Cuka Apel untuk Jerawat, Apakah Aman Digunakan?

Cuka Apel untuk Jerawat – Penggunaan cuka apel untuk perawatan wajah memang sedang menjadi bahasan menarik di media cetak maupun di media online. Sudah banyak artikel yang membahas tentang manfaat cuka apel untuk kecantikan wajah, terutama manfaat cuka apel untuk jerawat.

Baik untuk meredakan jerawat yang meradang, menghilangkan jerawat, sampai memudarkan bekas jerawat. Tapi, yang benar saja jika cuka apel digunakan untuk perawatan wajah? Bukankah selama ini cuka apel hanya digunakan untuk menciptakan cita rasa yang lezat pada makanan?

Baca Juga  Pelurus Rambut Alami 20 Menit yang Bisa Dibuat Dirumah

Cuka Apel Untuk Jerawat

Hal tersebut memang tidak salah! Tetapi kenyataannya, hari ini, cuka apel benar-benar digunakan untuk perawatan wajah terutama bagi orang-orang yang wajahnya cenderung berjerawat. Mungkin beberapa dari kalian bergidik ngeri membayangkan cuka apel menempel di wajah kalian.

Bukan saja karena selama ini kalian mengenalnya untuk menciptakan cita rasa yang lezat pada makanan, tetapi aroma cuka apel yang cukup menusuk hidung. Exactly! Bagi kalian yang tidak asing dengan cuka apel, mungkin kalian bisa membayangkan bagaimana aromanya.

Bisa dikatakan bahwa aromanya tidak terlalu sedap dan cenderung berbau busuk. Bagi kalian yang terlalu sensitif dengan aroma mungkin tidak akan tahan dengan aroma cuka apel yang terlalu menyengat.

Selain itu, jika diaplikasikan pada kulit wajah akan muncul sedikit rasa perih. Terlebih jika wajah cenderung sensitif, maka dapat menyebabkan luka bakar yang lebih parah. Jadi, apakah cuka apel untuk jerawat benar-benar aman untuk diaplikasikan pada wajah, terutama wajah yang berjerawat?

kandungan cuka apel
Kandungan Cuka Apel

Sebelum kita membahasnya lebih jauh, mungkin ada baiknya jika kita tahu apa yang sesungguhnya terkandung dalam cuka apel. Perlu kalian ketahui bahwa cuka apel mengandung antioksidan dan antibakteri yang cukup tinggi.

Jika melihat dua kandungan ini, maka siapa pun setuju jika cuka apel bisa digunakan sebagai salah satu cara perawatan wajah secara alami. Termasuk cuka apel untuk mengobati jerawat. Memang apa lagi yang terkandung di dalam cuka apel kok bisa sampai digunakan sebagai obat jerawat?

Baca Juga  5 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Selain mengandung antioksidan dan antibakteri, dalam cuka apel juga terdapat kombinasi kandungan asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinat di mana kombinasi ini memiliki peran penting untuk mengobati jerawat. Nah, asam asetat yang terkandung dalam cuka apel inilah yang dapat bertindak memecah keratin yang menyumbat pori-pori, di mana jika pori-pori tersebut dapat menyebabkan munculnya jerawat.

bahaya cuka apelApakah Cuka Apel Aman Digunakan? Apa Efek Sampingnya?

Bagi kalian yang memiliki wajah berjerawat sebaiknya jangan buru-buru mengaplikasikan cuka apel pada wajah kalian. Sebab, cuka apel yang oleh sebagian orang digunakan sebagai pengganti toner ini bisa memberikan efek yang berbeda, tergantung jenis kulitnya. Bagi kalian yang memiliki jenis kulit normal, mungkin saja cuka apel akan bermanfaat dan memberikan hasil yang memuaskan bagi wajah kalian.

Tetapi bagi kalian yang memiliki jenis kulit sensitif atau memiliki problem yang kompleks dan serius, penggunaan cuka apel bisa jadi justru memperparah kondisi kulit kalian. Terlebih, ilmu medis belum mengeluarkan studi ilmiah yang bisa benar-benar membuktikan manfaat dan keamanan penggunaan cuka apel ini.

Dari laman Men’s Health, seorang asisten dokter dari Fakultas Kedokteran Baylor College of Medicine, Rajani Katta, MD, membenarkan manfaat cuka apel untuk wajah berjerawat karena kandungan asam asetat di dalamnya.

Selain itu, asisten dosen di Fakultas Dermatologi NYU Langone Health, menambahkan bahwa dalam cuka apel mengandung asam alfa hidroksi yang mampu mempercepat pengelupasan kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan menyerap minyak sehingga dapat mengeringkan sekaligus memudarkan perubahan warna kulit yang tidak merata akibat bekas jerawat.

Baca Juga  Lupakan Operasi, Ini 3 Cara Meniruskan Pipi Secara Alami

Namun, studi yang sudah ada tersebut merupakan penelitian kecil yang dilakukan di laboratorium dan sebatas meneliti tentang kandungan cuka apel. Nah, itulah mengapa kalian sebaiknya tidak terburu-buru untuk mengaplikasikan cuka apel pada wajah kalian. Akan lebih baik jika sebelum pengaplikasian, kalian mengenali jenis kulit kalian terlebih dahulu.

Bagi orang-orang yang selama ini sudah mengaplikasikan cuka apel sebagai pengganti toner, mereka biasanya tidak langsung mengaplikasikan cuka apel pada wajah mereka, melainkan juga mencampurnya dengan air.

Selain akan mengurangi aroma cuka apel yang benar-benar tidak sedap, cara pengaplikasian tersebut juga bisa mengurangi rasa perih atau bahkan luka bakar yang muncul jika pengaplikasian cuka apel tersebut tidak dicampur dengan air. Dokter Listya Paramita, Sp.KK, yang juga mengisi kolom Experts di Hallo Sehat juga mengungkapkan bahwa cuka apel sebenarnya tidak disarankan untuk langsung dioleskan pada kulit.

Selain memiliki kandungan seperti telah disebutkan di atas, cuka apel juga memiliki pH yang cukup tinggi, yaitu sekitar 2-3. Dengan pH asam yang tinggi tersebut, maka penggunaan cuka apel menjadi rentan menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan pada kulit wajah dengan jenis kulit sensitif. So, jangan sembarangan yang menggunakan cuka apel untuk jerawat wajah, ya!

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *