7 Cara Membersihkan Wajah Secara Alami Dengan Tepat

Cara Membersihkan Wajah Secara Alami – Wajah merupakan bagian tubuh yang dipandang saat seseorang berbicara dengan orang lain. Wajah yang bersih tentu akan membuat orang yang memandang merasa nyaman dan tidak risih saat berbicara. Karena itulah wajah harus selalu bersih agar tampak segar dan cantik.

Membersihkan wajah memang terkesan mudah dan sepele. Namun, siapa sangka cara membersihkan wajah yang dilakukan sangat berpengaruh terhadap kulit.Membersihkan wajah tidak cukup hanya dengan membasuhnya menggunakan air karena dengan cara ini kotoran yang menempel pada wajah tidak terangkat.

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membersihkan Wajah

pembersih wajah alami

Jika cara membersihkan wajah yang dilakukan tidak tepat, dampaknya adalah timbulnya beberapa masalah pada kulit. Agar kulit terhindar dari masalah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan wajah yaitu sebagai berikut.

1. Mencuci muka

Mencuci muka harus dilakukan setidaknya dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Ini karena pada pagi hari, setelah bangun tidur umumnya kulit wajah tertutup oleh minyak yang diproduksi kulit saat tidur. Sebaliknya, mencuci muka pada malam hari akan membersihkan wajah dari sisa make up dan kotoran yang menempel pada kulit wajah setelah beraktivitas.

Meski begitu, tidak disarankan untuk terlalu sering mencuci muka karena kandungan bahan kimia pada sabun dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, terlalu sering mencuci muka juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

2. Mengetahui jenis kulit

Jenis kulit harus diketahui sebelum membersihkan wajah agar Anda dapat memilih produk pembersih wajah yang sesuai. Pembersih wajah yang beredar di pasaran umumnya dijual dan dapat dipilih sesuai dengan kondisi kulit. Karena itulah Anda harus memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kulit Anda. Jika produk tidak sesuai, masalah pada wajah mungkin akan muncul.

3. Mencuci muka dengan air biasa

Mencuci muka dengan air bersih adalah hal yang utama, sedangkan menggunakan air hangat atau air dingin untuk membersihkan wajah dapat dilakukan sesuai dengan selera. Namun, hal penting yang harus diperhatikan jika Anda ingin mencoba cara membersihkan muka dengan air hangat adalah pahami kulit Anda.

Jika kulit Anda termasuk tipe kulit yang sensitif, lebih baik menggunakan air dingin untuk mencuci muka. Ini karena meskipun air hangat dapat membuka lebih lebar pori-pori wajah, namun penggunaannya pada orang yang berkulit sensitif dapat meningkatkan resiko iritasi.

Baca Juga  Cuka Apel untuk Jerawat, Apakah Aman Digunakan?

4. Double cleansing

Jika Anda menggunakan riasan tebal setiap hari, Anda wajib melakukan double atau triple cleansing. Ini karena make up yang menempel pada wajah tidak akan langsung menghilang hanya dengan satu langkah pembersihan. Sebagian make up yang menempel langsung pada pori-pori kulit atau make up yang memiliki ikatan ionik kuat kadang tidak dapat dilepas atau dibersihkan hanya dengan sabun.

Karena itulah dibutuhkan serangkaian kegiatan pembersihan wajah dengan urutan membersihkan wajah dengan milk cleanser atau cleansing oil terlebih dahulu agar riasan dan kotoran pada wajah terangkat sempurna.

Setelah membersihkan wajah dengan milk cleanser atau cleansing oil, cuci wajah dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit sambil dipijat perlahan. Terakhir, gunakan toner atau astringent yang dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah dan menghambat produksi minyak yang berlebihan.

5. Menggunakan sabun pembersih

Mencuci muka hanya dengan air tidak akan mengangkat atau menghilangkan riasan maupun kotoran yang menempel pada wajah. Karena itulah dibutuhkan sabun pembersih. Pilihlah sabun pembersih yang tepat serta sesuai dengan kulit Anda.

6. Tidak perlu mendiamkan sabun

Cara kerja sabun pembersih muka pada umumnya adalah dengan mengikat kotoran diwajah setelah berbusa. Karena itulah tidak perlu mendiamkan sabun saat mencuci muka. Namun, ada juga produk sabun pembersih yang harus didiamkan terlebih dahulu sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk membaca petunjuk pemakaian sebelum memakai sabun pembersih muka.

7. Segera bersihkan wajah setelah beraktivitas

Beraktivitas di luar ruangan akan menyebabkan semakin banyak debu dan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Setelah beraktivitas di luar ruangan, segeralah bersihkan wajah karena membiarkan make up dan kotoran terlalu lama menempel di wajah dapat memicu munculnya jerawat.

7 Cara Membersihkan Wajah Secara Alami Dengan Tepat

cara membersihkan wajah secara alami
Bagi kulit yang sensitif terhadap produk berbahan kimia, ada beberapa cara membersihkan wajah secara alami yang dapat dilakukan yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Selain dapat membersihkan kulit dari sel kulit mati, beberapa bahan di bawah ini juga dapat mencerahkan serta menutrisi kulit.

1. Putih telur

Putih telur mengandung protein yang dapat membantu proses regenerasi kulit dengan memicu pertumbuhan sel-sel baru. Karena itulah putih telur dapat mencegah kulit kusam serta dapat membantu mengencangkan kulit wajah.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang dikenal mampu mencerahkan kulit wajah. Kandungan polifenol pada lidah buaya yang merupakan antioksidan akan melindungi kulit wajah dari radikal bebas dan mencegah kulit menjadi kusam.

3. Pepaya

Pepaya mengandung banyak antioksidan seperti vitamin A, C dan E yang dapat melembapkan serta menutrisi kulit. Enzim yang terkandung dalam buah pepaya yaitu enzim papain juga dapat membantu proses regenerasi kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.

Baca Juga  7 Manfaat Cuka Apel Tahesta dan Cara Menggunakannya

4. Tomat

Tomat dapat menutrisi kulit karena kandungan vitamin C dan vitamin E di dalamnya. Selain mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit, tomat juga kaya antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga kesehatan kulit wajah lebih terjaga.

5. Jeruk nipis

cara membersihkan mukaJeruk nipis merupakan salah satu pembersih wajah alami yang dapat mencerahkan wajah kusam karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang ada di dalamnya. Selain itu, jeruk nipis juga dapat mengatasi minyak berlebih yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat serta dapat mengangkat sel kulit mati.

6. Lemon

Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi sama seperti jeruk nipis. Lemon dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit karena mengandung asam alpha hidroksi.

7. Cuka apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Keasaman cuka apel dapat membantu mengangkat sel kulit mati serta membantu dalam proses regenerasi kulit.  Selain itu, cuka apel juga dapat mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah.

Selain beberapa bahan yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak bahan alami yang dapat menjaga kesehatan kulit seperti kunyit, alpukat, pisang, bengkoang, minyak zaitun, ampas teh dan masih banyak lagi.

Cara membersihkan wajah secara alami dengan bahan-bahan tersebut umumnya adalah dengan menghaluskan atau mengambil sari bahan tersebut untuk kemudian dioleskan kepada kulit wajah secara merata, diamkan beberapa saat kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Hal yang harus dipastikan sebelum mengoleskan bahan-bahan alami tersebut pada wajah adalah pastikan wajah dalam keadaan bersih. Dengan kata lain, gunakan bahan-bahan alami tersebut pada wajah setelah mencuci muka.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *