15 Cara Mengusir Cicak Salah Satunya Dengan Cara Unik

Cara Mengusir Cicak – Hati-hati jika ada banyak cicak di rumah, segera cari cara mengusir cicak. Cicak adalah hewan reptil yang tergolong dalam suku Gekkonidae, masih sebangsa dengan tokek. Namun, keberadaan cicak lebih sering ditemukan dibandingkan tokek.

Cicak biasanya sering ditemukan merayap di dindinng rumah. Umumnya, cicak berwarna abu-abu dan ada juga yang cokelat kehitaman dengan ukuran sekitar 10 sentimeter.

Secara etimologis, pemberian nama ‘cicak’ pada hewan ini berasal dari suara yang dibuatnya, yaitu ‘cak, cak, cak’. Sejatinya, hewan ini memiliki jenis yang cukup banyak. Namun, yang paling sering hidup di sekitar lingkungan manusia ada kurang lebih tiga jenis, yaitu cicak tembok, cicak gula, dan cicak kayu.

Jenis-Jenis Cicak dan Ciri-Cirinya

jenis jenis cicak

Images By: Intisari.grid.id

1. Cicak Tembok

Cicak tembok atau bernama latin Cosymbotus Platyurus adalah cicak yang sering kita temui di tembok-tembok rumah yang biasanya muncul dari sela-sela atap.

Cicak jenis ini memiliki ciri, bertubuh pipih dan lebar, berkor lebar dan panjang dengan jumbai halus ditepinya, dan jika diamati dari sisi bawah, di bagian sisi perutn dan belakang kakinya terdapat lipatan kulit agak lebar.

2. Cicak Gula

Sementara, cicak gula yang bernama latin Gehyra Mutilata biasanya kerap ditemui di sekitar dapur, kamar mandi, dan lemari makanan. Sebab, cicak jenis ini memang menyukai butir-butir nasi atau gula.

Jika Anda sering melihat cicak tidak sengaja tenggelam dalam gelas kopi sisa, biasanya itulah cicak gula. Cirinya, bertubuh kecil dengan kepala membulat dan warna kulitnya transparan hampir serupa daging.

3. Cicak Pohoh

Terakhir, ada cicak kayu yang bernama latin Hemidavtylus Frenatus yang lebih suka tinggal di pohon-pohon atau bagian rumah yang berkayu, seperti atap rumah.

Jika keluar dari plafon, biasanya cicak ini lebih suka berada di dekat lampu bersama cicak dinding dan umumnya kalah bersaing dalam mendapatkan makanan. Cirinya, bertubuh kurus, ekornya bulat, dan memiliki enam tonjolan serupa duri.

15 Cara Mengusir Cicak dan Cara Membasmi Di Rumah

cara mengusir cicak di rumah

Images By: Bincangsyariah

Jika Anda melihat cicak-cicak ini, segera cari cara membasmi cicak. Meski terbukti dan jelas terlihat jorok, masih banyak saja orang yang menyepelekan keberadan hewan ini dan membiarkannya tetap berkeliaran di dalam rumah. Padahal, cicak adalah hewan pembawa penyakit yang cukup berbahaya.Bahkan, dalam ajaran Islam, sah-sah membunuh cicak jika dirasa memang mengganggu. Mengapa demikian?

Cicak berkeliaran di tempat-tempat yang kotor dan lembab. Dari sanalah, tubuh cicak dipenuhi oleh berbagai kuman dan bakteri yang berbahaya. Salah satu jenis bakteri yang bisa ditemui di dalam tubuh cicak adalah Escherichia Coli atau E.Coli. Bakteri inilah yang dikenal sebagai penyebab utama sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya yang lebih parah.

Baca Juga  Jangan Khawatir, Ini 9 Cara Mengusir Tokek di Rumah

Tanpa sadar, cicak seringkali menempel pada makanan dan minuman yang Anda letakkan di meja makan tanpa ditutup rapat-rapat. Sehingga, cicak akan mudah masuk dan menjilat, serta merayapi makanan tersebut. Otomatis, makanan akan terkontaminasi oleh bakteri yang dibawa oleh cicak, terutama makanan-makanan yang memang rentan terkontaminasi bakteri.

Menurut pakar kesehatan, ada lima jenis makanan yang rentan terkontaminasi bakteri, selain yang dihinggapi oleh cicak. Makanan tersebut adalah daging giling, susu mentah, buah segar, sayuran segar, hingga jus buah mentah. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk cari cara mengusir cicak di rumah. Lantas, adakah cara alami membasmi cicak di rumah?

Mungkin pertanyaan tersbut masih membuat Anda penasaran. Nah, menjawab pertanyaan tersebut, kami memiliki beberapa tips cara mengusir cicak yang kerap berkeliaran di sekitar rumah Anda. Ada begitu banyak alternatif yang bisa dilakukan untuk mengusir cicak dari rumah Anda. Apa saja yang Anda perlukan? Berikut ini cara mengusir cicak di rumah, selengkapnya!

1. Menggunakan cat dinding licin

Cara membasmi cicak yang satu ini bisa dikatakan memang tidak terlalu efektif. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba. Cat minyak yang licin bisa menjadi solusi untuk membuat dinding rumah Anda terbebas dari cicak-cicak yang merayap. Perekat pada cicak berada pada kaki-kakinya. Penggunaan cat yang licin, dirasa ampuh dalam melemahkan daya rekat cicak pada dinding.

Selain cat, Anda juga bisa menggunakan keramik yang licin di beberapa bagian dinding rumah, agar cicak tidak mudah merayap pada dinding rumah Anda. Pelapisan dinding dengan cara ini juga bisa membuat Anda dengan mudah membersihkan dinding dari bekas kotoran cicak.

2. Tutup ventilasi rumah

Cara mengusir cicak di rumah yang juga cukup mudah dilakukan adalah dengan mengurangi setiap celah yang mungkin menjadi jalan masuk cicak ke dalam rumah. Beberapa di antanya adalah jendela, ventilasi udara, pintu, pinggiran plafon, dan sebagainya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasang kawat nyamuk di ventilasi rumah yang terbuka.

Selain kawat nyamuk, Anda bisa juga memasang double tape khusus yang ditempatkan pada celah-celah kecil tersebut, sehingga cicak akan terjebak dan tidak masuk ke dalam rumah. Namun, memang cara-cara ini bukanlah cara yang sangat ampuh untuk menghilangkan cicak dari rumah Anda. Sebab, bisa jadi keberadaannya luput Anda ketahui.

3. Tutup makanan di meja

Seperti yang telah disebutkan, cicak biasanya ada di sekitar manusia karena menginginkan makanan manusia yang bisa dimakannya. Oleh karena itu, cara mengusir cicak di rumah bisa dilakukan dengan cara menutup semua makanan di meja makanan atau di sekitar rumah Anda. Ini merupakan cara paling mudah agar cicak tidak mendekat ke lingkungan Anda.

Meski demikian, Anda juga harus selalu membersihkan serangga yang ada di rumah Anda. Sebab, meski semua makanan telah ditutup dan tak mampu dijamahinya, cicak masih memiliki makanan alternatif untuk dikonsumsinya, yaitu serangga yang ada di sekitar rumah Anda.

4. Usahakan tidak ada sisa makanan yang menginap

cara mengusir cicak dengan mudah
Biasanya saat makan malam, akan ada makanan yang mungkin tidak Anda makan, ini adalah termasuk makanan sisa. Usahakan untuk tidak menyimpan makanan sisa tersebut di tempat terbuka, baik di meja makan maupun di lemari penyimpanan makanan. Sebab, ini justru akan ‘mangundang’ cicak untuk datang ke arah sumber makanan.

Sebaiknya, buatlah makan malam tanpa sisa hingga menginap di keesokan harinya. Jika mengharuskan Anda untuk menyisakan makanan, simpanlah makanan sisa ini di lemari pendingin dengan cara ditutup rapat-rapat. Meski tidak terlalu ampuh, tapi ini bisa menjadi salah satu alternatif cara mengusir cicak agak tidak lagi mendekat di lingkungan sekitar Anda.

5. Menjaga kebersihan kolong meja

Tidak hanya ada di langit-langit atau plavon rumah Anda, kolong meja ataupun celah kecil yang kotor dan lembab di dalam rumah pun akan menjadi tempat favorit bagi cicak untuk bersembunyi. Sebab, pada dasarnya memang cicak sangat menyukai tempat-tempat yang gelap dan kotor, entah itu di belakang lemari, kolong meja makan, kursi, kolong tempat tidur, dan sebagainya.

Cara mengusir cicak agar tidak mengumpat di kolong-kolong seperti ini di rumah Anda adalah dengan membersihkan secara rutin kolong-kolong meja, tempat tidur, meja makan, dan celah sempit lainnya dari nyamuk dan sarang laba-laba. Dengan cara ini, cicak menjadi tidak nyaman hinggap di tempat-tempat tersebut karena tidak ada makanannya. Maka, cicak akan pergi dengan sendirinya.

6. Membasmi nyamuk

Apa kaitannya nyamuk dengan cicak? Sebetulnya sudah bukan rahasia lagi, jika nyamuk dan beberapa serangga lainnya adalah makanan favorit cicak. Bahkan, hal ini juga sudah diajarkan dalam lagu anak-anak. Untuk itu, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu membasmi nyamuk dan serangga-serangga yang berkeliaran di rumah agar cicak tidak mendekat.

Jika Anda bisa mengusir nyamuk dan serangga di dalam rumah, maka otomatis cicak pun akan pergi, karena tidak lagi bisa mendapatkan makanannya di rumah Anda. Cara ini cukup ampuh untuk mengusir cicak dan Anda juga bisa terhindar dari nyamuk-nyamuk yang biasa menghinggapi rumah Anda.

Baca Juga  Lucu, Ini 3 Jenis Kelinci Anggora Berikut Kisaran Harganya

7. Memasang AC

Cicak merupakan hewan berdarah panas. Salah satu cara yang bisa cukup berpengaruh untuk mengusir keberadaannya adalah dengan memasangkan pendingin ruangan atau AC di ruangan tertentu pada rumah Anda. Dengan merasakan hawa dingin, cicak tidak akan betah ada di dalam rumah Anda, terutama pada ruangan yang ber-AC.

8. Menggunakan Tembakau

Tahukah Anda, selain bisa digunakan untuk mengusir lintah, tembakau juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengusir cicak. Hal ini karena aroma yang dikeluarkan oleh tembakau sangat khas dan begitu tajam. Bau tajam nan menyengat seperti inilah yang tidak disukai oleh cicak. Perlahan, cicak akan pergi dan tidak akan kembali jika masih ada tembakau di sekitar ruangan.

Cara mengusir cicak menggunakan tembakau bisa dilakukan dengan memasukan tembakau ke dalam plastik dan diikat. Kemudian, lubangi berjarak agar aroma tembakau keluar dari plastik. Cara lainnya yang lebih praktis adalah dengan membeli minyak esensial berbahan tembakau dan gunakanlah untuk mengelap meja serta perabotan di rumah Anda, maka cicak akan pergi.

9. Memelihara Kucing

cara membasmi cicak
Cara ini terbilang merupakan salah satu cara unik karena menggunakan bantuan hewan lain yaitu hewan kucing dan tentunya pencinta kucing pasti pernah mendengar cara ini.

Seperti yang kita ketahui, bahwa kucing sangat suka sekali dengan sesuatu yang bergerak. Apalagi, pada hewan-hewan yang memiliki pergerakan cepat, seperti cicak dan kecoa. Peliharalah kucing di rumah Anda, maka ia akan membantu menyeimbangkan populasi cicak di rumah Anda.

Namun, tidak semua jenis kucing menyukai cicak. Hanya kucing lokal betina sajalah yang menyukai cicak. Biasanya kucing-kucing ini akan memainkan cicak hingga kelelahan dan meninggalkannya pergi. Beberapa ada juga yang memakannya saat lapar. Cara membasmi cicak yang satu ini terbukti cukup ampuh.

Baca Juga  Jangan Tertukar, Ini 6 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

10. Menggunakan kapur barus

Kapur barus adalah zat padat berupa lilin berwarna putih dengan formula kimiawi yang sangat kuat aromanya. Kapur barus atau dikenal dengan sebutan kamper biasa digunakan sebagai penyerap bau tak sedap di rumah, baik di kamar mandi, rak sepatu, maupun di lemari. Aromanya yang segar mampu menyingkirkan bau tak sedap lainnya di beberapa bagian rumah.

Selain sebagai penghilang bau tak sedap di rumah, kapur barus juga kerap digunakan sebagai pengusir serangga dan hama di rumah, termasuk juga hewan reptil seperti cicak, bahkan ular. Wangi menyengat yang ditimbulkan kapur barus sangat mengganggu penciuman cicak dan membuatnya tidak ingin mendekat pada sumber bau. Cara mengusir cicak dengan ini bisa dikatakan cukup ampuh karena Anda hanya perlu membuat garis pada tempat yang biasa dilewati cicak.

11. Menggunakan lada hitam

Bahan yang satu ini sudah terbukti mampu membuat cicak-cicak di rumah tidak berani mendekat. Meski terbilang sangat sederhana, cara mengusir cicak menggunakan lada hitam sebetulnya sudah banyak dilakukan. Sebab, rempah yang satu ini memiliki bau menyengat yang menusuk, sehingga cara ini cukup efektif digunakan sebagai pengusir cicak di rumah. Terlebih, bahannya mudah didapat.

Cara membasmi cicak menggunakan lada hitam cukup mudah, yaitu hanya dengan menaburkan bubuk lada hitam pada lokasi yang sering dijamahi oleh cicak, terutama di celah-celah kecil tempatnya hinggap. Anda juga bisa menaruhnya di piring atau mangkuk kecil dan meletakkannya di area meja makan agar cicak tidak berani mendekati area meja makan Anda.

12. Menggunakan bubuk kopi

Cara yang satu ini mungkin cukup membingungkan Anda, karena sebagian dari Anda tentu pernah melihat cicak yang masuk ke sisa minuman kopi Anda. Namun, itu justru karena adanya air dan gula yang ikut diaduk bersama bubuk kopi. Cicak sendiri sebetulnya sangat menghindari bau menyengat dari kopi, sama seperti ia tidak menyukai bau menyengat lada hitam dan kapur barus.

Aroma dari bubuk kopi kering sangat efektif digunakan sebagai cara mengusir cicak. Caranya pun mudah, yaitu dengan menempatkan atau menaburkan kopi bubuk pada lokasi yang sering dilewati oleh cicak. Dengan begitu, cicak akan enggan hinggap di satu tempat tersebut. Bisa juga ditaburkan di celah-celah yang sering dihinggapi cicak.

13. Menggunakan air sabun dan deterjen

Sabun dan deterjen tentu merupakan bahan yang mudah didapatkan di rumah Anda. Paduan antara kedua bahan ini akan mampu membuat cicak merasa mabuk. Caramembasmi cicak menggunakan sabun dan deterjen cukup mudah, yaitu dengan melarutkan sabun dan diterjen ke dalam segelas air. Pindahkan larutan tersebut ke dalam botol semprot dan semprotkan langsung pada cicak.

14. Jebak menggunakan air

Mungkin cara yang satu ini merupakan cara yang sudah diketahui banyak orang dan paling mudah dilakukan. Sebagian dari Anda mungkin pernah melihat cicak terjebak dalam air putih atau air rasa. Hal ini tentunya bisa Anda manfaatkan untuk menjebak cicak agar bisa tertangkap dan kemudian membuangnya ke tempat lain.

Sebagai pancingan, taruh gelas dengan ukuran tinggi dan isilah dengan kopi atau teh bergula. Anda juga bisa mengisinya dengan air putih biasa atau minuman manis lainnya yang disukai oleh cicak.

Usahakan agar cicak tidak bisa merayap naik kembali jika sudah terjebak di dalam gelas. Kemudian, buang cicak beserta air yang telah terkontaminasi ke got luar rumah agar cicak tidak kembali.

15. Opsi terakhir bunuh cicak

Cara membasmi cicak yang satu ini mungkin akan sangat dihindari oleh Anda para pecinta hewan. Opsi ini bisa Anda lakukan, hanya jika keberadaan cicak di rumah Anda, sudah sangat mengganggu. Tapi ingat, membunuh cicak bukan opsi utama, karena keberadaan cicak juga ampuh untuk membasmi nyamuk.

Itulah beberapa cara mengusir cicak di rumah yang bisa Anda lakukan. Cara-cara tersebut sangat mudah dilakukan dan bahannya pun sangat mudah didapatkan, yaitu bahan-bahan yang biasa ada di rumah Anda. Untuk itu, segeralah basmi cicak-cicak di rumah Anda agar terhindar dari penyakit dan bahaya yang datang dari hewan melata ini.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *