4 Manfaat Baby Oil untuk Wajah, Kecantikan dan Cara Pakainya

Manfaat Baby Oil untuk Wajah – Baby oil merupakan produk yang didesain khusus untuk bayi. Sesuai namanya, baby oil berbentuk minyak bening tidak berwarna serta tidak berbau. Baby oil diproduksi khusus untuk bayi sehingga bersifat aman untuk bayi.

Selain aman digunakan dan bermanfaat untuk bayi, siapa sangka baby oil juga bermanfaat untuk anak-anak bahkan orang dewasa. Baby oil jika digunakan oleh orang dewasa dapat memberikan dampak pada wajah dan kecantikan.

Manfaat baby oil untuk kecantikan diantaranya adalah sebagai pelembap kulit wajah, pelembap bibir, pembersih make up, mengatasi lingkaran hitam pada mata, menebalkan alis, melembapkan kutikula kuku hingga sebagai pengganti krim cukur.

Baca Juga  Apa Itu Vinegar? Berikut 9 Jenis Vinegar dan Manfaatnya

Menjadi cantik dan mampu senantiasa merawatan kecantikan adalah impian setiap wanita. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Apalagi di jaman sekarang dimana produk perawatan kecantikan semakin banyak variasi dan pilihannya.

Selain produk kecantikan khusus dewasa yang banyak beredar di pasaran, baby oil juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan. Hal ini karena kegunaaan baby oil sangat banyak termasuk dalam menjaga dan merawat kecantikan.

Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan

manfaat baby oil untuk kecantikan
Baby oil berguna untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan. Karena sifatnya yang aman bagi kulit bayi, anak-anak dan dewasa sekalipun, baby oil dapat dipakai dan dijadikan altenatif dalam merawat kulit. Baby oil berguna untuk merawat kecantikan seperti rangkuman berikut.

1. Sebagai Pelembap

Seperti yang kita ketahui bahwa manusia didesain secara alami untuk memiliki kelenjar keringat dan kelenjar minyak di dalam tubuhnya. Fungsi keringat adalah untuk menjaga kulit tubuh agar tidak kering karena paparan sinar matahari.

Kelenjar keringat mempertahankan kelembapan kulit dengan cara mengeluarkan keringat dalam bentuk air. Namun, air akan cepat mengering jika terpapar sinar matahari. Karena itulah kelenjar keringat bekerja sama dengan kelenjar minyak.

Minyak dapat menahan air dari penguapan berlebih yang disebabakan oleh paparan sinar matahari. Dengan cara itulah produk kecantikan yang terbuat dari minyak termasuk baby oil membantu melembapkan kulit. Selain membantu melembapkan kulit, kegunaan baby oil juga untuk melembapkan bibir serta menjaga agar kulit tetap elastis.

Baca Juga  Pelurus Rambut Alami 20 Menit yang Bisa Dibuat Dirumah

2. Sebagai Pembersih

Membersihkan wajah dengan sabun merupakan hal yang tidak asing bagi wanita. Karena sabun bisa menghilangkan minyak berlebih yang muncul di wajah. Meski begitu, membersihkan wajah dengan minyak kini telah menjadi tren. Hal itu karena fungsi minyak termasuk fungsi baby oil yang dapat menghidrasi dan menenangkan kulit.

Produk kecantikan untuk membersihkan wajah seperti sabun pembersih dan lain sebagainya mengandung surfaktan yang biasa digunakan untuk membuat deterjen, sedangkan surfaktan sifatnya kasar untuk wajah.

Sebaliknya membersihkan wajah berminyak dengan menggunakan minyak tidak akan membuat wajah terasa semakin berminyak. Hal ini karena minyak yang digunakan sebagai pembersih wajah dapat menyerap minyak alami pada wajah sehingga minyak diklaim dapat membersihkan wajah dengan lebih efektif dibanding produk pembersih wajah biasa.

Fungsi baby oil untuk wajah sebenarnya tidak berbeda dengan kegunaannya. Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi dan kegunaan merupakan kata yang artinya sama saja. Baby oil memiliki fungsi yang bermacam-macam untuk wajah mulai dari melembutkan kulit, menghapus maskara hingga menggantikan krim cukur.

Manfaat Baby Oil untuk Wajah

manfaat baby oil
Berikut di bawah ini adalah beberapa macam manfaat baby oil untuk wajah yang bisa diberikan, lalu apa sajakah itu?

1. Membersihkan wajah

Membersihkan wajah merupakan rutinitas tak terhindarkan dalam kamus seorang wanita. Aktivitas membersihkan wajah bagi wanita bahkan dilakukan berkali-kali mulai dari saat mandi, sebelum memakai make up, dan saat selesai bekerja untuk membersihkan make up dari wajah.

Meskipun pembersih wajah yang umum digunakan adalah sabun muka, namun terlalu sering menggunakan sabun muka bisa berdampak tidak baik pada kulit. Hal ini dapat terjadi karena pada dasarnya sabun muka mengandung surfaktan yang memberikan efek berbusa pada sabun seperti halnya detergen.

Manfaat baby oil untuk wajah ini memang dapat menghilangkan minyak di wajah tetapi jika digunakan terus menerus dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Alternatif lain yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah adalah baby oil. Manfaat baby oiluntuk wajah salah satunya adalah untuk membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up yang menempel.

2. Melembapkan kulit

Menjaga kulit tetap lembap merupakan langkah yang penting dan wajib dilakukan setiap hari. Hal ini karena setiap hari kita harus menghadapi sengatan sinar matahari. Terlebih bagi orang-orang yang aktif di luar rumah atau memiliki pekerjaan yang menuntut aktivitas di lapangan.

Menjaga kulit agar tetap lembap menjadi agenda wajib. Melembapkan kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara karena banyak sekali produk perawatan kecantikan yang tersedia di pasar.

Selain menggunakan produk perawatan kecantikan, menggunakan baby oil juga bisa dilakukan karena manfaat baby oil untuk wajah salah satunya adalah melempabkan kulit.

Baby oil melembapkan kulit dengan cara menahan kandungan air dan keringat pada kulit agar tidak cepat menguap meskipun terpapar sinar matahari.

Baca Juga  5 Manfaat BB Cream Wardah dan Kisaran Harganya

3. Melembutkan kulit

Selain melembapkan dan membersihkan, manfaat baby oil untuk wajah adalah untuk melembutkan kulit. Kulit yang lembut dan halus dapat diperoleh dengan memberikan nutrisi dan perlakuan yang tepat pada kulit.

Caranya bisa dengan mengaturnya melalui diet maupun dengan penggunaan produk perawatan eksternal pada kulit yang bisa melembutkan kulit. Selain dengan menggunakan produk perawatan kecantikan yang bisa melembutkan kulit, kulit yang lembut juga bisa dicapai dengan cara mengaplikasikan baby oil pada kulit wajah. Dengan begitu, manfaat baby oil untukwajah yaitu melembutkan kulit bisa terlihat.

4. Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit merupakan salah satu manfaat baby oil untuk wajah. Manfaat ini bisa didapatkan dengan cara mengoleskan baby oil pada kulit, biarkan sebentar agar menyerap lalu bersihkan dengan kapas, tisu atau handuk. Manfaat yang diberikan baby oil dalam mencerahkan kulit termasuk memudarkan lingkaran hitam pada mata.

Dengan manfaatnya yang begitu banyak untuk kecantikan, baby oil merupakan salah satu kandidat produk perawatan yang dapat dijadikan alternatif untuk menggantikan produk perawatan kecantikan konvensional.

Cara Memakai Baby Oil Untuk Wajah

cara memakai baby oil untuk wajah
Cara memakai baby oil untuk wajah berbeda-beda tergantung manfaat apa yang ingin didapatkan. Jika ingin menggunakan baby oil untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran dan sisa-sisa make up yag menempel, kamu bisa menggunakan metode double cleansing.

Caranya adalah dengan menggunakan baby oil terlebih dahulu baru kemudian menggunakan facial cleanser. Untuk membersihkan wajah dengan metode ini, oleskan baby oil pada wajah secara merata kemudian pijat wajah perlahan dengan lembut kurang lebih selama 3 menit. Setelah itu, basuh wajah menggunakan kapas atau handuk yang telah direndam air hangat. Baru kemudian menggunakan facial cleanser.

Baca Juga  Lupakan Operasi, Ini 3 Cara Meniruskan Pipi Secara Alami

Selain dapat digunakan sebagai pembersih wajah, baby oil juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Cara memakai baby oil untuk wajah sebagai masker dapat dilakukan dengan menambahkan baby oil pada bahan masker yang akan kamu gunakan.

Pilih bahan masker yang ingin kamu gunakan terlebih dahulu, akan lebih baik jika kamu menggunakan bahan-bahan alami sebagai bahan dasar masker kamu seperti alpukat, tomat, kentang dan sebagainya. Misalnya untuk membuat masker alpukat, kamu harus menyiapkan daging buah alpukat matang.

Haluskan daging buah alpukat matang tersebut seperlunya dengan cara ditumbuk maupun diblender. Setelah itu, tambahkan 1 sendok baby oil dan campurkan merata pada daging buah alpukatyang telah dihaluskan. Oleskan masker tersebut ke seluruh wajah dan leher secara mata kecuali daerah mata dan bibir. Diamkan sekitar 30 menit atau hingga mengering sebelum dibilas dengan air bersih.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *