Selain Minum Kopi, Ini 10 Cara Menghilangkan Bau Jengkol

Cara Menghilangkan Bau Jengkol – Makan merupakan kebutuhan semua manusia yang ada di muka bumi. Tanpa makanan manusia akan kehilangan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika satu hari saja aktivitas seseorang tidak berjalan dengan baik karena kekurangan asupan energi, maka hal tersebut akan berdampak pada hari-hari berikutnya.

Di era modern seperti sekarang ini, ada banyak sekali jenis makanan yang bisa dimakan untuk menambah energi dalam tubuh. Dari yang berbau harum semerbak hingga yang sangat menyengat.Salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki bau menyengat adalah Jengkol.

Jengkol merupakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena mempunyai begitu banyak manfaat. Terlepas dari segudang manfaat yang dimiliki buah jengkol, ia tetap dikenal dengan buah yang meninggalkan bau tak sedap di mulut, peralatan dapur, hingga air seni saat buang air kecil.

Namun penikmat jengkol kini tak perlu lagi khawatir karena ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau jengkol pada mulut.

10 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

cara menghilangkan bau jengkol di mulut

Images By; Genpl.co

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol, lalu apa sajakah itu? berikut di bawah ini adalah ulasannya:

1. Menyikat Gigi dan Lidah

Cara menghilangkan bau jengkol yang pertama adalah dengan menyikat gigi setelah makan jengkol merupakan hal yang perlu dilakukan karena aktivitas tersebut merupakan proses pembersihan sisa-sisa jengkol dari rongga mulut. Ini tentu saja akan turut membantu untuk mengusir bau tak sedap akibat dari memakan jengkol.

Saat akan menyikat gigi, disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung aroma mint karena hal tersebut dapat membantu mengurangi bau tak sedap yang dikeluarkan mulut sehabis memakan jengkol.

Yang tak kalah penting adalah menyikat area lidah. Ini perlu dilakukan karena selain menempel pada sela-sela gigi, jengkol juga meninggalkan aromanya pada lidah karenalidah membantu proses pengunyahan saat memakan jengkol.

2. Berkumur Menggunakan Obat Kumur

Di zaman modern ini tentu saja banyak tersedia obat kumur di toko-toko terdekat. Keberadaan obat-obat kumur ini sangat berguna untuk menghilangkan bau tak sedap pada mulut terlebih jika baru saja mengkonsumsi makanan berbau menyengat seperti jengkol.

Untuk mengusir bau tak sedap jengkol yang melekat di rongga mulut, yang perlu dilakukan adalah berkumur menggunakan obat kumur merek apapun karena setiap obat kumur mengandung klorin dioksida yang bermanfaat untuk menghilangkan plak, bakteri pelapis lidah, serta partikel makanan yang menempel di rongga mulut.

3. Berkumur MenggunakanRebusan Daun Sirih dan Garam

Nenek moyang kita terdahulu tentunya sudah mengenal sirih dan garam sebagai bahan yang ampuh yang ampuh untuk menjaga kesehatan mulut. Karena sudah terkenal ampuh, cara lama ini patut untuk dicoba guna menghilangkan bau mulut sehabis memakan jengkol.

Untuk mencoba cara ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti daun sirih, garam, dan air. Cuci bersih daun sirih dan rebuslah dengan air secukupnya. Kemudian tambahkan garam pada rebusan daun sirih.

Jika sudah mendidih, padamkan api kompor dan tunggu rebusan hingga tidak begitu panas dan bisa digunakan untuk berkumur. Berkumurlah beberapa kali menggunakan air rebusan campuram daun sirih dan garam beberapa kali untuk menghilangkan bau jengkol.

Jika ingin mendapatkan efek yang lebih kuat lagi, cobalah untuk mengunyah daun sirih dan garam secara langsung.

4. Meminum Air Putih yang Banyak

Meminum air putih yang banyak tentu mampu menghilangkan dahaga dan membasuh rongga mulut. Semakin sering seseorang meminum air artinya semakin sering pula ia membasuh sisa-sisa jengkol yang melekat di rongga mulut. Dengan melakukan cara menghilangkan bau jengkol tersebut berulang kali, maka aroma tak sedap dari jengkol akan hilang dengan sendirinya.

Meminum banyak air putih juga akan mempengaruhi penyerapan senyawa kimia jengkol di air seni. Semakin banyak air yang masuk tubuh dan disaring oleh ginjal, maka kandungan jengkol yang ada pun akan berkurang kepekatannya. Inilah kemudian yang menyebabkan berkurangnya aroma tak sedap jengkol dari air seni saat buang air kecil.

Baca Juga  Mantap, Ini Resep Cara Membuat Semur Jengkol Agar Tidak Bau

5. Meminum Kopi

Seperti yang sudah diketahui, kopi memiliki aroma yang sangat kuat dan harum. Aroma kopi yang kuat serta harum ini dapat digunakan untuk cara menghilangkan bau jengkol pada mulut.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kopi seperti air hangat, bubuk kopi, dan gula secukupnya. Buatlah kopi sebagaimana biasa anda membuatnya. Kemudian minumlah kopi tersebut selagi masih hangat.

Jika dirasa cara ini belum mampumenghilangkan bau tak enak dari jengkol, maka kamu bisa mencoba untuk mengunyah biji kopi yang sudah disangrai. Biji kopi utuh tentunya biasa.

6. Meminum Susu

cara menghilangkan bau jengko setelah makan jengkol

Seperti yang telah diketahui, susu mampu untuk menetralkan zat kimia yang ada dalam tubuh manusia. Itu sebabnya orang yang baru saja meminum susu tidak diperbolehkan untuk meminum obat agar obat-obatan tersebut tidak dinetralkan oleh susu.

Hal ini juga berlaku untuk penetralan aroma tak sedap dari jengkol oleh susu. Dengan meminum segelas susu maka kamu dapat menetralkan bau khas dari jengkol.

Langkah yang harus dilakukan adalah menyiapkan air hangat dan susu jenis apapun. buatlah susu dengan menggunakan bahan yang telah tersedia. Kemudian minumlah susu dengan cara dikumur-kumur terlebih dahulu baru ditelan. Ini berguna untuk membersihkan sisa-sisa jengkol yang menempel dalam rongga mulut.

Jika ingin meminum lebih dari segelas susu juga tidak masalah karena akan membantu penetralisiran kandungan jengkol yang terdapat di air seni.

7. Meminum Soda

Meminum minuman bersoda juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada mulut sehabis mengkonsumsi makanan menyengat seperti jengkol. Hal yang perlu dilakukan hanyalah berkumur menggunakan minuman berkarbonasi tersebut beberapa kali untuk mengusir aroma tak sedap khas jengkol tersebut.

8. Memakan Semangka atau Mentimun

Buah dan sayuran yang memiliki kandungan air tinggi akan turut membantu dalam proses pengusiran aroma tak sedap jengkol dari mulut.

Contohnya buah semangka dan mentimun. Ini tidak jauh berbeda dengan mengkonsumsi air yang banyak, memakan semangka dan mentimun akan menghilangkan bau jengkol pada mulut dan air seni dengan perlahan.

Tidak hanya semangka dan mentimun yang memiliki kandungan air tinggi, tetapi buah-buahan seperti melon, jeruk, apel pun mempunyai kadar air yang tinggi dan tentunya dapat membantu menghilangkan bau tak sedap pada mulut.

Baca Juga  Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

9. Mengunyah Beras

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan aroma khas dari jengkol adalah dengan mengunyah beras. Cara ini merupakan cara yang jarang sekali diketahui oleh masyarakat.

Langkah pertama yang harus dilakukan saat ingin menggunakan cara ini adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti beras dan air. Langkah selanjutnya ialahmenscuci beras didalam air.

Lalu ambillah beras secukupnya dan kunyah hingga beras menjadi lumayan halus. Setelah itu kumur-kumur dan buanglah beras hasil kunyahan. Konon beras yang bercampur denganair liur dipercaya mampu bertindak sebagai pembersih mulut.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau jengkol yang dapat dilakukan untuk mengusir bau jengkol dari rongga mulutmu. Selamat mencoba!

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *