toning rambut
Rambut

Toning Rambut: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya

Artikel terakhir diperbaharui 02-08-2021 oleh Aldy Amrillah

Pernahkah Anda mendengar istilah toning rambut? Toning rambut adalah salah satu dari teknik pewarnaan rambut yang sedang populer.

Penjelasan selengkapnya mengenai teknik toning rambut, kelebihan dan kekurangan, serta cara melakukan toning rambut akan dibahas secara lengkap di bawah ini.

Mengenal Teknik Toning Rambut

Mengenal Teknik Toning Rambut

Toning dapat diartikan sebagai sebuah proses pewarnaan rambut dengan toner atau zat pewarna alami yang tidak mengandung amonia.

Kandungan zat toner hidrogen peroksida (bahan developer) pada teknik toning lebih sedikit dan lebih cair teksturnya jika dibanding dengan teknik pewarnaan lainnya.

Toning rambut adalah proses pewarnaan rambut yang lebih sehat karena menggunakan bahan alami dengan lebih sedikit kandungan zat kimianya.

Pakar rambut lebih merekomendasikan teknik toning untuk pelanggan karena lebih aman untuk kondisi rambut. 

Selain itu, teknik toning rambut juga dikenal sebagai teknik koreksi warna.

Karena hasil yang diberikan setelah toning dapat mengubah warna rambut yang sebelumnya berwarna kuning terang atau orange menjadi terlihat lebih natural dan lembut.

Kelebihan Toning Rambut

Teknik toning rambut memiliki kelebihan dibanding dengan teknik-teknik pewarnaan rambut yang lainnya.

Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh teknik toning rambut? Berikut ini beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui:

  • Kelebihan dari toning rambut adalah zat toner yang lebih aman akan melapisi permukaan rambut sehingga warna alami rambut akan terlihat lebih berkilau.
  • Selain itu juga dapat memberikan hasil warna asli yang tampak bercahaya dan kuat.
  • Kandungan bahan-bahan pada toning rambut termasuk bahan yang aman dan alami sehingga tidak membuat rambut menjadi rentan terhadap kusam, kering, hingga rontok.
  • Hasil warna pada rambut terlihat lebih natural dan membuat rambut terasa lembut, sebab proses pewarnaan menggunakan teknik toning tidak akan mengganggu kutikula pada rambut.
  • Teknik pewarnaan rambut dengan teknik toning tidak membutuhkan proses bleaching sehingga aman bagi kesehatan rambut.
  • Teknik toning sangat direkomendasikan untuk tujuan menutupi uban, sehingga banyak digunakan oleh para lansia atau pelanggan yang memiliki kelainan genetik tertentu yang menyebabkan warna rambut terlihat seperti uban.
  • Jika teknik toning rambut dilakukan dengan benar, maka dapat memberikan hasil dengan kesan rambut yang lebih tebal.

Kekurangan Toning Rambut

Meskipun memiliki banyak kelebihan, toning rambut juga memiliki kekurangan.

Berikut ini beberapa kekurangan toning rambut yang perlu Anda ketahui sebelum mencoba menggunakan teknik toning dalam pewarnaan rambut:

  • Salah satu kekurangan dari toning rambut adalah pilihan warna yang lebih terbatas jika dibandingkan dengan teknik pewarnaan lainnya.

    Anda tidak bisa memilih warna-warna yang terang untuk digunakan seperti warna ocean blue ombre atau ash grey. 
  • Toning rambut tidak bisa memberikan hasil warna yang tahan lama, khususnya untuk warna rambut alami.

    Pada umumnya hasil toning hanya bertahan di kisaran empat hingga enam minggu.Jika ingin hasil warna bertahan lama, maka Anda perlu melakukan proses toning secara berkala.

     

  • Jika Anda tidak merawat rambut dengan baik setelah proses pewarnaan dilakukan, maka hasil toning hanya akan bertahan kurang dari 3 bulan.

Cara Melakukan Toning Rambut

Cara Melakukan Toning Rambut

Jika Anda merasa tertarik untuk mewarnai rambut Anda, Anda bisa menggunakan teknik toning rambut yang lebih aman.

Berikut ini beberapa langkah mudah untuk menggunakan teknik toning rambut yang bisa Anda coba di rumah:

  1. Langkah pertama melakukan toning rambut adalah mencari referensi untuk mendapatkan toner rambut yang berkualitas.

    Tidak perlu terlalu mahal, namun Anda juga tidak boleh tergiur dengan harga yang murah, karena penggunaan produk toner sembarangan dapat beresiko pada kesehatan rambut Anda. 
  2. Selanjutnya, pilihlah toner yang menyesuaikan dengan warna asli rambut Anda. Jika elemen rambut Anda berwarna Jingga sebaiknya gunakan toner biru untuk toning.

    Namun jika elemen rambut Anda cenderung berwarna kuning, maka Anda bisa menggunakan warna toner ungu. 
  3. Jika toner sudah Anda pilih, maka campurkan toner dengan bahan developer atau mengikuti instruksi penggunaan yang tertera pada kemasan produk.

    Rasio campuran toner dapat berbeda-beda tergantung dari merek atau warna yang Anda pilih. 
  4. Oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut secara merata. Pastikan Anda mengoleskan dengan baik menggunakan sisir khusus atau tangan yang terlindungi oleh sarung tangan plastik. 
  5. Tunggu beberapa saat sesuai dengan instruksi yang diberikan, biasanya waktu untuk menunggu agar zat toning bekerja berkisar antara 15 hingga 30 menit. 
  6. Setelah waktu tunggu berakhir, bilas rambut Anda dengan menggunakan air mengalir hingga bersih.

    Anda bisa menggunakan conditioner setelah keramas agar rambut terasa lebih lembut dan berkilau.Pastikan Anda membilas kembali rambut Anda hingga bersih setelah menggunakan

    conditioner

Namun jika Anda kesulitan untuk melakukan toning rambut secara mandiri di rumah, Anda bisa menggunakan jasa pakar rambut (hair expert) di salon. 

Manfaat Toning Rambut

Toning rambut adalah pewarnaan rambut yang berbeda dengan mengecat rambut biasa.

Pasalnya pada proses toning, yang dilapisi warna hanya bagian terluar dari rambut saja sehingga tidak mengganggu kutikula.

Toning rambut berbeda juga jika dibandingkan dengan proses highlight, sebab proses highlight merupakan proses pewarnaan rambut pada beberapa bagian tertentu saja. 

Sedangkan toning rambut berusaha agar warna asli rambut dapat tertutupi dengan warna baru yang lebih menonjol.

Selain itu, toning rambut juga memiliki beragam manfaat bagi rambut.

Berikut ini beberapa manfaat toning rambut yang perlu Anda ketahui:

 

  • Memberikan Efek Rambut Terlihat Lebih Tebal

Kerontokan rambut menjadi masalah terbesar yang dialami oleh hampir setiap orang karena dapat menyebabkan rambut terlihat lebih tipis.

Toning rambut adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk membuat rambut terlihat lebih tebal. 

Manfaat toning rambut adalah memberikan efek yang membuat rambut seolah tebal karena perubahan warna atau hasil dari ilusi pewarnaan pada bagian luar rambut.

Metode ini banyak dipilih karena harganya lebih terjangkau.

  • Membantu Menutup Uban

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa toning rambut merupakan proses pewarnaan bagian luar rambut, sehingga dapat digunakan juga untuk mewarnai rambut yang beruban.

Ciri-ciri penuaan seiring bertambahnya usia adalah uban yaitu perubahan warna rambut menjadi putih keabu-abuan.

Uban kerap menjadi masalah karena dianggap merusak penampilan.

Oleh karena itu, toning rambut dapat digunakan untuk merubah warna rambut dengan melapisi warna baru pada rambut seperti hitam pekat atau sesuai dengan warna rambut yang diinginkan.

  • Menonjolkan Warna Kulit dan Warna Mata

Orang yang terlahir dengan pigmen yang lebih banyak memiliki warna kulit yang cenderung gelap.

Beberapa warna rambut tertentu dapat memberikan efek bagi warna kulit seperti menonjolkan warna atau meredupkan warna. 

Toning rambut dapat menjadi solusi jika Anda ingin menonjolkan warna kulit atau warna mata Anda.

Anda dapat merubah warna rambut asli Anda dengan warna yang lebih cerah jika Anda pemilik kulit dengan warna lebih gelap. 

Anda dapat memilih warna cerah dan terang seperti warna blonde, namun tentunya pemilihan warna yang tepat dapat memberikan hasil yang sempurna pada proses toning rambut.

  • Membuat Rambut Lebih Bagus dan Menarik

Proses toning tetap dikatakan sebagai proses mewarnai rambut meskipun hanya bagian luar rambut saja yang diberi warna

Pemilihan warna yang tepat dapat menjadi kunci untuk menciptakan kesan yang lebih menarik dengan refleksi cahaya yang sempurna. 

Proses toning dapat bermanfaat untuk membuat rambut terlihat lebih menarik dan lebih bagus dari warna rambut asli. 

  • Rambut Terlihat Lebih Lembut

Efek dari pantulan cahaya karena pemilihan warna yang tepat dan proses toning yang sempurna dapat membuat rambut terlihat lembut.

Sebuah fakta menunjukkan bahwa rambut yang telah di toning dapat membuat rambut lebih lembut dan alami.

  • Membantu Mengurangi Resiko Rambut Rusak

Keunggulan toning yang tidak dapat dimiliki oleh pewarna rambut lainnya adalah membantu rambut untuk mengurangi resiko kerusakan.

Hal tersebut dikarenakan zat kimia yang terdapat pada bahan yang digunakan pada proses toning memiliki kandungan yang lebih sedikit serta mengandung bahan alami.

Toning pada rambut tidak membutuhkan proses bleaching sehingga tidak merusak rambut dan menjaga rambut tetap terlihat sehat alami meskipun diwarnai. 

Warna Toning Rambut Yang Bagus Untuk Kulit Indonesia

Warna Toning Rambut Yang Bagus Untuk Kulit Indonesia

 

Indonesia secara geografis terletak di tengah-tengah garis Khatulistiwa yang menyebabkan adanya dua musim dan termasuk dalam daerah tropis.

Letak geografis Indonesia yang demikian menyebabkan para penduduknya memiliki warna kulit yang didominasi dengan kulit sawo matang.

Warna kulit sawo matang adalah warna kulit yang cenderung lebih gelap kekuningan yang disebabkan oleh banyaknya pigmen dalam kulit.

Warna kulit sawo matang tidak dapat dipadukan dengan semua warna, hanya warna tertentu saja yang cocok dan membuat kulit sawo matang terlihat lebih menarik.

Jika Anda pemilik warna kulit sawo matang, Anda perlu memilih warna cat rambut yang tepat agar kulit tidak terlihat lebih kusam dan gelap.

Berikut ini beberapa rekomendasi warna jika Anda berniat untuk melakukan toning rambut:

  • Warna Hitam pekat

Terdapat sebuah prinsip dimana pemilihan warna rambut yang tepat adalah memilih warna dengan dua tingkat lebih gelap atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit yang dimiliki.

Jika menerapkan prinsip tersebut, maka warna hitam pekat sangat cocok bagi orang yang berkulit sawo matang atau gelap.

Warna rambut gelap seperti hitam pekat dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan rambut terlihat bervolume.

Namun jika warna rambut Anda sudah gelap, maka Anda dapat melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan rambut.

  • Warna Coklat (Auburn Brown)

Warna toning rambut yang bagus selanjutnya adalah warna coklat (auburn brown). 

Umumnya warna coklat dapat memberikan efek yang terlihat lebih natural bila digunakan pada wanita dengan kulit sawo matang.

Namun tidak sedikit wanita yang merasa bosan dengan warna coklat yang terkesan biasa. 

Anda dapat mencoba warna coklat auburn brown yang merupakan kombinasi dari warna coklat dan merah, sehingga menghasilkan warna coklat yang lebih terang dari warna coklat biasa. 

  • Warna Mahogany

Apakah Anda penyuka warna merah? Jika iya, maka Anda bisa memilih warna mahogany. Warna mahogany merupakan warna merah namun cenderung lebih gelap.

Meskipun terlihat gelap, warna mahogany cocok untuk digunakan pada wanita dengan kulit sawo matang.

Warna mahogany dapat terlihat natural saat berada di dalam ruangan, namun ketika Anda berada di luar ruangan dengan sinar matahari yang bersinar, maka warna mahogany akan terlihat lebih elegan dan indah.

  • Warna Ombre Burgundy

Rambut warna ombre memang sempat menjadi tren di kalangan para wanita, namun sering kali orang dengan kulit sawo matang merasa kurang percaya diri untuk mengikuti tren tersebut.

Tidak perlu khawatir sebab Anda bisa menggunakan warna ombre burgundy.

Teknik toning rambut dengan warna ombre burgundy akan sangat cocok digunakan pada rambut Anda yang memiliki kulit gelap atau sawo matang.

Warna burgundy dapat memberikan efek kulit terlihat lebih fresh dan cerah.

  • Warna Caramel 

Warna sawo matang dengan warna caramel tidak jauh berbeda karena memiliki unsur warna coklat.

Warna caramel dapat terlihat cocok dan berkilau jika digunakan pada rambut wanita dengan kulit sawo matang. 

  • Warna Pastel

Warna-warna pastel juga sangat cantik untuk digunakan sebagai warna pilihan ketika melakukan toning rambut. 

Warna pastel menjadi tren terbaru di kalangan anak remaja, Anda juga bisa memilih warna pastel meskipun memiliki kulit yang tidak putih.

  • Warna Abu-abu atau perak

Warna abu-abu atau perak pada wanita dengan kulit gelap dapat menghasilkan kesan yang edgy.

Sangat cocok digunakan untuk Anda yang menyukai gaya tampilan seperti karakter stormi pada film X-Men. Warna perak sangat kontras dengan kulit yang lebih gelap atau sawo matang.

Warna-warna cantik lainnya untuk toning rambut adalah warna Highlight honey, Dark brown atau mocca, dan Merah Keemasan (cooper).

Warna-warna tersebut tidak terlalu mencolok ketika diaplikasikan pada pemilik kulit sawo matang yang mendominasi di Indonesia. 

Kesimpulannya, toning rambut adalah teknik pewarnaan rambut dengan bahan alami yang aman dan tidak mengganggu kesehatan rambut.

Toning rambut sangat cocok digunakan untuk mendapatkan hasil rambut yang lebih berkilau dan sehat. 

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *