cara menaikkan massa otot
Tips

Cara Menaikkan Massa Otot dengan Cepat dan Mempertahankannya 

Punya tubuh berotot? Siapa takut, siapa saja bisa memilikinya asal tahu bagaimana cara menaikkan massa otot yang benar.

Sama seperti ketika seseorang ingin diet, ada olahraga teratur dan asupan makanan yang wajib diperhatikan. 

Pada tahapan olahraga, Anda harus bisa membakar kalori lebih banyak daripada yang masuk.

Jika diukur, maka 1 pound otot perlu 2.800 kalori yang dibakar. Anda tentunya tidak sempat bukan menghitung asupan kalori yang masuk setiap hari. 

Nah supaya lebih mudah meningkatkan massa otot, ada beberapa tips yang bisa diikuti. 

7 Tips Menaikan Massa Otot dengan Tepat dan Cepat 

Dampak dari tubuh yang memiliki otot bagus bukan hanya ke arah kesehatan saja. Anda juga bisa tampil lebih percaya diri dari sebelumnya.

Ada tips tersendiri untuk menambah massa otot karena tidak bisa dilakukan asal-asalan. 

Cara yang salah justru bisa berbahaya bagi tubuh, otot tidak terbentuk dan Anda justru mengalami sakit di beberapa bagian tubuh.

Apa saja cara menaikkan massa otot dengan benar bisa Anda simak berikut ini:

  • Rutin Minum Air Mineral 

Setiap kali selesai berolahraga atau aktivitas lain yang mengeluarkan keringat Anda harus menggantinya dengan asupan air mineral yang baru.

Cairan tubuh yang keluar dari keringat ini harus diganti supaya perbaikan serta pembentukan massa otot bekerja dengan baik. 

Bagi Anda yang selama ini masih malas minum air putih, mulai sekarang ubahlah kebiasaan itu.

Minum air putih juga bagus untuk menghindari masalah dehidrasi dan menghambat rasa lapar akibat perut kosong. 

  • Fokus Melatih Otot Besar 

Jenis olahraga yang dilakukan tentu berbeda dari yang biasa Anda lakukan.

Olahraga harus fokus pada otot besar yang ada di bagian punggung, dada dan juga kaki.

Anda bisa melatihnya dengan angkat beban, squat, pull up, bent over rows, deadlift, dan sejenisnya. 

Perhatikan soal waktu olahraga yang sebaiknya dilakukan dalam tiga sesi latihan selama 6 sampai 12 kali.

Tambahkan juga waktu istirahat selama 30 detik hingga 1 menit. Selain itu kurangi juga olahraga kardio. 

  • Perbanyak Konsumsi Protein Tinggi

    daging

    Image: holycowsteak.com

Makanan yang tinggi protein adalah kunci keberhasilan meningkatkan massa otot.

Mengapa? Karena protein baru lebih mudah dibangun dan disimpan daripada protein lama, oleh karena itu penting menambahkan protein baru setiap hari. 

Jenis makanan yang diperlukan seperti daging sapi yang dimasak steak, susu kedelai, dada ayam, telur serta susu.

Jumlah protein yang dibutuhkan mencapai 12 hingga 15% dari asupan kalori harian. 

  • Mengontrol Waktu Makan Lebih Sering

Pada saat diet, Anda sebaiknya makan tidak lebih dari jam 6 sore karena pencernaan membutuhkan waktu lama untuk bekerja.

ika lebih dari jam tersebut dan Anda langsung tidur maka lemak tubuh akan bertambah. 

Sama halnya ketika Anda ingin menaikan massa otot, lebih sering makan justru bagus.

Anda sebaiknya makan setiap tiga jam sekali sehingga protein baru terus masuk ke dalam tubuh. Konsumsilah protein minimal 20 gram tiap kali makan. 

  •  Mengkonsumsi Karbohidrat setelah Olahraga 

Jumlah karbohidrat yang dikonsumsi memang harus dikurangi, cara mengkonsumsinya pun sebaiknya diatur dengan baik.

Pembentukan otot akan lebih cepat jika setelah berolahraga Anda mengkonsumsi makanan karbohidrat. 

Pada saat itu kadar insulin akan meningkat sehingga pemecahan protein menjadi lebih lambat.

Jenis karbohidrat yang dikonsumsi pun harus tepat yaitu seperti gandum utuh. 

  • Atur Jam Istirahat Tubuh 

Demi meningkatkan massa otot, sesi latihan dan makan memang lebih tinggi dari biasanya.

Namun bukan berarti tubuh Anda tidak boleh beristirahat. Justru penting untuk mengistirahatkan tubuh dari latihan keras setiap harinya. 

Justru pada saat istirahat inilah otot akan tumbuh dan terbentuk.

ara pakar mengatakan bahwa pembentukan otot ini akan terjadi 48 jam setelah sesi latihan selesai.

Jadi sebaiknya pada malam hari, Anda harus tidur yang nyenyak. 

  •  Minum Susu 30 Menit sebelum Tidur 

Jangan lupa juga untuk minum susu dalam 30 menit sebelum Anda tidur.

Langkah ini untuk menjaga kalori yang sudah dikonsumsi dapat bertahan ketika Anda tidur.

Selain itu susu juga akan mengurangi pemecahan protein pada otot. 

Anda bisa mencoba mencampurkan susu skim dengan kismis sebanyak satu mangkuk.

Konsumsi rutin sebelum tidur, bisa juga dengan keju cottage dan satu mangkuk buah. 

Ketika cara menaikkan massa otot yang dilakukan sudah benar, maka dalam waktu cepat Anda akan memiliki tubuh yang diidam-idamkan.

Meskipun cepat Sahabat Tedas.id tetap harus disiplin menjalankan aktivitas olahraga dan mengatur waktu istirahat serta makan dengan benar. 

 

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita & semoga saja artikel yang saya tulis untuk Sahabat Tedas.id dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    You may also like

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *