5 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Memiliki rambut yang indah adalah impian bagi sebagian besar orang, baik laki-laki maupun perempuan. Semua orang bahkan akan melakukan segala cara agar mereka memiliki rambut yang indah. Maka dari itulah banyak orang yang bahkan rela melakukan sejumlah perawatan rambut agar mereka bisa mendapatkan rambut sesuai dengan apa yang diimpikan.

Namun, ada sebuah permasalahan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Dengan adanya berbagai keluhan ini tentu banyak orang yang juga menjadi kurang percaya diri. Permasalahan yang seringkali dialami oleh banyak orang adalah rambut rontok. Memiliki rambut yang rontok tentunya menjadi pemasalahan yang sangat buruk bagi beberapa orang.

Apa Penyebab dari Rambut Rontok?

penyebab rambut rontok

Bahkan memiliki rambut yang rontok, lama kelamaan akan membuat rambut menjadi jauh lebih tipis. Melihat permasalahan dari rambut rontok yang sering terjadi, apakah sebenarnya penyebab rambut rontok? Serta bagaimanakah cara mengatasi rambut rontok? Hal ini menjadi sebuah informasi yang cukup penting untuk Anda ketahui apalagi jika Anda memiliki masalah yang sama.

Rambut rontok yang dialami oleh laki-laki dan perempuan ini memang sering terjadi pada semua golongan usia. Perbedaannya tentu hanya pada penyebab rambut rontok sendiri dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Beberapa hal yang menjadi penyebab dari rambut rontok diantaranya adalah:

1. Stress

Tekanan dalam sebuah pekerjaan maupun hubungan pasangan yang terkadang bermasalahn ini menjadi pemicu stress bahkan berujung pada rambut yang akan rontok. Tentunya hal ini harus segera Anda atasi agar nantinya terhindar dari kebotakan dini.

2. Pola Telogen Effluvium

Bagi para wanita yang mengalami rambut rontok parah di kulit kepala bahkan seluruh tubuh secara riba-riba, maka ada kemungkinan bahwa Anda terkena telogen effluvium yang sangat umum. Hal ini juga merupakan salah satu kondisi yang dipicu oleh stress. Bahkan para penderitanya juga akan mengalami penipisan rambut di seluruh kulit kepala.

Baca Juga  15 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Merawat Rambut Rontok

3. Pengobatan

Apabila suatu saat Anda akan mengalami operasi besar, maka ada kemungkinan bahwa rambut akan mengalami kerontokan parah setiap hari yang juga akan berlangsung selama 2 bulan. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak mampu untuk merespon obat tertentu dengan baik. Beberapa contohnya seperti kemoterapi.

4. Kondisi Medis

Pada beberapa kasus, penyakit juga seringkali menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Sebagai contohnya adalah penyakit auto imun, hypo maupun hypertiroid yang juga bisa menyebabkan rambut rontok parah. Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mencari bagaimana cara untuk mengatasi rambut yang rontok dengan cepat dan tepat.

5. Kekurangan Gizi

Tubuh yang sehat bisa terlihat dari rambutnya yang tebal dan juga kuat. Namun terkadang beberapa orang yang bahkan menyepelekan pola makanan yang mereka konsumsi inilah yang juga menyebabkan rambut rontok. Selain itu juga, Anda wajib untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin dan juga mineral yang sangat baik bagi tubuh.

Itulah sebagian alasan kenapa rambut rontok yang mungkin seringkali atau bahkan menjadi salah satu kendala yang Anda alami saat ini. Untuk itulah bagi Anda yang ingin mendapatkan rambut yang terawatt dengan baik seperti tebal, lembut dan juga kuat, maka Anda harus memilih vitamin untuk rambut rontok yang tepat.

Rekomendasi Vitamin untuk Rambut Rontok

vitamin rambut rontok

Di Indonesia ada beberapa rekomendasi merek vitamin untuk rambut rontok yang nantinya mungkin bisa Anda beli untuk membantu mengatasi rambut rontok yang sedang Anda alami. Beberapa vitaminnya adalah:

• Mustika Ratu Minyak Cem-Ceman.

• Ellips Hair Vitamin Silky Black.

• Natur Hair Tonic Ginseng Extract.

• Sariayu Hijab Hair Tonic Lotion.

• Faylacis Serum.

Rekomendasi Shampoo untuk Rambut Rontok

shampo untuk rambut rontokSelain memahami tentang apa saja vitamin untuk rambut rontok, maka Anda juga disarankan untuk mencari shampoo untuk rambut rontok yang tepat. Beberapa rekomendasi akan shampoo yang terbaik adalah:

• Tresemme Hair Fall Control

• Pantene Hair Fall Control

• Dove Total Hair Fall Treatment

• Sebamed Anti-Hairloss Shampooe

Baca Juga  9 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Ini Sangat Mudah

Setelah nantinya Anda mengetahui apa penyebab rambut rontok parah, rekomendasi vitamin rambut sampai dengan shampoo rambut yang tepat, maka Anda disarankan untuk mencari bagaimana cara mengatasi rambut rontok. Memiliki rambut yang terus rontok ini pastinya tidak akan membuat siapa pun merasa nyaman bukan?

Inilah Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Alami

shampo untuk rambut rontok

Memang sudah ada rekomendasi akan vitamin bahkan shampoo yang bisa digunakan untuk mengurangi permasalahan dari rambut rontok yang Anda miliki. Hanya saja menggunakan bahan kimia ini seringkali membuat banyak orang yang bahkan merasakan kerusakan pada rambut maupun kulit kepala yang mereka miliki.

Jadi, simaklah beberapa tips atau cara mengatasi rambut rontok yang bisa Anda lakukan terlebih lagi cara di bawah ini adalah sebuah cara dengan menggunakan bahan-bahan yang alami.

• Lidah Buaya

Untuk mengatasi rambut rontok ini bisa Anda gunakan lidah buaya. Pasalnya, lidah buaya ini mengandung banyak nutrisi yang bahkan mampu membuat rambut menjadi jauh lebih sehat, kuat dan juga mampu membantu merangsang pertumbuhan pada kulit kepala.

• Kemiri

Adanya kandungan minyak kemiri ini sangat cocok bagi Anda semua untuk mengatasi kerontokan, kemudian membantu menguatkan akar rambut sekaligus menyehatkan dengan nutrisinya. Kemiri banyak digunakan sebagai treatment karena begitu mudah untuk didapatkan bahkan harganya pun terbilang murah.

• Alpukat

Alpukat ini adalah salah satu buah yang bisa membantu untuk mengatasi rambut rontok. Karena kandungan protein yang ada pada buah ini sangat efektif untuk menguatkan rambut sekaligus membantu untuk memberikan nutrisi yang tepat. Bahkan alpukat ini juga mampu membantu untuk merangsang pertumbuhan rambut Anda.

• Jeruk Nipis

Selain alpukat, jeruk nipis juga merupakan salah satu solusi yang ampuh bahkan untuk membantu mengatasi rambut rontok. Dengan menggunakan beberapa buah jeruk nipis, Anda bisa merawat rambut yang rontok secara bverlebihan.

Di mana beberapa bahan alami yang sudah disebutkan di atas adalah sebagian bahan yang bisa Anda gunakan dengan cara ditumbuk halus, maupun diblender, dan lain sebagainya. Hal ini bahkan bisa membantu Anda untuk mengurangi bahkan mengatasi pemasalahan rambut rontok yang saat ini sedang Anda alami.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

perawatan rambut rontokSelain rambut rontok, bahkan ada juga kasus yang lebih berat di mana kasus yang juga sering dialami oleh banyak orang adalah rambut rontok parah. Untuk penyebab rambut rontok parah ini kasusnya hampir sama dengan kasus atau penyebab rambut rontok pada umumnya. Hanya saja untuk rambut rontok yang parah ini biasa juga dialami oleh banyak wanita.

Apalagi wanita yang menggunakan pil kb, wanita yang habis melahirkan, operasi, dan masih banyak lagi penyebab yang lainnya. Penggunaan bahan-bahan kimia seperti shampoo maupun vitamin rambut yang kurang tepat juga bisa menjadi sebuah penyebab rambut rontok parah. Untuk sejumlah cara mengatasi rambut rontok parah yang bisa Anda lakukan adalah:

• Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau ini memang dikenal sebagai bahan makanan yang multifungsi. Bahkan bukan untuk diolah menjadi minuman dan makanan saja, namun juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan.

Untuk mengatasi rambut rontok berlebihan dengan menggunakan teh hijau bisa dilakukan dengan merebus 3 kantong teh hijau dan gunakan untuk membilas rambut Anda. Hal ini bahkan mampu membantu mengurangi rambut rontok yang parah. Anda bisa melakukannya selama 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

• Menggunakan Kentang

Kentang ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok, makanan ini bahkan membantu untuk mengatasi segala kekurangan kalium yang menyebabkan rambut yang rontok. Anda bisa membuat kentang menjadi jus dan peras sari atau inti airnya. Anda bisa pergunakan juga sebagai masker rambut dan biarkan selama 15 menit.

Baca Juga  Lupakan Pewarna, Ini 5 Cara Menghitamkan Rambut Alami

• Menggunakan Yoghurt

Penyebab dari rambut yang rontok adalah rambut yang kurang nutrisi dan juga kering. Jadi, tidak akan ada salahnya apabila Anda melakukan perawatan yang memberikan nutrisi lebih baik untuk rambut. Yoghurt sejak zaman dahulu bahkan sudah menjadi bahan andalan untuk melakukan perawatan rambut.

Anda bisa melakukan cara mengatasi rambut rontok ini dengan mencampurkan yoghurt, kemudian minyak kelapa dan juga madu. Ketiga bahan ini bahkan dinyatakan bisa membantu menutrisi rambut Anda serta mampu menjaganya agar rambut Anda bisa tetap sehat.

• Menggunakan Jambu Biji

Selain memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi, jambu biji juga bisa Anda manfaatkan sebagai sebvuah cara untuk mengatasi rambut yang berlebihan. Buah yang mengandung vitamin ini mampu untuk memperbaki rambut yang rusak, membersihkan kulit kepala, dan juga menghentikan permasalahan rambut yang rontok.

Cara yang bisa Anda lakukan ini adalah membuat masker rambut dari buah jambu dengan cara yang mudah. Hancurkan buah jambu biji sampai menjadi bubur lembut, kemudian tambahkan satu putih telur. Aduk kedua bahan ini sampai rata kemudian aplikasikan ke rambut dan juga kulit kepala. Diamkan selama 40 menit lalu pijat perlahan dan bilas menggunakan shampoo.

Menggunakan Minyak Esensial Kelapa

Minyak essensial kelapa ini juga bisa diklaim mampu membantu Anda untuk cara mengatasi rambut rontok parah. Cara yang bisa Anda lakukan adalah memijat kulit kepala menggunakan minyak essensial kelapa selama beberapa menit. Melakukan pijatan yang lembut ini bahkan membantu folikel rambut tetap aktif.

Cara Mengatasi Rambut yang Rontok dengan Cepat

penyebab rambut rontok parah

Untuk mengatasi kerontokan rambut, tentunya membutuhkan cara yang bahkan tidak akan berlangsung dengan cepat, bahkan Anda membutuhkan proses. Maka dari itu ada kalanya bahwa beberapa orang justru tidak ingin berlama-lama dengan proses tersebut. Namun, banyak dari Anda semua yang justru menginginkan proses yang cepat.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok dengan cepat meskipun perlu membutuhkan proses pengolahan yang ada di dalamnya. Nah, untuk beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya sebagai berikut ini:

• Menggunakan Bawang dan Madu

Bawang ternyata memiliki kandungan sulfur yang tinggi bahkan efektif untuk mengatasi ranbut yang robtok bahkan jika Anda memiliki permasalahan rambut rontok yang begitu berlebihan. Anda bisa mencampurkan air perasan bawang dan juga satu sendok madun kemudian olleskan di kulit kepala Anda dan diamkan selama 2 jam untuk kemudian dibilas.

• Menggunakan Jus Ketumbar

Just ketumbar bahkan maampu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga mengendalikan rambut yang rontok. Anda bisa membuat pasta dengan menggiling ketimbae segar, kemudian saring dan simpan jusnya. Anda bisa melakukan perawatan ini selama 2 kali seminggu untuk membantu mengurangi kerontokan yang menjadi permasalahan utama Anda.

• Menggunakan Jus Jahe

Anda juga bisa menggunakan jus jahe. Jangan sampai salah bahwa jus jahe ini tidak untuk diminum nelainkan untuk menutrisi rambut Anda secara menyeluruh. Anda hanya perlu untuk memblender jahe sampai dengan lembut dan dioleskan pada rambut atau kulit kepala Anda. Diamkan selama 30 menit untuk kemudian dibilas sampai dengan bersih.

• Menggunakan Santan Kelapa

Ada sejumlah produk shampoo yang bahkan dibuat dengan bahan baku kelapa. Sebab, kelapa ini mampu menjadi pelembap yang sangat bagus. Sebuah alasan utama rambut rontok ini adalah kulit kepala yang rusak karena kekeringan.

Jadi, nantinya Anda bisa mengoleskan santan kelapa ini pada dambut Anda. Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit untuk kemudian dibilas sampai bersih.

Baca Juga  Manfaat Minyak Zaitun Mustika Ratu Untuk Wajah dan Rambut

• Menggunakan Telur

Meskipun cara ini tidak menarik, hanya sajaa cara ini adalah sebuah cara yang cukup manjur untuk mengatasi rambut yang rontok. Telur memiliki kandungan protein yang membuat rambut Anda bisa mengalami pertumbuhan.

Bahkan komponen rambut sendiri terdiri dari 70 persen protein keratin. Maka dari itu tidak heran bahwa telur mampu menyembuhkan dari kerusakan khususnya permasalahan rambut yang rontok.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah mencampurkan satu telur dan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam mangkuk. Setelah Anda mencuci rambut dengan shampoo, maka oleskan masker telur ini pada rambut Anda yang basah. Kemudian tutup dengan topi mandi kurang lebih 10 menit dan kemudian bilas.

Tips Tambahan untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

apa penyebab rambut rontokUntuk jumlah ideal shampoo yang nantinya dipergunakn untuk mencuci atau membilas rambut adalah 3 sendok teh. Bahkan takaran ini bisa digunakan bagi Anda yang memiliki rambut yang pendek maupun rambut yang panjang. Bahkan menggunakan shampoo secara berlebihan juga akan membuat rambut rapuh.

Selain itu, menggunakan shampoo secara berlebihan ini juga bisa menghilangkan kelembapan alaminya. Maka dari itulah Anda disarankan untuk menggunakan shampoo yang tepat. Minyak berlebih dalam penggunaan shampoo inilah yang bisa membuat akar rambut rapuh bahkan bisa juga timbul ketombe.

Demikianlah sejumlah cara mengatasi rambut rontok dan juga mengatasi rambut rontok parah. Untuk mendapatkan rambut sesuai dengan yang Anda inginkan, maka Anda bisa memahami sejumlah cara merawat rambut rontok yang baik dan benar. Selain itu, Anda juga bisa ke beberapa klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan agar rambut tidak rontok.

Pentingnya Hidup Sehat untuk Merawat Rambut

cara merawat rambut rontok

Hal lain yang bahkan perlu Anda perhatikan untuk membantu mengatasi permasalahan rambut rontok yang Anda miliki adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Gaya dan pola hidup yang sehat juga wajib untuk diterapkan sebaik mungkin.

Usahakan bahwa makanan yang akan Anda konsumsi ini adalah makanan yang menyehatkan dan juga mengadung banyak vitamin baik bagi kesehatan tubuh maupun kesehatan bagi kulit kepala.

Beberapa contoh makanan yang bisa Anda konsumsi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, banyak mengonsumsi air putih. Bahkan tidur dan olahraha secara teratur juga penting untuk merawat rambut. Bagi Anda yang memiliki rambut panjang juga usahakan untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *