Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut – Banyak orang yang tidak menyukai jengkol karena baunnya yang tidak sedap. Padahal banyak cara menghilangkan bau jengkol sebelum di masak. Karena perlu Anda ketahui, jengkol ini pada dasarnya memiliki rasanya yang enak. Bagi para pecinta jengkol tentu sangat menikmati rasanya.

Ada beberapa cara menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak diantanya adalah merendamnya dengan menggunakan air es selama semalaman. Kemudian, Anda juga dapat menggunakan daun jambu biji dengan cara merebusnya secara bersamaan. Selain mengurangi bau, daun ini juga bisa mengurangi racun dalam jengkol.

Selanjutnya dengan menggunakan daun jeruk purut, sama halnya daun jambu biji. Anda hanya perlu mengirisnya dan memasukkanya pada rebusan jengkol. Tidak hanya itu, daun salam dan air beras juga bisa mengurangi bau jengkol. Caranya yaitu rendam jengkol selama sehari dengan air beras, kemudian rebus secara bersamaan dengan menggunakan daun salam.

9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dengan alami
Seperti itulah, beberapa cara menghilangkan bau jengkol sebelum di masak. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir dengan bau yang kurang menyedapkan. Tidak hanya bau ketika sebelum di masak, orang yang tidak mau mengonsumsi jengkol karena bau mulut saat atau setelah memakannya.

Sehingga membuat tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain, Namun jangan malu, karena ada beberapa tips atau cara mengilangkan bau jengkol di mulut.

1. Sikat Gigi atau Berkumur

Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan sikat gigi atau berkumur. Cara ini memang tidak begitu efektif namun dapat mengurangi bau mulut ketika sudah memakan jengkol. Alangkah lebih baik jika menggunakan pasta gigi yang mengandung mint.

2. Memakan Semangka atau Mentimun

Kadar air dalam mentimun dan semangka akan mengurangi bau mulut. Selain itu, cara ini juga akan mengurangi bau urin setelah makan Jengkol. Pada dasarnya, semua buah atau sayur yang kaya aka mineral dapat membantu menghilangkan bau mulut

3. Banyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol yang selanjutnya adalah memperbanyak minum air putih. Dengan begitu, akan semakin mengurangi sisa-sisa jengkol di rongga mulut. Selain itu juga bisa mengurangi penyerapan senyawa jengkol pada ginjal, sehingga urin yang dikeluarkan tidak memiliki bau yang menyengat.

4. Minum Kopi

Cara yang selanjutnya adalah meminum kopi. Cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan ini cukup efektif. Kandungan senyawa dalam kopi dapat menghilangkan bau mulut. Untuk lebih efektif, bisa dengan memakan secara langsung biji kopi yang sudah di sangrai.

5. Kunyah Beras

Mengunyah beras juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan bau jengkol di mulut setelah memakannya. Bera ini akan bercampur dengan air liur yang berfungsi sebagai pembersih.

Baca Juga  Cara Membuat Kue Pukis Coklat dan Pandan, Praktis dan Enak

6. Makan Permen Karet

Mengunyah permen karet juga membantu membersihkan sisa jengkol yang menempel di mulut. Dengan begitu cara ini akan lebih efektif. Untuk hasil yang maksimal, pilhlah permen karet dengan rasa mint agar aroma kesegarannya bisa mengurangi aroma jengkol.

7. Makan Daun Mints

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol yang paling disukai adalah dengan mengonsumsi daun mint. Daun ini dipercaya dengan aromanya yang menyegarkan. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengunyah 1-2 lembar daun mint selama 2-3 menit.

8. Garam dan daun Sirih

Tidak kalah dengan daun mint, garam dan daun sirih memang sudah dipercaya membantu menjaga kesehatan mulut. Dengan begitu, dua bahan ini akan sangat ampuh menghilangkan aroma jengkol di mulut. Anda tidak perlu khawatir untuk itu.

9. Meminum Soda

Minuman bersoda ini juga mampu mengurangi bau jengkol di mulut. Mnuman berkarbonasi ini dipercaya mampu membersihkan rongga mulut dan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.

Meski Menimbulkan Bau, Ini 5 Manfaat Jengkol

manfaat jengkol
Itulah beberapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut dan setelah memakannya. Dengn begitu, Anda tidak perlu khawatir jika ingin memakannya. Walaupun menimbaulkan bau yang menyengat, ternyata Jengkol juga memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Mencegah Diabetes

2. Mencegah Anemia

3. Mencegah Penyakit Maag

4. Memperkuat Tulang dan Gigi

5. Mencegah berbagai pernyakit kronis seperti kanker.

Walaupun demikian, perlu diingat bahwa di dalam jengkol juga terdapat zat yang beracun dengan begitu tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dan harus seuai dengan porsi yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga  Apa Itu Vinegar? Berikut 9 Jenis Vinegar dan Manfaatnya

Seperti itulah beberapa penjelasan mengenai cara menghilangkan bau jengkol baik sebelum di masak ataupun setelah di makan. Karena aroma yang ditimbulkan ini, terkadang ada yang sampai menyengat dan membuat pusing. Oleh karena itu, perlu pengolahan khusus agar tidak menimbulan bau yang menyengat.

Dengan begitu, orang yang tadinya tidak suka dengan jengkol menjadi suka. Kuncinya satu yaitu tau tentang cara menghilangkan bau jengkol dengan baik. Selain itu, cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol harus diperhatikan karena akan berdampak untuk pencernaan dan ketika berbicara dengan orang lain.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *