Kalori Nasi Putih Vs Mie Instan, Lebih Besar Mana?

Kalori Nasi Putih – Ada banyak makanan yang sudah hadir di Indonesia saat ini. Bahkan berbagai jenis makanan yang hadir di Indonesia memiliki cukup banyak manfaat, gizi dan juga kalorinya masing-masing.

Agar kita hidup sehat tentunya ketika mengonsumsi sebuah makanan harus disesuaikan dengan Vitamin maupun kandungan lain yang ada di dalamnya.

Tradisi Masyarakat Indonesia, Makan Tidak Lengkap Tanpa Nasi

manfaat nasi

Tentu belum sah jika disebut sebagai warga Indonesia apabila tidak memasukkan menu nasi putih pada menu utama ketika Anda akan makan. Baik itu makan pagi, siang, sore, malam dan lainnya. Bahkan terkadang beberapa orang memutuskan untuk mengonsumsi mie instan dan beberapa makanan lainnya dengan tetap menambahkan nasi putih.

Lalu, apakah nasi yang dikonsumsi dengan beberapa lauk lain bahkan mie instan ini sudah cukup dalam pemenuhan kalori kita setiap harinya? Atau bahkan makanan yang akan kita konsumsi ini sangat melebihi jumlah kalori dari yang kita butuhkan?

Baca Juga  Galau Cari Moisturizer Terbaik dan Bagus? Ini 3 Tipsnya

Mungkin beberapa orang bahkan paham bahwa kalori pada nasi putih ini membuat beberapa orang tertarik untuk mengonsumsinya dengan beberapa makanan lain.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kalori nasi putih justru terbilang cukup tinggi. Bahkan ada beberapa orang yang memutuskan untuk mencari beberapa pengganti nasi putih untuk dikonsumsi. Beberapa contohnya seperti nasi shirataki, nasi kongbap, quinoa bahkan oats. Beberapa menu ini dipilih karena dirasa mengenyangkan namun memiliki kalori yang rendah. Bahkan ada juga yang tidak mengandung kalori sedikitpun.

Perbandingan Kalori Nasi Putih Vs Mie Instan

kalori mie instan

Setelah membandingkan kalori nasi putih dengan beberapa menu penggantinya dengan kadar kalori yang bisa dibilang jauh lebih rendah, lalu bagaimana perbandingan kalori nasi putih dengan kalori mie instan?

Apalagi sudah menjadi hal yang wajar bahwa masyarakat Indonesia makan mie instan dengan nasi putih. Memang terasa mengenyangkan, namun apakah hal ini sudah benar?

Mie instan memang dikenal karena mudah untuk dibuat, apalagi harganya terjangkau dan memiliki rasa yang sangat lezat. Siapa pun bisa membuat mie instan ini hanya dalam waktu yang singkat. Anda pun bisa memilih mie instan sesuai dengan selera, karena sudah banyak rasa yang dijual di pasaran saat ini baik itu mie kuah maupun mie goreng.

Namun, kalori mie instan dengan satu porsi 70 gramnya adalah 370 kalori. Sedangkan untuk kalori pada nasi putih dengan berat yang sama justru hanya akan mengandung 91 kalori.

Jadi, anggapan apabila mengonsumsi nasi putih lebih menyenangkan dibandingkan mengonsumsi mie instan lebih dari satu porsi, maka bisa dibilang hanya sugesti saja.

Apalagi jika mengonsumsi nasi dan juga mie instan. Hal ini pun sudah dibuktikan dari adanya perhitungan akan kalorinya masing-masing. Baik itu kalori dari nasi putih maupun mie instan. Kesimpulannya bahwa kalori yang ada pada mie instan ini akan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan nasi putih.

Cara Menghitung Kalori Nasi Putih

cara menghitung kalori nasi

Di dalam 1 mangkuk nasi putih, kandungan kalori nasi putih sekitar 204 kalori. Bahkan jumlah ini adalah angka yang masuk dalam pemenuhan 10% kebutuhan angka kecukupan gizi harian. Sebab, jika dalam sehari mengonsumsi nasi putih selama 3 kali, jadi artinya kalori dari nasi putih ini sendiri sudah mencapai 600 kalori. Bahkan ini pun belum ditambahkan dengan menu atau lauk lainnya.

Untuk beberapa perbandingan kalori nasi putih dan beberapa kalori dari jenis pengganti nasi yang saat ini juga sedang cukup terkenal diantaranya adalah:

• Beras shirataki : 0 kalori

• Mie shirataki: 15 kalori

• Beras merah : 110 kalori

• Roti gandum : 259 kalori

• Nasi kongbap: 100 kalori

• Oatmeal : 160 kalori

• Kentang : 89 kalori

• Buah bit : 100 kalori

Selain beberapa jenis makanan di atas, masih ada juga beberapa makanan lain pengganti dari nasi putih dengan kandungan kalori yang jauh lebih rendah. Terkadang beberapa orang pun tidak selalu mengganti nasi putih dengan beberapa bahan lain untuk diet saja. Melainkan untuk berbagai pertimbangan bagi kesehatan.

Baca Juga  Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Baik itu para penderita diabetes yang lebih memilih untuk mengonsumsinya sebagai pengganti nasi putih. Apalagi nasi putih juga memiliki kadar gula yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan beberapa pengganti nasi yang sudah disebutkan di atas.

Memilih Beras Shirataki Sebagai Pengganti Nasi Putih

Seiring maraknya kesadaran dari beberapa orang untuk mengonsumsi makanan yang sehat, saat ini nasi putih tidak lagi menjadi salah satu menu wajib yang harus Anda sediakan di meja makan setiap kali waktu makan tiba. Apalagi saat ini sudah banyak tren makanan sehat yang bisa Anda pilih sebagai salah satu pengganti dari nasi putih.

Nah, untuk salah satu alternatif yang biasanya dipilih oleh beberapa orang adalah makanan yang akan kaya serat. Tentu akan sangat disayangkan apabila jenis makanan yang dipilih ini akan tinggi protein namun rendah serat karena hanya akan membuat banyak orang yang merasa kelaparan. Apalagi ada salah satu pilihan nasi yang sudah dipilih oleh beberapa orang yaitu beras shirataki.

Baca Juga  5 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Beras shirataki ini sendiri terbuat dari beberapa sayuran dan juga umbi-umbian. Bentuknya seperti nasi hanya saja jauh lebih pipih dan memiliki warna yang tidak pekat seperti nasi putih bahkan cenderung lebih transparan. Untuk rasanya sendiri cenderung lebih tawar.

Meskipun beras shirataki ini memiliki kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kalori nasi putih pada umumnya, Anda harus tetap mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat. Baik itu mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, berolahraga, istirahat cukup, dan lain sebagainya.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *