Penyebab, dan 5 Cara Menghilangkan Belang di Wajah

Cara Menghilangkan Belang di Wajah – Memiliki kulit wajah yang lembut, cerah dan sehat merupakan impian bagi semua orang, akan tetapi terkadang keinginan Kita tidak sesuai dengan apa yang Kita harapkan dan terkadang bisa timbul berbagai macam permasalahan pada kulit wajah.

Mulai dari adanya jerawat nakal sampai adanya belang pada wajah, kedua permasalahan tersebut memanglah seringkali dialami dan terkadang membuat Kita tidak percaya diri saat berbaur dengan teman-teman maupun dengan orang-orang tercinta.

Akan tetapi Kamu tak perlu khawatir karena semua permasalahan tersebut ada jalan keluarnya, karena ada banyak cara menghilakangkan belang di wajah yang bisa Kamu coba dirumah, sebelum Kamu mengetahuinya ada baiknya ketahui apa penyebabnya terlebih dahulu.

Apakah Penyebab Belang di Wajah?

penyebab belang di wajah
Belang di wajah tentunya bisa sangat menggangu dan sangat mudah untuk melihat apakah kulit wajah Kamu belang atau tidak yaitu dengan cara melihat warna kulit wajah dengan menggunakan bantuan cermin dan Kamu bisa membedakan apakah kulit Kamu terlihat belang atau tidak.

Ternyata belakang di wajah maupun pada bagian kulit lainnya pada anggota tubuh bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, dan berikut ini adalah beberapa penyebab belang di wajah yang Saya kutip dari laman Stylecaraze:

1. Terkena Paparan Sinar Matahari

Penyebab belang di wajah yang pertama adalah karena terkena paparan sinar matahari, karena jika kulit wajah Kamu terkena paparan sinar matahari terutama cahaya matahari pada siang hari maka kulit akan menghasilkan melanin berlebihan.

Dimana pigmen-pigmen pada kulit ini akan menyerap sinar UV, yang pada akhirnya bisa merusak sel-sel kulit wajah Kamu dan membuat area kulit yang wajah berubah menjadi lebih gelap daripada yang lain dan hal ini juga menyebabkan hiperpigmentasi.

2. Akibat Hiperpigmentasi

Jika ada bagian kulit Kamu yang mengalami luka, dan akhirnya menimbulkan bekas luka mungkin akan merubah kulit Kamu menjadi lebih gelap dan bisa membuat warna kulit menjadi belang sama halnya dengan bekas jerawat yang bisa menimbulkan bekas pada wajah.

Baca Juga  Cuka Apel untuk Jerawat, Apakah Aman Digunakan?

3. Perubahan Hormon

Penyebab kulit belang selanjutnya adalah karena adanya perubahan hormon pada tubuh, karena jika Kamu sedang mengalami kehamilan atau sedang menggunakan pil KB maka otomatis ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan produksi melanin yang tinggi.

Kondisi ini disebut dengan melasma, dan dapat menyebabkan warna kulit Kamu menjadi tidak rata atau belang, selain itu mungkin Kamu juga bisa mendapatkan melasma jika kulit Kamu alergi terhadap produk-produk kosmetik atau obat-obatan tertentu.

4. Akibat Penuaan

Penyebab yang terakhir adalah akibat penuaan, dimana seiring bertambahnya usia, pada umumnya Kita akan mendapatkan bintik-bintik pada wajah yang berkaitan dengan bertambahnya usia dan penuaan juga bisa menimbulkan belang pada area wajah sehingga hal ini merupakan hal normal yang sering terjadi.

Cara Menghilangkan Belang di Wajah Dengan Alami

cara menghilangkan belang di wajah dengan alami
1. Krim Alami Dari Susu Kambing

Bahan-Bahan:

– 2 sdt susu kambing.
– 1 sdt tepung gram.
– 1 sdt Soda kue.

Cara membuatnya:

Cara menghilangkan belang di wajah adalah dengan mencampurkan semua bahan-bahan dalam mangkuk bersih, lalu aduk-aduk secara merata.

Sebelum Kamu mengoleskan krim alami tersebut jangan lupa untuk membersihkan area wajah Kamu menggunakan air bersih dan lap sampai kering lalu oleskan secara merata ke bagian wajah Kamu.

Baca Juga  4 Manfaat Baby Oil untuk Wajah, Kecantikan dan Cara Pakainya

Setelah itu tunggulah krim alami ini sampai mengering, lalu cuci wajah Kamu menggunakan air bersih dan lap hingga bersih.

Perlu Kamu ketahui bahwa susu kambing sangatlah lembut, dan dari semua jenis susu tingkat pH-nya paling dekat dengan kulit Kita dan sangat bermanfaat untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati untuk membuat warna kulit Kamu jadi merata.

Dan pengunaan tepung Gram membuat kulit Kamu jadi lebih kencang, dan baking soda bermanfat sebagai pengelupas kulit secara alami.

2. Masker Susu

cara menghilangkan belang di wajah dengan susu
Bahan-Bahan:

– 2 Sdt susu bubuk putih.

– 1 Sdm jus jeruk.

Cara Membuatnya:

Cara menghilangkan belang di wajah, pertama-tama Kamu campurkan kedua bahan-bahan tersebut kedalam wadah atau mangkok bersih dan aduk-aduk secara merata dan jangan lupa untuk untuk membersihkan area wajah Kamu menggunakan air bersih dan lap sampai kering.

Lalu oleskan secara merata ke bagian wajah secara tipis dan biarkan masker susu ini mengering terlebih dahulu, lalu cuci wajah Kamu dengan air hangat dengan panas suam-suam kuku.

Perlu Kamu ketahui bahwa susu bubuk mengandung asam laktat yang memiliki efek untuk mencerahkan kulit wajah dan juga bisa bermanfaat untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati.

Selain itu susu bubuk juga dapat mmebuat kulit wajah kamu terhidrasi dan membuatnya semakin lembut, sedangkan jus jeruk tanpa gula mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk menutup sel pori-pori dan membuat kulit Kamu lebih bersinar.

3. Lemon, Gula, Dan Minyak Kelapa

cara menghilangkan belang di wajah dengan gula
Bahan-Bahan
:

– 1 Sdt minyak kelapa.
– 1 sdm gula pasir.
– ½ Sdt jus lemon.

Cara Membuatnya:

Pertama-tama, Kamu campurkan semua bahan-bahan tersebut kedalam wadah atau mangkok bersih dan aduk-aduk secara merata dan jangan lupa untuk untuk membersihkan area wajah Kamu menggunakan air bersih dan lap sampai kering.

Kemudian oleskan masker tersebut pada area wajah Kamu secara merata dan gosok dengan lembut dan hindari masker ini dari area di sekitar mata dan diamkan beberapa saat, lalu cuci dengan air air hangat dengan panas suam-suam kuku.

Perlu Kamu ketahui bahwa jus lemon memiliki sifat astringen dimana sifatnya ini dapat mengurangi bintik-bintik gelap pada wajah sehingga akan memberikan warna kulit wajah yang lebih merata.
Sedangkan gula pasir berfungsi untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, dan minyak kelapa berfungsi untuk menjaga kulit Kamu agar tetap lembab.

4. Kunyit, Yogurt, dan Lemon

cara menghilangkan belang di wajah dengan lemon
Bahan-Bahan:

– 2 Sdm yogurt tawar.
– 1 Sdt kunyit.
– ½ jus lemon

Cara Membuatnya:

Cara menghilangkan belang di wajah selanjutnya adalah campurkan semua bahan-bahan tersebut kedalam wadah atau mangkok bersih dan aduk-aduk secara merata dan jangan lupa untuk untuk membersihkan area wajah Kamu menggunakan air bersih dan lap sampai kering

Baca Juga  Review Wardah Hydrating dan 12 Manfaat Aloe Vera Gel

Kemudian oleskan krim tersebut ke wajah Kamu dan pijat secara merata kurang lebih selama 2 menit dengan gerakan yang memutar, lalu biarkan secara mengering lalu cuci dengan air bersih lalu keringkan dengan lap bersih.

Perlu Kamu ketahui bahwa yoghurt dan lemon dapat membersihkan sel kulit Kamu dan menyamarkan warna kulit yang belang.

Sedangkan kunyit mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas berbahaya sehingga menjaga kulit Kamu lebih kencang, dan dapat menunda proses penuaan.

5. Madu, Lemon dan Oatmeal

cara menghilangkan belang di wajah
Bahan-Bahan:

– 2 Sdm oatmeal yang telah dihaluskan.
– ½ Sdm jus lemon.
– 2 Sdm madu.
– 4 tetes minyak esensial pohon teh.

Cara Membuatnya:

Cara menghilangkan belang di wajah yang terakhir adalah dengan mencampurkan semua bahan-bahan tersebut kedalam wadah atau mangkok bersih dan aduk-aduk secara merata dan jangan lupa untuk untuk membersihkan area wajah Kamu menggunakan air bersih dan lap sampai kering.

Kemudian oleskan masker tersebut ke wajah Kamu secara merata, lalu biarkan kurang lebih selama 15 menit, dan lepaskan masker tersebut dan cuci menggunakan air bersih lalu jangan lupa lap wajah Kamu.

Perlu Kamu ketahui bahwa oatmeal mengandung saponin dimana kandungan ini dapat membersihkan kulit Kamu secara menyeluruh dan membuatnya menjadi cerah.

Oatmeal juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya sangat cocok untuk semua jenis kulit, sedangkan madu dapat bermanfaat untuk memelihara kulit dan menjaga pori-pori Kamu agar tetap bersih dan jus lemon memiliki sifat asam sitrat yang bekerja untuk mengurangi bintik-bintik gelap dan noda hitam pada wajah.

Itulah tadi penjelasan mengenai penyebab belang di wajah sampai cara menghilangkan belang di wajah yang bisa Kamu prakterakan langsung di rumah, dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id, selamat mencoba.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *