Bersih Kinclong, Ini 7 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju – Menemukan noda di baju sudah menjadi hal biasa bagi seorang ibu. Namun, apa jadinya jika noda yang ditemui di baju ternyata tidak hilang meski sudah dicuci. Pasti bajunya jadi tidak enak dipandang karena tampilan noda yang mengganggu.

Noda di baju ada bermacam-macam jenisnya. Beberapa noda yang biasa ditemukan pada baju diantaranya noda buah, noda kopi, noda saus, noda minyak, dan sebagainya. Selain noda yang telah disebutkan, tinta merupakan salah satu bahan yang dapat memberikan noda di baju.Setiap jenis noda membutuhkan perlakuan khusus untuk menghilangkan noda dan membuat baju menjadi bersih kembali.

Tinta merupakan bahan yang mengandung pigmen warna. Tinta umum digunakan untuk mewarnai suatu permukaan. Tinta merupakan komponen utama yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat pena, spidol dan berbagai alat lain yang digunakan untuk menggambar dan menulis.

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju Putih Dengan 7 Bahan

cara menghilangkan noda tinta di baju putih

Noda tinta sering ditemukan pada seragam sekolah dan termasuk jenis noda yang membandel. Meski begitu, ada beberapa cara menghilangkan noda tinta dibaju yang bisa digunakan.

Caranya adalah dengan menggunakan beberapa bahan yang efektif untuk membersihkan atau menghilangkan noda tinta sehingga bisa bersih kiclong seperti baru. Bahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Soda kue

Soda kue merrupakan bahan yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran karena banyak digunakan untuk membuat kue. Meskipun umumnya digunakan sebagai pengembang untuk membuat kue, soda kue memiliki berbagai manfaat lain.

Soda kue yang juga disebut dengan baking soda ini dapat menghilangkan noda tinta di baju dengan efektif. Ini karena soda kue memiliki sebutan lain yaitu natrium bikarbonat. Senyawa natrium bikarbonat mirip dengan senyawa sodium karbonat, yaitu senyawa soda yang digunakan untuk mencuci. Karena itulah soda kue dapat digunakan sebagai bahan dalam cara menghilangkan noda tinta di baju putih.

Soda kue merupakan bahan pembersih yang tidak hanya mampu membersihkan noda di baju, tetapi juga bisa mencerahkan baju putih. Untuk membersihkan noda tinta di baju, baking soda dapat dicampur dengan cuka. Campuran tersebut dapat dioleskan pada noda tinta yang menempel di baju dan didiamkan kurang lebih 20 menit. Cuci baju dengan menggunakan mesin cuci.

Baca Juga  5 Cara Menghilangkan Sablon di Baju Sesuai Dengan Jenisnya

2. Susu

Susu yang merupakan bahan umum untuk membuat makanan atau minuman ini ternyata memiliki fungsi lain, yaitu untuk membersihkan noda tinta di baju. Meskipun noda tinta sifatnya bandel dan sulit untuk dihilangkan, namun susu memiliki kelebihannya sendiri yang bisa membantu menghilangkan noda tinta di baju.

Susu dapat menghilangkan noda tinta karena di dalam susu terkandung zat yang bernama laktosa. Laktosa merupakan zat yang sudah terbukti dapat membersihkan noda tinta di baju dengan ampuh. Selain membersihkan noda tinta, menggunakan susu sebagai agen pembersih noda tinta memiliki kelebihan lain yaitu tidak akan merusak baju.

Cara menghilangkan noda tinta di baju menggunakan susu dapat dilakukan dengan cara baju direndam selama beberapa menit menggunakan susu. Kemudian, gosok baju secara perlahan pada bagian yang terkena noda tinta. Setelah itu, bilas dan bersihkan baju dengan menggunakan air dingin.

3. Cuka

Cuka merupakan bahan masakan yang terkenal dengan rasanya yang asam dan baunya yang menyengat. Karena sifatnya yang asam, cuka dapat digunakan untuk menghilangkan noda, salah satunya adalah noda tinta di baju. Meski begitu, cuka harus dicampur terlebih dahulu dengan air sebelum digunakan untuk membersihkan noda tinta di baju.

Jika tidak dicampur dengan air terlebih dahulu, alih-alih membersihkan noda tinta di baju, baju juga akan rusak karena sifat asam cuka yang terlalu kuat. Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan menggunakan cuka sangat mudah, yaitu dengan merendam baju yang memiliki noda tinta menggunakan cuka yang telah dicampur air selama beberapa saat.

Setelah merendam baju dengan noda tinta menggunakan campuran cuka dan air, baju harus dibilas terlebih dahulu sebelum dapat dicuci menggunakan mesin cuci.

4. Sabun cuci piring

cara menghilangkan noda tinta
Siapa yang tidak kenal sabun cuci piring. Bagi ibu rumah tangga, bahan ini merupakan rekan pembersih piring kotor yang bisa dijumpai setiap hari. Meski begitu, ternyata sabun cuci piring masih memiliki manfaat lain di samping membersihkan piring kotor. Manfaat tersebut adalah untuk membersihkan noda tinta di baju.

Soda kue dan cuka dapat membersihkan noda tinta di baju putih, sebaliknya sabun cuci piring digunakan dalam cara membersihkan noda tinta di baju berwarna. Hal ini karena sabun cuci piring dapat membuat warna baju awet dan bebas kusam. Selain menghilangkan noda tinta, sabun cuci piring juga dapat menghilangkan noda yang licin dan berminyak seperti noda makanan dan kosmetik.

Cara menghilangkan noda tinta di baju menggunakan sabun cuci piring sangat sederhana, yaitu cukup dengan mengoleskan cairan sabun cuci piring pada noda tinta di baju. Biarkan baju selama beberapa menit kemudian bilas terlebih dahulu. Setelah itu, barulah baju bisa dicuci seperti biasa menggunakan mesin cuci.

5. Cairan alkohol

Alkohol merupakan bahan yang sudah terbukti dapat menghilangkan noda tinta di baju. Dengan menggunakan alkohol, noda tinta di baju bisa dihilangkan dengan cepat. Namun, karena sifat senyawanya yang keras, penggunaan alkohol sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju hanya direkomendasikan pada baju berwarna putih.

Dengan kata lain, penggunaan alkohol sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju berwarna sangat tidak dianjurkan. Ini karena alkohol dapat menyebabkan warna asli pada baju memudar sehingga baju berwarna bisa tampak kusam. Bahan-bahan beralkohol yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta diantaranya spriritus, hand sanitizer gel, serta hairspray non-aerosol.

Cara menghilangkan noda tinta dibaju putih dengan menggunakan cairan alkohol dapat dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan penggunaan bahan lain, yaitu dengan menyemprotkan alkohol ke noda tinta di baju. Semprotkan alkohol pada noda di baju hingga permukaan noda mulai memudar.

Setelah itu, gosok pada bagian noda tinta secara perlahan agar tidak merusak kain. Kemudian bilas baju dengan air dingin untuk menghilangkan noda tinta secara keseluruhan.

6. Pasta gigi

Pasta gigi yang biasa digunakan untuk membersihkan gigi ternyata bermanfaat untuk menghilangkan noda tinta di baju. Hal ini karena pasta gigi mengandung zat kimia yang disebut hidrogen peroksida.

Hidrogen peroksida dalam konsentrasi tinggi dapat menjadi racun. Namun, dalam konsentrasi yang rendah yaitu sekitar 3 persen dapat digunakan untuk membersihkan atau menghilangkan noda tinta di baju. Cara kerja zat kimia ini dalam menyingkirkan noda yang membandel sangat cepat dan cara penggunaanya mudah.

Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan pasta gigi sangat mudah, cukup dengan mengoleskan pasta gigi pada noda tinta yang menempel pada baju. Setelah itu, gosok bagian baju yang terkena noda tinta tersebut dengan perlahan dan lembut hingga noda tintanya menghilang. Bilas baju dengan air bersih, kemudian cuci baju dengan cara biasa.

7. Aseton

Aseton merupakan zat kimia berbau tajam dan tidak berwarna yang digunakan untuk membersihkan cat kuku. Selain dapat membersihkan cat kuku, aseton terkenal sebagai bahan pembersih yang dapat menghilangkan berbagai noda seperti noda tinta, spidol, noda cat tembok, membersihkan kerak di lantai, menghilangkan getah, lem, minyak dan lilin.

Aseton memiliki banyak manfaat karena sifatnya sebagai pelarut. Cara menghilangkan noda tinta di baju menggunakan aseton dapat dilakukan dengan cara meneteskan 1-2 tetes aseton secara merata pada noda tinta di baju.

Gunakan kain bersih untuk menyerap noda tinta di baju dengan cara menekan-nekan kain tersebut pada noda tinta di baju. Setelah itu, rendam baju dengan air hangat yang kemudian dicampur dengan detergen. Rendam baju kurang lebih 30 menit kemudian baju bisa dicuci seperti biasa.

Aseton juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju putih yang sudah lama dan membandel. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara di atas, hanya saja baju yang memiliki noda tinta tidak direndam dengan air hangat yang dicampur detergen, tetapi menggunakan air dingin yang dicampur sedikit garam dapur. Ulangi langkah sampai noda tinta benar-benar hilang.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *