Jangan Khawatir, Ini 9 Cara Mengusir Tokek di Rumah

Cara Mengusir Tokek – Tokek adalah salah satu hewan yang menyerupai cicak dengan ukuran yang besar adalah salah satu hewan yang habitatnya berada di hutan.

Meskipun tokek ini habitatnya berada di hutan, akan tetapi hewan satu ini justru sering ditemukan di beberapa rumah-rumah terutama di atap rumah. Ada beberapa orang yang bahkan merasa takut dengan hewan ini karena ukurannya yang besar.

Bukan hanya takut dengan hewan yang berukuran besar ini, bahkan suara tokek ini sangat nyaring sehingga seringkali mengganggu banyak orang. Beberapa orang yang merasa terganggu tentu ingin mengusir tokek yang ada di rumah mereka. Hanya saja, mereka tidak mengetahui bagaimana cara mengusir tokek dari rumah.

Mitos Hewan Tokek di Rumah-Rumah

mitos tokek
Hewan tokek atau cicak raksasa ini memang dikatakan sebagai salah satu binatang melata yang berbahaya. Apalagi banyak mitos yang mengatakan akan hewan ini. Apabila seseorang tergigit hewan ini, maka orang yang digigit tersebut harus menunggu petir datang agar hewan ini bisa melepaskan gigitannya.

Apakah memang benar bahwa jika petir tidak kunjung datang, maka seseorang harus hidup bersama hewan ini? Mungkin ada beberapa orang yang percaya, namun ada juga yang tentunya tidak percaya akan mitos ini.

Baca Juga  Lucu, Ini 3 Jenis Kelinci Anggora Berikut Kisaran Harganya

Namun, semua orang tentu tidak menginginkan hewan ini ada di rumahnya. Maka dari itu, ketahuilah sejumlah cara untuk menghilangkan tokek dari rumah Anda dan tentunya harapannya tidak akan pernah kembali karena berbahaya dan mengganggu.

Cara Mengusir Tokek dari Rumah

cara mengusir tokek secara alamiTokek rumah yang sangat mengganggu ini memang harus cepat-cepat Anda basmi. Namun, bagi Anda yang tidak mengetahui caranya, maka Anda bisa menyimak beberapa penjelasan berikut ini yang pastinya akan sangat membantu Anda:

1. Menggunakan Cairan Pengusir Nyamuk

Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang tentunya tidak asing bahkan bisa dibilang sangat mudah untuk didapatkan. Cara yang bisa Anda lakukan ini adalah menggunakan cairan pengusir nyamuk. Apabila Anda masih memiliki cairan pengusir nyamuk yang masih tersisa, maka manfaatkanlah untuk mengusir hewan yang sangat mengganggu ini.

Anda hanya perlu menyemprotkan maupun mengoleskan cairan pengusir nyamuk ini di tempat tokek seringkali lewat. Bahkan akan lebih baik apabila Anda juga sudah paham di mana tokek biasanya bersembunyi, maka Anda bisa menyemprotkan cairan ini di sarang tokek ini sendiri.

Tokek tidak menyukai wangi-wangian yang menyengat. Untuk itulah, Anda bisa menggunakan cairan pengusir nyamuk. Bahkan apabila Anda memiliki lotion pengusir nyamuk, maka Anda bisa memanfaatkannya juga untuk mengoleskan pada tempat yang sering tokek lewati atau datangi.

2. Memasang Lampu yang Terang

Kemudian, cara mengusir tokek dari rumah yang lainnya adalah memasang lampu yang terang. Anda pastinya paham bahwa hewan ini seringkali bersarang di atap-atap rumah yang notabene gelap atau redup.

Perlu Anda ketahui bahwa hewan ini memiliki sensitivitas yang cukup tinggi terhadap cahaya, maka dari itulah Anda bisa memasang lampu tambahan yang kerap didiami oleh hewan ini sendiri.

Apabila tidak memasangkan lampu tambahan, maka yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan sinar dari senter ketika ada tokek yang tiba-tiba akan muncul di dalam kamar, kamar mandi, dapur, dan yang lainnya. Apabila Anda menerangi tokek dengan senter, maka binatang tersebut akan kaget, takut dan pastinya akan segera pergi.

3. Menurunkan Suhu Ruangan

Sama halnya dengan cicak, tokek rumah juga termasuk hewan reptil yang bahkan tahan dengan udara yang panas. Namun di sisi lain, tokek bahkan tidak mampu untuk melakukan adaptasi ketika suhu yang ada di tempat mereka berada mendadak rendah atau bahkan dingin.

Untuk itulah siapa pun orangnya yang merasa terganggu dengan hewan ini maka bisa membuat suhu yang ada di dalam ruangan yang mereka tempati ini menjadi dingin atau menjadi sejuk. Ada beberapa cara yang nantinya bisa Anda lakukan untuk merubah suhu ruangan. Baik dengan menggunakan AC maupun menggunakan kipas angin.

Apabila Anda ingin menghemat pengeluaran tanpa harus memiliki AC ataupun harus menggunakan kipas angin, maka yang perlu Anda lakukan adalah sering membuka pintu maupun jendela yang ada di rumah.

Pastikan juga bahwa sirkulasi udara yang Anda miliki ini juga sangat baik, sehingga bukan hanya tokek saja, namun cicak juga tidak akan betah berada di dalamnya.

Baca Juga  Mengenal 5 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

4. Menciptakan Suara yang Bising

Untuk mengusir tokek dari rumah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menciptakan suara-suara yang bising. Suara yang bising dan juga nyaring ini bisa menjadi salah satu senjata yang Anda lakukan untuk mengusir tokek dari rumah Anda. Apabila Anda sudah melakukan banyak cara namun hewan ini tidak mau pergi, maka buatlah suara nyaring dari beberapa benda yang ada di sekitar Anda.

Karena hewan ini juga sangat tidak menyukai suara-suara yang bising. Dengan suara yang bising, pastinya tokek akan segera pergi. Jadi, cobalah cara ini untuk mengusir tokek yang ada di rumah Anda.

5. Memastikan Rumah Selalu Bersih

Ada penyebab lain yang bahkan membuat binatang ini merasa betah di rumah Anda. Apalagi jika rumah Anda kotor. Sebab, binatang ini memang suka tinggal di tempat yang kotor. Kondisi rumah yang kotor pastinya akan membuat banyak serangga kecil yang akan bersarang. Serangga kecil ini juga merupakan makanan tokek yang paling disukai.

Maka dari itu, cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah rutin membersihkan setiap sudut rumah. Jangan sampai nantinya Anda menyisakan remah-remah makanan karena remah makanan juga merupakan salah satu makanan tokek yang sangat disukai. Apabila rumah Anda selalu bersih, maka sudah dipastikan bahwa tidak akan ada tokek yang bersarang di rumah.

4 Cara Mengusir Tokek dari Rumah dengan Bahan Alami

tokek rumah

Selain menggunakan beberapa cara di atas, masih ada cara mengusir tokek dari rumah yang juga bisa Anda gunakan nantinya. Ketika beberapa cara di atas Anda anggap sebagai cara yang rumit dan sulit, maka cara lain yang bisa Anda lakukan diantaranya sebagai berikut ini:

1. Menggunakan Cangkang Telur

Bahan alami utama yang bisa Anda gunakan untuk mengusir hewan ini yaitu menggunakan cangkang telur. Kehadiran cangkang telur maupun tempat tokek bisa memberikan pengaruh psikologis pada hewan ini.  Mereka akan mengira bahwa telur tersebut adalah tempat hewan lain yang sudah bersarang terlebih dahulu.

Agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, jika tokek ini belum kunjung pergi, maka Anda harus secara rutin mengganti cangkang telur tersebut selama 2 minggu sekali.

2. Menggunakan Kapur Barus

Selain menggunakan cangkang telur, Anda juga bisa menggunakan kapur barus. Di mana kapur barus ini adalah sebuah bahan yang tidak hanya mampu untuk mengusir tokek ini melainkan juga bisa mengusir berbagai hewan atau serangga yang lainnya bahkan beberapa hewan yang juga lebih besar dari tokek apabila ada di rumah Anda.

3. Menggunakan Air Merica

Anda juga bisa menggunakan campuran merica bubuk dengan air yang tentunya bisa membuat hewan dengan kulit berbintik ini akan kabur dari rumah Anda. Anda bisa memasukkan campuran tersebut kedalam botol semprotan. Kemudian, semprotkan air merica setiap hari ke tempat tokek bersarang atau bersembunyi.

Merica yang memiliki rasa bahkan aroma pedas tentunya akan membuat hewan ini merasa kepanasan. Selain campuran air merica, Anda juga bisa menggunakan campuran air dengan sambal atau cabai bubuk.

4. Menggunakan Tembakau

Bahan ini adalah salah satu bahan yang bahkan sangat ampuh digunakan untuk mengusir cicak dan yang pasti juga bisa digunakan untuk mengusir hewan tokek. Anda bisa meletakkan tembakau yang biasa dilewati oleh hewan tokek ini.

Bahkan cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengusir hewan ini yaitu dengan meletakkan di dalam plastik yang sudah dilubangi lalu tinggal Anda gantungkan saja di dekat lampu.

Jadi, itulah sejumlah cara mengusir tokek dari rumah yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih salah satu cara untuk mengusir hewan yang sangat mengganggu ini. Pilihlah media maupun cara yang
paling mudah untuk Anda lakukan.

Apalagi jika Anda memutuskan untuk menggunakan beberapa bahan-bahan untuk mengusir hewan ini. Pastikan bahwa beberapa bahan yang akan Anda gunakan ini memang benar-benar Anda miliki atau bahan yang mudah untuk Anda dapatkan nantinya.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *