5 Cara Menghilangkan Sablon di Baju Sesuai Dengan Jenisnya

Cara Menghilangkan Sablon di Baju – Mengenakan pakaian dengan model yang Anda sukai akan membuat Anda lebih percaya diri. Berbagai model pakaian dapat membuat Anda tampil keren. Kaos adalah salah satu jenis pakaian yang disukai banyak orang karena modelnya simpel dan bahan material kainnya yang nyaman.

Kebanyakan kaos memiliki desain gambar sebagai modelnya. Desain gambar biasanya merupakan hasil sablon. Sablon sendiiri merupakan sebuah teknik mencetak dengan berbagai media, seperti kain, plastik, kertas, atau kayu dengan menggunakan alat pencetak bernama screen sablon.

4 Jenis Teknik Sablon

teknik sablon1. Sablon Press

Ada beberapa jenis sablon, yaitu sablon press dan sablon digital. Sablon press adalah teknik sablon dengan cara memberi tekanan pada tinta di atas screen sablon. Proses ini bertujuan menekan tinta agar dapat tembus ke serat kain. Teknik Press terbagi menjadi dua lagi, sablon manual dan sablon otomatis.

2. Sablon Manual

Teknik sablon manual adalah teknik yang sudah dipakai sejak lama, teknik ini menggunakan tangan dalam pengerjaannya. Namun teknik penyablonan manual dikatakan memiliki keunggulan yaitu tintanya yang lebih terserap ke serat kain, sehingga gambar yang dihasilkan lebih kuat dan tahan lama. Selain itu teknik penyablonan ini dapat dikatakan sangat murah.

3. Sablon Otomatis

Teknik sablon otomatis adalah teknik penyablonan yang hampir sama dengan penyablonan manual, akan tetapi tenaga manusia digantikaan dengan mesin. Dengan teknik ini, Anda dapat mengatur tekanan pada sablon dan volume tinta yang digunakan.

4. Sablon digital

Sablon digital adalah sablon yang tidak menggunakan screen dalam pengerjaannya. Screen pada teknik ini diganti oleh mesin printer dan mesin cutter. Operator pada pengerjaan sablon teknik digital menjalankan teknik penyablonan dari balik komputer, sehingga teknik terkesan lebih modern.

Terdapat tiga jenis sablon digital, yaitu sablon polyfex, Sabun Dye-Sublimation, dan Sablon Direct-To-Garment. Sablon polyfex menggunakan stiker yang ditempelkan pada kain. Sablon ini menggunakan bahan jenis vinyl. Proses ini hampir mirip proses cutting pada stiker di motor atau mobil.

Sablon Dye-Sublimation adalah sablon dengan menggunakan media transfer paper. Teknik penyablonan ini menggunakan printr khusus untuk mencetak hasil sablonan. Setelah tercetak, gambar akan disablon dengan teknik pemanasan.

Baca Juga  Jangan Khawatir, Ini 9 Cara Mengusir Tokek di Rumah

Sablon Direct-to-garment atau yang sering disingkat DTG adalah teknik sablon digital ini menggunakan printer inkjet. Hal ini memungkinkan kita mencetak langsung pada kain. Teknik ini memiliki keunggulan yaitu gambar yang terperinci dan jelas.

Menyablon gambar pada kaos atau baju dengan berbagai cara dapat membuat Anda menjadi fashionable. Akan tetapi terdapat beberapa kendala, terkadang gambar yang terdapat di media sablon tidak sesuai yang diinginkan. Apalagi pada media kain seperti kaos. Hal ini bisa membuat Anda tidak percaya diri padakaos atau baju yang dikenakan. Namun, Anda jangan khawatir karena sablon pada kaos atau baju dapat dihilangkan.

Cara Menghilangkan Sablon di Kaos Sesuai Jenisnya

cara menghilangkan sablon

Terdapat beberapa cara menghilangkan sablon di baju. Hal ini sesuai dengan bahan kain yang dipakai dan jenis sablon yang digunakan, seperti sablon jenis polyfex, sablon jenis rubber, sablon jenis pigmen, sablon jenis plastisol, sablon jenis glitter, sablon jenis foil.

1. Sablon Jenis Polyflex

Sablon jenis polyflex adalah jenis sablon yang memiliki ciri lebih lentur dan tipis. Biasanya terdapat pada jenis baju, seperti, jersey, distro, maupun jaket. Cara menghilangkan sablon di baju dengan sablon jenis ini adalah dengan cara menyiapkan alkohol, setrika, dan kain.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menghilangkan sablon jenis polyfex adalah dengan cara memanaskan setrika selama 3 sampai 5 menit. Selanjutnya letakan kain di atas baju yang ingin kamu hilangkan sablonnya. Hal ini bertujuan agar setrika tidak menempel pada sablon dan membuatnya rusak. Tempelkan setrika pada kain di atas baju. Diamkan setrika selama 5 sampai 7 detik.

Selanjutnya angkat setrika, kemudian oleskan alkohol pada sablon yang masih panas. Dengan cara ini biasanya sablon akan mengkerut sehingga memudahkan Anda untuk menghilangkan sablon dengan cara diusap. Langkah terakhir adalah mencuci kaos atau baju yang telah dihilangkan sablonnya, agar sablon benar-benar hilang secara maksimal.

Sablon jenis polyfex sangat mudah dihilangkan, apalagi bila sablon bersifat tipis, Anda tidak perlu menggunakan alkohol untuk menghilangkannya.

2. Jenis Sablon Ruber

cara menghilangkan gambar sablon

Jenis sablon berikutnya adalah sablon ruber. Sablon jenis ini paling sering digunakan pada kaos berwarna gelap. Sablon jenis ini memiliki ciri-ciri berjenis elastis dan bertekstur timbul. Sablon ruber memiliki keunggulan sangat awet dan dapat disetrika secara langsung.

Terdapat cairan khusus untuk menghilangkan sablon ruber, yaitu cairan M3/M4 yang dapat Anda dapatkan di toko perlengkapan sablon. Harga cairan ini cukup terjangkau yaitu sekitar7000 hingga 10000 per botolnya. Setelah Anda mendapatkan cairan M3/M4 Anda bisa langsung memulai untuk menghilangkan sablon jenis ruber.

Hal pertama sebagai cara menghilangkan sablon di baju dengan jenis ruber adalah siapkan kain yang kering dan bersih, kemudian basahi kain dengan cairan M3/M4 secukupnya. Lalu oleskan kain yang sudah dibasahi cairan ke sablon pada baju yang ingin dihilangkan.

Gosokan sikat gigi pada sablon secara berulang kali agar samapi sablon dan lem sablon benar-benar menghilang. Terakhir cuci baju agar sisa-sisa lem dan sablon tidak bersisa di kain baju.

3. Jenis Sablon Pigmen

Untuk yang cara menghilangkan sablon di baju ini ternyata berkebalikan dengan sablon jenis ruber, sablon jenis pigmen biasa diaplikasikan di baju berwarna cerah. Sablon jenis ini bersifat cair seperti tinta sehingga dapat menyerap sampai ke serat kain.

Sablon jenis pigmen memiliki cara khusus untuk menghilangkannya, hal ini dikarenakan sablon jenis pigmen diaplikasikan pada baju berwarna terang, sehingga cara yang dipakai diusahakan tidak membuat warna baju memudar.

Cara pertama dalam menghilangkan sablon jenis pigmen adalah dengan cara membahasi kain dengan cairan M3/M4 hingga kain menjadi basah.

Lalu tempelkan kain pada bagian belakang sablon yaitu bagian dalam baju. Lakukan hingga cairan pada kain menyerap ke dalam sablon, lalu diamkan beberapa saat. Dengan cara ini lem pada sablon akan mnghilang dan sablon akan mengkerut. Sikat sablon dengan sikat gigi, lalu cuci seperti biasa.

Baca Juga  4 Manfaat Baby Oil untuk Wajah, Kecantikan dan Cara Pakainya

4. Sablon Jenis Plastisol

cara menghilangkan sablon di baju

Sablon jenis plastisol juga dapat dihilangkan dari kaos ataupun baju kita. Sablon jenis ini terbuat dari minyak. Sablon ini juga sering disebut PVC.

Sablon jenis plastisol merupakan jenis sablon yang mahal karena tingkat kekuatannya yang sangat tinggi. Sablon ini memiliki keunggulan dapat mencetak secara detail dot/raster yang berukuran kecil.

Cara menghilangkan sablon di baju jenis plastisol sama dengan jenis sablon lain yaitu menggunakan cairan M3/M4. Cairan ini memang sangat ampuh untuk menghilangkan sablon yang sangat kuat.

Langkah pertama adalah dengan membasahi kain dengan cairan M3/M4 lalu tempelkan ke bagian belakang sablon hingga cairan menyerap kedalam sablon, diamkan beberapa saat, lalu saat sablon dan kain sudah mengerut.
Gosoklah sikat gigi pada bagian sablon, lalu cuci untuk hasil yang maksimal.

5. Sablon Jenis Glitter

menghilangkan sablon di kaos

Jenis sablon yang berikutnya adalah sablon jenis glitter. Jenis sablon ini sering ditemukan di kebanyakan baju wanita tapi tak terkecuali pria. Sablon jenis ini memiliki ciri yang sangat mencolok yaitu terdapat pernak-pernik yang mengkilap pada sablon.

Untuk menghilangkan sablon jenis glitter hal pertama yang dilakukan adalah meneteskan cairan M3/M4 pada kain yang kering, lalu oleskan kain pada belakang sablon secara merata hingga lem pada sablon terangkat dan sablon mengerut dan menghilangkannya dengan silet. Gosok sisa lem dengan sikat gigi secara berulang-ulang sampai sablon menghilang, terakhir cuci baju.

Setelah Anda menghilangkan sablon dengan cara di atas, ternyata masih terdapat salah satu kekurangan. Setelah sablon dihapus kerap kali meninggalkan bekas yang justru membuat penampilan Anda terlihat buruk. Ternyata juga terdapat cara agar bekas sablon yang hilang bisa tidak terlihat.

Untuk cara menghilangkan sablon di baju Anda membutuhkan beberapa bahan yaitu, cairan Uleno 8 (cairan penghilang cat kuku), Minyak kayu putih, dan tiner. Pilihlah salah satu dari tiga cairan yang disebutkan tadi. Kemudian oleskan cairan tersebut di atas bekas sablonan. Setelah itu keriklah bekas sablonan dengan alat cukur atau silet. Keriklah dengan perlahan agar kain tidak sobek.

Anda juga dapat menggunakan deterjen biasa untuk menghapus bekas sablonan. Gunakanlah deterjen pemutih untuk hasil yang maksimal. Cara untuk menghilangkan bekas sablonan dengan maksimal adalah dengan merendam baju dengan deterjen pemutih. Setelah di rendam, sikat bekas sablonan dengan maksimal.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *