cara smoothing rambut
Rambut

Cara Smoothing Rambut: Persiapan, Langkah dan Tipsnya

Ciri khas dari rambut wanita Indonesia adalah rambut ikal dengan variasi seperti rambut ikal bergelombang, ikal kribo, ada juga ikal keriting.

Sayangnya banyak wanita Indonesia yang kurang puas dengan rambut ikal ini. 

Ketidakpuasan tersebut membuat para wanita bahkan remaja pun mencari cara smoothing rambut sendiri. Karena untuk smoothing rambut di salon harganya relatif mahal. Apalagi obat smoothing rambut kini dijual dengan bebas. 

Kamu yang tertarik untuk meluruskan rambut dengan cara smoothing sendiri di rumah harus tahu cara yang benar. 

Persiapan Sebelum Smoothing Rambut Sendiri 

Persiapan Sebelum Smoothing Rambut Sendiri 

Sebelum mengaplikasikan obat, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Sudah siapkah kamu dengan waktu smoothing yang lama bahkan bau obat yang sangat menyengat. 

Kamu juga harus siap dengan resiko yang mungkin saja terjadi seperti rambut kering dan bercabang, rambut berubah jadi lebih tipis dan patah.

Kulit kepala juga bisa lebih cepat ketombean dan iritasi jika tidak cocok dengan obatnya. 

Hasil yang didapatkan setelah smoothing boleh saja bagus, tapi kamu harus tahu apa saja resikonya supaya tidak kecewa dan tahu penangannya. Persiapan adalah salah satu cara smoothing rambut agar tidak gagal yang justru membuat kamu kecewa. 

Karena sekali sudah smoothing kamu harus menunggu rambut untuk tumbuh lagi dengan normal jika ternyata kecewa dengan hasilnya.

Berikut ini persiapan yang perlu dilakukan.

  • Mengenali Jenis Rambut 

Kamu harus tahu jenis rambut seperti apa yang kamu miliki. Karena jenis rambut ini akan mempengaruhi jenis obat dan dosis penggunaannya. Ketika kamu memiliki rambut yang sangat ikal seperti kribo maka dosisnya akan lebih besar dibandingkan rambut mengombak. 

  • Kapan Waktu yang Tepat untuk Smoothing

Pilih waktu yang luang seperti dihari libur dan jangan lakukan malam hari ketika kamu sudah lelah. Waktu smoothing cukup lama bisa 2 hingga 3 jam jadi kamu tidak boleh terburu buru jika ingin hasilnya bagus. 

  • Memilih Jenis Obat Smoothing

Cara smoothing rambut mungkin sudah tepat tapi ternyata kamu salah memilih obat. Hal ini juga berbahaya karena bisa membuat rambut cepat rontok dan hasil lurus tidak sempurna. Kamu harus tahu kandungan apa saja yang ada di dalamnya. 

Bisa saja kamu alergi dengan salah satu kandungan zat tersebut. Jadi coba cek kembali pada bagian ingredients, apakah zat terkandung aman untuk kulit kepala.  

Langkah Mudah Cara Smoothing Rambut Sendiri 

Langkah Mudah Cara Smoothing Rambut Sendiri 

Apabila persiapan kamu sudah baik dan obat telah dicek kandungannya kamu bisa melakukan smoothing di hari yang telah ditentukan.

Jangan lupa untuk mempersiapkan shampo tanpa kondisioner dan air hangat. 

Lebih baik lagi jika kamu didampingi oleh teman yang bisa mengoleskan obat secara lebih merata.

Baca baik-baik terlebih dahulu pada kemasan obat smoothing supaya tahu obat mana saja yang harus digunakan terlebih dahulu. 

Jika sudah siap, berikut ini cara smoothing rambut sendiri yang bisa kamu ikuti. 

  • Bersihkan Rambut dengan Keramas

Langkah awal yang harus dilakukan adalah membersihkan rambut dengan keramas. Tujuannya adalah supaya tidak ada kotoran yang masih menempel sehingga menghambat kinerja dari obat. 

Selain itu kamu perlu keramas dengan air dingin dan shampo tanpa kandungan kondisioner atau menggunakan kondisioner setelah keramas. Air dingin akan membuat pori kulit terbuka dan obat smoothing bekerja dengan lebih baik lagi. 

Jangan lupa keringkan rambut dengan handuk sebelum mengaplikasikan obat. Kamu bisa membuat rambut kering sekitar 80%. Boleh saja menggunakan hairdryer tapi tetapi biarkan rambut dalam keadaan lembab. 

  • Membagi Rambut agar Lebih Mudah

Karena kamu akan melakukan smoothing sendiri, sebaiknya bagi terlebih dahulu rambut. Kamu bisa menyisir rambut kemudian membaginya menjadi empat bagian. Jika rambut kamu pendek membaginya 2 bagian saja sudah cukup. 

Semakin tebal rambut sebaiknya bagi rambut menjadi enam sehingga lebih mudah untuk mengaplikasikan obat nantinya. Supaya rapi kamu bisa menggunakan penjepit untuk memisahkan rambut. 

  • Mengoleskan Krim untuk Smoothing

Aplikasikan krim smoothing menggunakan sisir yang memiliki kuas. Kamu perlu melepaskan satu bagian penjepit kemudian sisir rambut terlebih dahulu. Baru setelahnya oleskan krim secukupnya. 

Mulai dari pangkal sampai ujung rambut harus dilapisi dengan krim secara merata. Langkah ini mirip dengan ketika kamu hendak mengecat rambut. Kamu harus berhati-hati saat mengaplikasikannya supaya obat tidak terkena kulit kepala yang akan menimbulkan perih. 

Supaya lebih aman sebaiknya mintalah teman untuk mengoleskan krim. Setidaknya jarak antara kulit kepala dengan krim adalah 0.5 sampai 1 cm. 

  • Menunggu Krim Meresap

Selanjutnya adalah menunggu sampai krim benar-benar meresap dan bekerja dengan baik. Masing-masing obat memiliki waktu tunggu berbeda dan menyesuaikan dengan jenis rambut. Semakin tebal maka waktunya lebih lama. 

Baca kembali petunjuk penggunaan supaya tahu berapa lama waktu yang kamu butuhkan. Kebanyakan salon akan memberikan waktu sekitar 20 menit supaya obat bekerja. 

  • Membilas Rambut dengan Air Hangat

Cara smoothing rambut belum selesai karena kamu harus melanjutkan dengan membilas rambut. Kali ini gunakan air hangat supaya krim smoothing bisa lebih bersih dan cepat hilang dibandingkan air dingin. 

Apabila kamu tidak sempat membilas dengan air hangat, kamu bisa menambahkan shampo. Karena dengan tambahan shampo walaupun menggunakan air dingin krim akan bersih. Setelah keramas kali ini kamu harus mengeringkan rambut dengan benar. 

  • Mencatok Rambut

Rambut yang sudah kering masih harus melalui satu tahapan lagi yaitu pencatokan. Saat mengeringkan lakukan dengan lembut kemudian rambut perlu dicatok. Proses smoothing terakhir ini akan membuat tingkat lurusnya tahan lebih lama. 

Tips Perawatan Rambut  Usai Smoothing

Kini kamu sudah tahu bagaimana cara smoothing rambut sendiri, tapi juga harus dilanjutkan dengan perawatan.

Tujuannya agar rambut tidak cepat rontok dan hasilnya lebih bertahan lama.

Berikut ini tips perawatan yang perlu diikuti. 

  • Jangan keramas dalam 3 hari

Setelah menggunakan krim dan rambut kering kamu tidak boleh keramas selama tiga hari kedepan. Obat smoothing akan terus bekerja untuk membentuk struktur rambut menjadi lurus. Jika kamu keramas maka hasil lurusnya tidak akan sempurna. 

  • Keramas dengan shampo khusus

Pastikan saat keramas kamu menggunakan shampo khusus untuk rambut yang baru saja di smoothing. Shampo ini perlu digunakan selama kamu ingin mempertahankan efek lurusnya. 

Jadi carilah shampo khusus yang bisa kamu beli sekaligus dengan krim smoothing. 

  • Hindari terlalu sering keramas

Jangan juga untuk keramas setiap hari. Kamu hanya perlu keramas tiga kali dalam seminggu dan menggunakan kondisioner. Tujuannya agar obat yang masih terus bekerja tidak hilang perlahan. 

  • Tambahkan vitamin rambut

Jika tidak ingin rambut rontok usai smoothing kamu bisa menggunakan vitamin rambut setelah keramas. Dengan begitu rambut akan lebih kuat, lurus dan tampak berkilau. 

Inilah cara smoothing rambut sendiri yang bisa kamu dilakukan di rumah.

Jika merasa kesulitan jangan lupa untuk minta bantuan orang lain. Selain itu yang terpenting adalah perawatan setelah smoothing. 

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Comments are closed.