiatan memasak, sebagai pengawet makanan maupun dimanfaatkan untuk hal lainnya.

7 Manfaat Cuka Apel Tahesta

manfaat cuka apel tahesta untuk kecantikan
Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat luar biasa cuka apel tahesta untuk kecantikan dan kesehatan tubuh saya kutip dari berbagai macam sumber, diantaranya:

1. Menghilangkan Racun Dari Kulit Wajah

Pastinya Kamu sudah tahu bukan bahwa pulusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan dan radikal bebas bisa sangat berbahaya untuk kesehatan kulitmu dan hal ini jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan kulit wajah Kamu menjadi kusam atau menimbulkan jerawat.

Namun, jangan khawatir karena Kamu bisa memanfaatkan manfaat cuka apel tahesta untuk mengatasi hal tersebut, karena kandungan beta karoten yang terdapat pada cuka apel dapat membantu Kamu mencegah kerusakan kulit yang disebbakan oleh pulusi dan radikal bebas.

Tak hanya itu kulit matipun bisa diangkat dengan menggunakan cuka apel, sehingga kulit wajahmu akan tetapi terlihat cantik dan menawan walaupun sering beraktifitas diluar ruangan.

Baca Juga  Cuka Apel untuk Jerawat, Apakah Aman Digunakan?

2. Mencegah Kerutan Pada Wajah

Walaupun proses penuaan adalah umum terjadi pada semua manusia akan tetapi terkadang kerutan pada wajah bisa terjadi saat berusia masih muda, dan hal inilah yang perlu Kamu cegah dan Kamu dapat memanfaatkan cuka apel tahesta untuk mencegah kerutan pada wajah.

Kamu dapat menggunakan cuka apel setiap hari untuk wajah, karena didalam cuka apel terdapat kandungan asam yang memberikan manfaat untuk mengatasi kerutan yang timbul pada wajah, sehingga bisa mencegah kerutan pada wajah.

3. Menyeimbangkan Ph Pada Kulit Wajah

Kulit pada wajah memang beraneka jenis ada yang kering, sampai berminyak dan hal ini ternyata disebabkan oleh pH atau singkatan dari Potential of hydrogen yaitu kadar derajat keasaman yang digunakan untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan dan salah satunya pada kulit.

Dan hal tersebut terjadi akibat pH yang kurang seimbang, sehingga dapat menyebabkan kulit wajah kurang elsatis maupun kurang kencang.

Namun, jangan khawatir karena Kamu dapat memanfaatkan cuka apel yang dioleskan pada wajah, karena kandungan didalamnya dapat menyeimbangkan tingkat produksi sebum atau minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada wajah pada wajah.

Kandungan pH yang terdapat pada cuka apel yang mirip dengan pH pada lapisan kulit menjadikan cuka apel ini cocok untuk digunakan untuk mengatasi dan merawat kulit Kamu.

cuka apel tahesta
4. Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Jika Kamu seringkali beraktifitas diluar ruangan pastinya kulit wajah Kamu sering terbakar sinar matahari dan akhrinya menyebabkan kulit menjadi merah yang dibarengi rasa panas, sakit dan perih karena kulit Kamu terbakar sinar matahari.

Akan tetapi jangan khawatir karena Kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan memanfaatkan manfaat cuka apel tahesta, karena cuka apel dapat menyeimbangkan kadar pada pH kulit sehingga dappat membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti kulit terbakar akibat sengatan sinar matahari.

Sehingga cuka apel dapat mempercepat proses penyembuhan, dan dapat mencegah kulit yang terbakar akibat sengatan sinar matahari yang menjadi lecet dan mengelupas.

5. Mengurangi Bintik Bintik Pada wajah

Timulnya bintik-bintik pada wajah bisa disebabkan oleh berbagai macam hal dan salah satunya adalah akibat penuaan dan Kamu dapat memanfaatkan manfaat cuka apel tahesta untuk mengatasi permasalahan ini.

Karena cuka apel mengandung unsur AHA atau singkatan dari Alpha Hydroxy Acid, dimana senyawa ini seringkali ditemukan pada produk-pruduk kosmetik kecantikan dan kandungan ini terdapat pada cuka apel.

Sehingga banyak ahli menyebutkan bahwa pengunaan cuka apel yang benar dapat mengatasi kulit mati dan mendorong pembentukan sel kulit yang baru dan juga bisa mengurangi bintik-bintik pada wajah.

Baca Juga  Apa Itu Vinegar? Berikut 9 Jenis Vinegar dan Manfaatnya

6. Dapat Menurunkan Kolesterol

Tak hanya untuk kecantikan saja karena manfaat cuka apel tahesta bisa dimanfaatkan untuk kesehatan yaitu dapat menurunkan kolesterol, namun lebih banyak penelitian diperlukan untuk secara pasti menghubungkan cuka sari apel dan kemampuannya untuk menurunkan kolesterol pada manusia.

Tetapi satu penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2006, mereka menemukan bahwa cairan asam asetat yang berada dalam cuka apel dapat menurunkan kolesterol pada tikus.

7. Mengatur Kadar Gula Dalam Darah dan Melawan Diabetes

Manfaat cuka apel selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar gula alam darah dan melawan diabetes dan sejauh ini pengunaan cuka apel yang paling memberikan hasil positif adalah pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Perlu kamu ketahui bahwa diabetes tipe 2 ditandai oleh kadar gula darah yang tinggi, baik disebabkan karena adanya resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk memproduksi insulin.

Namun, gula darah tinggi juga bisa menjadi masalah pada orang yang tidak menderita diabetes yang diyakini sebagai penyebab utama penuaan dan berbagai penyakit kronis.

Cukup banyak orang mendapat manfaat dari menjaga kadar gula darah mereka dalam kisaran normal, karena mengkonsumsi cuka apel yang dibarengi dengan melakukan pola hidup sehat.

Cara Memanfaatkan Cuka Apel Untuk Kencantikan

manfaat cuka apel tahesta untuk wanita
1. Dijadikan Masker Wajah

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa cuka apel bisa dimanfaatkan untuk masalah kulit wajah kering dan Kamu bisa menjadikan cuka apel sebagai masker wajah.

Caranya sangat mudah pertama Kamu campurkan dua sendok makan madu yang telah disiapkan yang ditambah dengan satu sendok makan cuka apel, kemudian aduk hingga rata.

Kemudian oleskan cairan tersebut pada kulit wajah yang telah dibersihkan sebelumnya, lalu diamkan kurang lebih selama 20 menit.

Lalu, bilas menggunakan air hangat suam-suam kuku, kemudian bilas kembali dengan menggunakan air yang agak dingin.

Masker cuka apel dan madu ini bisa digunakan 3 kali dalam seminggu untuk mengatasi berbagai macam permasalahan seperti: kulit pada wajah yang rusak, melembapkan permukaan kulit wajah, menyeimbangkan tingkat pH.

Agar masker wajah ini memiliki efek maksimal untuk mencerahkan warna kulit Kamu, maka coba tambahkan kurang lebih 2 sendok makan krim asam lalu campuran masker wajah di atas tadi.

Masker ini bisa digunakan 2 kali dalam seminggu yang dapat mengatasi berbagai macam permasalahan seperti: mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori pada wajah, menghilangkan bekas jerawat pada wajah, sampai mencegah timbulnya jerawat.

2. Toner Wajah

Selanjutnya Kamu bisa memanfaatkan cuka apel menjadi toner wajah dan biasanya toner digunakan setelah proses membersihkan kulit wajah dari sisa-sisa minyak atau sisa-sisa makeup pada wajah dan kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.

Caranya sangat mudah pertama-tama campurkan air dengan cuka apel yag telah disediakan sebelumnya dengan perbandingan satu banding dua.

Langkah selanjutnya adalah siapkan kapas kecantikan kemudian oleskan toner cuka apel tadi pada wajah Kamu yang sebelumnya telah diberiskan terlebih dahulu.

Akan tetapi perlu diingat jika misalkan kulit Kamu mengalami sensitive akibat menggunakan cuka apel maka segera bilas muka Kamu dengan air bersih dan untuk mengatasinya Kamu dapat mencampurkan airnya lebih banyak.

Cairan toner cuka apel ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam permasalaham kulit dan membatuj menyehatkan kulit wajah.

Baca Juga  Pelurus Rambut Alami 20 Menit yang Bisa Dibuat Dirumah

2. Mengatasi Jerawat

Tahukah Kamu bahwa cuka apel juga dapat Kamu manfaatkan untuk mengatasi jerawat, karena terdapat kandungan cuka apel yang bernama anti bakteri dan antivirus, sehingga cuka apel banyak dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat.

Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit saja cuka apel yang telah dicampurkan air pada kapas kecantikan kemudian oles-oles secara perlahan pada kulit wajah yang terdapat jerawat dan diamkan kurang lebih 5 hingga 20 detik kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Nantinya jerawat Kamu akan hilang perlahan dengan sendirinya dengan menggunakan cuka apel yang dilakukan secara rutin tiap harinya.

3. Dijadikan Lotion

Seperti yang tekah dijelaskan diatas bahwa seringkali Kita beraktifitas diluar ruangan dan membuat kulit wajah Kita terbakar akibat sinar matahari dan Kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan menggunakan lotion yang terbuat dari cuka apel.

Cara membuatnya sangat mudah pertama campurkan kurang lebih sekitar 125 ml cuka sari apel dengan 1 liter air bersih kemudan aduk hingga rata.

Langkah selanjutnya adalah bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu dan keringkan lalu basuhlah wajah Kamu menggunakan lotion tersebut menggunakan handuk wajah yang telah dibasahi cairan lotion.

Kemudian usap secara merata dengan lembut bagian wajah kamu yang terbakar sinar matahari kurang lebih selama beberapa menit dan diamkan terlebih dahulu.

Diketahui kandungan cuka apel dapat membantu menyejukan kulit wajah yang terbakar dan juga dapat membantu penyembuhan kulit wajah yang terbakar.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai manfaat cuka apel tahesta untuk kencantikan maupun untuk kesehatan tubuh, selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *